Bagaimana sih memilih asuransi pendidikan syariah terbaik dan terpercaya? Apa saja rekomendasi pilihan asuransi pendidikan syariah anak?

Simak artikel ini dan temukan jawabannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pentingnya Asuransi Pendidikan

Sama halnya dengan asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dinilai penting untuk Anda persiapkan, khususnya bagi yang sudah memiliki anak.

Setiap tahunnya biaya pendidikan dipastikan mengalami peningkatan. Padahal pendapatan bisa saja terhenti suatu waktu karena hal yang tidak diinginkan. Dalam keadaan seperti ini, jangan sampai pendidikan anak yang menjadi korban.

Akan tetapi, faktanya masih banyak orang tua yang belum mau menggunakan asuransi pendidikan ini.

Mungkin mereka berpikir mengeluarkan uang tambahan untuk investasi pendidikan anak tidak begitu penting karena pemerintah sendiri telah mensubsidi pendidikan. Ada juga yang terkendala karena preminya yang dinilai terlalu mahal.

Dengan demikian, diperlukan bagi setiap orang tua untuk tahu cara memilih asuransi pendidikan syariah terbaik bagi anak.

 

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik Bagi Anak

Orang tua tentunya wajib mencari banyak informasi, mendengar beberapa opini serta mempelajari penawaran dengan seksama.

Jika terlewat, bisa jadi Anda tidak mendapatkan produk asuransi anak terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan.

Di bawah ini terdapat beberapa tips memilih asuransi pendidikan anak untuk mendapatkan asuransi pendidikan yang bagus:

 

#1 Sesuaikan Jumlah Dana dengan Target Biaya Pendidikan

Tujuan orang tua mengambil asuransi pendidikan anak adalah supaya saat anak masuk sekolah orang tua telah memiliki dana simpanan yang cukup untuk membayar uang sekolah.

Agar jumlah dana cukup sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak, maka orang tua perlu melakukan beberapa hal berikut:

  1. Memiliki gambaran anak akan masuk ke sekolah mana. Dengan mengetahui detail sekolah yang akan dituju, orang tua dapat menghitung berapa biaya untuk masuk sekolah tersebut. Perhitungan berdasarkan harga yang ditetapkan sekolah saat ini.
  2. Cari tahu berapa kenaikan biaya sekolah pada sekolah yang dituju tersebut karena info yang orang tua butuhkan adalah biaya sekolah nanti saat anak masuk.
  3. Hitung berapa biaya sekolah nanti saat anak masuk sekolah. Anda dapat menghitungnya dengan sederhana menggunakan Ms. Excel dengan rumus Future Value.

Ini Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik Bagi Anak Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Di mana Tempat Membeli Asuransi Pendidikan Aman dan Terbaik?]

 

#2 Memahami Risiko dari Asuransi Pendidikan

Dalam asuransi pendidikan, perusahaan asuransi akan menginvestasikan pembayaran premi yang dilakukan orang tua kedalam instrumen investasi tertentu.

Instrumen ini dipilih oleh orang tua atau dibantu dipilihkan oleh agen asuransi.

Yang perlu Anda pahami sebagai orang tua adalah setiap pilihan instrumen investasi memiliki risiko terdapat beragam pilihan dana investasi yang perlu Anda sesuaikan dengan tujuan investasi dan profil risiko Anda.

 

#3 Jangan Mudah Percaya Agen Asuransi

Penting untuk diingat orang tua saat memilih asuransi adalah “trust but verify”.

Artinya semua info soal asuransi untuk anak yang disampaikan agen asuransi sebisa mungkin diverifikasi atau dicarikan second opinion.

Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan informasi di internet terkait asuransi pendidikan untuk anak sebagai bahan cross-checking.

Jangan lupa untuk tetap bersikap kritis dan skeptis kepada agen asuransi atas proposal dan polis asuransi pendidikan, karena bagaimanapun juga tujuan agen adalah closing pembelian dengan pembayaran premi asuransi.

 

#4 Berapa Uang Pertanggungan Asuransi

Dalam polis asuransi pendidikan anak, risiko yang diproteksi merupakan musibah bagi pencari nafkah, yaitu orang tua yang tidak bisa membiayai uang sekolah.

Adanya asuransi pendidikan ini mampu membuat kelanjutan sekolah anak menjadi terjamin karena ada perusahaan asuransi yang melanjutkan memberikan nafkah apabila risiko tersebut terjadi.

Ini Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik Bagi Anak Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Jitu Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik 2020]

 

Jumlah yang ditanggung perusahaan asuransi jika terjadi risiko terefleksi dalam uang pertanggungan. Dana yang akan dibayarkan jika tertanggung dalam polis asuransi mengalami musibah.

Asuransi pendidikan yang bagus memberikan proteksi uang pertanggungan yang memadai. Anda dapat melihatnya di dalam buku polis asuransi pendidikan soal jumlah uang pertanggungan (UP).

 

Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah

Inilah beberapa rekomendasi asuransi pendidikan syariah terbaik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda sebagai orang tua. Asuransi pendidikan anak syariah ini tentunya menawarkan akad yang sesuai syariah.

 

#1 PRUlink Syariah Edu Protection

PRUlink Syariah Edu Protection merupakan produk Asuransi Jiwa yang dikaitkan dengan investasi atau biasa disebut unit link dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia).

Kontribusi yang Anda bayarkan memberikan manfaat perlindungan (proteksi) serta manfaat investasi dalam bentuk nilai tunai.

Produk Asuransi Jiwa ini tersedia dalam mata uang Rupiah yang memberikan Manfaat Asuransi selama Polis masih aktif.

Program ini menetapkan minimum premi sebesar Rp 500.000/bulan dengan usia masuk tertanggung bagi anak umur 1 hari sampai dengan 15 tahun di ulang tahun berikutnya.

Ini Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik Bagi Anak Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat dan Mudah Klaim Asuransi Pendidikan Anak]

 

Masa perlindungan di PRUlink syariah edu protection sampai dengan jika Peserta Utama Yang Diasuransikan meninggal dunia sebelum berusia 99 tahun, atau apabila jika Peserta Utama Yang Diasuransikan menderita cacat total dan tetap setelah berusia 6 tahun dan sebelum berusia 70 tahun.

Selain itu, terdapat manfaat lainnya di antaranya:

  1. Memberikan 2 manfaat perlindungan untuk orang tua dan anak sekaligus dalam satu polis yang komprehensif.
  2. Memberikan manfaat bulanan sampai anak Anda berusia 18 atau 25 tahun (sesuai dengan pilihan Pemegang Polis)*.
  3. Mengimbangi dampak inflasi karena setiap 3 tahun sekali manfaat bulanan akan naik sebesar 15% dari nilai manfaat bulanan awal.
  4. Dana investasi akan tetap berpotensi untuk berkembang sesuai dengan jenis investasi yang dipilih nasabah karena kami akan melanjutkan pembayaran kontribusi polis anak Anda sampai anak Anda berusia 18 atau 25 tahun*.
  5. Memberikan kemudahan untuk aplikasi anak kedua**.

 

Catatan:

* Apabila terjadi risiko kematian/terkena penyakit kondisi kritis/mengalami Cacat Total dan Tetap terhadap diri Anda sebagai Peserta Tambahan

** Berdasarkan ketentuan yang berlaku di Prudential Indonesia

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

#2 Takaful Dana Pendidikan

Takaful Dana Pendidikan merupakan produk asuransi jiwa syariah yang dikaitkan dengan program tabungan khusus untuk membantu setiap orang tua dalam merencanakan dana pendidikan anaknya.

Pola penarikan dana disesuaikan dengan kebutuhan biaya untuk setiap jenjang pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi.

Takaful Dana Pendidikan menghadirkan proteksi finansial bagi keberlangsungan pendidikan sang buah hati hingga Perguruan Tinggi bahkan apabila orangtua tertimpa musibah meninggal dunia atau cacat tetap total dalam masa perjanjian.

100% Manfaat Takaful Dasar, Dana Tahapan Pendidikan, serta Beasiswa Perguruan Tinggi akan dibayarkan apabila Peserta (orangtua) meninggal dunia karena kecelakaan.

Ini Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik Bagi Anak Anda 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Nasib Asuransi Pendidikan Jika Anak Meninggal?]

 

Selain itu, 50% Manfaat Takaful Dasar, Dana Tahapan Pendidikan, serta Beasiswa Perguruan Tinggi akan dibayarkan jika Peserta (orangtua) mengalami cacat tetap total karena kecelakaan.

10% Uang Pertanggungan dan Dana Tabungan Pendidikan yang terbentuk akan dibayarkan jika penerima hibah (anak) meninggal dunia selama polis aktif.

Keunggulan yang ditawarkan Tafakul Dana Pendidikan adalah murni syariah karena dana dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah di bawah pengawasan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kontribusi juga dapat dibayar bulanan, triwulanan, semesteran, tahunan, atau sekaligus serta dapat dikombinasikan dengan Top Up Reguler dan Unreguler untuk meningkatkan dana investasi Anda.

Pembayaran dapat dilakukan melalui auto debet rekening, auto debet kartu kredit, setor tunai di Kantor Pos, internet banking, serta virtual account sehingga lebih fleksibel.

Terdapat berbagai kemudahan dalam berasuransi seperti cuti kontribusi setelah tahun ke-5. Tersedia pula laporan berkala terkait hasil investasi Anda.

Yang tak kalah menarik adalah penarikan serta pengalihan dana investasi dapat dilakukan kapan saja.

 

#3 AXA Cerdas Amanah Syariah

Program ini merupakan asuransi dana pendidikan syariah dari PT AXA Financial Indonesia. Asuransi Cerdas Amanah Syariah ini tentunya memiliki keunggulan, antara lain:

  1. Perlindungan terhadap risiko meninggal dan cacat tetap total dari minimal 10 tahun sampai dengan 25 tahun
  2. Pembayaran 200% uang pertanggungan apabila meninggal pada saat menunaikan ibadah Haji dan Umrah
  3. Pengembalian seluruh kontribusi dasar dan topup berkala sepanjang masa kontrak apabila terjadi risiko

 

Selain itu, Anda dapat menarik dana investasi kapan saja serta memiliki manfaat loyalty untuk menambah dana investasi syariah yang Anda miliki.

Minimum premi yang ditetapkan sebesar Rp 300.000 (Premi Dasar) dengan Rp 100.000 untuk top up berkalanya. Premi tersebut dapat Anda bayarkan dengan beberapa cara yaitu tahunan, semesteran, kuartalan dan bahkan bulanan.

Ini Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik Bagi Anak Anda 05 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Kelebihan, Yuk Cek Juga 5 Kekurangan Asuransi Pendidikan]

 

#4 Asuransi Mandiri Elite Plan Pendidikan Syariah

Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah hadir untuk menyediakan perlindungan menyeluruh untuk membantu perencanaan masa depan Anda terbebas dari ketidakpastian (gharar), riba, barang haram.

Usia masuk yang ditetapkan untuk asuransi ini untuk pemegang polis adalah 18 sampai dengan 70 tahun. Sedangkan untuk pesertanya dengan usia 15 hari sampai dengan 70 tahun.

Masa pertanggungan hingga usia 100 tahun dengan minimum premi Rp 25.000.000/tahunnya.

Dengan komposisi 50% dana diinvestasikan pada pembayaran premi tahun pertama dan 100% dana diinvestasikan pada tahun-tahun berikutnya, maka hasil investasi Anda akan lebih maksimal untuk memberikan jaminan finansial yang lebih baik kepada anak/cucu.

 

Rencanakan Asuransi Pendidikan Sekarang

Itulah rekomendasi asuransi pendidikan syariah terbaik bagi anak yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan.

Sudah saatnya Anda mencoba memikirkan matang-matang apakah perlu atau tidak program ini untuk Anda ikuti karena ini bergantung dengan masa depan anak Anda.

Namun perlu diingat, jangan sampai Anda salah memilih agen asuransi pendidikan. Periksalah dengan jeli informasi serta keuntungan yang mereka tawarkan.

Pastikan pula mereka memiliki track record yang baik dan jangan sampai tertipu asuransi bodong.

 

Sudahkah Anda memilih asuransi Pendidikan Syariah mana yang akan Anda gunakan? Tulis pengalaman Anda di kolom komentar di bawah ini dan jangan lupa share juga artikelnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. PRUlink syariah edu protection. Prudential.co.id – https://bit.ly/2XuMPMA
  • Admin. Merancang Masa Depan Cerah Untuk Cita Sang Buah Hati. Takaful.co.id – https://bit.ly/2XZ7OWX
  • Admin. Cerdas Amanah Syariah. Axa.co.id – https://bit.ly/2UavRkn
  • Admin. Asuransi Mandiri Elite Plan Pendidikan Syariah. Axa-mandiri.co.id – https://bit.ly/3cwGOTT

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://bit.ly/3dxk73j
  • Asuransi 2 – https://bit.ly/3gW5jNx
  • Asuransi 3 – https://bit.ly/3gV0Dr9
  • Asuransi 4 -https://bit.ly/2A0KTCy
  • Asuransi 5 – https://bit.ly/2XxSBgv