Buat kamu para bridesmaid yang ingin mengadakan bridal shower yang berkesan untuk sahabatmu, yuk ketahui apa saja yang harus dipersiapkan. Selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Summary

  • Hal yang paling penting agar bridal shower tambah berkesan adalah rangkaian acara yang disusun dengan baik.
  • Biaya untuk bridal shower tidak ada patokan nominal, karena tergantung pada konsep dan rangkaian acara yang akan digunakan.

 

Pengertian Bridal Shower

Bridal shower sudah menjadi tren di Indonesia beberapa tahun belakangan, dengan konsep surprise dan berkumpul bersama teman-teman terdekat, bercerita dan memberikan hadiah yang diperlukan si calon pengantin.

Ternyata, kegiatan ini sudah berlangsung dari generasi ke generasi di dunia barat, lho.

 

#1 Awal Mula Budaya Bridal Shower

Budaya dari bridal shower ini dimulai dari tahun 1890-an di dunia barat, yang dilakukan oleh para kerabat dekat calon mempelai yang tidak bisa memenuhi mahar mereka, atau hadiah pernikahan karena faktor ekonominya. 

Ada juga yang mengatakan jika bridal shower ini dilakukan kepada calon mempelai yang tidak mendapatkan restu dari orang tua.

Karena hal itu, teman dekat sang calon akan berkumpul dan memberikan hadiah-hadiah istimewa sebagai ganti dari mahar dan memuluskan jalan sang mempelai untuk menikah dengan kekasih hatinya. 

 

#2 Transformasi Dari Bridal Shower

Seiring dengan menyebarnya budaya bridal shower, acara spesial itu pun banyak mengalami transformasi sesuai dengan budaya masing-masing negara. 

Di Indonesia sendiri, bridal shower bertransformasi menjadi acara perayaan bagi mempelai wanita yang dilakukan oleh para sahabat yang akan menjadi bridesmaids, dengan mendekor ruangan, mendandani mempelai wanita dengan konsep pengantin ataupun yang lainnya.

Makan dan minum bersama sambil berbincang, memberikan hadiah dan lain-lain. 

Biasanya acara ini pun diadakan beberapa bulan atau beberapa minggu sebelum hari H pernikahan.

[Baca Juga: Demi Menikah, Apakah Bijak Mengambil Utang di Bank?]

 

Tips Mempersiapkan Bridal Shower

Saat kamu ingin melakukan bridal shower, diperlukan beberapa persiapan agar momen tersebut dapat berhasil hingga berkesan di hati si calon pengantin.

Dan berikut ini beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan.

 

#1 Tentukan Tim untuk Bridal Shower

Langkah yang paling utama dan sangat menentukan adalah tim atau orang-orang yang akan menyusun semua rencana bridal shower.

Kamu bisa memilih untuk menggunakan Event Organizer atau cukup melakukannya bersama teman-teman dengan menentukan siapa penanggungjawabnya. 

Jika perlu, kamu bisa mengumpulkan 5 orang temanmu untuk membantu mempersiapkannya, untuk berbagi tugas mulai dari menyusun acara, merencanakan anggaran dan menentukan tema yang akan digunakan. 

 

#2 Menentukan Lokasi Acara

Setelah kamu mendapatkan tim yang solid, kini saatnya kamu menentukan lokasi yang akan dijadikan tempat kumpul dan surprise untuk si calon pengantin.

Kamu bisa memilih untuk membuka kamar hotel dan menghabiskan waktu di sana dengan bercerita masa-masa indah saat pertama bertemu dan membicarakan hal intim lainnya. 

Bisa juga membawa calon mempelai ke restoran, kafe atau bahkan rumah si mempelai pun bisa kamu jadikan lokasi untuk acara ini, yang pastinya tidak akan terduga.

 

#3 Pilih Dekorasi yang Cocok

Ada lokasi tak lengkap rasanya jika tidak kamu dekor. Untuk saat ini pun sangat banyak inspirasi dekor yang kekinian untuk bridal shower.

Atau kamu bisa menyesuaikan tema dekorasi dengan karakter calon mempelai, mulai dari feminim atau justru abstrak yang akan menjadikanmu seruan-seruan bersama.

Mulai dari warna dan printilan lainnya bisa kamu diskusikan dengan tim yang sudah kamu bentuk di awal, dan juga bisa meminta saran dari pasangan calon mempelai wanita.

[Baca Juga: Usia Matang Dan Belum Berencana Menikah, Perlu Rencana Keuangan?]

 

#4 Jangan Tinggalkan Dresscode

Satu hal yang tak boleh kamu lewatkan, yakni dresscode. Hal ini tentunya sangat penting karena akan menambah kekompakan dan membuat acara ini semakin berkesan.

Terlebih kamu bisa membuat foto yang bagus dan rapi dengan dresscode yang senada. 

 

#5 Siapkan Makanan yang Unik dan Enak

Ingin momen semakin tidak bisa dilupakan? Kamu bisa membuat list makanan yang unik tapi juga enak yang akan kalian santap.

Makanan ini juga harus memiliki tampilan visual yang bagus, karena akan semakin mempercantik dekorasi dan juga foto bridal shower nantinya.

 

#6 Siapkan Rangkaian Acara yang Berkesan

Hal yang paling penting agar acara tambah seru adalah rangkaian acara yang disusun dengan baik.

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang dicantumkan ke dalam susunan acara, misalnya saja makan bersama, menonton, lomba buat hiasan, games, atau makna manicure dan karaoke bersama. 

Rangkaian acara itu akan membuat suasana semakin meriah dan akrab dengan mempelai wanita. Kamu bisa buat acara seseru mungkin sesuai dengan kenangan dan kesamaan di antara para sahabat dan mempelai wanita.

Kamu juga bisa memberikan sedikit wejangan pernikahan untuk si mempelai dan bisa merekomendasikan ebook di bawah ini supaya kehidupan pernikahannya semakin berkah.

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS Untuk PEMULA

Download Ebook Sekarang

 

Biaya Bridal Shower

Begitu banyak yang harus disiapkan, pastinya akan memakan biaya. 

Lalu berapa sih biaya untuk mengadakan bridal shower

Yang jelas, biaya akan keluar sesuai dengan acara yang kamu rangkai, karena tidak ada patokan tentang nominal, semua itu tergantung pada konsep yang akan kamu gunakan.

Tapi kamu bisa menghemat biaya  dengan beberapa hal.

 

#1 Pilih Tempat yang Minim Budget

Jika restoran atau hotel terlalu mahal bagi budget yang kamu punya. Tim bisa merencanakan acara bridal shower di rumah sang calon mempelai atau bisa juga di rumah salah satu sahabat yang bisa digunakan.

Tidak perlu keluar uang dan kamu sudah bisa mendapatkan lokasi yang sangat bagus dan nyaman.

 

#2 Hemat dari Segi Makanan dan Minuman

Kamu bisa memutar otak dengan berkreasi membuat makanan dan minuman yang murah meriah tapi tetap menarik, misalnya saja memanfaatkan temanmu yang jago masak untuk membuat hidangan enak dan murah.

Kamu juga bisa menyatukan cara membuat makanan bersama dengan sang calon mempelai agar menghemat budget.

 

#3 Dekorasi

Ketika budget sangat terbatas, maka kamu harus menjadi lebih kreatif untuk menghasilkan dekorasi yang bagus dan berkesan. Kamu bisa memilih dekorasi yang minim namun tetap mendapatkan nuansa bridal shower.

Kemampuan untuk mendekorasi pun bisa kamu kerjakan bersama tim yang sudah terbentuk, dengan mencari referensi di internet.

 

Sudah tahu tips dan trik untuk membuat bridal shower yang berkesan, kini saatnya kamu mulai merencanakan untuk membuatnya untuk sang calon mempelai!!!

Share juga informasi ini ke teman-temanmu, ya.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Dina Lathifa. 28 Juni 2020. Untuk Bridesmaids, Ini Fakta Bridal Shower yang Harus Kamu Baca. Popbela.com – https://bit.ly/3rZX6iG
  • Dresyamaya Fiona. 8 Tips Mempersiapkan B ridal Shower di Kala Pandemi, Anti Ribet! Orami.co.id – https://bit.ly/3OJVFyB
  • Ega Almira Shae. 6 Tips Mempersiapkan Bridal Shower yang Berkesan, tapi Tetap Hemat! Koinworks.com – https://bit.ly/3vrsN6I