Apakah membuat rencana keuangan dapat menjamin kesejahteraan keluarga? Berikut ini salah satu rekan Finansialku, akan membahas mengenai rencana keuangan dan fungsinya dalam keluarga.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Benarkah Rencana Keuangan dapat Menjamin Kesejahteraan?

Keluarga yang bahagia dan sejahtera, adalah keluarga yang dibangun atas dasar cinta kasih. Ada banyak faktor yang membentuk cinta kasih tersebut, seperti komunikasi, kebersamaan, spiritual, lingkungan dan juga keuangan. 

Apakah Rencana Keuangan dapat Menjamin Kesejahteraan  - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia Halomoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa kesadaran untuk menjadi keluarga yang melek finansial perlu ditumbuhkan secepat mungkin untuk mengindari masalah finansial ke depannya.

 

“Keluarga yang tidak melek finansial dan tidak punya perencanaan keuangan berisiko untuk kesulitan mewujudkan tujuan keuangannya. Jika Anda tidak punya perencanaan, maka sama saja seperti Anda berjalan di tengah kegelapan. Hanya melangkah tanpa arah yang tepat, dengan harapan menemukan jalan keluar dengan sendirinya,” kata Jay melalui keterangan tertulisnya.

 

Agar aspek keuangan Anda menjadi lebih sehat, Anda perlu membuat rencana keuangan. Rencana keuangan berisi panduan dalam menjalankan keuangan keluarga. Dengan sebuah rencana keuangan, Anda dapat:

Infographic Tujuan Perencanaan Keuangan - Black - Perencana Keuangan Independen Finansialku

  1. Tahu kondisi kesehatan keuangan keluarga. Komponen apa saja yang masih kurang baik: apakah cicilan terlalu besar, apakah dana darurat kurang, apakah investasi kurang, apakah belum memiliki asuransi dan lain sebagainya.
  2. Anda dapat memiliki pondasi dan arah untuk mewujudkan tujuan keuangan. Anda dapat mengetahui: berapa yang Anda butuhkan untuk mewujudkan tujuan keuangan, apa yang harus Anda lakukan untuk mewujudkannya, berapa yang harus diinvestasikan, investasi dimana, berapa lama harus berinvestasi dan lain sebagainya. 
  3. Jika Anda menjalankan rencana keuangan yang telah disusun, Anda akan lebih mudah untuk mewujudkan tujuan keuangan dan hidup lebih sejahtera.  
  4. Apabila Anda membuat rencana keuangan, secara tidak langsung Anda dapat meningkatkan literasi keuangan Anda. Literasi keuangan di sini tentu memiliki banyak keuntungan, seperti Anda dapat bersedekah, Anda juga terlindungi dari risiko-risiko, Anda dapat berinvestasi. Semuanya akan mengarah terwujudnya tujuan keuangan.
  5. Selain terwujudnya tujuan keuangan, Anda juga dapat memberi lebih banyak waktu, perhatian kepada keluarga dan pasangan. Anda dapat mengurangi kecemasan dan kekhawatiran. Pada akhirnya Anda dan keluarga dapat hidup lebih sejahtera dan lebih bersyukur. 

 

 

Kami tahu, Anda ingin hidup lebih tenang, dapat memberi lebih banyak waktu dan perhatian kepada pasangan keluarga. Kami juga tahu Anda ingin hidup lebih sejahtera dan lebih bersyukur. Dan tentunya Anda juga tahu apa yang harus Anda lakukan, bukan? Membuat rencana keuangan dan menjalankannya.

  

Menurut Anda, apakah kesejahteraan secara keuangan juga menunjang hubungan dalam keluarga?

 

Sumber Gambar:

  • Family – https://goo.gl/xy5gLW

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang