Apa bedanya manfaat asuransi kritis dan asuransi kesehatan konvensional? Apakah saya harus punya keduanya?

Cari tahu jawabannya bersama-sama di artikel Finansialku satu ini!

 

Summary

  • Asuransi kesehatan memungkinkan kita untuk memindahkan risiko keuangan yang datang ketika kita sakit.
  • Salah satu manfaat asuransi kritis yang mendasar adalah memberikan santunan atas risiko penyakit kritis.
  • Jika kita adalah tulang punggung keluarga dan punya riwayat penyakit kritis di keluarga, maka kita harus mulai serius untuk mempertimbangkan memiliki asuransi penyakit kritis.

 

Perbedaan Manfaat Asuransi Kritis dan Asuransi Kesehatan

Sobat Finansialku mungkin sudah familiar dengan asuransi kesehatan dan manfaat-manfaat, serta risiko yang ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan memungkinkan kita untuk memindahkan risiko keuangan yang datang ketika kita sakit.

Hampir semua biaya yang kita butuhkan untuk membayar tagihan rumah sakit, mulai dari biaya rawat inap, obat-obatan, biaya dokter, sampai operasi (jika ada), semua ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Setidaknya ada tiga manfaat asuransi kesehatan yang ditawarkan. Melansir laman aia-finance.co.id, berikut adalah daftarnya:

  • Manfaat Nilai Tunai: Adalah manfaat di mana perusahaan asuransi kesehatan akan membayarkan biaya ketika kita harus memerlukan tindakan medis, termasuk biaya rawat inap yang dibebankan. 
  • Manfaat Rawat Jalan: Adalah manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi di mana perusahaan akan membayarkan biaya rawat jalan, meliputi beban konsultasi dokter umum atau spesialis, obat menggunakan resep, biaya atas pencegahan, dan biaya alat bantu yang dianjurkan oleh dokter.
  • Manfaat Rawat Inap: Adalah manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi di mana perusahaan akan membayarkan seluruh biaya yang dibebankan kepada pasien, meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya melahirkan, dan biaya gawat darurat.

 

Sementara itu, sedikit berbeda dengan asuransi kesehatan, manfaat asuransi kritis lebih spesifik. Salah satu manfaat asuransi kritis yang mendasar adalah memberikan santunan atas risiko penyakit kritis.

Adapun, secara spesifik, berikut adalah beberapa manfaat asuransi kritis untuk pemegang polis:

  • Memberikan santunan biaya pengobatan dan perawatan di dalam maupun di luar rumah sakit
  • Mengganti biaya pengobatan atau perawatan penyakit kritis dan biaya lain di luar pengobatan atau perawatan.
  • Memberikan ganti atas penghasilan yang hilang selama melakukan pengobatan.

 

Kemudian, yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah saya harus punya asuransi penyakit kritis?

Tentu tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan tersebut, mengingat ini sifatnya subjektif, dan tidak bisa digeneralisir kepada semua orang.

Tapi, ada beberapa kriteria yang menjadi penanda kalau kamu membutuhkan manfaat asuransi penyakit kritis, di antaranya:

  • Kamu adalah tulang punggung keluarga. Kalau kamu adalah satu-satunya pencari nafkah di keluargamu, itu tandanya kamu harus memiliki asuransi penyakit kritis. Karena salah satu manfaatnya adalah memberikan santuan uang tunai ketika pemegang polis.
  • Punya riwayat penyakit kritis di keluarga. Kalau keluargamu memiliki riwayat penyakit kritis, maka ini tanda kedua kalau kamu harus memikirkan untuk memiliki asuransi kritis. Untuk mengetahui daftar-daftar penyakit kritis, kamu bisa mencari tahunya lewat artikel ini: Temukan List Penyakit Kritis Paling Lengkap di Sini!

 

Kalau kamu memenuhi salah satu atau dua kriteria di atas, artinya kamu harus mulai secara serius dalam mempertimbangkan untuk memiliki asuransi penyakit kritis.

 

3 Tips dalam Memilih Asuransi Penyakit Kritis

Maryadi Santana, CFP, QWP, salah satu perencana keuangan dari Finansialku memberikan tiga tips dalam memilih asuransi penyakit kritis untuk kamu:

 

#1 Sesuaikan Anggaran

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menyesuaikan harga premi dengan anggaran yang kamu siapkan.

Semakin besar nilai santunan dan banyaknya penyakit kritis yang dikover, maka akan semakin besar pula premi yang harus dibayarkan.

Satu hal yang perlu diingat, pembayaran asuransi penyakit kritis ini sifatnya rutin, kalau bisa dibayarkan selama kita masih hidup.

Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan perhitungan yang tepat tentang anggaran ini agar biayanya tidak terlalu mahal, pun terlalu murah.

 

#2 Pilih Produk yang Sesuai

Setiap produk asuransi penyakit kritis memang diciptakan agar bisa memberikan keuntungan buat nasabah dan perusahaan.

Biar begitu, jadi hal yang tidak mungkin kalau semuanya bisa cocok dengan kebutuhan dan anggaranmu.

Sehingga menjadi hal yang penting buat kamu untuk memilih dan memilah produk serta premi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kalau kamu masih merasa bingung untuk menentukannya sendiri, kamu bisa menghubungi Mulyadi atau perencana keuangan Finansialku lainnya lewat fitur ‘Konsultasi Keuangan’ di Aplikasi Finansialku atau via WhatsApp.

Karena mereka akan dengan senang hati membantu kamu untuk memilih produk dan premi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Banner Konsultasi WA

 

#3 Perhatikan Gaya Hidup

Kemunculan penyakit kritis disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gaya hidup yang kurang seimbang.

Penyakit kritis bisa saja timbul dari kebiasaan-kebiasaan buruk kamu yang menumpuk dan jadi residu yang buruk di badan kamu.

Oleh karena itu, meski kamu sudah punya asuransi kritis, tetaplah menjaga kesehatan dan gaya hidup agar kamu bisa terus beraktivitas.

 

Lalu, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu merasa harus punya asuransi penyakit kritis untuk melengkapi perlindunganmu? Yuk, kita diskusikan bersama-sama di kolom komentar!

Kamu juga bisa berdiskusi bersama dengan teman-teman atau keluargamu tentang manfaat asuransi penyakit kritis ini dengan membagikan artikel Finansialku melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Admin. 21 Februari 2022. Asuransi Penyakit Kritis Terbaik & Ulasan Polis 2022. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3I5sZMB
  • Admin. 21 Februari 2022. TIGA MANFAAT ASURANSI KESEHATAN INI DAPAT LINDUNGI ANDA DAN KELUARGA. Aia-financial.co.id – https://bit.ly/3p3NamF