Sudah tahukah Anda 5 biaya tak terduga saat bulan puasa? Anda perlu mengetahuinya!!

Banyak orang yang sudah menunggu bulan puasa. Tapi untuk pengeluarannya bagaimana? Apakah Anda sudah mempersiapkannya?

Nah, agar tidak terjebak dalam biaya tak terduga saat bulan puasa, simak dulu artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Hemat Selama Puasa Bisa Buat Investasi?

Bulan Suci Ramadan telah tiba. Awal Mei hingga awal Juni merupakan bulan puasa.

Tentu kesempatan agung ini merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang maupun keluarga. Menyongsong masa penuh hikmah ini, kita perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Tidak hanya mempersiapkan hati dan hal-hal batiniah, namun juga hal-hal fisik dan aneka bagian penting lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pengeluaran Tidak Terduga Saat Puasa: Persiapkan Sejak Awal

Salah satu bagian yang perlu dipersiapkan juga ialah tentang pengelolaan keuangan selama masa Ramadan. Karena ketika beribadah dengan khusyuk pasti ada saja hal-hal yang membuat kita jadi kurang fokus bukan?

Jangan sampai Anda jadi kehilangan momen ibadah karena pengeluaran tak terduga. Artikel ini akan mengulas tentang 5 biaya tak terduga selama masa puasa berlangsung. Apa saja?

Ikuti ulasan berikut!

 

#1 Buka Bersama

Kesempatan yang paling ditunggu-tunggu setelah menjalankan puasa seharian ialah saat buka bersama.

Sesuai dengan tradisi yang berkembang dalam masyarakat Indonesia, berbuka menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas tak mengherankan bila tiap berbuka bersama, makanan dan minuman yang tersaji biasanya cukup lengkap dan bervariasi.

5 Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa 02 - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

 

Tentu hidangan yang istimewa tersebut membutuhkan biaya lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan sehari-hari saat situasi normal.

Biaya tak terduga kerap muncul dalam momen berbuka bersama, tak jarang kita tiba-tiba diundang untuk berbuka bersama dengan orang-orang yang kita kenal.

Misalnya berbuka bersama dengan teman-teman kerja, teman-teman sekolah, komunitas tertentu, ataupun aneka kelompok lainnya. Tentu kita juga harus mempersiapkan biaya yang tidak sedikit untuk memperlancar kegiatan tersebut.

Dalam hal ini, kita harus mempersiapkan ‘pos’ tersendiri untuk biaya aneka kegiatan buka bersama selama bulan suci ini. Jika memungkinkan untuk tidak buka puasa di luar rumah maka hal ini akan bernilai sangat positif.

 

#2 Ngabuburit

Selain kegiatan berbuka bersama, selama masa ramadan juga ada kegiatan-kegiatan ngabuburit. Kegiatan ini menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas. Maklum, setahun sekali.

Dalam acara ngabuburit biasanya ada berbagai tawaran yang menarik bagi semua orang. Misalnya bazar makanan, pakaian, ataupun aneka hiburan yang menarik hati.

10 Tradisi Menyambut Bulan Puasa Nan Unik di Indonesia 03 Menyambut Puasa 3 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran Liburan Hemat, Mudik Lebaran]

 

Kita harus mempersiapkan biaya khusus untuk mengantisipasi aneka tawaran selama bulan puasa.

Biasanya kita tertarik untuk berbelanja banyak dalam acara-acara ngabuburit. Misalnya saat ada bazar makanan murah. Kita akan cenderung membeli banyak makanan yang kelihatannya menarik dan lezat untuk disantap.

Tentu hal ini tidak salah, karena momennya tepat dengan pelaksanaan puasa yang kita jalankan. Meski demikian, kita juga perlu mengontrol keinginan dan ketertarikan kita pada aneka bentuk tawaran selama ngabuburit.

Boleh ngabuburit, tapi kita juga perlu irit. Minimal bisa membaur dengan rekan dan teman tanpa menghilangkan esensi kehematan gaya hidup bukan?

 

#3 Dana Amal

Beramal juga merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan laku puasa yang kita jalankan. Hal ini sesuai dengan apa yang diteladankan oleh Rasulullah sendiri.

Dalam kebiasaan yang berkembang dalam masyarakat Indonesia, selama bulan Ramadan banyak orang yang memisahkan penghasilannya atau rezekinya untuk beramal terhadap sesama di lingkungan sekitarnya.

Apakah Benar Zakat Pengurang Pajak Gimana Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda?]

 

Kebutuhan untuk beramal juga perlu kita catat. Hal ini terkadang juga menjadi pengeluaran tak terduga. Hal ini menjadi wajar mengingat bahwa kita kerap dituntun dan mengikuti suara hati untuk berbuat amal. Tak jarang kita memberi amal dalam jumlah yang tidak sedikit.

Memang pada hakikatnya beramal itu sangat baik, namun kita juga perlu mempersiapkan ‘pos’ dana tersendiri untuk beramal.

Hal ini penting agar pengeluaran yang kita keluarkan untuk beramal tidak sampai mengganggu kondisi keuangan keluarga kita masing-masing.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Transportasi

Selain kesempatan untuk ibadah, bulan suci Ramadan juga merupakan kesempatan untuk memaksimalkan aneka segi kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya ialah kehidupan sosial.

Selama bulan puasa kita akan sibuk untuk mengikuti aneka kegiatan buka bersama ataupun kegiatan-kegiatan rohani lainnya seperti tarawih, pengajian, dan lain-lain.

Selain itu, kita juga harus pergi dari satu tempat ke tempat lainnya untuk berbelanja menyiapkan kebutuhan sahur dan buka. Kenyataan ini mengingatkan kita untuk tidak lupa menyiapkan biaya tambahan untuk kebutuhan transportasi sehari-hari.

Mudik-Lebaran-Kemanapun-Lewat-Tol-Diskon-2-Finansialku

[Baca Juga: Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus: Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja)]

 

Yang tidak kalah penting ialah kebutuhan biaya transportasi untuk mudik sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Kita juga harus mempersiapkan tabungan khusus untuk mengantisipasi kenaikan harga tiket yang nyaris selalu terjadi setiap kali liburan menyongsong ataupun pasca Hari Raya Idul Fitri.

Jangan sampai kita lupa mempersiapkan biaya untuk transportasi karena hal ini juga tidak kalah penting dengan biaya-biaya yang lain.

Akan sangat baik bila sudah memesan tiket jauh-jauh hari, selain mendapatkan harga terbaik, kita juga terhindar dari bayang-bayang kenaikan harga perjalanan entah darat, laut ataupun udara yang senantiasa menyesuaikan tarif liburan.

 

#5 Pernak-pernik Lebaran

Momen puncak yang ditunggu-tunggu selama masa Ramadan ialah saat Hari Raya Idul Fitri. Tentu hari raya tersebut akan senantiasa dirayakan dalam suasana kebahagiaan, kemenangan, dan persaudaraan yang hangat.

Untuk memeriahkan suasana tersebut, kita biasanya menyiapkan dekorasi rumah, aneka makanan-minuman, busana muslim yang baru dan lain sebagainya.

Dalam konteks ini, biaya tak terduga muncul saat kita memilah atau memilih penak-pernik Lebaran. Misalnya saat membeli busana baru, bisa saja biaya yang harus dikeluarkan tak sesuai perkiraan kita sebelumnya.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Pastikan untuk Menabung dan Investasi Sebelum Ramadan

Dari faktor eksternal bisa saja harga busana yang ada diatas perkiraan kita. Sementara dari faktor internal, bisa saja keinginan kita yang tak terkendali, ingin membeli busana yang mahal dan mewah.

Menyadari kemungkinan ini, kita perlu mempersiapkan tabungan tambahan untuk mengantisipasi adanya biaya-biaya tak terduga terkait pernak-pernik Lebaran yang akan kita beli.

 

Kelima hal diatas perlu dipersiapkan jauh hari. Jadi hati-hati ya dalam merencanakan dan menggunakan keuangan selama bulan Ramadan.

Apakah sudah mempersiapkan dari sekarang? Ayo siapkan mumpung belum terlambat!

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Catatan: Gunakan kode BERKAH50 untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000 jika Anda berlangganan 1 tahun. Hanya dengan membayar Rp300.000 saja, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku ditambah Free Online Course Keuangan ala Finansialku.com.

 

Sumber Referensi:

  • Sintia Astarina. 5 Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa yang Harus Anda Waspadai. Koinworks.com – https://bit.ly/2V5Y8q7

 

Sumber Gambar:

  • Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa 01 – https://bit.ly/2H2d0Rh
  • Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa 02 Buka Bersama – https://bit.ly/2H5sQeY