Rabu pagi (08/01/2020), Iran menembakkan puluhan roket ke Pangkalan Udara AS. Inikah pertanda dimulainya Perang Dunia 3?

Simak berita selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

AS Iran Terkini: Iran Balas Dendam pada AS

Iran menembakkan puluhan roket di Pangkalan Udara gabungan AS-Irak pada Rabu pagi (08/01/2020). Berita ini resmi dikutip dari Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC).

“IRGC mengumumkan kepada Setan AS bahwa balasan yang dilakukan akan dipenuhi rasa sakit dan kehancuran,” kata IRGC.

 

Sementara dari pihak AS sendiri mengaku sudah mendapatkan laporan mengenai serangan ini.

Presiden telah diberi pengarahan dan sedang memantau situasi dengan cermat dan berkonsultasi dengan tim keamanan nasional.” Kata Stephanie Grisham, sekretaris Gedung Putih, dilansir dari CNBC Indonesia.

 

Sebelumnya, berita mengenai serangan AS pada Iran menjadi viral di media sosial. AS diketahui berhasil membunuh Komandan Garda Revolusi Iran Quds, Mayor Jenderal Qasem Soleimani.

Pahlawan Revolusi tersebut dinyatakan tewas setelah menerima serangan udara menggunakan drone AS di Baghdad pada Jumat pagi (03/01/2020). Serangan tersebut merupakan perintah langsung dari Presiden AS, Donald Trump.

Tewasnya Jenderal Iran tersebut tentu meningkatkan ketegangan antar dua negara selama beberapa hari terakhir. Bahkan tagar #worldwar3 menjadi trending topic twitter selama beberapa hari.

Pasca serangan mengerikan tersebut, Presiden Iran langsung mengungkapkan bahwa ia akan membalas serangan pada AS. Pernyataan ini pula yang membuat munculnya isu Perang Dunia 3 yang ramai dibicarakan di berbagai media sosial.

Dan ternyata serangan tersebut terbukti benar dilakukan Iran melalui serangan roket pada Pangkalan Gabungan Irak-AS pada Rabu pagi (08/01/2020).

Kepala Komite Pengamanan Nasional Iran, Ali Shamkhani, mengatakan hal ini bisa menjadi mimpi buruk bersejarah bagi AS.

Bahkan jika skenario terlemah kita disetujui, penerapannya bisa menjadi mimpi buruk bersejarah bagi Amerika… Keseluruhan pasukan perlawanan akan membalas.” Tegasnya lagi.

 

Begitu pula dalam pidato pemakaman Soleiman Senin lalu, dibacakan pula seruan tawaran hadiah uang tunai bagi yang bisa mendapatkan kepala Presiden AS, Donald Trump.

Dan kami akan memberikan US$80 juta … sebagai hadiah pada siapapun yang bisa membawa kepala dari seseorang yang telah memerintahkan membunuh tokoh Revolusi kita, Siapapun yang bisa membawa kepala orang gila berambut kuning, akan kami berikan US$80 juta atas nama negara besar Iran. Bersoraklah jika setuju.”

 

Sementara itu di Gedung Putih, Trump sedang bersiap untuk menyerang 52 wilayah di Iran sebagai pembalasan berikutnya.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Perekonomian Dunia Ikut Bergejolak

Tak sampai 24 jam pasca pembunuhan Mayor Jenderal Qasem Soleimani yang dilakukan AS, harga minyak dunia langsung melonjak naik.

Harga minyak berjangka AS naik 3,1% ke US$63,05 per barel. Ada pula kenaikan minyak brent sebesar 3,6% ke level US$68,60 per barel. Kenaikan harga minyak ini merupakan kenaikan minyak tertinggi sejak September 2019.

Tidak hanya itu, komoditas emas dunia pun mengalami lonjakan harga ke titik tertinggi yakni US$1.543,66/troy.

Kemarin Meroket, Harga Emas Hari Ini Terjun Rp17 ribu_gram 01

[Baca Juga: Heboh Isu World War 3, Apa Dampaknya Pada Ekonomi Indonesia?]

 

Munculnya isu Perang Dunia 3 juga berpotensi untuk membuat komoditas lain mengalami gejolak selama beberapa waktu kedepan. Isu ini juga diramalkan akan memicu IHSG terkoreksi beberapa hari ke depan.

Untuk ekonomi dalam negeri, isu perang dunia ini juga diramal kuat akan berpengaruh signifikan. Pemerintah baru saja menurunkan harga BBM non subsidi di awal 2020.

Namun dengan adanya kisruh antara AS dan Timur Tengah, tentu sangat besar kemungkinan akan terjadi kenaikan harga BBM mengingat Timur Tengah merupakan sumber minyak terbesar dunia.

Ekonom Institute for Development of Economics & Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara, mengatakan jika perang dunia ketiga meletus, maka perekonomian Indonesia berada pada posisi terancam.

Kisruh AS dan Timur Tengah sangat besar kemungkinan membuat harga BBM baik subsidi maupun non subsidi mengalami kenaikan.

Kenaikan BBM pasti akan menurunkan daya beli hingga berujung pada kenaikan harga pokok dan inflasi Indonesia yang diramal lebih tinggi dari 2019.

 

Siapkan Diri Hadapi Gejolak Ekonomi

Di luar isu mengenai Perang Dunia 3 yang sedang ramai dibicarakan di media sosial, tentu kita harus tetap tenang menyikapinya agar tidak mengalami kerugian finansial akibat salah berinvestasi di saat ekonomi sedang bergejolak seperti sekarang.

Ada banyak alternatif investasi yang dapat Anda pilih namun yang paling kami rekomendasikan adalah emas dan dollar.

Sejak jaman dahulu, komoditas emas memang dikenal sebagai komoditas alternatif investasi yang paling kebal terhadap gejolak ekonomi.

Meski begitu, emas dan dollar bukan satu satunya pilihan. Anda juga bisa memilih instrumen investasi lain yang lebih berisiko seperti reksa dana atau saham.

Tapi, pastikan bahwa Anda memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup agar tahu bagaimana caranya meraih untung di saat ekonomi sedang tidak stabil.

Anda bisa mengikuti Webinar Reksa Dana: Mengelola Investasi Reksadana di Masa Resesi 2020 yang akan diadakan Finansialku pada 23 Januari 2020. Silakan klik di sini untuk info selengkapnya.

Atau jika Anda tertarik berinvestasi saham, Anda bisa mengikuti Webinar Saham: Cara Berinvestasi di Masa Resesi dengan Metode Value Investing yang diadakan oleh Finansialku pada 27 Januari 2020. Silakan klik di sini untuk info selengkapnya.

Jangan lupa follow akun instagram Finansialku @Finansialku_com untuk mendapatkan informasi ter-update seputar manajemen keuangan pribadi dan berita ekonomi.

 

Hati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan Finansialku. Untuk pengaduan, segera hubungi Admin Finansialku di 0819-1151-6119. Terima kasih.

 

Bagaimana menurut Anda? Bagikan pendapat Anda mengenai kisruh Iran-AS ini di kolom komentar di bawah, dan jangan lupa bagikan informasi ini jika Anda rasa bermanfaat. Terimakasih!

 

Sumber Referensi:

  • Sefti Oktarianisa. 08 Januari 2020. Balas Dendam! Iran Tembakkan Roket ke Pangkalan AS di Irak. CNBCIndonesia.com – http://bit.ly/2ut86dv
  • Vadhia Lidyana. 05 Januari 2020. Ngeri! Ini Dampak Buat RI Bila Ada World War 3. Finance.detik.com – http://bit.ly/2sO17vk

 

Sumber Gambar:

  • AS Iran Terkini 01 – http://bit.ly/2s2Dles
  • AS Iran Terkini 02 – http://bit.ly/2s2VZmr