Anak berkebutuhan khusus tentunya memiliki ketergantungan yang lebih tinggi terhadap orang tua mereka.

Oleh karena itu, dibutuhkan perlindungan khusus dan lebih menyeluruh untuk anak berkebutuhan khusus, salah satunya melalui asuransi.

Artikel ini akan memberikan Anda informasi mengenai asuransi terbaru yang dikhususkan untuk anak berkebutuhan khusus.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Setiap orang tua pasti mengkhawatirkan kebutuhan anak mereka, tidak terkecuali bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Selain menjaga mereka, salah satu perlindungan yang dapat diberikan oleh para orang tua untuk anak-anak mereka adalah melalui asuransi. Asuransi yang diberikan pun beragam, ada asuransi kesehatan, asuransi pendidikan hingga asuransi jiwa.

Akan tetapi, sulit sekali menemukan asuransi yang dikhususkan untuk anak berkebutuhan khusus. Padahal anak berkebutuhan khusus memerlukan perlindungan yang sama seperti dengan anak lainnya.

Selain itu, mereka juga memerlukan perawatan dan pendidikan yang harus dipersiapkan secara khusus.

Mengatur Pembiayaan Terapi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus 01 - Finansialku

[Baca Juga: Beginilah Rencana Keuangan untuk Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Para Orangtua]

 

Beruntung sekali, pada bulan April 2018, melalui kerja sama antara PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia dengan Imaculata Autism Boarding School, diluncurkan sebuah produk asuransi yang dikhususkan untuk anak berkebutuhan khusus.

 

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia merupakan bagian dari Generali Group, sebuah perusahan yang didirikan pada tahun 1831 di Trieste, Italia. Generali Group sendiri merupakan perusahaan asuransi terkemuka dan terbesar di benua Eropa.

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia memfokuskan bisnis mereka pada pelanggan dan menyediakan produk untuk disesuaikan dengan kebutuhan finansial pelanggan.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia pun berhasil mendapatkan beberapa penghargaan seperti terpilih menjadi peringkat dua teratas untuk Best Financial Performance dari Indonesia Insurance Choice Award 2015 oleh Warta Ekonomi dan terpilih sebagai Top 10 Employer of Choice Award 2015 oleh SWA Magazine

 

Imaculata Autism Boarding School

Imaculata Autism Boarding School merupakan sekolah dan asrama untuk anak berkebutuhan khusus yang didirikan oleh Dr. Imaculata Umiyati, S.Pd,. M.Si. Sekolah ini sendiri didirikan pada tahun 2000.

Dr. Imaculata telah berkecimpung di dalam dunia pendidikan anak berkebutuhan khusus sejak tahun 1990.

Tidak seperti sekolah lainnya, Imaculata Autism Boarding School membuat kurikulum berdasarkan kekurangan dan kelebihan setiap anak.

Dengan sistem ‘kurikulum untuk anak’ diharapkan bahwa anak dapat berkembang dengan lebih maksimal sesuai dengan tujuan mereka.

Imaculata Autism Boarding School pun memiliki visi untuk mendidik setiap anak dengan landasan cinta kasih. Misi dari Imaculata Autism Boarding School adalah mendidik anak sesuai dengan potensi masing-masing guna mempersiapkan masa depan mereka yang lebih mandiri.

Generali iPLAN

Generali iPLAN merupakan produk asuransi yang dikeluarkan oleh PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia. Produk ini merupakan bentuk dari value PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia yaitu Live The Community.

Melalui nilai ini, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia memiliki misi untuk dapat menjalin relasi yang kuat, berkepanjangan pada setiap jaringan komunitas, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus.

Generali iPLAN diluncurkan pada tanggal 7 April 2018 lalu sekaligus dalam rangka memperingati Hari Peduli Autis Sedunia dan Bulan Autisme. Generali iPLAN dikhususkan untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Asuransi untuk Anak Berkebutuhan Khusus 03 Finansialku

Yohan Suryadi selaku Regional Agency Sales Head Generali Indonesia (kanan) dan Dr. Imaculata Umiyati, S.Pd,. M.Si selaku Ketua Yayasan Imaculata Autism Boarding School (kiri) saat peluncuran asuransi Generali iPLAN.

 

Dengan adanya asuransi Generali iPLAN, anak-anak berkebutuhan khusus akan dijamin dana kebutuhannya pada saat orang tua tidak dapat lagi mendampingi mereka.

Selain jaminan dana, orang tua pun juga dapat mendapatkan perlindungan atas penyakit kritis dan cacat permanen.

Generali iPLAN juga dilengkapi dengan produk investasi yang jika pada saat dibutuhkan, dapat digunakan sebagai dana pendidikan anak, persiapan pensiun serta untuk mempersiapkan warisan. Perlindungan yang diberikan oleh Generali iPLAN pun sangat panjang, hingga usia 99 tahun.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Generali iPLAN pun dapat menjamin bahwa anak berkebutuhan khusus dapat melanjutkan pendidikan mereka di sekolah asrama khusus. Untuk fasilitas ini, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia bekerja sama dengan Imaculata Autism Boarding School.

Tentu, pihak PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia pun membuka peluang kerja sama bagi sekolah berkebutuhan khusus lainnya. Hanya saja keterbatasan sekolah tersebut sering menjadi kendala.

Jika Anda tertarik, Anda bisa juga download ebook bagaimana menyiapkan dana pendidikan anak dari sekolah dasar hingga sarjana tanpa berhutang sama sekali. Silakan klik “Download Ebook Sekarang”! Ebooknya GRATIS loh.

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Sosialisasi kepada Masyarakat

Walaupun dukungan telah diberikan, menurut PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia, program ini tidak akan sukses tanpa adanya pendekatan kepada masyarakat. Masyarakat harus diberikan edukasi dan pengertian tentang cara mendidik dan mendampingi anak berkebutuhan khusus dengan benar.

Salah satu cara edukasi kepada masyarakat ini diadakan dalam acara Workshop Autis dengan tema ‘Cara Mendidik Perilaku dan Kemandirian Anak Autis’ yang diselenggarakan di Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Acara ini juga dimeriahkan oleh para anak-anak berkebutuhan khusus yang menghadirkan musik, tarian, teater bahkan fashion show.

Di acara ini pula, Ketua Yayasan Imaculata Autism Boarding School, Dr. Imaculata Umiyati, S.Pd,. M.Si. diberikan anugrah sebagai ‘Bunda Anak Autis Indonesia dan Sahabat Anak Berkebutuhan Khusus’ dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Acara ini juga digunakan sebagai waktu peluncuran program Generali iPLAN. Selain itu, juga diserahkan 1000 buku dari Imaculata Autism Boarding School kepada Kementerian PPPA sebagai bentuk acara dari tema ‘1001 Cara Mengajarkan Kemandirian pada Anak Berkebutuhan Khusus’.

Asuransi untuk Anak Berkebutuhan Khusus 02 Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Cara Merencanakan Keuangan untuk Orangtua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)]

 

Uang pertanggungan Generali iPLAN sendiri telah mencapai Rp12 miliar, dan hingga saat ini belum ada klaim.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, diharapkan pula akan meningkatkan permintaan atas perlindungan anak berkebutuhan khusus.

Menurut Vivin Arbianti Gautama, Chief Marketing and Product Management Generali Indonesia, kenaikan akan permintaan tersebut dapat mencapai 100% dari tahun 2017 hingga tahun 2018. Tentu optimisme ini juga diiringi dengan sosialisasi produk yang hingga saat ini masih terus dilakukan.

 

Anak-anak Merupakan Kunci Masa Depan

Dengan adanya dukungan terhadap anak berkebutuhan khusus melalui produk asuransi Generali iPLAN, diharapkan dapat mendatangkan kekuatan untuk para penerus bangsa tersebut.

Dengan adanya keamanan finansial yang juga diberikan, diharapkan akan mendatangkan kesempatan baru dan harapan bagi mereka.

 

Setelah Anda membaca artikel ini, diharapkan Anda mengetahui pentingnya asuransi untuk para anak berkebutuhan khusus dan manfaat yang dapat mereka terima.

Tunjukkan kepedulian Anda terhadap sekitar dengan membagikan artikel ini kepada teman-teman atau orang yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Intan Rizky Adelia. 9 April 2018. Generali iPLAN, Asuransi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Danaxtra.com – https://bit.ly/2Ms47Cw
  • Muhamad Bari Baihaqi. 10 April 2018. Asuransi Generali Berikan Perlindungan Seumur Hidup – Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Neraca.co.id – https://bit.ly/2l9mVKb
  • Flora Librayanti. 10 April 2018. Asuransi Seumur Hidup untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Gatra.com – https://bit.ly/2JE1sry

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi ABK – https://goo.gl/ph3Y7E
  • Asuransi ABK 2 – https://goo.gl/5Hv8ro
  • Asuransi ABK 3 – https://goo.gl/E7Dkfy