Apakah Saya Bisa Membeli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) Tanpa Embel-Embel Unitlink?

Apakah saya bisa membeli asuransi penyakit kritis (critical illness) tanpa embel-embel unitlink?

Industri asuransi semakin berkembang sejak dari banyaknya pemilik asuransi unitlink dan semakin banyaknya perusahaan asuransi yang bertambah.

Salah satu asuransi tambahan yang belakangan ini menjadi sorotan adalah asuransi penyakit kritis, yang konon katanya hanya dapat diambil sebagai asuransi tambahan dari asuransi unitlink.

Apakah memang hanya bisa membeli asuransi penyakit kritis dari polis unitlink? Atau bisakah membeli asuransi penyakit kritis tanpa membeli polis unitlink?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Kebutuhan Akan Asuransi Penyakit Kritis

Apa yang Anda pikirkan jika seseorang terkena penyakit kritis?

Hal pertama yang biasanya timbul adalah perasaan empati kepada orang yang terkena penyakit kritis, selain itu akan muncul pertanyaan di dalam hati, seberapa besar biaya yang harus ditanggungnya?

Biasanya untuk golongan penyakit seperti itu membutuhkan biaya yang besar, yang terkadang bahkan dengan menjual harta kepunyaan pun masih belum sanggup untuk menutupi biayanya.

Apakah Saya Bisa Membeli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) Tanpa Embel-Embel Unitlink 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Saya Harus Beli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness)?]

 

Banyak sekali orang yang terkena penyakit kritis harus kehilangan ratusan juta bahwa miliaran karena ingin agar orang terdekatnya sembuh.

Pengobatan sakit kritis yang mahal dan biaya rumah sakit yang besar membuat orang mencari solusi yang dapat membantu mereka.

Untuk menjawab kebutuhan akan pertanggungan sakit kritis, perusahaan asuransi membuat sebuah produk yang dapat memberikan perlindungan berupa uang tunai sekaligus (lumpsum) untuk para penderita sakit kritis, yang disebut asuransi sakit kritis.

Oleh karena itu, asuransi sakit kritis yang dapat memberikan uang pertanggungan dalam jumlah besar menjadi salah satu kebutuhan orang ketika seseorang ingin membeli asuransi.

 


 

Asuransi Penyakit Kritis Yang Ada di Indonesia

Banyaknya kebutuhan akan sakit kritis merupakan salah satu nilai jual asuransi ini. Asuransi penyakit kritis yang ada di Indonesia, pertama kalinya dijual sebagai asuransi tambahan dari asuransi unitlink.

Nasabah harus membeli terlebih dahulu pertanggungan dasar dari unitlink tersebut baru nasabah dapat membeli asuransi tambahan sakit kritisnya.

Dari sanalah mulai banyak orang yang merasakan manfaat asuransi sakit kritis ini. Asuransi penyakit kritis pun menjadi salah satu asuransi tambahan yang menjadi unggulan bagi beberapa perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk unitlink, sehingga muncul berbagai macam jenis asuransi tambahan sakit kritis di dalam produk unitlink sebagai asuransi utamanya.

apakah-saya-harus-beli-asuransi-penyakit-kritis-critical-illness-finansialku

[Baca Juga: Sudah Terlanjur Beli Unitlink, Apakah Perlu Tutup Polis Unitlink?]

 

Sayangnya banyak sekali orang yang salah paham tentang cara kerja asuransi unitlink, sehingga banyak sekali orang merasa dirugikan ketika membeli asuransi unitlink.

Belum lagi untuk membeli asuransi unitlink, seseorang harus membayar sejumlah premi yang relatif lebih mahal dibandingkan asuransi tradisional. Oleh karena itu asuransi sakit kritis kurang dapat dibeli oleh beberapa orang yang memiliki keuangan terbatas.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Dapat Membeli Asuransi Penyakit Kritis Tanpa Melalui Unitlink?

Sebagian besar orang yang di dalam perencanaan keuangannya hanya dapat membeli asuransi tradisional cenderung menanyakan hal ini.

Pentingnya kebutuhan untuk mendapat perlindungan finansial jika terjadi sakit kritis membuat orang ingin membeli asuransi sakit kritis.

Tetapi apakah ada asuransi sakit kritis yang bersifat tradisional dan bukan unitlink? Mungkin Anda pernah bertanya tentang hal ini juga.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Tentu saja pertanyaan ini tidak luput juga dari pihak asuransi yang ingin menjawab kebutuhan para nasabahnya. Seiring berjalannya waktu, perusahaan asuransi mulai mengembangkan produk asuransinya.

Asuransi sakit kritis yang dulunya hanya dijual di dalam produk asuransi unitlink, sekarang mulai dijual juga sebagai asuransi tambahan di dalam produk asuransi tradisional.

Salah satu produk asuransi sakit kritis yang saya ambil sebagai contoh adalah produk dari asuransi Manulife yaitu Manulife Crisis Cover.

Manulife Crisis Cover adalah asuransi tambahan sakit kritis yang dapat diambil dari 2 jenis produk utama, yaitu asuransi unitlink dan asuransi wholelife.

Apakah Saya Bisa Membeli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) Tanpa Embel-Embel Unitlink 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Dulu Yuk Jenis Unitlink Sebelum Anda Mengambil Asuransi Unitlink]

 

Dari website yang saya temukan, bahwa Manulife Crisis Cover dapat diambil dari asuransi dasar Manulife Lifestyle Protector dan Proliving Absolute.

Apakah Saya Bisa Membeli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) Tanpa Embel-Embel Unitlink 04 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Berapa Lama Idealnya Cuti Premi pada Asuransi Unitlink?]

 

Manulife Lifestyle Protector adalah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unitlink). Oleh karena itu, adalah wajar jika asuransi sakit kritis menjadi salah satu asuransi tambahan yang dapat diambil.

Apakah Saya Bisa Membeli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) Tanpa Embel-Embel Unitlink 05 - Finansialku

[Baca Juga: Pertanyaan Penting Seputar Asuransi Unitlink! Anda Harus Tahu Sekarang!]

 

Sedangkan Proliving Absolute adalah produk asuransi perlindungan seumur hidup (wholelife) dimana wholelife merupakan salah satu produk asuransi tradisional tanpa ada investasi sama sekali.

Berarti sekarang ini asuransi sakit kritis dapat juga diambil tanpa melalui asuransi unitlink.

 

Disclaimer: Penyebutan merk pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apa Keuntungan Asuransi Sakit Kritis Yang Diambil Melalui Asuransi Tradisional?

Mungkin Anda bertanya, jika memang asuransi sakit kritis dapat diambil melalui asuransi tradisional, contohnya asuransi wholelife, lalu apa keuntungannya?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, bahwa untuk membeli asuransi unitlink, seseorang harus membayar premi yang tidak sedikit, bahkan memiliki minimal pembayaran setiap bulannya.

Untuk orang-orang yang memiliki keuangan terbatas, tentu saja membeli asuransi unitlink akan semakin membebani keuangan mereka.

Memang secara jangka panjang, asuransi unitlink lebih menguntungkan daripada asuransi tradisional, tetapi tidak semua orang harus membeli asuransi unitlink apalagi jika rencana keuangannya dilakukan hanya untuk jangka pendek atau memiliki keuangan yang terbatas.

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Mengambil asuransi sakit kritis melalui asuransi tradisional dalam jangka waktu tertentu akan lebih menguntungkan karena premi yang dibayarkan tidak akan sebesar asuransi unitlink dengan pertanggungan yang lebih besar.

Karena tidak ada unsur investasi di dalam asuransi tradisional, maka biaya yang adapun hanyalah biaya asuransi saja.

Oleh karena itulah untuk perencanaan yang memiliki jangka waktu relatif pendek, asuransi tradisional akan lebih baik.

Kabar baiknya bahwa asuransi sakit kritis sekarang sudah dapat dibeli dengan menggunakan asuransi tradisional sebagai asuransi dasarnya.

 


 

Rencanakan Sebelum Membeli Asuransi Penyakit Kritis

Memang merupakan kabar yang menggembirakan bagi orang-orang yang ingin membeli asuransi sakit kritis tanpa harus melalui unitlink.

Tetapi yang lebih penting daripada itu adalah bahwa sebelum Anda membeli asuransi penyakit kritis, Anda harus merencanakan keuangan Anda terlebih dahulu.

Anda harus memiliki tujuan keuangan yang jelas sehingga Anda tahu bahwa asuransi yang Anda beli bermanfaat secara optimal untuk tujuan keuangan Anda. Jika Anda hanya membeli asuransi tanpa sebuah perencanaan, maka akan ada kemungkinan perencanaan asuransi Anda menjadi kurang optimal.

Semoga artikel ini menambah wawasan Anda dalam berasuransi.

 

Terima kasih karena Anda telah membaca artikel ini sampai habis.

Apakah artikel ini menambah wawasan Anda terutama tentang asuransi sakit kritis? Apakah ada teman-teman atau rekan kerja Anda yang membutuhkan informasi tentang asuransi sakit kritis ini?

Bagikan artikel ini sehingga orang lain juga dapat memperoleh informasi ini untuk menambah wawasan mereka.

 

Sumber Gambar:

  • Manulife Indonesia – https://goo.gl/13wfUj
  • Asuransi Penyakit Kritis – https://goo.gl/fEfKBm
  • Critical Illness – https://goo.gl/XZfGNE

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download