Apakah benar mata uang NKRI mirip mata uang asing? Desain mata uang NKRI yang baru dibuat sangat modern dan memBerikut ini perbandingan antara mata uang NKRI dan mata uang asing. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Apakah Benar Mata Uang NKRI Baru Mirip dengan Mata Uang Asing?

Senin, 19 desember 2016  lalu Bank Indonesia (BI)  secara resmi meluncurkan uang rupiah baru dengan tahun emisi 2016. Uang rupiah baru ini terdiri dari tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam. Uang rupiah baru ini menampilkan 12 gambar pahlawan nasional dengan tambahan gambar tarian serta pemandang Indonesia pada pecahan uang kertas. Dalam memililih tokoh pahlawan tersebut BI bekerja sama dan berkonsultasi dengan pemerintah serta para sejarahwan dan akademisi.

gambar-uang-baru-nkri-tahun-emisi-2016-launch-19-desember-2016-finansialku

[Baca Juga : Gambar Uang Baru NKRI Tahun Emisi 2016 di Launch 19 Desember 2016]

 

Pada saaat peluncuran uang rupiah baru tersebut Presiden RI Bapak Joko Widodo mengungkapkan alasan uang rupiah baru ini mengapa dicetak dengan menampilkan para pahlawan dan juga tari-tarian adat serta pemandangan beberapa wilayah Indonesia yakni sebagai bentuk karakteristik dari sebuah bangsa. Sehingga mengharapkan agar masyarakat lebih mencintai rupiah karena itu merupakan wujud dari kecintaan masyarakat terhadap kedaulatan dan kemandirian bangsa.

Namun belum lama kemunculan uang baru tersebut ternyata banyak memancing tanggapan dari mayarakat banyak dari mereka yang antusias dengan munculnya desain baru uang rupiah yang memiliki tampilan elegan dan berwana, serta mengharapkan dengan adanya desain baru ini membuat mata uang rupiah dan perekonomian menjadi lebih baik, tetapi adapula masayrakat yang beranggapan bahwa desain baru dari uang rupiah in memiliki kesamaan dengan mata uang Asing seperti Yuan ataupun Euro.

apakah-benar-mata-uang-nkri-mirip-mata-uang-asing-2-finansialku

Mata Uang Euro. Sumber PandaAmerica.com – https://goo.gl/LBFcr4

apakah-benar-mata-uang-nkri-mirip-mata-uang-asing-3-finansialku

Mata Uang Yuan Tiongkok. Sumber Goldium.com – https://goo.gl/OLsmer

 

Dengan bermunculanya tanggapan dari masyarakat Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi pun angkat bicara bahwasanya desain baru uang kertas tersebut menggambarkan semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sesuai dengan undang-undang nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang, yang menekankan semangat NKRI.

Uang rupiah baru pun tetap  menekan pada 4 elemen yang ada yaitu gambar para pahlawan, gambar tari-tarian, pemandangan wilayah Indonesia serta bunga, keempat elemen itulah yang menjadi ciri khas bagi mata uang Republik Indonesia.

gambar-uang-baru-nkri-tahun-emisi-2016-di-launch-19-desember-2016-100000

Melansir dari sumber Liputan6.com, disebutkan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani pun menilai, uang rupiah baru saat ini sudah memiliki ciri khas Indonesia. Menunjukkan keberagaman adat istiadat, budaya negara ini, termasuk menghargai jasa pahlawan dengan memasukkan gambar pahlawan dalam desain rupiah baru. Rosan pun mengharapkan, menjadi momentum untuk lebih memberdayagunakan mata uang ‎Garuda.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, kehadiran uang rupiah baru cukup penting saat ini karena kebutuhan masyarakat terhadap uang. Dia pun tak ketinggalan mengomentari mengenai rencana penyederhanaan nominal rupiah atau redenominasi yang menurutnya cukup baik. Namun pelaksanaannya harus menunggu momentum yang tepat, mengingat saat ini bukan waktu yang tepat untuk redenominasi.

gambar-uang-baru-nkri-tahun-emisi-2016-di-launch-19-desember-2016-50000

Masyarakat menilai bahwa bentuk, desain, serta warna yang membuat mata uang rupiah memilki kemiripan dengan mata uang asing, namun sebenarnya mata uang NKRI dengan mata uang Negara asing memiliki perbedaan yang cukup jauh, bisa dilihat dari desain nya yang lebih nasionalis pada tampilan uang rupiah yang baru sedangkan pada uang Euro sengaja tidak menampilkan gambar orang ataupun tokoh karena uang itu digunakan oleh beberapa negara untuk menjaga netralitas. Uang Rupiah yang baru mungkin memiliki kesamaan warna dengan beberapa mata uang Negara Asing tetapi bukan berarti kemiripan itu menjadikan aspek dari sebuah kemiripan karena pada dasarnya setiap mata uang memiliki kecirikhasannya masing-masing.

 

Selain Desain, Mata Uang NKRI yang Baru Juga Dibuat dengan Teknik Intaglio

Mata uang NKRI yang dikeluarkan oleh BI akan lebih sulit untuk dipalsukan karena menggunakan teknologi rectoverso. Jadi, logo BI hanya bisa dilihat secara utuh apabila uang diterawang, dengan pengamanan seperti ini akan membuat pecahan uang kertas yang baru tidak bisa discan atau difotokopi karna logonya tidak tampak utuh. Selain itu uang baru dikeluarkan oleh BI menggunakan teknik cetak intaglio yang memiliki arti teknik cetak dengan prinsip penggoresan gambar diatas permukaan.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan dengan menggunakan kertas terbaik BI bisa menerapkan sistem pengamanan pada uang tersebut. Beliau juga menambahkan, penggunaan watermark atau tanda air juga menunjukan kualitas kertas baru, dengan adanya tanda air atau watermark ini maka akan membuat uang sulit untuk dipalsukan.

 

YouTube courtesy. The Museum of Modern Art : Pressure + Ink : Intaglio Process

 

Selain itu, pada uang rupiah baru terdapat fitur yang cukup berguna  dan ramah difabel yaitu, blind code yang merupakan kode-kode tertentu yang bisa digunakan oleh para Tuna Netra saat mengidentifikasikan nilai uang rupiah baru tersebut. Kepala Unit Pengeluaran Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Rudianto menjelaskan, jumlah blind code  pada setiap nominal pecahan kertas uang baru tidaklah sama. Dengan begitu, para Tuna Netra dapat dengan mudah mengidentifikasi uang nilai uang untuk setiap uang.

Pada pecahan Rp 100.000 akan terdapat sepasang strip sebagai blind code. Pada pecahan Rp 50.000 memiliki dua pasang strip, demikian seterusnya sapai pecahan Rp 1000 terdapat tujuh strip, blind code sendiri berada masing” disisi kanan dan kiri uang rupiah baru yang dapat dengan mudah ditemukan oleh para Tuna Netra.

 

Jadi apakah menurut Anda Mata Uang NKRI memiliki kesamaan dengan Mata Uang Negara Asing ? Silakan share opini dan pendapat Anda mengenai desain mata uang NKRI yang baru.

 

Sumber Referensi :

  • Fiki Ariyanti. 20 Desember 2016. Uang Rupiah Baru Dinilai Mirip Yuan, Ini Kata Pengusaha. Liputan6.com – https://goo.gl/NtQuqR
  • Muhammad Idris. 20 Desember 2016. Mendag: Rupiah Baru Nggak Ada Mirip-miripnya Sama Yuan. Detil.Finance – https://goo.gl/kOGftR
  • Angga Aliya ZRF. 20 Desember 2016. Bantah Rupiah Baru Mirip Yuan, BI: Ini Semangat NKRI. DetikFinance – https://goo.gl/1fbLKa
  • Agustina Melani. 20 Desember 2016. Uang Rupiah Baru Lebih Keren dari Euro. Liputan6.c0m – https://goo.gl/QJ2REE
  • Achmad Dwi A. 20 Desember 2016. Menakar Kualitas Kertas Uang Baru RI. Liputan6.com – https://goo.gl/dA3MgH
  • Switzy Sabandar. 20 Desember 2016. Ini Bukti Uang Rupiah Baru Ramah Buat Difabel. Liputan6.com – https://goo.gl/5ALgPO

 

Sumber Gambar : 

  • Mata Uang NKRI. Instagram #uangbaru @maruuumm 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang