Bagaimana cara investasi logam mulia Antam? Kali ini Finansialku akan membahas mengenai 5 cara berinvestasi logam mulia antam yang dapat Anda praktekkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

5 Cara Investasi Logam Mulia Antam

Salah satu produk investasi yang paling populer dan tradisional adalah logam mulia atau emas. Mungkin cara investasi logam mulia yang paling tradisional adalah membeli, simpan dan jual pada harga yang lebih tinggi.

5 Cara Investasi Logam Mulia Antam - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

[Baca Juga: Apa yang Harus Anda Lakukan Sebelum Berinvestasi Logam Mulia?]

 

Seiring berjalannya waktu, investasi logam mulia menjadi semakin beragam jenisnya. Perusahaan Pegadaian menawarkan beberapa alternatif investasi logam mulia. Berikut ini 5 cara investasi logam mulia Antam:

 

Cara 1 Titip Emas (Logam Mulia)

Salah satu layanan Pegadaian adalah penitipan emas dengan biaya yang relative murah dan jaminan keamanan. Kenapa titip emas di pegadaian lebih aman? Emas yang dititipkan di Pegadaian akan diasuransikan, sesuai dengan nilainya. Biaya penitipan emas di Pegadaian sekitar Rp 20.000 per 100 gram per bulan. Jika seseorang memiliki emas seberat 500 gram, maka biaya titip yang harus dibayarkan adalah 5 x Rp 20.000 = Rp 100.000 per bulan

 

Cara 2 Mencicil Emas (Logam Mulia)

Nasabah atau masyarakat juga dapat mencicil emas atau logam mulia di Pegadaian. Caranya cukup sederhana, kita hanya perlu ke kantor Pegadaian terdekat, pilih logam mulia yang ingin dibeli (beratnya). Setelah itu bayar uang muka (down payment) sebesar 20%  – 30% harga emas. Setelah itu cicil sisanya selama 1 bulan hingga 36 bulan. Periode atau tenor cicilan, tentu saja akan mempengaruhi biaya dan jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Setelah menyelesaikan administrasi dan biaya-biayanya, kita dapat menerima emas dalam waktu 1 – 2 minggu dari waktu pelunasan. Sistem cicilan emas juga dapat diakses melalui website Pegadaian.

 

Cara 3 Tabungan Emas (Logam Mulia)

Layanan tabungan emas milik Pegadaian adalah solusi untuk masyarakat yang ingin berinvestasi logam mulia dengan dana terbatas. Kita dapat membeli emas dengan biaya mulai dari Rp 5.000 atau berat minimal 0,01 gram. Harga emas di tabungan emas, tentu saja disesuaikan dengan harga transaksi.

[Baca Juga: Tabungan Emas Bisa Kok Mulai dari Rp 5.000]

 

Cara 4 Gadai Emas (Logam Mulia)

Anda pasti tahu kan, kalau Pegadaian memiliki layanan utama gadai? Nah jika memiliki emas dan butuh uang cepat, Anda dapat menggunakan layanan gadai emas. Prinsipnya sederhana, Pegadaian akan memberikan pinjaman dengan agunan emas Anda. Jika Anda dapat membayar utang Anda, maka Anda dapat membeli kembali (menebus) emas Anda. Nilai pinjaman gadai emas bervariasi dari 85% harga emas. Contoh jika emas Anda dinilai dengan harga Rp 500.000, maka dana pinjaman yang dapat Anda ambil Rp 425.000.

Biasanya lama penitipan emas di Pegadaian adalah 4 bulan dan dapat diperpanjang dengan tambahan biaya sewa. Biaya gadai di Pegadaian Syaraiah, dihitung per 10 hari masa pinjaman. Biaya gadai di Pegadaian Konvensional, dihitung per 15 hari masa pinjaman.

 

Cara 5 Arisan Emas (Logam Mulia)

Cara kelima, investasi emas adalah dengan arisan emas (logam mulia). Kita dapat mengajukan permohonan ke kantor Pegadaian dan membentuk kelompok yang terdiri dari 6 orang atau lebih. Pengundian dilakukan setiap bulannya dan minimal emas 1 gram. Tentunya besaran arisan akan disesuaikan dengan berate mas yang akan dibeli. Untungnya harga yang ditetapkan oleh Pegadaian adalah harga flat, jadi harga emas di pasar mau naik atau turun Anda akan mendapatkan harga yang sama.

 

Pilih yang Mana?

Anda sudah mengetahui berbagai jenis cara investasi logam mulia, mulai dari menitipkan emas, mencicil emas, menabung emas, menggadaikan emas hingga arisan emas. Nah sekarang Anda dapat memanfaatkan layanan-layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Apakah Anda sudah pernah mencoba arisan emas di Pegadaian? Hati-hati dengan arisan emas selain di Pegadaian.

 

Sumber Artikel :

  • Vina A Muliana. 11 November 2015. 5 Cara Investasi Emas di Pegadaian. Liputan6.com – http://goo.gl/fdJxME

 

Sumber Gambar:

  • Gold Investment – https://goo.gl/vlGDm7

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang