Lagi nyari aplikasi pengatur keuangan terbaik? Yuk simak artikel yang satu ini supaya kamu memperoleh referensi terbaik dan terpercaya.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Indonesia

Saat ini kita telah memahami akan pentingnya mengatur keuangan dengan baik, sehingga kondisi finansial dapat tetap terjaga.

Hanya saja, untuk mengatur keuangan ternyata cukup sulit juga, terlebih bagi kita yang baru saja memulainya.

Untungnya, dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, muncullah aplikasi keuangan yang menawarkan fitur untuk mengatur keuangan dengan lebih efisien.

Tentu saja setiap aplikasi keuangan menawarkan kelebihan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Nah… berikut ini adalah 10 aplikasi keuangan terbaik yang bisa kamu gunakan.

 

#1 Aplikasi Finansialku

Aplikasi Finansialku adalah sebuah aplikasi perencana keuangan terbaik di Indonesia saat ini.

Dengan satu aplikasi ini saja, kamu bisa mengatur keuangan dengan sangat baik, sekaligus mendapat pembelajaran penting seputar finansial sehingga kamu bisa mewujudkan tujuan keuangan kamu.

Finansialku saat ini menjadi aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang tercatat dan diawasi OJK serta mengantongi sertifikat ISO 27001 untuk keamanan dan kerahasiaan data penggunanya.

Aplikasi Finansialku sendiri merupakan aplikasi yang berbasis website dengan fungsi yang berfokus pada pengelolaan keuangan, baik untuk individu maupun untuk merencanakan keuangan keluarga.

Dengan fitur-fitur yang dimilikinya, kamu bisa untuk melakukan pencatatan keuangan, membuat anggaran, memantau kinerja investasi, mengecek kesehatan keuangan, hingga merencanakan keuangan seperti untuk dana pernikahan, dana membeli rumah, hingga untuk dana perjalanan dan lain sebagainya.

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Atur Keuangan Bagi Kamu yang Hobi Pelihara Ikan Hias!]

 

Nah… selain fitur penting itu, di Aplikasi Finansialku kamu juga dapat live chat dengan Certified Financial Planner (CFP), untuk konsultasi keuangan.

Untuk yang satu ini, kamu biasanya perlu mengeluarkan uang yang cukup besar jika ingin berkonsultasi mengenai masalah keuangan kepada perencana keuangan lainnya.

Tetapi di Aplikasi Finansialku, kamu bisa melakukannya hanya dengan meng-upgrade ke Aplikasi Finansialku versi premium, yang hanya sebesar Rp 350 ribu per tahun, atau Rp 30 ribu-an per bulan.

Bahkan bisa lebih murah dengan kode promo CUAN50 yang berikan kamu potongan Rp 50 ribu. Kerennya lagi, kamu juga bisa mengakses paket premium secara gratis selama 30 hari, spesial untuk yang baru download.

Nah… buat kamu yang tertarik untuk menggunakan Aplikasi Finansialku, kamu juga dapat mengunduhnya di Android maupun iOS dengan mengklik tautan berikut ini.

playstore icon
appstore icon

 

#2 Andro Money

Andro Money juga termasuk aplikasi yang bisa diandalkan untuk melakukan pencatatan arus keuangan, baik berupa pengeluaran atau pun pemasukan.

Dengan Andro Money, kamu bisa membuat pencatatan yang rinci, seperti jenis pengeluaran, tanggal pemasukan, dan yang lainnya.

Dalam segi tampilannya pun, aplikasi pengatur keuangan yang satu ini termasuk sederhana sehingga mudah untuk dipahami alias user friendly, bahkan ketika baru pertama kali digunakan. Meski demikian kamu akan tetap menemui fitur yang begitu rinci.

Dalam aplikasi ini kamu juga dapat membuat budgeting atau anggaran yang akan kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan bulanan, atau pun dana untuk jalan-jalan, makan, nonton, uang transportasi, dan dana lainnya.

Dengan demikian pengeluaran kamu akan menjadi lebih terkontrol, dan tidak bingung kemana perginya uang yang kamu miliki.

Nah… jika menggunakan Andro Money, berikut fitur-fitur yang bisa kamu nikmati di dalamnya.

  • Memiliki beberapa jenis akun penyimpanan.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan via Google Docs dan Dropbox.
  • Akun yang kamu miliki bisa kamu gunakan pada beberapa perangkat, selama kamu memberi ijin akses pada perangkat tersebut.
  • Anggaran dapat dibuat secara sederhana namun tetap detail.
  • Arus kas kamu dapat ditampilkan dalam bentuk grafik, seperti pie ataupun bar grafik.
  • Mendukung back up data ke Excel.

 

Aplikasi Andro Money ini dapat kamu unduh secara gratis, tetapi terdapat juga pembelian dalam aplikasinya.

 

#3 Monefy

Monefy merupakan aplikasi pengatur keuangan yang ditawarkan oleh Aimbity AS dan telah dirilish sejak tanggal 26 Februari 2014, dengan jumlah pengunduh hingga saat ini telah mencapai lebih dari 5 juta kali.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari aplikasi Monefy ini ialah tampilannya yang sangat simpel dan eye-catching sehingga pengguna tidak akan merasa kesulitan dalam mengatur keuangan.

Aplikasi pengatur keuangan ini juga memiliki fitur antar muka yang sederhana dan cukup efektif, di mana penggunanya hanya perlu memasukkan nominal uang dan memasukkannya pada kategori keuangan yang telah disediakan atau di-costum sebelumnya.

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Produk Tabungan Berjangka Terbaik Buat Masa Depan Keuangan]

 

Dalam aplikasi ini kamu bisa memasukkan pencatatan keuangan sebanyak mungkin tanpa memiliki batasan jumlah, serta dapat menyesuaikan jenis mata uang yang kamu gunakan.

Kelebihan lainnya dari akun ini juga didapati dalam urusan penyimpanan data yang menggunakan Google Drive atau Dropbox, serta memiliki perlindungan yang cukup baik untuk keamanan akun penggunanya.

Aplikasi ini sebenarnya memiliki fitur gratis, sehingga kamu bisa menggunakannya secara cuma-cuma, namun untuk menikmati semua kelebihan yang dimiliki oleh Monefy – Money Manager, kamu perlu meng-upgrade ke versi berbayar.

 

#4 Financial Calculators

Untuk mengatur keuanganmu, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Financial Calculators yang merupakan salah satu kalkulator keuangan terbaik saat ini.

Aplikasi ini sudah ada di Google Play Store sejak 07 Januari 2011, dan telah memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak.

Financial Calculators ditawarkan oleh Bishinews, dengan memasukkan berbagai fitur kalkulator yang penting dalam mengatur keuangan pribadi maupun untuk bisnis.

Nah… selain dari yang telah disebutkan diatas, Financial Calculators juga masih memiliki banyak jenis kalkulator lainnya, yang memiliki fungsi tertentu.

Dengan fitur-fiturnya tersebut, aplikasi pengatur keuangan ini sangat penting untuk mengatur keuangan dalam jumlah yang besar.

Setiap hasil perhitungan yang dilakukan juga dapat dikirim kepada orang lain dengan menggunakan e-mail, sehingga cocok untuk keperluan bisnis.

 

#5 Mint

Sering mengalami masalah dalam mengatur keuangan? Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang bernama Mint.

Mint diklaim mampu menyegarkan kembali siklus keuangan penggunanya, sehingga pengguna tidak kebingungan lagi dengan kondisi keuangannya.

Pasalnya disini kamu dimungkinkan untuk membuat budgeting dengan mudah dan otomatis, sehingga pengeluaran kamu tidak akan sampai membengkak.

Tanpa adanya budgeting, pengeluaran kerap menjadi lebih besar nominalnya dari jumlah pendapatan yang dimiliki, karena kita tidak memiliki data yang dapat dijadikan referensi untuk mengatur jumlah kebutuhan, sehingga ujung-ujungnya kita menjadi bingung sendiri dengan angka pengeluaran yang tiba-tiba membesar.

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Nih Karakter Keuangan Tiap Generasi! Kamu yang Mana?]

 

Dengan adanya fitur budgeting, kamu bisa merencanakan berapa biaya yang akan kamu keluarkan untuk belanja bulanan, nongkrong, jalan-jalan, membayar cicilan kendaraan atau rumah, biaya sekolah anak, biaya transportasi serta jenis pembiayaan lainnya, semua akan menjadi lebih jelas.

Nantinya apabila jumlah uang yang kamu keluarkan ternyata sudah hampir sama dengan budget yang kamu tentukan, maka kamu bisa mulai ngerem pengeluaranmu.

Nah… di aplikasi Mint kamu dapat melakukan pembagian kategori pengeluaran dan pemasukan, pengingat akan tagihan yang kamu miliki, membuat tujuan keuangan, dan dapat membuat beberapa akun dalam satu aplikasi.

 

#6 Financisto – Personal Finance Tracker

Financisto merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk mengatur keuangan pribadi, dengan mendukung berbagai jenis mata uang.

Jadi, seandainya kamu ingin liburan ke luar negeri dan melakukan transaksi dengan mata uang di luar rupiah, kamu tidak perlu khawatir.

Financisto bisa dibilang termasuk aplikasi pengatur keuangan yang sederhana, namun sudah sangat cukup untuk membantu penggunanya dalam mengatur keuangan pribadi, karena pengguna dapat secara teratur melakukan pengecekan pada arus keuangannya.

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Indonesia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Mengatur Keuangan Bagi Gamers Seperti Kamu!]

 

Setiap pengeluaran dan pemasukan dapat kamu catat setiap saat, dan nantinya akan ditampilkan secara mendetail, beserta waktu transaksi dilakukan.

Dan kerennya lagi, apabila jumlah uang yang kamu miliki dirasa lebih atau kurang dari jumlah yang seharusnya, maka kamu bisa kembali melakukan pengecekan di aplikasi ini.

Kamu juga dapat mencadangkan pencatatan keuanganmu, agar tidak sampai hilang atau terhapus.

Aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 5,42 MB, dan telah memiliki lebih dari 500 ribu pengunduh.

 

#7 Catatan Keuangan Harian

Aplikasi pengatur keuangan selanjutnya datang dari AsyncByte Software, yang sudah dirilis sejak 13 Juni 2017, dengan jumlah pengguna lebih dari 1 juta.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfokus pada pencatatan keuangan harian, baik pengeluaran maupun pemasukan.

Tampilan yang dimiliki oleh aplikasi ini sangat sederhana dan mudah untuk dimengerti, namun memiliki fitur-fitur yang sangat penting. Bila warna yang ditampilkan menurut kamu kurang bagus, kamu juga dapat mengatur tema yang ingin kamu gunakan.

Nah nantinya, setelah kamu memasukkan jumlah pemasukan dan pengeluaran, secara otomatis aplikasi ini akan langsung menampilkan sisa saldo yang kamu miliki saat ini.

Namun ini tidak berlaku untuk saldo yang belum kamu catat dalam aplikasi.

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Indonesia 05 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Kerja di Luar Negeri dan Cara Mengatur Keuangannya!]

 

Kamu juga dapat memantau berapa selisih pendapatan dan pengeluaranmu, baik dalam kurun waktu satu minggu ataupun satu bulan, dengan begitu kamu dapat mengatur dengan baik kondisi keuanganmu.

Data ini pun dapat kamu ekspor atau pun simpan dalam bentuk Excel.

Untuk menjaga keamanan dari data keuangan pribadimu, kamu juga bisa memasukkan pin yang akan selalu diminta ketika hendak memasuki aplikasi.

Sekilas aplikasi ini memang termasuk sederhana, tetapi cukup direkomendasikan buat kamu yang hanya butuh mencatat pemasukan dan pengeluaran saja.

Ditambah lagi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakan aplikasi ini, sebab fitur-fitur yang ia miliki tersedia untuk digunakan secara gratis.

 

#8 Cash Droid

Cash Droid merupakan aplikasi pengatur keuangan yang dikembangkan oleh The Dino, yang mana mereka mengklaim bahwa Cash Droid merupakan aplikasi pengatur keuangan.

Yapss… jika melihat dari fitur yang mereka tawarkan, memang Cash Droid cukup bisa diandalkan dalam mengatur keuangan, dengan memiliki grafik yang termasuk baik.

Aplikasi Cash Droid dapat mengingatkan kamu untuk melakukan berbagai jenis pembayaran, memperkirakan biaya kebutuhan, hingga mengatur pendapatan kamu sendiri, dan data tersebut akan tersimpan dengan aman serta dapat diakses sewaktu-waktu.

10 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik di Indonesia 06 - Finansialku

[Baca Juga: Pengembangan Karier dan Kaitannya dengan Keuanganmu!]

 

Cash Droid juga akan mengelompokkan jenis arus keuangan kamu, sehingga sumber dana serta jenis pengeluaran menjadi lebih terperinci.

Namun sebelum itu, kamu juga perlu mengatur sendiri daftar tabungan maupun pengeluaran kamu.

Cash Droid juga memiliki versi pro, dengan beberapa kelebihan yang tidak akan ditemukan pada versi gratisnya.

Nah… beberapa manfaat yang ditawarkan oleh Cash Droid ini ialah:

  • Transaksi perpecahan, termasuk dalam semua fungsi program.
  • Menunjukkan kategori berdasarkan pencatatan transaksi sebelumnya.
  • Mekanisme anggaran.
  • Memungkinkan untuk melakukan prediksi terhadap keadaan keuangan pengguna.
  • Impor ataupun ekspor dalam format QIF, dan juga format CSV di versi pro.
  • Memiliki fitur keamanan untuk menjaga privasi.

 

#9 Money Lover

Terkadang kita menjadi bingung kemana perginya semua uang yang sudah kita tabung selama ini.

Karena itulah Finsify mulai mengembangkan aplikasi Money Lover, yaitu agar masalah keuangan ini bisa terjawab dengan baik.

Untuk mendukung kamu dalam mengatur keuangan, Money Lover telah dilengkapi dengan beberapa fitur utama, yakni diantaranya:

  1. Pengelolaan Uang dengan Bijak
  2. Mengontrol Keuangan
  3. Akses yang Mudah

 

#10 Sukron Moh

Sukron Moh adalah sebuah aplikasi pengatur keuangan yang dirancang secara khusus untuk ponsel Android.

Dalam aplikasi ini, kamu dimungkinkan untuk melakukan pencatatan keuangan setiap kamu melakukan transaksi.

Selain mencatat, kamu juga dapat memantau keuangan kamu dengan baik, dan nantinya juga dapat melihat perbandingan antara pemasukan dan pengeluaranmu dalam kurun waktu satu bulan.

Aplikasi ini sangat cocok untuk mengatur keuangan pribadi, khususnya buat kamu yang masih muda dan belum berkeluarga.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Atur Keuanganmu dari Sekarang!

Tentu setiap kita ingin mencapai kebebasan finansial bukan?

Nah salah satu cara penting untuk mewujudkannya ialah dengan mengatur keuangan mulai dari sekarang.

Untuk mengetahui hal-hal penting lain mengenai keuangan, kamu juga bisa membaca artikel finansialku yang lainnya ya.

Kalau bingung hal utama untuk mengatur keuangan, Sobat Finansialku bisa coba dengan download dulu salah satu aplikasi keuangan android ataupun di IOS yang di rekomendasikan artikel ini.

Setelah itu baru deh bisa terapkan tips and tricks pengaturan keuangan ala Finansialku yang satu ini.

 

Jangan lupa untuk bagikan cerita sukses kamu dalam pengaturan keuangan pada Sobat Finansialku lainnya ya!

Sekian pembahasan kita kali ini, dan apabila kamu memiliki saran ataupun komentar, kamu bisa meninggalkannya di kolom komentar.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar semakin banyak yang dimudahkan dalam mengatur keuangan.

 

Sumber Referensi:

  • Listiorini. 03 Juli 2020. 10 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Terbaik di Android 2020. Carisinyal.com – https://bit.ly/2ZaL5rx

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi 01 – https://bit.ly/3iHPQ4A
  • Aplikasi 02 – https://bit.ly/2O5ZeRK
  • Aplikasi 03 – https://bit.ly/3iErWHe
  • Aplikasi 04 – https://bit.ly/2ZMiJ7c
  • Aplikasi 05 – https://bit.ly/2O2A7in
  • Aplikasi 06 – https://bit.ly/3gyX9ty
  • Aplikasi 07 – https://bit.ly/3fahHbt