Ternyata nggak terlalu banyak, ini daftar barang apa saja yang harus ada di hantaran pernikahan!

Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel Finansialku satu ini!

 

Summary

  • Selain sebagai prosesi seremonial, hantaran pernikahan juga bermakna simbol kesiapan dan kemampuan calon pengantin laki-laki kepada calon pengantin perempuan.
  • Barang-barang hantaran memiliki makna dan harapan-harapan dalam kehidupan berumah tangga nanti.

 

Seberapa Penting Hantaran Pernikahan?

Menikah menjadi salah satu kejadian menyenangkan untuk semua orang.

Meski tidak ada jaminan kalau kehidupan berumah tangga akan berjalan lancar, tapi kita tentu ingin menikmati setiap momen tersebut secara khidmat.

Banyaknya ragam budaya Indonesia yang indah ini juga memberikan para pengantin kesempatan untuk mengikuti berbagai prosesi pernikahan yang meski sedikit melelahkan, punya makna mendalam.

Salah satu prosesi yang nggak bisa kamu lewatkan adalah prosesi hantaran pernikahan.

 

Makna Hantaran Pernikahan

Hantaran pernikahan adalah prosesi seremonial dengan menyerahkan kotak bingkisan dari calon pengantin laki-laki ke calon pengantin perempuan.

Hantaran ini juga bermakna sebagai simbol kesiapan dan kemampuan calon pengantin laki-laki kepada calon pengantin perempuan.

Selain itu, Hantaran pernikahan, berbeda dengan mahar, pun seserahan. Dalam kacamata agama Islam, baik seserahan maupun hantaran pernikahan tidak bersifat wajib atau harus ada.

Sementara mahar, sifatnya wajib. Allah dalam Surat An-Nisa ayat 25 berfirman:

وَمَنْ لَّمْ يَسْتَطِعْ مِنْكُمْ طَوْلًا اَنْ يَّنْكِحَ الْمُحْصَنٰتِ الْمُؤْمِنٰتِ فَمِنْ مَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ مِّنْ فَتَيٰتِكُمُ الْمُؤْمِنٰتِۗ وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِاِيْمَانِكُمْ ۗ بَعْضُكُمْ مِّنْۢ بَعْضٍۚ فَانْكِحُوْهُنَّ بِاِذْنِ اَهْلِهِنَّ وَاٰتُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ مُحْصَنٰتٍ غَيْرَ مُسٰفِحٰتٍ وَّلَا مُتَّخِذٰتِ اَخْدَانٍ ۚ فَاِذَآ اُحْصِنَّ فَاِنْ اَتَيْنَ بِفَاحِشَةٍ فَعَلَيْهِنَّ نِصْفُ مَا عَلَى الْمُحْصَنٰتِ مِنَ الْعَذَابِۗ ذٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ الْعَنَتَ مِنْكُمْ ۗ وَاَنْ تَصْبِرُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ࣖ

 

Artinya:

“Dan barang siapa di antara kamu tidak mempunyai biaya untuk menikahi perempuan merdeka yang beriman, maka (dihalalkan menikahi perempuan) yang beriman dari hamba sahaya yang kamu miliki. Allah mengetahui keimananmu.

Sebagian dari kamu adalah Sebagian yang lain (sama-sama keturunan Adam-Hawa), karena itu nikahilah mereka dengan izin tuannya dan berilah mereka maskawin yang pantas, karena mereka adalah perempuan-perempuan yang memelihara diri, bukan pezina, dan bukan (pula) perempuan yang mengambil laki-laki lain sebagai piaraannya.

Apabila mereka telah berumah tangga (bersuami), tetapi melakukan perbuatan keji (zina), maka (hukuman) bagi mereka setengah dari apa (hukuman) perempuan-perempuan merdeka (yang tidak bersuami).

(Kebolehan menikahi hamba sahaya) itu, adalah bagi orang-orang yang takut terhadap kesulitan menjaga diri (dari perbuatan zina). Tetapi jika kamu bersabar, itu lebih baik bagimu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

 

Selain itu, pentingnya keberadaan mahar dalam prosesi pernikahan juga Rasulullah S.A.W sampaikan dalam sabda:

“Carilah (mahar) meskipun berupa cincin yang terbuat dari besi.” (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

 

Hantaran Pernikahan Dalam Prosesi Pernikahan

Meski begitu, tentu tidak salah pula untuk memasukkan hantaran pernikahan ke dalam prosesi, mengingat ini adalah kegiatan yang sakral dan penting dalam hidup para pengantin.

Biarpun begitu, ada baiknya pihak laki-laki dan perempuan tidak memaksakan kehendak, dan tetap berpegang teguh pada anggaran yang sudah direncanakan sebelumnya.

 

Bicara soal perencanaan keuangan untuk pernikahan, ternyata bukan cuma biaya pernikahan saja yang harus kamu persiapkan, lho!

Ada perjanjian dan persetujuan lain yang juga harus kamu bicarakan secara empat mata. Apa saja? Yuk, ketahui lewat video ini dan ajak pasangan kamu untuk menonton bersama.

 

Barang yang Perlu Dibawa Saat Hantaran Pernikahan

Meski sudah melalui banyak modifikasi, ada beberapa barang yang harus ada di hantaran pernikahan, yaitu:

 

#1 Al-Qur’an dan Seperangkat Alat Salat

Barang yang harus ada di hantaran pernikahan yang pertama adalah Al-Qur’an dan seperangkat alat salat (untuk muslim).

Makna di balik ini adalah, melambangkan pernikahan dan bahtera rumah tangga yang harus tetap bertumpu pada nilai-nilai agama.

 

#2 Pakaian

Pihak laki-laki bisa memberikan berbagai jenis pakaian kepada pihak perempuan, seperti pakaian kerja, pakaian tidur, atau bahkan pakaian dalam.

Bahkan, di adat Jawa, seserahan pakaian ini biasanya dilambangkan dengan kain bahan kebaya dan jarik motif batik.

Adapun, makna di baliknya adalah harapan kepada kedua belah pihak untuk bisa menjaga rahasia rumah tangga dengan baik.

[Baca Juga: Wajib Tahu! 6 Kriteria Keuangan Ideal Jelang Pernikahan]

 

#3 Alas Kaki

Barang yang harus ada di hantaran pernikahan yang ketiga adalah alas kaki, baik itu berbentuk sandal, sepatu, atau pun selop.

Makna dari barang seserahan ini cukup dalam, yaitu harapan kepada kedua mempelai untuk bisa menjalankan kehidupan bersama-sama dan selalu beriringan di jalan yang benar.

 

#4 Tas

Biasanya, tas disimpan dalam satu kotak yang sama dengan alas kaki, tapi kalau tidak memungkinkan, kamu bisa memasukkannya ke dalam kotak terpisah.

Adapun, makna dari hantaran pernikahan satu ini adalah simbol bahwa suami bisa dan akan memenuhi kebutuhan istrinya nanti.

Hantaran Pernikahan

Hantaran Pernikahan. Sumber: Cepetnikah

 

#5 Cincin Pernikahan

Cincin pernikahan memang biasanya tidak masuk ke dalam hantaran pernikahan, karena langsung kedua mempelai pakai.

Tapi, banyak yang mengatakan kalau pengantin akan mendapatkan ikatan cinta yang abadi, direkomendasikan untuk memasukkan cincin pernikahan ke dalam hantaran.

 

#6 Makanan Tradisional

Makanan tradisional yang diberikan untuk hantaran pernikahan yang memiliki tekstur basah dan lengket, misalnya jenang, lemper, kue lapis, dan sejenisnya.

Makna yang terkandung di dalamnya adalah agar kedua pasangan bisa lengket selamanya, pun dengan silaturahmi antara kedua keluarga.

 

#7 Buah-Buahan

Selanjutnya, adalah buah, biasanya diisi dengan buah apel, jeruk, pisang, dan anggur.

Maknanya adalah agar pasangan yang menikah nantinya bisa memberikan manfaat kepada orang-orang di sekitarnya, sebagaimana buah yang kaya akan gizi bermanfaat buat manusia.

 

#8 Daun Sirih

Daun sirih memang bukan hal yang termasuk ke dalam kebutuhan dasar perempuan.

Tapi, hantaran pernikahan satu ini punya makna yang cukup mendalam, yaitu harapan agar pasangan dinaungi oleh keselamatan dan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan barunya.

[Baca Juga: Rincian Biaya Pernikahan Sederhana di Masa Pandemi]

 

#9 Perhiasan

Cincin pernikahan tidak sama dengan satu set perhiasan. Satu set perhiasan ini biasanya memiliki makna dan harapan agar perempuan bisa bersinar sepanjang hidupnya.

 

#10 Kebutuhan Sehari-Hari

Barang yang harus ada di hantaran pernikahan yang terakhir adalah kebutuhan sehari-hari, mencakup makeup, skin care, dan peralatan mandi yang nantinya bisa digunakan bersama setelah menikah, untuk membangun kerja sama yang baik antar pribadi.

 

Sebelum semua hantaran tersebut kamu persiapkan, alangkah lebih baik jika kamu merencanakan dana pernikahan dengan jelas dan terperinci biar tidak ada hal yang terlewat. 

Supaya lebih mudah, kamu bisa merencanakan pernikahan kamu dengan fitur ‘Pernikahan’ di aplikasi Finansialku.

Dengan mencoba merencanakannya, kamu akan mengetahui berapa total dana yang harus kamu persiapkan agar pernikahan kamu dan pasangan bisa terwujud. 

Lalu, kamu juga bisa langsung konsultasikan dengan perencana keuangan Finansialku yang akan memberikan kamu solusi terbaik untuk masalah keuanganmu. 

Yuk, download aplikasinya dan rencanakan pernikahan impianmu sekarang!

Banner Iklan Fitur Dana Pernikahan - PC Banner Iklan Fitur Dana Pernikahan HP

 

Nah, itu dia daftar barang yang harus ada di hantaran pernikahanmu nanti. Apa kamu punya tambahan barang lainnya yang harus ada? Beritahu Finansialku lewat kolom komentar, ya!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Siti Nurhikmah. 19 Maret 2022. 12 Isi Seserahan Lamaran yang Kekinian dan Bermakna, Pasti Terpakai!. Artikel.rumah123.com – https://bit.ly/3JuBnpB
  • Admin. 21 Maret 2022. Persiapan Pernikahan: Isi Seserahan Pernikahan yang Perlu Kamu Siapkan. Seputarpernikahan.com – https://bit.ly/366Ronz
  • Dina Lathifa. 06 September 2020. 10 Seserahan Penuh Makna yang Ada Saat Lamaran dan Pernikahan. Popbela.com – https://bit.ly/3wlYPBI
  • Admin. 21 Maret 2022. Makna dan Hukum Seserahan Pernikahan dalam Islam. Idewedding.com – https://bit.ly/3qnzYts
  • Shofia Nida. 21 Juli 2020. Maskawin atau mahar dalam Islam disunnahkan yang layak dan mudah. Brilio.net – https://bit.ly/3wphWes