Apakah Anda termasuk salah orang yang gemar belanja online di Instagram atau social media lainnya? Kali ini Finansialku.com akan berbagi 7 tips belanja online yang aman dan smart di Instagram.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Belanja Online yang Aman dan Smart di Instagram

Sekarang ini eranya belanja online alias online shopping, karena mudah, banyak produknya, banyak komentar dan harga juga bersaing. Belanja online dapat kita lakukan melalui website ataupun social media, seperti Instagram. Di Indonesia social media yang dibuat oleh Kevin Systrom ini, menjadi salah satu yang populer untuk berjualan.

Tips Belanja Online yang Aman dan Smart di Instagram - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Tips Belanja Online yang Aman dan Terhindar dari Toko Penipu]

 

Salah satu alasan yang menyebabkan Instagram laris di Indonesia, karena transaksi di online sangat mudah. Disatu sisi banyak orang bisa dengan mudah foto produk, memasukan produk ke Instagram, menulis deskripsi dan penjelasan produk serta beriklan. Di sisi pembeli belanja online di Instagram sangatlah mudah, ikuti format untuk sms atau hubungi pembeli dengan sms, bbm, line atau whatsapp. Tentu saja belanja online memiliki risiko, seperti penipuan barang tidak dikirim, barang tidak sesuai dengan pesanan dan lain sebagainya. Berikut ini 5 tips yang dapat Anda perhatikan saat belanja online.

 

#1. Baca Testimoni Pembeli, Cek Asli atau Palsu 

Dahulu orang beranggapan akun Instagram yang memiliki banyak follower tentu saja bonafit. Ternyata jumlah follower bukanlah pertimbangan utama, saat membeli barang. Anda perlu membaca testimony dari para pembeli. Belilah produk atau layanan di Instagram, yang memiliki komentar positif dari pembelinya. Lihat berikut ini salah satu akun instagram dengan komentar positif.

 

#2. Endorser Penting, tetapi Bukan Tidak Mutlak Benar

Terkadang ada beberapa akun yang di-endorsed oleh artis atau celebgram terkenal. Sebenarnya tidak semua barang yang di-endorsed dijamin 100% pasti berkualitas bagus. Satu hal yang dapat Anda pertimbangkan adalah, artis dan celebgram yang meng-endorse produk seharusnya mereka sudah melihat barangnya dan tidak asal-asalan.

 

#3. Cek Gambar Produk dan Penjelasan Spesifikasi dengan Teliti

Sebelum membeli pastikan Anda mengecek kembali spesifikasi produk dengan cermat dan teliti. Biasanya gambar bisa jadi menipu atau tidak sesuai dengan ekspetasi. Selain itu ada juga kasus penjual salah mengirimkan pesanan (sengaja atau tidak). Oleh sebab itu pastikan Anda menyimpan capture pemesanan Anda (chat whatsapp, sms, bbm atau line) agar Anda memiliki bukti pesanan.

 

#4. Bandingkan Harga  dan Dapatkan Harga Terbaik

Salah satu pembeli yang smart adalah pembeli yang mampu berhemat atau mendapatkan penawaran terbaik. Jarang sekali ada toko online di Instagram yang memberikan kesempatan atau ruang untuk tawar menawar. Oleh sebab itu tidak ada salahnya Anda coba untuk membandingkan harga.

[Jawab Quiz:  Apakah Anda Termasuk Orang Hemat atau Orang Pelit?]

 

#5. Pilih Cara Pembayaran yang Paling Mudah dan Aman

Ada beberapa cara dalam pembayaran, saat kita belanja online di Instagram, contoh menggunakan jasa rekening bersama, transfer dan COD (cash on delivery). Jarang ada toko online di Instagram yang menawarkan pembayaran dengan cicilan atau pembayaran dengan kartu kredit. Sebisa mungkin gunakan jasa COD, untuk meminimalkan risiko.

 

#6. Kalau Ada yang Punya Toko Fisik, Lebih Meyakinkan

Beberapa toko online memiliki toko fisik di mall atau lokasi tertentu. Tentu saja akan lebih meyakinkan jika, Anda belanja online di toko yang juga memiliki toko fisik atau sering mengadakan pameran di mall. Selain toko fisik, sebenarnya website resmi adalah salah satu bentuk yang lebih meyakinkan.

 

#7. Penjelasan Mengenai Akun

Anda dapat memperhatikan toko online yang mau memberikan informasi lengkap mengenai alamat toko, alamat website, nomor telepon dan informasi pribadi lainnya. Jika toko online tersebut memberikan informasi lengkap, artinya pemilik toko tersebut terbuka dan tidak berniat curang.

 

Ga Perlu Takut Berbelanja Online (Jika Sudah Tahu Tricknya)

Belanja online seharunya tidak perlu ditakuti, asalkan Anda tetap waspada dan hati-hati. Sebagai perencana keuangan, kami menyarankan agar Anda tetap mengawasi anggaran atau budget belanja. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk mempermudah Anda mengawasi anggaran dan mengelola keuangan. Silahkan coba gratis di sini. Hal ini bertujuan agar Anda tidak terlena dengan kemudahan dan keseruan belanja online. Selamat berbelanja online dan jadilah pembeli yang pandai.

 

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Apakah Anda pernah merasa ragu-ragu saat belanja online? Selain cara-cara di atas, apa yang Anda lakukan untuk mengurangi keraguan tersebut?

 

Sumber Gambar:

  • Instagram – https://goo.gl/qZLS1p

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang