Bagaimana analisa kebijakan perpajakan dan dampaknya terhadap UMKM dan startup di tahun 2019? Simak informasi selengkapnya pada penjelasan berikut ini!

Analisa Kebijakan Perpajakan dan Dampaknya Terhadap UMKM dan StartUp Di Tahun 2019 02

 

Pajak adalah salah satu instrumen yang dimiliki negara untuk membiayai pembangunan.

Di tahun 2018 sendiri, negara menargetkan pajak akan menyumbang sekitar 85,5% (sekitar Rp1.618,1 triliun) dari total pendapatan negara. Angka ini setiap tahunnya terus meningkat karena adanya pertumbuhan yang positif dari seluruh sektor, terutama industri pengolahan dan perdagangan.

Setiap tahunnya, sistem perpajakan di Indonesia terus mengalami peningkatan. Salah satu kebijakan penting yang diterapkan oleh pemerintah adalah Tax Amnesty.

Dengan adanya pengampunan bagi para penunggak pajak serta akses informasi yang semakin canggih, para pengemplang pajak tidak dapat menghindari kewajiban mereka untuk membayar pajak.

PP No.23 tahun 2018 juga memberikan angin segar kepada pelaku startup dan UMKM. Peraturan pemerintah ini merevisi aturan PPh UMKM yang awalnya satu persen menjadi 0,5%.

Ini memberikan keringanan pada pelaku startup dan UMKM agar mereka dapat mengalokasikan dana yang mereka miliki untuk pengembangan bisnis.

Lalu, bagaimana dengan startup yang belum profit? Dan berbagai macam pertanyaan seputar kebijakan tersebut yang kerap membuat para pemilik usaha pun bingung dalam melaksanakan kewajiban pajak mereka.

Bisnis Mahasiswa 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Ide Bisnis dan Peluang Bisnis 2019 Yang Menjanjikan Bawa Rezeki]

 

Sebagai sebuah bisnis, khususnya startup dan UMKM bagaimana cara kita menyikapi tentang hal perpajakan ini? Bagaimana sebenarnya iklim perpajakan di tahun ini serta proyeksi di tahun yang akan datang?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Yustinus Prastowo, Analis Perpajakan dan Direktur Eksekutif dari Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), akan sharing seputar perpajakan serta implikasinya terhadap startup dan UMKM di acara “FinTaxFair 2019”.

Simak video di bawah ini:

 

Pastinya penasaran ya? Tentu penting sekali bagi para pelaku usaha agar dapat sepenuhnya memahami kebijakan pajak yang dikeluarkan sehingga dapat memahami dampaknya kepada pelaku usaha.

Sebagai pebisnis yang profesional, kita tidak hanya harus tahu untung dan rugi sebuah bisnis, tetapi kita harus memahami peraturan dan kebijakan perpajakan yang ada serta mematuhinya.

 

Cerdas Perpajakan dan Juga Cerdas Secara Finansial

Di era milenial ini apabila kita tidak paham bagaimana mengelola keuangan, pastinya sebagai pebisnis kita sulit untuk berkembang.

Salah satu faktor kebangkrutan usaha adalah buta finansial. Tidak mengetahui kemana arus kas perusahaan mengalir. Tidak bisa mengontrol pengeluaran serta pemasukan, yang terjadi bisnis yang tadinya kita harapkan bisa untung tapi malah rugi.

Para pebisnis kerap kali mengalami, seolah profitnya besar tetapi yang terjadi profit yang masuk habis untuk biaya operasional.

Disinilah pentingnya ilmu mengelola keuangan, ibarat pondasi yang kuat untuk membangun bisnis yang kokoh.

Bagaimana caranya agar kita bisa mahir dalam mengelola keuangan serta mengatasi masalah-masalah finansial untuk tahun 2019? Anda bisa belajar dari Prita Ghozie, beliau adalah Founder & Director, ZAP Finance (Pakar keuangan).

Beliau akan hadir mengisi sesi di acara “FinTax Fair 2019”. Dimana beliau akan berbagi tentang bagaimana strategi mengelola keuangan di era milenial ini yang pastinya akan menarik untuk di pelajari.

Bagi Anda yang ingin belajar langsung dari beliau simak video di bawah ini:

 

Makin penasaran? Penulis Best-Selling Book “Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya”, Prita merupakan Certified Financial Planner dan Financial Educator yang kerap diundang untuk berbicara di berbagai media nasional.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Tips Strategi Pemasaran agar Bisnis Berkembang di 2019!

Setelah mahir dalam keuangan tentunya Anda sebagai pemilik bisnis tentunya ingin memperbanyak keuntungan bukan? Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, bisnis harus melalui suatu proses yang banyak tantangannya tersendiri.

Dengan terus belajar strategi yang terbaru dan praktik bisnis kita akan terus bertahan dan berkembang.

Tung Desem Waringin, Entrepreneur sukses serta Pelatih Sukses No. 1 Indonesia juga akan berbagi tentang pengalamannya jatuh bangun dalam bisnis serta memformulasikan sebagai tips praktis yang bisa Anda praktikan di bisnis Anda.

Simak videonya di bawah ini:

 

Beliau yang dulunya hanya pegawai biasa, sekarang memiliki 1 Mall, 4 Hotel, 65 Properti dan berbagai bisnis lainnya.

Jatuh bangun dalam bisnis sudah biasa, tetapi bagaimana kita menyikapinya apakah dengan terpuruk, atau dengan mencari jalan keluar agar bisnis tetap berkembang dan menguntungkan. Anda bisa mengambil banyak inspirasi dari kisah beliau di acara “FinTax Fair 2019”.

Analisa Kebijakan Perpajakan dan Dampaknya Terhadap UMKM dan StartUp Di Tahun 2019 03

 

Selain dari 3 pembicara di atas, akan ada 7 pembicara lainnya yang turut hadir dalam acara “FinTax Fair 2019” yang akan di selenggarakan di Menara Mandiri pada tanggal 17-18 Januari 2019 yang akan berbagi seputar perpajakan, finansial dan bisnis.

Anda bisa konsultasi pajak gratis, update tentang teknologi terbaru seputar finansial dan perpajakan serta belajar ilmu-ilmu baru yang bisa di Anda terapkan dalam bisnis Anda.

 

600+ Jam Sesi Konsultasi Pajak Gratis!

Selain Seminar Akbar, akan ada sesi “TAX FAIR” yang diikuti 600+ jam sesi Tax Dating, dimana para UMKM bisa menikmati sesi konsultasi pajak gratis dengan 20+ Konsultan Berlisensi untuk pelaksanaan kewajiban pajak badan mereka. 

Analisa Kebijakan Perpajakan dan Dampaknya Terhadap UMKM dan StartUp Di Tahun 2019 04

 

Wah menarik kan? Sesi Tax Dating yang akan di adakan tersebut menghadirkan konsultan dari Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) yang sudah banyak menangani klien-klien besar ataupun kecil.

Biasanya konsultasi dipatok harga yang lumayan besar, pada acara ini Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan memperoleh konsultasi pajak secara gratis.

 

Melek Teknologi Melalui FinTech Expo

Tidak cuma itu juga, acara ini bakal diikuti dan diramaikan oleh perusahaan berbasis fintech.

Akan ada “FINTECH EXPO” Teknologi Finansial, di mana Anda dapat mengunjungi 20 booth yang dapat membantu perusahaan Anda berkembang di tahun 2019. Perluas wawasan Anda dengan mengenal berbagai produk, solusi dan inovasi teknologi terbaru untuk membantu UMKM dan para pemilik bisnis agar tetap kompetitif.

Analisa Kebijakan Perpajakan dan Dampaknya Terhadap UMKM dan StartUp Di Tahun 2019 05

 

Jangan, lupa catat tanggalnya 17-18 Januari 2019 di Assembly Hall Menara Mandiri Lt. 9, Jalan Jend. Sudirman Kav 54-55 Jakarta.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar, bisa langsung mengunjungi www.fintaxfair.com dan dapatkan diskon tiket sampai dengan 40% untuk early bird.