Belajar gratis dari rumah? Bisa! Kini, aplikasi untuk belajar online bisa kamu akses dengan mudah kapanpun dan di manapun.

Jangan sampai niat belajar kamu terhalang karena situasi pandemi yang masih terjadi.

Walaupun kamu di rumah saja, kamu tetap bisa belajar lho bahkan tanpa dipungut biaya!

Jika kamu penasaran apa saja deretan aplikasi belajar online yang dapat membantu proses belajarmu, simak pembahasannya di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bantuan Gratis untuk Belajar Online Kini dapat Kamu Nikmati!

Di tengah situasi pandemi Covid 19 yang belum juga berakhir, para pelajar diimbau untuk tetap melakukan aktivitas studi di rumah masing-masing.

Dalam rangka mendukung program belajar dari rumah tersebut maka beberapa startup dan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pendidikan berkomitmen untuk memberikan layanan pembelajaran gratis.

Layanan tersebut dinilai dapat membantu proses belajar dan mengajar sehingga dapat berjalan dengan efektif dan meminimalisasi mobilitas pelajar.

Layanan belajar gratis tersebut juga disediakan dalam beberapa fitur.

Mulai dari kelas online, program belajar mandiri, hingga program live-teaching layaknya sekolah harian. Canggih, bukan?

 

Deretan Aplikasi Belajar Online Gratis

Untuk menikmati layanan belajar online secara gratis, kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi yang menyediakan jasa tersebut. Berikut beberapa deretan aplikasi belajar online gratis yang dapat kamu akses.

 

#1 Ruangguru

Sejak 16 Maret 2020 lalu, Ruangguru telah membuka program sekolah online gratis lho!

Kamu dapat mengakses sekolah online ini di aplikasi Ruanguru setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00-12.00.

Ruangguru akan membahas semua mata pelajaran dari berbagai jenjang kelas sesuai dengan kurikulum nasional yang berlaku.

Kegiatan belajar yang dilakukan juga berlangsung secara komunikatif karena akan melibatkan interaksi layaknya belajar di sekolah.

Program ini dapat diakses secara gratis dan dapat diputar berulang kali sesuai kebutuhan. Selain sekolah online, Ruangguru juga menyediakan fitur bank soal dan try out gratis.

Untuk kamu yang belum mencoba aplikasi ini sebelumnya, kamu dapat mengunduh aplikasi Ruangguru di Play Store maupun App Store.

Untuk kamu pengguna Telkomsel, kamu juga akan diberikan kuota internet gratis 30 Gigabyte (GB) untuk mengakses materi belajar selama satu bulan.

Menguntungkan banget, kan?

 

#2 Zenius

Khusus untuk kamu yang ingin belajar mandiri terlebih dalam mempersiapkan Ujian Nasional, maka Zenius hadir untuk membantu kamu.

Pada aplikasi Zenius, kamu dapat mengakses puluhan ribu video materi pembelajaran mulai dari jenjang SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013, hingga kurikulum 2013 revisi.

Video pembelajaran yang kamu dapatkan rata-rata akan dikemas dalam format whiteboard yang memerlukan kuota internet paling hemat. Jadi, dijamin tak memberatkan kamu ya.

 

#3 Google Suite for Education

Sudah tau fitur Classroom yang disediakan oleh Google Suite for Education? Pada fitur Classroom, guru dapat membuat “kelas” yang dapat diikuti oleh para siswa-siswinya.

Dalam kelas tersebut, para guru akan diberikan kemudahan dalam mengajar dengan jarak jauh. Mulai dari melakukan percakapan tertulis, memberikan tugas, streaming video, hingga memberikan penilaian.

Seperti kelas tatap muka, bukan?

Google Suite for Education memang bertujuan untuk menyediakan fitur-fitur yang membantu siswa dan guru dalam melakukan aktivitas belajar-mengajar.

Di mana pun dan kapan pun, kegiatan studi dapat dilakukan baik secara online bahkan offline. Google Suite for Education juga gratis lho untuk sekolah.

 

#4 Microsoft: Office 365 Education

Office 365 Education menyediakan ragam fitur. Mulai dari Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, dengan alat ruang kelas lainnya.

Fitur-fitur ini dapat membantu proses belajar-mengajar, lho. Guru dan murid dapat menciptakan ruang kelas yang terkoneksi secara online terus-menerus.

Cukup dengan memasukkan alamat email sekolah yang sah dalam halaman Microsoft Indonesia yang membahas tentang produk Office 365 Education, maka kamu akan memperoleh layanan ini secara gratis!

 

#5 Quipper School

Quipper School merupakan edtech yang dapat menjadi solusi dalam mengefektifkan kegiatan belajar dan mengajar, nih.

Dengan menggunakan teknologi manajemen kelas digital atau LMS (Learning Management System), Quipper dapat mempermudah segala kebutuhan dalam proses belajar.

Keuntungan untuk para guru adalah platform ini dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa secara online.

Sedangkan untuk siswa, platform ini dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian secara online dengan mudah.

 

#6 Sekolahmu

Kamu dapat menemukan beragam materi pelajaran di aplikasi atau situs resmi Sekolahmu.

Materi-materi yang diberikan disusun dengan kompetensi ajar yang sesuai bersama dengan sejumlah instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro.

Jangan Ketinggalan! Ini Deretan Aplikasi Belajar Online Gratis Buatmu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Asuransi Pendidikan atau Investasi Saham untuk Dana Pendidikan]

 

Sesuai dengan kebijakan pemerintah agar para siswa tetap belajar dari rumah selama masa pandemi, maka Sekolahmu membuka materi pelajaran yang disajikan secara gratis!

Tak hanya itu, Sekolahmu juga menyediakan sesi sekolah online dengan format live streaming lho di Youtube.

Selain mendapat ilmu dari berbagai pengajar dan asal sekolah, semua kelas ini juga tidak dipungut biaya. Jadi, tunggu apa lagi?

 

#7 Kelas Pintar

Kelas Pintar juga sempat turut memberikan akses gratis selama satu bulan untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia.

Walaupun sekarang sudah berbayar, namun biayanya masih terjangkau kok! Kelas pintar menyediakan beragam materi ajar untuk para siswa.

Selain itu, para guru juga akan turut terbantu karena fitur-fiturnya, seperti fitur assessment yang memungkinkan interaksi dengan murid secara online atau fitur Tanya yang dapat digunakan oleh siswa untuk bertanya kepada guru mengenai materi atau soal secara online.

 

Belajar dari Rumah dengan Aplikasi Belajar Online

Jangan jadikan mobilitas yang terbatas selama pandemi sebagai alasan untuk berhenti atau bermalas-malasan dalam mencari ilmu.

Yuk, gunakan fasilitas dan kemudahan yang ada untuk membantu kamu tetap aktif belajar kapanpun dan dimanapun.

Tak hanya untuk para siswa, kamu yang berprofesi sebagai pengajar pun dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk membantu proses mengajar.

Selamat belajar dan mengajar!

Finansialku sarankan bagi Anda untuk download e-book mengenai pendidikan anak berikut ini. Untuk Anda dapat belajar jauh lebih dalam mengenai menyekolahkan anak.

E-book ini bisa Anda dapatkan secara gratisDownload sekarang dengan klik link di bawah ini.

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Ebook Sekarang

 

Berbagai rencana pendidikan di masa depan juga bisa direncanain dengan perhitungan yang akurat berkat Aplikasi Finansialku!

Jika kamu sudah langganan sebagai PREMIUM MEMBER, kamu bisa KONSULTASI dengan Perencana Keuangan Finansialku Bersertifikat dan Profesional, kapan pun & di mana pun.

Dapatkan aplikasi ini sekarang!

playstore icon
appstore icon

 

Pendidikan anak pastinya hal nomor satu untuk anak kamu. Siapkan dana untuk sekolah terbaiknya dengan tips keuangan dari Finansialku berikut!

 

Sekian ulasan mengenai aplikasi belajar online gratis untukmu. Adakah aplikasi belajar online yang kamu gunakan?

Yuk, share pengalaman kamu di kolom komentar. Jangan lupa pula bagikan artikel ini untuk membantu pembaca lainnya dalam menemukan solusi belajar selama pandemi.

Belajar? Di rumah aja!

 

Sumber Referensi:

  • Martha Ruth Thertina. 17 Maret 2020. 7 Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Siswa dan Guru. https://bit.ly/3ku4JIC

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi Belajar 01 – https://bit.ly/3fIxT3o
  • Aplikasi Belajar 02 – https://bit.ly/31QKRal