Monstera adansonii atau biasa disebut Janda bolong adalah salah satu tanaman yang populer pada tahun 2020. Hingga saat ini janda bolong juga masih populer.

Sobat Finansialku jika memiliki tanaman janda bolong dirumah, perlu memperhatikan kesehatan. Karena, ada banyak penyakit dan virus yang dapat menyerang tanaman kamu.

Salah satunya yaitu adanya virus mosaik pada tanaman janda bolong. Apa sih sebenarnya virus mosaik itu dan apa dampaknya bagi tanaman lain?

Dilansir dari Monstera Plant Resource, berikut penjelasan mengenai virus mosaik pada janda bolong.

 

Virus mosaik pada janda bolong? Apa sih itu?

Virus mosaik yaitu sekelompok virus yang menyerang pada berbagai jenis tanaman, termasuk juga monstera. Beberapa dari virus ini yaitu seperti Tobacco Mosaic Virus (TMV) dan Cucumber Mosaic Virus (CMV) yang sebagian besar dapat mempengaruhi tanaman sayuran dan silangan.

Namun, jenis lain seperti Dasheen Mosaic Virus (DsMV) lebih cenderung mempengaruhi tanaman dalam keluarga aroid, juga pada peace lily, philodendron, dan monstera.

[Baca Juga: Mau Rumah Anda Estetika? Ini Tips Pilih Pot Tanaman Interior di Rumah ]

Virus menyerang pada sel-sel organisme, juga pada virus mosaik. Virus mosaik menyerang monstera pada tingkat sel, dan pada akhirnya dapat membunuh tanaman janda bolong kamu.

 

Apa sebenarnya penyebab dari penyakit virus mosaik?

Ini sama seperti virus yang menyerang manusia dan hewan, virus mosaik juga dapat menular dan menyebar dari tanaman ke tanaman melalui serangga, tangan dan alat yang kotor, pot dan media tanam yang terinfeksi, juga jarak yang dekat dengan tanaman lain yang terinfeksi.

Virus menyebar melalui serangga seperti kutu daun atau tungau laba-laba, yang mungkin berjalan pada tanaman yang terinfeksi.

 

Apa Itu Virus Mosaik pada Tanaman Janda Bolong 02-Finansialku

Sumber: Casaindonesia.com – https://bit.ly/3wMl2GL

 

Bagaimana cara mengidentifikasi virus mosaik pada janda bolong?

Sulit untuk mengidentifikasi penyakit mosaik pada janda bolong karena bisa terlihat mirip dengan variegasi alami. Juga dapat menyerupai efek kekurangan nutrisi tertentu, kelebihan air, kurangnya sinar matahari, atau suhu dan kelembaban yang tidak sesuai.

Jika kamu melihat perubahan pada warna, pertumbuhan juga terhambat, dan daun melengkung namun semua kondisi lainnya baik seperti penyiraman, cahaya, kelembaban, pupuk, suhu, dan lainnya mungkin tanaman kamu terserang virus mosaik.

 

Bagaimana cara mengobati virus mosaik pada janda bolong?

Sayang sekali tidak ada pengobatan pada penyakit mosaik sebab ini adalah virus yang tidak dapat dimatikan dengar cara apapun.

Jika kamu mengarantina tanaman yang sakit dengan kasus di awal virus mosaik, kamu dapat menghilangkan bagian yang terinfeksi dengan alat yang bersih dan pastikan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh tanaman atau permukaan lain.

Atau salah satunya yaitu dengan menghancurkan tanaman janda bolong yang terinfeksi. Hindari membuang tanaman pada tumpukan kompos atau di mana pun tanaman itu bisa bersentuhan dengan tanaman yang akan menyebarkan virus.

Lalu, kemudian cuci tangan kamu sebelum menyentuh tanaman atau permukaan lain.

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan terkait hal ini? Tuliskan komentarmu di bawah ini. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan saudara kamu, agar mereka tahu apa yang kamu ketahui.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama Finansialku.com dengan Kompas.com. Isi dan data yang tertera dalam artikel ini merupakan tanggung jawab Kompas.com

 

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar: https://bit.ly/3vKr09B