Belum lama ini harga bahan bakar meningkat, tidak lama lagi menjelang puasa apa yang terjadi? Harga-harga sudah mulai meningkat. Setidaknya saat ini harga-harga barang sudah naik 5%-10%. Kira-kira bagaimana cara mengatur keuangan keluarga di Bulan Ramdhan?

 

power-prayer-fasting

 

Tips Mengatur Keuangan Keluarga  

Berikut ini adalah 5 tips mengatur keuangan keluarga di saat Bulan Ramadhan.

1 

Membuat Anggaran Belanja dan Pos-Pos Khusus

Diawal bulan jangan lupa buat anggaran belanja, seperti pada bulan-bulan sebelumnya. Jika Anda belum pernah membuat anggaran Anda dapat mulai membuat anggaran keuangan bulanan. Berikut ini ada template anggaran bulanan yang disediakan oleh tim Finansialku. Anggaran Keuangan Keluarga dan Pribadi

Jangan lupa ada pos-pos khusus, special di Hari Lebaran, contoh: biaya mudik, biaya di kampong halaman, biaya THR (bagi Anda yang entrepreneur atau berwirausaha), biaya zakat atau donasi. Jangan lupa juga adanya peningkatan biaya yang signifikan dalam pos makan. Umumnya pada saat Bulan Ramadhan banyak dijual makanan dengan warna-warna yang menarik, hidangan-hidangan yang khas di Bulan Ramadhan. Hal ini tentunya sulit ditolak bagi sebagian orang. Apa jadinya? Ya betul lapar mata. Oleh sebab itu tambahkan anggaran di pos makan dan kurangi anggaran di pos lain.

Finansialku

2 

Jangan Sampai Salah Alokasikan Sumber Dana

Darimanakah sumber pendapatan Anda bulan ini? Bagi Anda yang bekerja pada perusahaan, Anda akan mendapatkan gaji bulanan dan THR (Tunjangan Hari Raya). Gunakan gaji Anda untuk memenuhi kebutuhan harian dan gunakan THR untuk keperluan Mudik. Jangan hambur-hamburkan THR untuk bermewah-mewah di Bulan Ramadhan dan utang untuk mudik.

Gunakan THR untuk memenuhi kebutuhan mudik, jangan untuk membeli “mainan” (motor baru, mobil baru, ponsel baru) untuk pamer di kampong halaman. Apabila ingin pamer ada baiknya gunakan sumber pendapatan lain, misal mulailah menabung untuk membelinya dari beberapa bulan lalu. Jika belum punya sebaiknya jangan memaksakan diri.

Finansialku

3 

Tetap Mencatat Pengeluaran Harian

Jangan lupa tetap mencatat pengeluaran harian Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi yang ada di website FInansialku. Cara mendaftar dapat Anda baca di Panduan Mendaftar. Dengan mencatat Anda dapat mengetahui pola pengeluaran Anda. Setelah Anda mengenali pola pengeluaran, Anda dapat melakukan perbaikan pos-pos yang masih boros. 

 Finansialku

4  

Tetap Membayar Diri Sendiri sebelum Membayar Orang Lain

Seperti pada bulan-bulan sebelumnya, tetaplah membayar diri Anda sendiri terlebih dahulu. Jangan lupa menabung atau investasi dari sumber pendapatan Anda. Seperti biasa minimal 15% dari pendapatan Anda harus digunakan untuk mempersiapkan masa depan Anda. 

  Finansialku

5 

Tetap Menjalankan Rencana Keuangan yang Sudah Dibuat

Tentunya Anda sudah memiliki rencana keuangan kan? Tetap jalankan rencana keuangan Anda. Pengeluaran yang besar di Bulan Ramadhan tidak berarti menunda rencana keuangan Anda. Tetap jalankan rencana yang telah dibuat.

 

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda mengatur keuangan keluarga Anda, terlebih di Bulan Ramadhan.