Bagaimana cara Anda merawat aki kering selama ini? Berikut akan kami jelaskan, bagaimana cara yang baik merawat aki kering kendaraan.

Cara yang baik tentunya untuk keawetan kendaraan Anda sendiri. Jadi simak sampai tuntas cara-caranya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Merawat yang Baik

Saat ini kita akan membahas, mengenai cara merawat aki. Karena aki merupakan komponen yang sangat penting untuk kendaraan.

Tapi sebelum kita benar-benar membahasnya dengan tuntas mengenai cara merawat aki, apakah Anda sudah benar dalam merawat keuangan pribadi Anda? 

Bila Anda saat ini sedang mencari cara untuk merawat aki, sebelumnya, bagaimana selama ini Anda merawat keuangan pribadi Anda? 

Untuk masalah aki kering, Finansialku akan membahasnya bagi Anda. Dan untuk masalah keuangan pribadi Anda, Aplikasi Finansialku jawabannya.

Anda dapat mengunduh aplikasi Finansialku di PlayStore maupun AppStore, atau Anda dapat mengunduhnya melalui link berikut ini. 

 

playstore icon
appstore icon

 

Mengapa aplikasi Finansialku dapat merawat keuangan pribadi Anda?

Jawabannya adalah karena dalam aplikasi ini, Anda dapat mencatat seluruh keluar masuk keuangan Anda.

Dalam Finansialku, Anda dapat mengecek kesehatan keuangan Anda, lewat fitur finansial Check Up

Apalagi?

Dalam aplikasi Finansialku, Anda dapat berkonsultasi pada pakar keuangan profesional, secara gratis! Bagaimana, masih meragukan aplikasi Finansialku? 

 

 

Cara Merawat Aki Kering yang Baik

Baiklah, setidaknya Anda kini dapat gambaran bahwa yang perlu dirawat dengan baik bukan hanya aki kendaraan Anda. Tetapi keuangan pribadi Anda pun perlu untuk dirawat dengan cara yang baik.

Kita masuk pembahasan, ada dua jenis aki yang kini banyak digunakan yakni aki basah dan aki kering.

Kedua jenis aki tersebut pada dasarnya sama-sama menggunakan cairan elektroda di dalamnya. Hanya saja air aki basah baru diisi saat akan digunakan.

Sementara aki kering sudah terisi sejak diproduksi dari pabrik. Aki kering sendiri menjadi jenis aki yang kini banyak digunakan pada kendaraan keluaran terbaru, baik motor dan mobil.

Ini dikarenakan semakin banyaknya teknologi yang disematkan pada kendaraan tentu membutuhkan komponen aki dengan sistem kelistrikan yang lebih stabil, kuat, dan awet.

Aki Mobil 1

[Baca Juga: 10 Aki Kering Mobil yang Bagus Terbaru 2020, Plus Harganya!]

 

Di sisi lain, aki kering juga relatif lebih mudah dalam segi perawatannya. Akan tetapi hal tersebut bukanlah alasan bagi Anda untuk abai.

Setidaknya Anda harus tetap melakukan perawatan terhadap aki tersebut agar tetap awet dan dapat bekerja secara optimal.

Selain itu, sedikit banyaknya Anda juga perlu mengetahui apa sajakah faktor yang dapat menyebabkan aki kering rusak atau bahkan soak.

Nah kali ini Finansialku akan membahas mengenai 5 cara tepat dalam melakukan perawatan pada aki kering. Tanpa berlama-lama, langsung saja kita bahas kelima cara tersebut.

 

 

#1 Periksa Ujung Kabel dan Terminal Pada Aki

Cara perawatan yang pertama adalah, Anda harus mengecek pada bagian ujung kabel atau terminal dan pastikan tidak ada jamur berwarna putih.

Biasanya inilah penyebab kerusakan aki kering. Jika Anda menemukan jamur putih tersebut, maka langsung siram saja menggunakan air panas, maka aki akan bekerja optimal kembali.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#2 Gunakan Kendaraan Secara Rutin

Perawatan yang kedua adalah gunakanlah kendaraan Anda secara rutin. Hal ini dikarenakan aki kering membutuhkan penyuplaian listrik yang stabil.

Nah jika tidak digunakan, usahakan untuk memanaskan kendaraan selama 2-5 menit setiap harinya.

 

#3 Hindari Lubang dan Jalan Rusak

Menghindari hantaman lubang atau jalan rusak juga merupakan upaya yang baik untuk tetap menjaga aki tetap awet.

Ini dikarenakan guncangan saat menghantam lubang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang terdapat pada komponen aki.

 

#4 Pastikan Aksesoris Mobil Apapun Tidak aktif Saat Akan Menyalakan Mesin

Satu hal yang sering diabaikan banyak orang adalah membiarkan aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan tetap menyala saat akan menyalakan mesin kendaraan.

Kebiasaan inilah yang menyebabkan aki kering cepat soak. Aksesoris tersebut antara lain radio, AC, lampu, dan aksesoris lainnya.

Saat mobil menyala, alternator akan mengalirkan listrik untuk mengisi baterai mobil/aki setelah mengalami drop tegangan.

Sehingga apabila aksesoris tersebut tetap menyala saat kendaraan mati, penyaluran listrik tidak berjalan optimal.

 

#5 Pastikan Aki Mobil Anda Aman dan Memiliki Kabel Baterai yang Baik

Dan yang terakhir, adalah pastikan aki Anda aman dan kondisi kabel juga baik.

Usahakan kabel-kabel tersebut tidak berdesakan, guna menghindari akan kemungkinan terjadinya korsleting listrik. Tentu hal itu akan sangat berbahaya.

 


 

Bagaimana Bila Sudah Terlanjur?

Umumnya aki kering bisa bertahan dalam jangka waktu kurang lebih 2 tahun.

Apabila usia aki kering pada kendaraan Anda kurang dari itu, ada kemungkinan mengalami gangguan yang diakibatkan beberapa masalah yang telah kami mention pada penjelasan sebelumnya.

Sehingga langkah-langkah di atas perlu, untuk menghindari cepat soak. Lalu bagaimana jika terlanjur soak?

Anda bisa men-charge nya kembali. Akan tetapi jika aki tersebut tidak menyimpan setrum, Anda harus mengecek kembali beberapa komponen seperti alternator, kiprok, sepul, dan komponen-komponen lainnya.

Untuk pengetahuan lebih, Finansialku berikan untuk Anda tambahan mengenai kendaraan pribadi melalui video ini, silakan ditonton. 

 

 

Itulah penjelasan mengenai 5 cara merawat aki kering secara baik. Jadi mulailah untuk merawat aki kendaraan Anda, supaya tetap awet dan bekerja secara optimal.

 

Jangan lupa untuk share artikel ini ya, semoga bermanfaat.

Komentar Anda akan kami terima, jadi apabila Anda ingin memberi komentar atau masukan mengenai artikel ini, silakan isi pada kolom yang sudah disediakan. Terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Desember 2014. Cara Merawat Aki Kering Motor Agar Tahan Lama. Semisena.com – https://bit.ly/2OjbkqN
  • Admin. 17 Januari 2019. Inilah Cara Praktis Untuk Merawat Aki Kering Mobil Agar Awet. Ennergimotorsport.com – https://bit.ly/2DgakBe
  • Santo Sirait. November 2017. Ini Cara Sederhana Merawat Aki Kering dan Basah. Carmudi.co.id – https://bit.ly/3iI0N6f

 

Sumber Gambar:

  • Aki Mobil 1 – https://bit.ly/3h2yde6
  • Aki Mobil 2 – https://bit.ly/2ZsWR1J
  • Aki Mobil 3 – https://bit.ly/2DKq8wu