Rencana Keuangan (financial plan) adalah sebuah istilah baru bagi sebagain besar orang Indonesia. Apa itu rencana keuangan? Mengapa seseorang perlu memiliki atau membuat rencana keuangan? Finansialku.com akan menjawab 8 alasan Anda harus membuat rencana keuangan sekarang.

8 Alasan Anda Harus Membuat Rencana Keuangan Sekarang - Judul - Finansialku

 

Definisi Rencana Keuangan

Perencanaan Keuangan menurut Certified Financial Planner Standard Boards adalah proses mencapai tujuan hidup seseorang melalui manajemen keuangan secara terencana. Hasil dari sebuah proses perencanaan keuangan adalah sebuah bookplan atau buku berisi rencana keuangan.

Sebuah buku rencana keuangan berisi mengenai profil orang dan pasangannya (demografi, kondisi keluarga dan lainnya), kondisi kesehatan keuangan, income statement, balance sheet (neraca), kebutuhan asuransi, kebutuhan investasi untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan.

Daftar isi sebuah rencana keuangan komprehensif dapat dibaca lebih lanjut di:

apa-itu-inklusif-keuangan-dan-literasi-keuangan-finansialku

[Baca juga : Rencana Keuangan Komprehensif]

 

 

Alasan Anda Harus Membuat Rencana Keuangan Sekarang

Mengapa seseorang harus membuat rencana keuangan sekarang juga? Penulis akan menyampaikan 8 alasan seseorang harus membuat rencana keuangan.

8 Alasan Anda Harus Membuat Rencana Keuangan Sekarang- Finansialku

 

Anda dapat menghubungi Finansialku untuk berkonsultasi mengenai rencana keuangan keluarga. Kami akan membantu Anda mengelola keuangan keluarga Anda. Hubungi Finansialku melalui email: solusi.finansialku@gmail.com atau melalui telepon 0838 2100 9816.

 

Mengetahui kesehatan kondisi keuangan keluarga

Cek Kondisi Kesehatan Keuangan Keluarga

Menurut Anda, bagaimana kondisi kesehatan keuangan keluarga Anda saat ini? Pernakah Anda mengecek kondisi kesehatan keuangan keluarga Anda? Tahapan awal sebelum melakukan perencanaan keuangan adalah melakukan pengecekan kondisi kesehatan keuangan keluarga.

Seorang perencana keuangan akan berdiskusi dengan kliennya mengenai kondisi keuangan klien saat ini. Kemudian data tersebut diolah untuk mendapatkan gambaran kondisi kesehatan keuangan keluarga. Laporan kesehatan keuangan keluarga atau dikenal dengan financial health checkup dapat digunakan sebagai salah satu dasar perbaikan pos-pos keuangan keluarga yang dirasa kurang ideal.

 

Perlindungan terhadap risiko keuangan keluarga

 Perlindungan terhadap risiko keuangan keluarga

Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan risiko keuangan keluarga? Apakah menurut Anda meninggal dini adalah risiko? Jika seseorang tulang punggung keluarga meninggal dunia, bagaimana dengan kehidupan ekonomi keluarga yang ditinggalkan?

Seorang perencana keuangan akan membuat sebuah rencana untuk melindungi Anda dan keluarga dari kerugian finansial yang mungkin terjadi ketika salah satu dari risiko-risiko keuangan keluarga terjadi. Lima risiko keluarga adalah kehilangan pekerjaan, cedera, penyakit, kematian dan tuntutan hukum.

 

Melunasi utang-utang konsumtif dan mengelola utang

 Mengelola Utang Produktif dan Utang Konsumtif

Menurut Anda apakah utang-utang kartu kredit,cicilan elektronik membebani kondisi keuangan keluarga Anda? Apakah Anda mengalami kesulitan mengelola utang konsumtif yang ada?

Seorang perencana keuangan akan membantu Anda menyelesaikan permasalahan utang konsumtif Anda. Utang secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu utang produktif dan utang konsumtif. Perencana keuangan akan membantu Anda mengelola utang-utang Anda, baik utang produktif maupun utang konsumtif.

 

Mendanai biaya pendidikan anak

 Mendanai biaya pendidikan anak

Menurut Anda, berapakah besar biaya pendidikan S1, ketika anak Anda memasuki bangku kuliah? Apakah Anda memiliki strategi untuk membiayai pendidikan anak Anda?

Seorang perencana keuangan akan membantu Anda untuk menyiapkan dana pendidikan anak-anak Anda. Dalam melakukan perencanaan keuangan dana pendidikan anak, seorang perencana keuangan akan memperhatikan segala aspek, seperti risiko yang mungkin terjadi, strategi investasi yang sesuai dan faktor-faktor lainnya.

 

Mendanai pembelian rumah dan kendaraan

 

Mendanai pembelian rumah dan kendaraan

Menurut Anda, bagaimana cara mendanai pembelian rumah untuk yang pertama, kedua dan seterusnya?

Seorang perencana keuangan akan membantu membuat perhitungan dan strategi untuk melakukan pembelian rumah, kendaraan dan aset lainnya. Dalam rencana keuangan, akan tertulis rencana dan tindakan yang harus dijalankan untuk melakukan pembelian asset.

 

Mempersiapkan dana hari tua

 Mempersiapkan dana hari tua

Menurut Anda, bagaimana kondisi masa hari tua yang ingin jalankan? Apakah Anda ingin menikmati hidup dan tidak lagi bekerja karena mencari uang?

Seorang perencana keuangan akan membantu kliennya untuk melakukan perhitungan kebutuhan dana hari tua dan strategi-strategi untuk memenuhi dana hari tua. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain mempersiapkan terlebih dahulu dana yang dibutuhkan saat hari tua atau mempersiapkan pendapatan pasif untuk kebutuhan dana hari tua.

 

Mendanai tujuan-tujuan keuangan, seperti perjalanan ibadah

 Memenuhi Tujuan Keuangan

Apakah Anda dan pasangan memiliki tujuan-tujuan keuangan tertentu, misal perjalanan ke luar negeri, perjalanan ibadah, atau membeli sesuatu?

Seorang perencana keuangan akan membantu Anda melakuan perhitungan dan membuat strategi-strategi agar Anda dapat mencapai tujuan-tujuan Anda.

 

Mewariskan kekayaan kepada generasi selanjutnya

 Mewariskan kekayaan kepada generasi selanjutnya

Menurut Anda, Apa yang Anda harapkan dari kekayaan Anda? Bagaimana cara melakukan transfer kekayaan Anda kepada anak-anak Anda?

Seorang perencana keuangan akan membuat strategi waris kekayaan kepada generasi selanjutnya dengan berbagai pertimbangan. Banyak permasalahan terjadi ketika pembagian waris, seperti pajak waris yang besar, potongan ini itu terhadap asset yang akan diwariskan, dana tidak dapat diwariskan karena kurangnya syarat-syarat dan lainnya. Perencana keuangan akan mempersiapkan strategi agar waris dapat dilakukan dengan lancar tanpa ada permasalahan yang berarti.

 

Kesimpulan

Rencana keuangan adalah hasil dari sebuah proses perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan dapat dilakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa perencana keuangan. 8 alasan Anda harus membuat rencana keuangan sekarang, adalah:

  1. Mengetahui kesehatan kondisi keuangan keluarga
  2. Perlindungan terhadap risiko keuangan keluarga
  3. Melunasi utang-utang konsumtif dan mengelola utang
  4. Mendanai biaya pendidikan anak
  5. Mendanai pembelian rumah dan kendaraan
  6. Mempersiapkan dana hari tua
  7. Mendanai tujuan-tujuan keuangan, seperti perjalanan ibadah
  8. Mewariskan kekayaan kepada generasi selanjutnya

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai alasan Anda harus membuat rencana keuangan sekarang.