Singapura, sebuah kota maju yang terletak dekat dengan Indonesia ini merupakan salah satu tujuan wisata warga Indonesia, terutama bagi yang ingin berbelanja.

Selain menawarkan wisata belanja yang sangat lengkap, ternyata Singapura juga terkenal akan museum, taman rekreasi serta wahana permainan untuk anak-anak.

Pada artikel ini, akan dibahas 45 tempat wisata di Singapura yang asik dan seru untuk Anda kunjungi pada saat liburan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Wisata Budaya – Museum dan Perkampungan wisata

#1 Chinatown

Chinatown merupakan kawasan di Singapura di mana seluruh pertokoan dan rumah-rumah di kawasan tersebut bernuansa oriental.

Tidak jauh berbeda dengan Chinatown yang ada di Glodok, Jakarta, di Chinatown Singapura, Anda juga akan menemukan kuil-kuil dan pusat kuliner yang menjual Chinese Food.

Di dalam komplek Chinatown terdapat sebuah gedung pasar yang mana di dalamnya menyediakan foodcourt dan kios-kios penjual pakaian, obat-obatan herbal, dan juga suvenir.

Tempat Wisata di Singapura 01 Chinatown - Finansialku

Chinatown, destinasi wisata bergaya Tiongkok di Singapura.

 

Di Chinatown Singapura, Anda dapat menemukan salah satu kuil Hindu tertua, yaitu Sri Mariamman Temple.

Selain itu di sisi lainnya, Anda akan melihat kuil Buddha yang terdiri dari 4 tingkat.

Di situ, ketika Anda pertama kali masuk, Anda akan disambut dengan langit-langit yang indah dan sebuah stupa Buddha yang terbuat dari emas murni setinggi 2 meter.

Tentunya, berkunjung ke Chinatown tidak akan lengkap tanpa wisata belanja di Chinatown Street Market. Sebuah jalanan yang terdiri dari ratusan kios yang menjual segala macam barang, mulai dari kain sutra, pakaian hingga barang imitasi.

 

#2 Masjid Sultan

Masjid Sultan merupakan masjid pertama dan yang tertua yang ada di Singapura yang hingga sekarang masih dijaga bentuk bangunan, keasrian dan kenyamanannya.

Masjid ini dibangun pada tahun 1826 oleh masyarakat Jawa, para perantau yang menjadi pedagang di Singapura.

Tempat Wisata di Singapura 02 Masjid Sultan - Finansialku

Masjid terbesar sekaligus masjid tertua di Singapura, Masjid Sultan.

 

Selain itu, masjid ini memiliki keunikannya sendiri. Kubahnya terbuat dari emas dan interior yang ditawarkan sangat indah.

Masjid ini terletak di 3 Muscat Street, Singapura yang lokasinya tidak terlalu jauh dari stasiun MRT Bugis.

 

#3 St. Andrew’s Cathedral

Gereja ini dibuka sejak tanggal 1 Oktober 1861 dan merupakan gereja pertama dan yang terbesar yang ada di Singapura.

Gereja ini memiliki arsitektur kuno dengan nuansa Eropa dan mayoritas warna putih dan didesain oleh Colonel Ronald MacPherson pada tahun 1856.

Pada 1942, gereja ini dijadikan sebagai rumah sakit karena tingginya intensitas serangan udara dari musuh yang menjatuhkan banyak korban.

Tempat Wisata di Singapura 03 St. Andrew's Cathedral - Finansialku

Penampakan gereja megah yang dinobatkan sebagai gereja terbesar di Singapura.

 

Sejak tahun 1973, gereja ini menjadi salah satu monumen nasional Singapura dan katedral beserta lahan tersebut merupakan saksi, peringatan dan dedikasi terhadap Singapura.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan melihat kemegahan sebuah rumah ibadah beserta keindahannya. Tidak heran banyak umat beragama lain yang datang sekadar untuk berfoto atau melihat keindahan ini.

 

#4 Arab Street

Setelah Chinatown, di Singapura juga ada Arab Street. Sebuah wilayah yang berlokasi di North Bridge Road yang merupakan perpaduan antara Melayu dan Timur Tengah.

Di sini, Anda dapat menemukan berbagai perlengkapan ibadah agama Islam seperti Al-Quran, songkok dan busana muslim.

Selain perlengkapan ibadah, Anda pun dapat menemukan produk tekstil, parfum dan karpet.

Tempat Wisata di Singapura 04 Arab Street - Finansialku

Mural unik yang menjadi salah satu spot foto favorit turis saat menyusuri Arab Street.

 

Tentunya tempat ini juga dapat menjadi sebuah tempat wisata karena Anda dapat menikmati pemandangan bangunan-bangunan yang bergaya Arab.

Selain berwisata dan berbelanja, Anda juga dapat menyantap makanan di restoran sepanjang Arab Street ini dengan menu khasnya teh tarik dan martabak.

 

#5 Museum Madame Tussauds

Museum Madame Tussauds merupakan sebuah museum yang mempertunjukkan patung-patung para tokoh dunia, artis lokal maupun internasional yang terbuat dari lilin dan dibuat sangat mirip dengan aslinya.

Museum Madame Tussauds di Singapura ini merupakan cabang ketujuh dari Museum Madame Tussauds dunia.

Di sini, Anda dapat berfoto dengan patung-patung yang sangat unik tersebut. Bahkan beberapa patung juga diberikan pelengkap suara yang serupa dengan aslinya.

Tempat Wisata di Singapura 05 Museum Madame Tussauds - Finansialku

Museum patung lilin yang paling terkenal di dunia ini dapat Anda kunjungi saat berada di Singapura.

 

Selain melihat keunikan patung lilin, Anda pun dapat menikmati pertunjukkan ‘Images of Singapore’, di mana seorang aktor akan menceritakan sejarah Singapura mulai dari sebuah desa pemancingan yang sederhana hingga negara maju seperti sekarang.

Selain itu, Anda pun dapat menaikki perahu dalam wahana ’Spirit of Singapore’. Di wahana tersebut Anda dapat menjelajahi taman-taman di Singapura yang indah.

 

#6 Little India

Selain ada perkampungan Tiongkok dan Arab Street, Anda juga bisa menemukan perkampungan India yang disebut Little India.

Sesuai namanya, di sini Anda bisa menemukan segala sesuatu yang berhubungan dengan India.

Tempat Wisata di Singapura 06 Little India - Finansialku

Pusat pakaian, kuliner, serta produk-produk khas India di Singapura. Kawasan ini juga hunian orang-orang keturunan India di Singapura.

 

Anda dapat merasakan pengalaman berada di perkampungan India, dengan adanya pasar tradisional yang menjual hasil kerajinan India, dupa, emas dan pastinya kain. Selain itu, terdapat pula gang-gang sempit yang di dalamnya terdapat banyak pedagang.

Di Little India, Anda dapat mencicipi rasa kuliner India yang otentik, misalnya roti prata, thosai dan masala. Jika Anda beruntung, Anda dapat ikut menyaksikan festival warga India.

 

#7 Haji Lane

Haji Lane merupakan sebuah jalanan yang sangat terkenal melalui Instagram post karena bangunan yang dicat warna-warni serta dihiasi oleh grafiti yang unik dan indah.

Jalanan ini terletak tidak jauh dari Masjid Sultan serta Arab Street. Selain grafiti dan bangunan yang unik, Anda bisa menemukan bangunan Chinese Shophouses yang sudah berusia lebih dari 100 tahun.

Tempat Wisata di Singapura 07 Haji Lane - Finansialku

Haji Lane adalah salah satu gang tersempit tapi juga yang paling populer di Singapura, karena pemandangannya yang unik untuk spot berfoto.

 

Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk kunjungan Anda. Jika ingin berfoto ria sembari menikmati lukisan grafiti yang unik, maka lebih baik Anda datang pada siang hari.

Tetapi jika Anda ingin bersantai dan menikmati waktu dengan menyantap makanan di restoran atau di kafe, maka malam hari adalah waktu berkunjung yang tepat untuk Anda.

 

#8 Tiong Bahru

Tiong Bahru merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan budaya khas Singapura. Di sini, Anda dapat melihat barisan ruko yang bernuansa Art Deco.

Toko-toko di sini pun menjual beragam perlengkapan, mulai dari gaya hidup, suvenir khas Singapura hingga makanan.

Tempat Wisata di Singapura 08 Tiong Bahru - Finansialku

Kawasan Tiong Bahru merupakan tempat nongkrong “hipster” di Singapura. Anda dapat menemukan kedai kopi independen, toko perhiasan eksentrik, serta berbagai tempat lain untuk dilihat dan dikunjungi.

 

Di kawasan ini pula terdapat sebuah pasar yang bernama Tiong Bahru Market and Food Centre yang merupakan pusat jajanan kue basah Singapura.

Salah satu menu makanan yang harus Anda cicipi di sini adalah chwee kueh, kue beras atau lor mee, mie rebus ala Singapura.

 

#9 Haw Par Villa

Haw Par Villa merupakan sebuah tempat wisata religi di Singapura, di sini Anda dan keluarga dapat menikmati 150 diorama yang bertema legenda maupun cerita rakyat Tiongkok yang menawarkan sejarah dan budaya yang kental.

Tempat Wisata di Singapura 09 Haw Par Villa - Finansialku

Di taman Haw Par Villa, Anda dapat menikmati pemandangan 1.000 patung dan 150 diorama dengan tema cerita rakyat dan mitologi Cina.

 

Di sini, juga terdapat diorama bertema neraka yang menunjukkan hukuman yang diterima seseorang untuk dosa yang berbeda ketika mereka di neraka.

 

#10 Buddha Tooth Relic Temple & Museum

Salah satu bangunan ibadah yang dibangun pada tahun 2002 ini dapat Anda temukan di jantung Chinatown.

Kuil ini dibangun dengan gaya Buddhis mandala yang diintegrasikan dengan aliran Buddhis pada masa dinasti Tang di China.

Kuil ini mempunyai 4 tingkatan, tingkatan pertama adalah tempat di mana gong besar dan lonceng besar berada.

Ketika pertama kali Anda memasuki kuil ini, Anda akan melihat kemegahan kuil dengan langit-langit yang menjulang tinggi.

Naik ke lantai dua, Anda bisa menyantap makanan vegetarian sembari menikmati teh hangat.

Sementara itu, lantai 3 merupakan tempat penyimpanan artefak Buddhis sebanyak 300 koleksi yang dikumpulkan dari seluruh Asia.

Tempat Wisata di Singapura 10 Buddha Tooth Relic Temple and Museum - Finansialku

Di lantai tiga The Buddhist Culture Museum, Anda bisa menemukan sekitar 300 artefak Buddha dari seluruh Asia termasuk Cina, Thailand, Myanmar dan Pakistan.

 

Dan di tingkat teratas, berdiri sebuah stupa Buddha setinggi 2 meter yang terbuat dari emas murni yang juga merupakan tempat penyimpanan peninggalan Buddha.

 

#11 Chijmes

Chijmes merupakan sebuah komplek bersejarah yang terletak di pusat kota Singapura, yang bergaya neo classical gothic dengan plafon tinggi serta jendela berwarna-warni.

Dahulunya, bangunan yang dibangun pada tahun 1904 ini merupakan sebuah gereja Katolik, dan namanya sendiri juga merupakan singkatan Convent of Holy Jesus (CHIJMES).

Tempat Wisata di Singapura 11 Chijmes - Finansialku

Di gedung ini, Anda dapat menemukan berbagai restoran dan kafe. Ada restoran Bebek Tepi Sawah yang menjajakan kuliner khas Bali juga lho!

 

Pada saat malam hari, bangunan ini akan diterangi oleh sinar lampu berwarna-warni yang sangat indah.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan kafe dan restoran yang beragam yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

 

#12 Art Science Museum

Jika Anda melihat bangunan berwarna putih yang berbentuk bunga teratai, itu adalah bangunan Art Science Museum.

Bentuk bunga teratai bukanlah hanya memamerkan nilai estetika, tetapi juga mempunyai teknologi yang dapat menampung air hujan dan kemudian disaring menjadi air bersih.

Tempat Wisata di Singapura 12 Art Science Museum - Finansialku

Untuk menikmati seluruh pameran di Art Science Museum, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar SGD38 (Rp398 ribu) untuk orang dewasa dan SGD26 (Rp272 ribu) untuk anak-anak.

 

Museum ini terletak di bagian utara Promenade tepat di depan mall Marina Bay Sands, yaitu The Shoppes Mall.

Sesuai dengan namanya, Anda dapat melihat berbagai pergelaran dan pertunjukkan seni di area 6000 meter persegi ini. Di dalam Art Science Museum terdapat 21 galeri yang memamerkan koleksi seni dari berbagai negara.

 

#13 Trick Eye Museum

Sesuai dengan namanya, Trick Eye Museum adalah sebuah tempat yang akan menipu penglihatan Anda.

Di sini, lukisan dua dimensi akan terlihat seperti lukisan 3D dan hidup. Tempat ini terletak di Pulau Sentosa, tepatnya di 26 Sentosa Gateway #01-43/44, Resorts World Sentosa.

Tempat Wisata di Singapura 13 Trick Eye Museum - Finansialku

Trick Eye Museum ini merupakan cabang dari Trick Eye Museum yang ada di Korea.

 

Salah satu atraksi yang sangat terkenal di sini adalah menikmati karya yang ada di sini dengan teknologi AR (Augmented Reality).

Dengan fitur AR ini, Anda dapat melihat sebuah lukisan menjadi hidup dan bergerak. Tidak hanya dimanjakan secara visual, Anda pun akan mendengar suara dan efek-efek yang akan memberikan efek ilusi yang sangat realistis.

 

#14 Singapore Art Museum

Singapura merupakan kota kecil yang kaya akan prestasi, salah satunya adalah SAM (Singapore Art Museum) yang merupakan museum terbesar di dunia dengan gaya seni kontemporer.

Di sini, Anda akan menemukan sekitar 7000 karya seni yang dikumpulkan dari berbagai dunia.

Tempat Wisata di Singapura 14 Singapore Art Museum - Finansialku

Singapore Art Museum adalah museum seni kontemporer yang berfokus pada kesenian di Singapura, Asia Tenggara, dan Asia. Museum ini resmi dibuka pada tahun 1996 sebagai museum seni pertama di Singapura.

 

Singapore Art Museum tidak hanya memamerkan sembarang seni, tetapi juga seni yang digabungkan dengan ilmu sains, misalnya hasil seni yang merupakan hasil daur ulang barang bekas.

Anda juga dapat mengikuti tur keliling museum selama 45 menit yang merupakan salah satu fasilitas dari Singapore Art Museum.

 

Wisata Belanja

#15 Orchard Road

Orchard Road merupakan salah satu jalanan yang sangat padat dan merupakan pusat perbelanjaan di negeri ini.

Wisatawan dari Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan Orchard Road karena kebanyakan orang Indonesia akan membeli barang-barang branded di sini.

Selain menikmati wisata belanja, Anda pun dapat berfoto atau sekadar window shopping.

Tempat Wisata di Singapura 15 Orchard Road - Finansialku

Orchard Road terbentang sepanjang 2,2 kilometer di wilayah pusat Singapura. Daerah ini merupakan daya tarik wisata utama bagi turis mancanegara.

 

Salah satu mall yang cukup terkenal adalah Lucky Plaza. Jika Anda kebetulan melewati jalanan ini di malam hari, Anda akan melihat seniman jalanan yang menggunakan trotoar sebagai panggung mereka. Ada yang bernyanyi, melakukan aksi sulap dan sebagainya.

Selain itu, di sini pun Anda akan menemukan banyak hotel berbintang dan restoran mewah.

 

#16 Katong

Katong merupakan sebuah kawasan yang terkenal akan makanan Melayu dan makanan hasil lautnya.

Jika Anda ingin mencicipi makanan khas Melayu, maka Anda dapat menuju ke bagian Geylang Serai.

Tetapi, jika Anda ingin mencoba makanan hasil laut khas Singapura, maka Anda dapat menuju ke bagian East Coast Road.

Tempat Wisata di Singapura 16 Katong - Finansialku

Katong, yang juga dikenal sebagai Tanjong Katong, adalah lingkungan perumahan di bagian timur Singapore. Dulu daerah ini merupakan laut, tetapi telah direklamasi dalam rangka menyediakan lebih banyak lahan untuk perumahan.

 

Salah satu rumah makan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah toko kopi antik yang menjual ‘laksa’ Katong dan ‘kueh chang’.

Selain rumah makan, Katong sendiri terkenal dengan berbagai toko kue dan batik tradisional dan modern.

Anda dapat menikmati pemandangan bangunan di kawasan kultural yang dilindungi ini.

Bangunan depannya di cat warna-warni sembari mempertahankan khas etnis peranakan.

Area ini banyak dihuni oleh kaum menengah berpendidikan Inggris, termasuk warga peranakan dan Eurasia.

 

#17 Bugis Street

Bugis Street merupakan surga belanja bagi wisatawan yang mencari barang murah dengan kualitas yang baik.

Tidak hanya barang-barang berkualitas baik dengan harga terjangkau, barang yang disediakan juga sangat lengkap.

Bahkan bagi warga Singapura sendiri, Bugis Street sudah sangat terkenal sebagai tempat termurah untuk membeli fashion, elektronik, kosmetik hingga peralatan rumah tangga.

Tempat Wisata di Singapura 17 Bugis Street - Finansialku

Bugis Street adalah tempat yang wajib dikunjungi oleh orang Indonesia, karena di sini ada banyak suvenir serta kaos yang murah meriah.

 

Tak jauh dari Bugis Street, ada Bugis Junction, mall yang menawarkan berbagai barang kelengkapan sehari-hari serta kuliner yang lengkap.

Mall ini sendiri terhubung dengan MRT sehingga jika Anda ingin mengunjungi Bugis Street, Anda dapat mampir ke Bugis Junction terlebih dahulu.

Di sekitar Bugis Street juga terdapat sebuah kelenteng ‘Kuan Yin Thong Hood Cho Temple’ yang telah dibangun sejak tahun 1884 dan menampilkan desain bangunan khas Tiongkok.

 

#18 Marina Bay Sands

Komplek Marina Bay Sands sendiri terdiri dari 3 buah gedung yang dihubungkan dengan sebuah bangunan seperti kapal.

Jika Anda memiliki rezeki lebih, Anda dapat mencoba menginap di Marina Bay Sands, sebuah hotel di Singapura dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Hotel Marina Bay Sands memiliki kolam renang terpanjang, yakni 150 meter di ketinggian 200 meter, yang mana dari dalam kolam renang ini, Anda dapat menikmati pemandangan kota Singapura.

Tempat Wisata di Singapura 18 Marina Bay Sands - Finansialku

Bagi Anda yang ingin merasakan liburan mewah di Singapura, Marina Bay Sands bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Selain hotel, Marina Bay Sands juga terdiri dari mall yang menjual produk branded, kasino yang berfasilitas mewah, teater, ruang kesenian, taman dan restoran.

Selain itu, Marina Bay Sands juga letaknya sangat strategis. Anda dapat melihat Patung Merlion dan Esplanade dari gedung Marina Bay Sands.

Pada jam 8 dan 9.30 malam, akan ada sebuah pertunjukkan air mancur yaitu “Wonder Full – Light & Water Spectacular” yang menawarkan atraksi laser, efek dan cahaya.

 

#19 Vivo City

Vivo City merupakan mall terbesar di Singapura yang terletak di dekat Singapore Cruise Center yang berada di kawasan HarbourFront.

Pada bulan Desember 2016, Vivo City dinobatkan sebagai salah satu mall terbaik di Singapura.

Di dalam mall ini terdapat The Sky Park, sebuah taman yang sangat populer sejak saat pembukaannya yang juga dilengkapi dengan amphitheater.

Selain itu, terdapat beberapa lokasi yang sesuai untuk tempat bermain anak-anak seperti The Play Court dan The Promenade serta bagian pintu masuk yang dilengkapi dengan permainan air.

Tempat Wisata di Singapura 19 Vivo City - Finansialku

Vivocity adalah pusat perbelanjaan terbesar di Singapura. Terletak di kawasan HarbourFront Bukit Merah, mall ini dirancang oleh arsitek Jepang, Toyo Ito.

Dari Vivo City, Anda pun dapat naik monorel menuju Pulau Sentosa. Total tenant yang ada di dalam Vivo City ini ada lebih dari 300, termasuk brand lokal dan internasional.

Jika Anda ingin merasakan berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Singapura, maka datanglah ke Vivo City.

 

#20 Mustafa Centre Jewelry

Mustafa Centre Jewelry merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Little India.

Di sini Anda dapat menemukan berbagai barang-barang khas India seperti bumbu makanan India, makanan, perhiasan, hingga elektronik.

Tempat Wisata di Singapura 20 Mustafa Centre Jewelry - Finansialku

Di lantai satu, Anda dapat menjelajahi toko-toko yang berisi perhiasan khas India, seperti kalung dan cincin emas, emas batangan, koin emas, bahkan berlian, perak dan batu semi mulia.

Anda pun dapat mencari suvenir di tempat ini karena harganya yang sangat murah dan makanan yang tersedia di sini pun halal.

 

Wisata Pemandangan – Alam dan Ikon Wisata

#21 Merlion Park

Patung Merlion merupakan salah satu ikon dari negara Singapura, patung ini merupakan kombinasi antara mermaid (ikan duyung) dan lion (singa).

Patung ini memiliki bentuk ikan duyung tetapi berkepala singa dan jika Anda belum sempat berfoto dengan patung ini berarti Anda belum ke Singapura.

Tempat Wisata di Singapura 21 Merlion Park - Finansialku

Tubuh ikan mewakili asal muasal Negeri Singapura sebagai desa nelayan. Sementara kepala singa mewakili nama Singapura, yang berarti “kota singa”.

 

Patung Merlion ini terletak di 1 Fullerton Road, di dalam sebuah taman yang juga mengambil nama patung ini, Merlion Park.

Untuk masuk ke dalam taman ini, Anda tidak perlu membayar biaya apapun. Salah satu akses umum yang dapat Anda gunakan adalah MRT dengan berhenti di stasiun Raffles Place.

 

#22 HarbourFront

HarbourFront adalah salah satu pelabuhan Singapura yang terbuka untuk umum. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan Singapura 360 derajat.

Dari sini juga, kapal ferry akan berlabuh dan berlayar. Misalnya kapal yang menuju kota Batam, Indonesia.

Tempat Wisata di Singapura 22 Harbourfront - Finansialku

HarbourFront Center adalah pusat perbelanjaan dan terminal feri yang menghubungkan Singapura ke pelabuhan Batam dan Pulau Bintan.

 

Di HarbourFront, Anda dapat menikmati makanan di restoran dengan sajian yang beragam di pinggir laut, sembari menikmati pemandangan atau berbelanja di Vivo City.

 

#23 Esplanade

Esplanade, sebuah teater dan tempat pertunjukkan seni di Singapura ini sering dikenal dengan nama Theatre on the Bay atau Gedung Durian.

Bangunan ini disebut Gedung Durian karena arsitektur teaternya yang berbentuk seperti durian.

Tempat Wisata di Singapura 23 Esplanade - Finansialku

Esplanade adalah pusat seni pertunjukan seluas 60.000 meter persegi yang terletak di Marina Bay dekat muara Sungai Singapura. Gedung ini terdiri dari ruang konser yang dapat menampung sekitar 1.600 kursi dan teater yang dapat menampung sekitar 2.000 kursi.

 

Tentunya arsitektur durian tersebut bukan hanya menawarkan fungsi estetika, tetapi juga untuk mendukung teknologi peredaman suara di dalam teater tersebut.

Di dalam Esplanade, Anda akan menemukan pertokoan serta area terbuka, tempat diadakannya pertunjukkan secara gratis.

Selain gratis berfoto, Anda dapat gratis menikmati beberapa pertunjukkan seni. Penasaran? Silahkan kunjungi tempat ini yang beralamat di 1 Esplanade Rd, Singapore.

 

#24 Chinese and Japanese Gardens

Chinese and Japanese Gardens merupakan 2 buah pulau yang berada di danau Jurong dan sedang dikembangkan untuk menjadi Jurong Lake Gardens.

Kedua pulau cantik ini dihubungkan dengan sebuah jembatan merah yang sering dijadikan spot foto yang bernama The Bridge of Double Beauty di mana ‘Double Beauty’ sendiri merepresentasikan Chinese and Japanese Gardens.

Di Chinese Garden, Anda akan menemukan banyak koleksi tanaman bonsai, paviliun serta pagoda-pagoda yang bergaya imperial China.

Tempat Wisata di Singapura 24 Chinese and Japanese Gardens - Finansialku

Jika Anda bosan dengan keramaian dan hiruk pikuk di pusat kota Singapura, Anda bisa menikmati taman yang asri dengan interior khas Asia Timur di Chinese and Japanese Gardens.

 

Beberapa ikon terkenal di Chinese Garden ini adalah Cloud Piercing Pagoda, pagoda yang mempunyai tujuh tingkatan dan patung-patung para pendekar yang terkenal di sejarah China.

Anda pun dapat mengunjungi Live Turtle and Tortoise Museum yang memiliki 180 koleksi kura-kura serta ribuan barang yang berhubungan dengan kura-kura.

Terhubung dengan Chinese Garden adalah Japanese Garden yang bermodelkan taman pada era Muromachi dan Momoyama yang terdiri dari jembatan, jalanan berbatu, air terjun bebatuan, serta pagoda Jepang.

Jika Anda ingin mengunjungi Chinese and Japanese Gardens, sebaiknya pada saat mendekati Tahun Baru Imlek karena akan ada pertunjukkan budaya dan taman tersebut akan dihiasi oleh lampu berwarna-warni serta lentera kertas yang cantik.

 

#25 Helix Bridge

Helix Bridge, jembatan yang secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 24 April 2010 ini merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan keunikan sebuah arsitektur jembatan.

Panjang jembatan ini adalah 280 meter dan jembatan ini menghubungkan bagian pusat dan selatan Marina Bay.

Helix Bridge ini menghubungkan Marina Bay dengan Marina Centre dan berlokasi di sebelah Benjamin Sheares Bridge. Jembatan Helix Bridge memiliki bentuk spiral layaknya rantaian DNA.

Tempat Wisata di Singapura 25 Helix Bridge - Finansialku

Helix Bridge adalah jembatan pejalan kaki terpanjang di Singapura. 1 Dibuka pada tahun 2010, jembatan ini memiliki struktur heliks ganda khas struktur DNA.

 

Pada siang hari, jembatan ini merupakan lokasi yang sangat tepat untuk menikmati keindahan gedung-gedung pencakar langit Singapura.

Tidak hanya pada siang hari, pada malam hari The Helix Bridge akan dilengkapi dengan sinar lampu yang berwarna-warni yang memfokuskan keunikan struktur double-helix tersebut yang merupakan pengalaman yang sangat memanja mata Anda.

 

#26 Singapore River

Singapore River adalah sebuah sungai yang mengalir di tengah Singapura.

Tempat wisata yang satu ini sangat ramai pengunjungnya terutama pada malam hari karena pemandangan kota Singapura dapat dinikmati dari Singapore River ini.

Di sini, Anda dapat menyusuri sungai dengan menggunakan Singapore River Cruise, sebuah perahu canggih yang bertenaga listrik sehingga tidak menimbulkan kebisingan.

Tempat Wisata di Singapura 26 Singapore River - Finansialku

Sungai sepanjang 3,2 kilometer ini mengalir melalui Central Business District. Di dermaganya yang terkenal, Boat Quay, Clarke Quay, dan Robertson Quay, Anda dapat menikmati makanan di restoran kelas dunia.

 

Dari Singapore River Cruise, Anda dapat menikmati pemandangan Boat Quay dan Clarke Quay.

Selain itu, Anda pun dapat mendengarkan sekilas informasi mengenai kota Singapura, sejarah, serta informasi atas gedung-gedung yang Anda lalui sepanjang perjalanan.

 

#27 Raffles Landing Site

Tempat ini wisata ini dibangun dengan tujuan untuk mengenang jasa Sir Stamford Raffles, pendiri Singapura.

Konon katanya, ini merupakan tempat pertama Sir Stamford Raffles menginjakkan kakinya di tahun 1819.

Di sini, Anda dapat melihat patung replika Raffles. Patung ini berdiri menghadap ke Singapore River dengan tangan yang dilipat.

Tempat Wisata di Singapura 27 Raffles Landing Site - Finansialku

Dari lokasi ini, Anda dapat melihat pemandangan Singapura dengan jelas. Selain itu, Anda pun dapat melihat diorama budaya dan sejarah Singapura.

 

 

#28 F1 Race

Singapore Grand Prix merupakan salah satu acara yang sanagt menarik perhatian internasional, termasuk para pengunjung dari Indonesia.

Singapura, satu-satunya penyelenggara F1 dan Night Race di Asia Tenggara, akan menjadi sangat ramai terutama menjelang waktu-waktu balapan bergengsi ini dimulai.

Bahkan untuk mengantisipasi keramaian tersebut, Anda harus memesan tempat penginapan beberapa hari jauh sebelum pertandingan, agar tidak kehabisan kamar hotel.

Tempat Wisata di Singapura 28 F1 Race - Finansialku

Singapura telah menjadi rumah balap Formula OneTM sejak 2008. Di sini, Anda dapat menikmati balapan dengan latar pemandangan bangunan bersejarah, serta gedung-gedung pencakar langit yang indah.

 

Singapore Grand Prix ini merupakan sebuah acara yang serba lengkap, mulai dari pertunjukan musik, konser penyanyi dan grup band terkenal yang menyelingi acara ini pun menambah kemeriahannya.

Selain itu, juga terdapat stand makanan dan minuman sehingga Anda dapat menghabiskan waktu seharian di tempat tersebut tanpa takut kelaparan atau kehausan.

Tidak hanya di dalam sirkuit, di luar sirkuit pun, suasana pesta meriah masih terus berlangsung saat pengunjung menikmati makan malam, berbelanja, dan berpesta sepanjang minggu.

Di akhir acara ini akan digelar juga pesta kembang api yang luar biasa indah yang bisa Anda saksikan. Selain itu, cahaya lampu di cakrawala Singapura, juga pasti tidak ingin Anda lewatkan khususnya bagi penggemar fotografi.

 

#29 Clarke Quay

Clarke Quay merupakan sebuah dermaga yang terletak di tepi Singapore River. Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan indah sembari duduk bersantai.

Kawasan Clarke Quay sendiri dipenuhi oleh bangunan-bangunan tua serta rumah dan toko berwarna warni ala Pecinan.

Tempat Wisata di Singapura 29 Clarke Quay - Finansialku

Clarke Quay merupakan destinasi yang tepat jika Anda ingin menikmati spot kehidupan malam yang paling meriah di Singapura.

 

Di Clarke Quay, Anda juga dapat menemukan kafe-kafe di jalanan, restoran, bar dan jazz club.

Karena kelengkapan fasilitas hiburannya, Clarke Quay merupakan salah satu tempat di Singapura yang buka hingga tengah malam.

 

#30 Southern Islands

Untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan, Anda dapat mengunjungi Southern Islands, gugusan pulau yang terdiri dari 3 pulau yang saling terhubung yaitu St. John’s Island, Pulau Lazarus, dan Pulau Seringat.

Di sini, Anda dapat menikmati pasir yang hangat, suara ombak yang merdu serta udara yang sejuk.

Tempat Wisata di Singapura 30 Southern Islands - Finansialku

Southern Island merupakan spot memancing favorit karena memiliki ekosistem terumbu karang terbesar di Singapura, sehingga memperkaya spesies ikan yang tinggal di wilayah ini.

 

Ketiga pulau ini terkenal dengan suasana perkampungan serta kawanan kucing liar yang berkeliaran.

Di pulau St John’s, Anda dapat menikmati jalanan apik dan suasana rindang serta nuansa kampung yang cocok untuk piknik dengan ditemani burung merak yang berkeliaran. Sementara pantai yang menghubungkan Lazarus dan Seringat, dihampari pasir lembut putih yang murni diimpor dari Indonesia yang menyilaukan mata.

 

#31 Gardens by The Bay

Tempat ini merupakan sebuah taman raksasa yang mempunyai luas 100 hektar dan terletak tepat di belakang Marina Bay Sands.

Gardens by The Bay sendiri menawarkan berbagai lokasi wisata yang sangat indah.

Yang pertama adalah Flower Dome, sebuah rumah kaca raksasa seluas 1,2 hektar yang terbesar di dunia menurut Guinness World Records di tahun 2015. Di dalam rumah kaca ini, Anda bisa menemukan beragam bunga dan tanaman dari seluruh tempat di dunia yang dikonservasi di sini.

Selanjutnya adalah Cloud Forest, sebuah gunung setinggi 35 meter yang dibangun di dalam sebuah ruangan. Anda dapat berjalan mengelilingi gunung tersebut di jalur yang telah disediakan.

Gunung itu ditanami oleh tanaman mulai dari daratan tropis hingga daratan yang berada 2000 meter di atas permukaan air laut. Di sini pula, Anda dapat mempelajari keanekaragaman dan geologi dari hutan di pegunungan.

Tempat Wisata di Singapura 31 Gardens by The Bay - Finansialku

Taman seluas 101 hektar ini terletak di jantung kota Singapura. Jika Anda naik ke atas Supertree Grove-nya yang terkenal, Anda bisa menikmati skywalk dengan pemandangan kota Singapura.

 

Tidak kalah dengan Cloud Forest dan Flower Dome, adalah OCBC Skyway, sebuah jalanan dengan panjang 128 meter di atas ketinggian 22 meter. Dari tempat ini, Anda dapat melihat panorama kota Singapura.

Di samping kiri kanan OCBC Skyway, Anda akan melihat Supertree Grove, sebuah taman vertikal mulai dari ketinggian 25 meter hingga 50 meter yang didesain dengan kanopi lebar di bagian atasnya yang berguna sebagai penyejuk di siang hari dan panorama lampu di malam hari.

Jika Anda lelah mengelilingi tempat tersebut, Anda dapat duduk bersantai di taman Heritage Gardens atau menemani anak Anda bermain di taman bermain yang untuk anak-anak.

Di dalam taman-taman tersebut, terdapat pahatan patung artistik serta tanaman yang dibentuk sedemikian rupa untuk menyerupai berbagai bentuk binatang atau benda.

Selain itu, Anda pun dapat menikmati pemandangan danau Dragonfly and Kingfisher Lakes, danau yang memberikan pemandangan kehidupan air mulai dari ikan-ikan hingga tanaman air.

 

#32 Jembatan Henderson Waves

Jembatan Henderson Waves merupakan sebuah jembatan yang cantik yang memilki ketinggi 36 meter dan terletak di kawasan Mount Faber Park. Jembatan ini terletak di atas Henderson Road, Southern Ridges, Bukit Merah.

Tempat Wisata di Singapura 32 Jembatan Henderson Waves - Finansialku

Berdiri 36 meter di atas Henderson Road, ini adalah jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura. Jembatan ini sering dikunjungi turis karena strukturnya yang sangat artistik.

 

Desain jembatan penyeberangan yang menghubungkan Telok Blangah Hill Park dengan Mount Faber Park ini sungguh unik, yakni berbentuk gelombang sepanjang 274 meter.

 

#33 Singapore Flyer

Singapore Flyer adalah sebuah wahana bianglala atau roda putar terbesar di dunia setelah miliki Amerika.

Di sini, Anda dapat menyaksikan seluruh pemandangan kota Singapura hingga ke Pulau Batam di Indonesia.

Tempat Wisata di Singapura 32 Jembatan Henderson Waves - Finansialku

Berada di ketinggian 165 meter, Singapore Flyer adalah salah satu Ferris wheel terbesar di dunia dan juga salah satu tempat wisata terbesar di Asia.

 

Flyer ini berbentuk seperti kapsul dengan besar 4 meter x 7 meter dan setiap kapsul nya mampu memuat 28 orang penumpang.

Setiap rotasi membutuhkan waktu 30 menit dan tiket sebesar S$69 (setara dengan Rp723.348) untuk orang dewasa dan S$31 (setara dengan Rp324.982) untuk anak-anak.

 

#34 East Coast Park

Pantai ini terletak di bagian Timur Singapura dan merupakan pantai yang terbuka untuk umum.

Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan laut, berpiknik, serta memancing atau sekadar duduk bersantai.

Di sini pun terdapat fasilitas penyewaaan sepeda, roller blade, skateboard, dan scooter.

Tempat Wisata di Singapura 34 East Coast Park - Finansialku

Taman pinggir laut sepanjang 15 km ini adalah tempat warga Singapura datang untuk melakukan olahraga air seperti berenang, windsurfing, serta kayak.

 

Pantai yang terbentang sepanjang 15 kilometer ini terbuka selama 24 jam dan tentunya East Coast Park merupakan salah satu tempat wisata yang harus masuk ke dalam daftar kunjungan Anda.

 

Wisata Anak

#35 Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore (USS) terletak di Pulau Sentosa, dan USS merupakan salah satu cabang dari Universal Studio Internasional.

Di dalam taman bermain ini, Anda dapat merasakan tema film-film superhero karya Universal Studios serta tema film Hollywood.

Wahana permainan yang ada di sini juga sangat beragam, mulai dari yang santai hingga yang menantang.

Tempat Wisata di Singapura 35 Universal Studio Singapore - Finansialku

Universal Studios Singapore adalah satu dari empat Universal Studios yang ada di dunia. Ini adalah taman hiburan Universal Studio kedua yang beroperasi di Asia dan juga yang pertama di Asia Tenggara.

 

Tidak hanya wahana permainan, di dalam Universal Studios Singapore juga terdapat restoran dan kios yang menjual suvenir yang disesuaikan dengan tema di dalam area tersebut.

Untuk masuk dan mencoba permainan di dalam, Anda harus membayar tiket sebesar S$74 (setara dengan Rp775.764) untuk orang dewasa dan S$55 (setara dengan (Rp576.581) untuk anak-anak.

Jika Anda hanya ingin berfoto di ikon Universal Studios Singapore yang berupa bola dunia berputar, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun!

 

#36 Sentosa Island

Pulau kecil yang tersambung dengan Pulau Singapura ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat ramai dikunjungi.

Pulau Sentosa menawarkan fasilitas lengkap seperti hotel, restoran, wahana bermain, pantai, kasino, lapangan golf hingga tempat hiburan.

Tempat Wisata di Singapura 36 Sentosa Island - Finansialku

Sentosa Island adalah pulau di lepas pantai selatan Singapura, yang terhubung ke kota melalui jalan darat, kereta gantung, trotoar pejalan kaki, dan monorail.

 

Anda dapat mengunjungi pulau ini melalui beberapa akses, mulai dari monorel Sentosa Express atau kereta gantung Sentosa Skyride.

 

#37 Singapore Botanic Garden

Destinasi wisata ini juga sering dikenal dengan nama Tongkat Ali of Singapore Botanic Garden karena banyaknya tanaman Tongkat Ali di dalam kebun tersebut.

Singapore Botanic Garden ini merupakan taman raksasa yang hijau dan asri dan merupakan taman tertua di Singapura dengan usia lebih dari 158 tahun dan merupakan satu-satunya taman tropis yang dihargai sebagai UNESCO World Heritage Site.

Tempat Wisata di Singapura 37 Singapore Botanic Garden - Finansialku

Taman tropis yang telah berusia 158 tahun ini terletak di pinggiran distrik perbelanjaan Orchard Road. Taman seluas 74 hektar ini memiliki koleksi lebih dari 10.000 jenis tanaman termasuk koleksi bunga anggrek, jahe, serta palem.

 

Di taman ini terdapat lebih dari 60.000 jenis tanaman. Selain menikmati pemandangan taman, Anda pun dapat berjogging, duduk santai, atau bersantap di restoran di dalam kawasan taman.

Anda tidak perlu membayar tiket masuk ke dalam taman ini, kecuali jika Anda ingin memasuki National Orchid Garden, salah satu ikon Singapore Botanic Garden.

Di dalam National Orchid Garden, Anda bisa menemukan lebih dari 1000 spesies anggrek dan lebih dari 2000 hibrida tanaman anggrek.

 

#38 Jurong Bird Park

Jurong Bird Park adalah sebuah taman burung yang memiliki koleksi lebih dari 800 jenis burung dari seluruh dunia.

Taman burung ini juga merupakan sebuah tempat konservasi burung langka dunia.

Jurong Bird Park sendiri mempunyai luas sebesar 20 hektar. Di sini Anda dapat menyaksikan habitat burung yang dilepas bebas.

Tempat Wisata di Singapura 38 Jurong Bird Park - Finansialku

Jurong Bird Park adalah salah satu cagar burung paling terkenal di dunia, dan yang paling besar di Asia. Di sana terdapat lebih dari 5000 spesies burung.

 

Selain itu, Anda pun dapat menyaksikan pertunjukkan burung, seperti High Flyers Show dan Kings of The Skies Show.

Pada pertunjukkan ini, Anda akan menyaksikan kelincahan dan kepintaran burung yang dapat bernyanyi dalam 3 bahasa. Unik bukan? Silahkan kunjungi Jurong Bird Park yang terletak di 2 Jurong Hill, Singapore ini.

 

#39 Wild Wild Wet

Jika di Amerika ada Wild Wild West, maka di Singapura Anda akan menemukan Wild Wild Wet, sebuah wahana permainan air yang menantang dan seru untuk dijadikan liburan bersama keluarga Anda.

Wild Wild Wet ini mulai beroperasi pada tahun 2004 dan merupakan wahana permainan air terbesar di Singapura, yang berlokasi di Downtown East.

Tempat Wisata di Singapura 39 Wild Wild Wet - Finansialku

Anda dapat menikmati berbagai jenis perosotan yang menantang bersama keluarga dan buah hati Anda.

 

Di sini, Anda akan menemukan beragam permainan seperti Tsunami, The Waterworks, Torpedo, Ular-Lah, Shiok River, Jacuzzi, Professor’s Playground, Slide Up dan Yippie!.

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan permainan di sini karena setiap pengunjung akan diberikan jaket pelampung secara gratis dan penjaga kolam yang terlatih pun akan siaga di setiap tempat.

 

#40 Singapore Zoo

Singapore Zoo merupakan kebun binatang seluas 30 hektar yang mempunyai koleksi hewan peliharaan mulai dari benua Asia, Afrika bahkan binatang kutub.

Tempat ini sangat sesuai untuk anak-anak karena mereka dapat mempelajari mengenai habitat dan jenis-jenis hewan yang ada di dunia.

Tempat Wisata di Singapura 40 Singapore Zoo- Finansialku

Di Singapore Zoo terdapat lebih dari 300 spesies burung, reptil, dan mamalia berkeliaran di alam bebas seperti Taman Safari di Indonesia. Pengunjung juga dapat mengamati banyak satwa liar, termasuk singa, harimau putih, jerapah, rubah terbang, singa laut, hingga Komodo.

 

Di dalam Singapore Zoo juga terdapat pertunjukkan binatang, seperti Breakfast With an Orangutan (sarapan bersama orangutan), Rainforest Fights Back, Safari Splash, dan masih banyak lagi

 

#41 Snow City Singapore

Snow City Singapore merupakan tempat bermain salju indoor pertama di Singapura dan Snow City Singapore ini merupakan bagian dari Science Centre Singapore.

Di dalam Snow City Singapore, Anda akan merasakan suhu -5 derajat Celcius dan Anda dapat berkreasi dengan salju tersebut.

Tempat Wisata di Singapura 41 Snow City Singapore - Finansialku

Snow City adalah pusat salju permanen pertama di Singapura.

 

Di dalam Snow City Singapore, terdapat rumah Eskimo mini, tenda orang Indian dan seluncuran mini untuk anak-anak.

Tentunya agar pengunjung tidak kedinginan, Snow City Singapore juga menyediakan tempat penyewaan jaket, boots, sarung tangan dan aksesoris lainnya bagi yang tidak membawanya.

 

#42 Singapore Discovery Centre

Sesuai namanya, Singapore Discovery Centre merupakan sebuah tempat di mana pengunjung akan mengenal lebih jauh mengenai Singapura. Mulai dari sejarah, visi dan misi, serta harapan dan mimpi negara Singapura.

Tempat ini sangat cocok untuk wisata pendidikan anak-anak yang di dalamnya terdapat wahana permainan interaktif di mana pengunjung dapat merasakan, melihat, dan mendengar langsung simulasi yang ada di dalam Singapore Discovery Centre ini.

Di dalam Singapore Discovery Centre, pertama-tama Anda akan menemukan galeri yang menunjukkan transformasi negara Singapura dalam 3 video singkat.

Kemudian, juga terdapat So Singapore Theatre di mana di dalamnya, Anda dapat menyaksikan film singkat selama 5 menit yang menampilkan Merlion menyanyi dan melakukan rap sembari mengenalkan Singapura.

Tempat Wisata di Singapura 42 Singapore Discovery Centre - Finansialku

SDC adalah objek wisata ‘edutainment’ yang terletak di Jurong West, Singapura. Di SDC, Anda bisa belajar tentang sejarah Singapura serta rencana perkembangan Singapura di masa depan.

 

Di dalam Singapore Discovery Centre ini juga terdapat Army Museum dan Safti Bus Tour yang akan membawa Anda mengelilingi akademi militer Singapura.

Setelah menambah edukasi mengenai Singapura, pengunjung dapat bermain perahu berpedal di Singapore Lake atau menonton film 4D di teater 4D.

Pengunjung pun dapat melatih critical thinking dan crisis handling melalui permainan Battlefield Command, Crisis Timescope, Crisis Response dan Total Defence Wall.

Di dalam Singapore Discovery Centre juga terdapat lapangan paintball. Selain itu, Anda dapat mengunjungi Dream Lab dan Visionarium Design Studio untuk membangun Singapura masa depan. Sangat menyenangkan, bukan?

 

#43 Singapore Night Safari

Singapore Night Safari berlokasi di 80 Mandai Lake Road, Singapore yang merupakan tempat wisata safari malam di mana Anda dapat naik tram dan melihat kehidupan satwa di malam hari.

Anda pun dapat berjalan melewati kebun binatang ini untuk melihat binatang yang tidak terlihat ketika menaiki tram seperti rubah terbang Malaya dan tupai terbang raksasa.

Tempat Wisata di Singapura 43 Singapore Night Safari - Finansialku

Night Safari telah 12 kali meraih kategori objek wisata terbaik yang diberikan oleh Singapore Tourism Board.

Singapore Night Safari dibuka pada tahun 1994 dan merupakan safari malam pertama yang ada di dunia.

Konsep yang dipakai oleh Singapore Night Safari yaitu Anda akan merasa seperti dibawa menjelajahi bukit Himalaya hingga Benua Afrika yang penuh dengan fauna liar.

Jumlah hewan yang dapat Anda lihat di sini adalah 1000 hewan dari delapan area geografis.

 

#44 SG Flight Simulation Orchard

Di tempat ini, Anda akan merasakan sensasi menjadi seorang pilot melalui simulasi penerbangan di mana Anda akan menerbangkan pesawat Boeing 737 atau Airbus A320 mulai dari memasuki kokpit, mengontrol mesin pesawat, lepas landas hingga mendarat. 

Tempat Wisata di Singapura 44 SG Flight Simulation Orchard - Finansialku

SG Flight Simulation Orchard membagikan pengalaman dan sensasi menerbangkan pesawat yang membuka wawasan kita tentang dunia penerbangan.

 

Meskipun hanya sebuah simulasi, SG Flight Simulation Orchard juga menyediakan flight simulator asli yang biasa digunakan untuk melatih para calon pilot professional dan didampingi oleh seorang instruktur. Ingin mencoba menerbangkan pesawat? Silakan kunjungi tempat ini. 

 

#45 River Safari Wildlife Park

Selain kebun binatang umum dan safari malam, Singapura juga memiliki safari sungai, sebuah kebun binatang yang juga merupakan aquarium bagi hewan air.

Tempat Wisata di Singapura 45 River Safari Wildlife Park - Finansialku

Di River Safari Singapore, Anda bisa melihat dugong, monyet, piranha, serta panda yang hidup bebas di dalam sungai serta di sekitar sungai.

 

Di tempat wisata ini, Anda dapat menyaksikan kehidupan hewan unik yang dikoleksi dari seluruh dunia seperti panda merah, ular anakonda, berang-berang Amerika, ikan lele raksasa, buaya cina, tokek raksasa, belut listrik dan masih banyak lainnya.

Anda akan menyusuri sungai dengan menggunakan perahu dan menyaksikan 5000 binatang yang terdiri dari 300 spesies ini.

 

Berwisata dengan Cermat

Ketika Anda akan berwisata, usahakanlah menjadi wisatawan yang cermat, yang artinya Anda memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada.

Misalnya tiket pesawat yang sedang promosi, barang bebas pajak khusus untuk turis, serta privilege lainnya sebagai wisatawan.

Dengan berwisata cermat, Anda dapat menghemat pengeluaran Anda dan bisa mengalokasikannya untuk hal lain.

 

Apakah Anda sering bepergian ke Singapura? Bagaimana pendapat Anda mengenai negeri itu dan apakah Anda pernah mengunjungi tempat-tempat di atas?

Berikan pendapat anda pada kolom komentar di bawah ini untuk membantu wisatawan lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Best Things to Do in Chinatown Best Attractions in Chinatown Singapore. Singapore-guide.com – https://goo.gl/oEDMpo
  • Admin. 45 Tempat Wisata di Singapura yang Unik dan Wajib Anda kunjungi. Traveloka.com – https://goo.gl/d2iA9N
  • Admin. 8 Maret 2016. Chinese and Japanese Gardens. Timeout.com – https://goo.gl/4MwSwN
  • Admin. Buddha Tooth Relic Temple in Singapore. Singapore-guide.com – https://goo.gl/ta4Z1E
  • Billy Poon. 9 Februari 2017. The Top 10 Things To See and Do in Bugis, Singapore. Theculturetrip.com – https://goo.gl/MRP2j2

 

Sumber Gambar:

  • Singapura – https://goo.gl/7MMkST
  • Chinatown – https://goo.gl/dPfN2j
  • Masjid Sultan – https://goo.gl/xJ6t2U
  • Andrew’s Cathedral – https://goo.gl/qxW2ah
  • Arab Street – https://goo.gl/Q5nmDk
  • Museum Madame Tussauds – https://goo.gl/637WMq
  • Little India – https://goo.gl/Ci2PpJ
  • Haji Lane – https://goo.gl/Vzcrr9
  • Tiong Bahru – https://goo.gl/vyyyxR
  • Haw Par Villa – https://goo.gl/3BSX8z
  • Buddha Tooth Relic Temple and Museum – https://goo.gl/sf3wXW
  • Chijmes – https://goo.gl/K3EyZr
  • Art Science Museum – https://goo.gl/GsUQqX
  • Trick Eye Museum – https://goo.gl/jdkJ84
  • Singapore Art Museum – https://goo.gl/JZws11
  • Orchard Road – https://goo.gl/3ffeTo
  • Katong – https://goo.gl/JNTK5S
  • Bugis Street – https://goo.gl/TAC8id
  • Marina Bay Sands – https://goo.gl/n5mFRH
  • Vivo City – https://goo.gl/yWfsrG
  • Mustafa Centre Jewelry – https://goo.gl/Ym95dW
  • Merlion Park – https://goo.gl/1tTKxw
  • Harbourfront – https://goo.gl/EpgfYY
  • Esplanade – https://goo.gl/s1EX31
  • Chinese and Japanese Gardens – https://goo.gl/J1whvq
  • Helix Bridge – https://goo.gl/rnrFcC
  • Singapore River – https://goo.gl/oEmzTR
  • Raffles Landing Site – https://goo.gl/8LTa35
  • F1 Race – https://goo.gl/B2HZ2v
  • Clarke Quay – https://goo.gl/HFZFGz
  • Southern Islands – https://goo.gl/uEeuTt
  • Gardens by The Bay – https://goo.gl/87tcc8
  • Jembatan Henderson Waves – https://goo.gl/bkfSsq
  • Singapore Flyer – https://goo.gl/gSfZ7F
  • East Coast Park – https://goo.gl/LFzWUT
  • Universal Studio Singapore – https://goo.gl/rAFxVf
  • Sentosa Island – https://goo.gl/SWsRJL
  • Singapore Botanic Garden – https://goo.gl/jg2wkM
  • Jurong Bird Park – https://goo.gl/qEcYZD
  • Wild Wild Wet – https://goo.gl/nvWsBL
  • Singapore Zoo – https://goo.gl/392LbU
  • Snow City Singapore – https://goo.gl/Q1HiZc
  • Singapore Discovery Centre – https://goo.gl/sCLW2y
  • Singapore Night Safari – https://goo.gl/T88nBs
  • SG Flight Simulation Orchard – https://goo.gl/aXdtYL
  • River Safari Wildlife Park – https://goo.gl/Bv9Lga

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
45 Tempat Wisata di Singapura yang Seru dan Asik untuk Liburan
Article Name
45 Tempat Wisata di Singapura yang Seru dan Asik untuk Liburan
Description
Singapura, sebuah kota maju yang terletak dekat dengan Indonesia ini merupakan salah satu tujuan wisata warga Indonesia, terutama bagi yang ingin berbelanja.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo