Asuransi penyakit kritis penting lho!!!

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga yang dimiliki oleh manusia. Oleh karena itu, perusahaan asuransi berbondong-bondong menciptakan jenis asuransi yang dapat melindungi aset berharga tersebut. Salah satunya adalah dengan asuransi penyakit kritis.

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan 7+ alasan mengapa asuransi penyakit kritis penting untuk dimiliki.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

7+ Alasan Asuransi Penyakit Kritis Penting

Pada dasarnya, asuransi penyakit kritis adalah bagian dari asuransi kesehatan, namun bedanya, pada asuransi penyakit kritis, manfaatnya lebih spesifik yaitu untuk penyakit berbahaya yang membutuhkan biaya besar dan memiliki akibat fatal yang dapat berujung kematian.

Pada asuransi penyakit kritis, nasabah atau tertanggung akan mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan jika nasabah mengalami penyakit kritis.

Bergantung pada kebijakan perusahaan asuransi dan kontrak asuransi, ada yang memberikan uang pertanggungan dibagi menjadi 2 kali ada pula yang memberikan dalam bentuk lump sum.

7+ Alasan Bahwa Asuransi Penyakit Kritis Penting Kamu Miliki 02 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Untuk Perempuan: Apakah Asuransi Penyakit Kritis Perlu Dimiliki?]

 

Jenis penyakit kritis yang paling sering ditanggung adalah penyakit kanker dan penyakit yang menyerang organ jantung, ginjal dan otak. Secara garis besar, asuransi ini melindungi 18 jenis hingga 38 jenis penyakit kritis.

Coba pertimbangkan sejenak, kira-kira apakah Anda perlu memiliki proteksi penyakit ganas dan berbahaya?

Anda perlu tahu bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dan uang proteksi yang berbeda-beda. Hal ini bergantung kepada jenis kelamin, usia, jenis pekerjaan, kondisi fisik tubuh sekarang dan lain sebagainya.

Nah, jika Anda memang tertarik untuk mengetahui berapa kebutuhan asuransi penyakit kritis Anda, maka Anda perlu secara langsung berkonsultasi dan bertanya kepada perencana keuangan profesional Finansialku.com

Anda sangat boleh bertanya di menu Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku.

 

Jika Anda pengguna Aplikasi Finansialku Premium, maka Anda bisa langsung bertanya secara GRATISS! Jika akun Anda belum premium, maka sebaiknya Anda upgrade ke jenis akun premium.

Selain bisa menggunakan fitur Tanya Jawab, maka Anda bisa mendapatkan BANYAKK sekali manfaat lainnya.

Well, back to main topic! Agar Anda benar-benar mengerti, di bawah ini merupakan beberapa alasan mengapa asuransi penyakit kritis penting untuk Anda miliki.

 

#1 Membiayai Pengobatan atau Perawatan

Salah satu perbedaan manfaat asuransi penyakit kritis dari asuransi kesehatan adalah manfaat pengobatan yang lebih besar dan dikhususkan untuk penyakit kritis.

Asuransi ini dapat mengganti kerugian finansial yang dibutuhkan untuk proses perawatan selama Anda berada di rumah sakit. Tentu biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, apalagi mengingat bahwa penyakit kritis membutuhkan perawatan ekstra.

Punya-Asuransi-Penyakit-Kritis-Perlukan-Asuransi-Jiwa-02-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Ada Sebuah Produk Asuransi Penyakit Kritis Dengan Premi Murah?]

 

Namun yang sering dilupakan adalah, ketika Anda sedang menginap di rumah sakit, terdapat biaya yang sebenarnya dikeluarkan secara tidak langsung.

Beberapa di antaranya misalnya biaya transportasi dari dan ke rumah sakit, penghasilan yang tidak didapatkan selama di rumah sakit, dan biaya lainnya.

Dengan adanya asuransi penyakit kritis, baik biaya di dalam dan di luar rumah sakit, semuanya akan ditanggung dan Anda dapat fokus pada proses penyembuhan saja.

 

#2 Melindungi Aset dan Mencegah Kehilangan Aset dan Utang

Bayangkan jika Anda tidak memiliki asuransi penyakit kritis, dan saat itu, Anda membutuhkan dana untuk biaya pengobatan dan biaya perawatan Anda. Jika Anda memiliki tabungan dana darurat, maka Anda harus menggunakan tabungan tersebut.

Jika Anda tidak memiliki tabungan, maka Anda harus berutang dan meminta pinjaman baik dari bank atau pribadi. Bunga pinjaman dan segala kerugian akibat utang tersebut harus ditanggung oleh Anda dan keluarga.

Dari kasus ini dapat dilihat betapa pentingnya asuransi penyakit kritis untuk mencegah Anda dari kehilangan aset dan utang berlebih. Mengerikan yahh.. Tentunya, Anda tidak mau bukan?

 

#3 Membiayai Biaya yang Tidak Terlindungi oleh Asuransi Kesehatan

Banyak yang beranggapan bahwa jika Anda telah memiliki asuransi kesehatan, maka Anda tidak lagi membutuhkan asuransi penyakit kritis.

Namun perlu diingat bahwa dalam asuransi kesehatan terdapat plafon manfaat baik tahunan atau per setiap tindakan perawatan.

Penyakit kritis di lain sisi membutuhkan biaya yang sangat besar, belum lagi ditambah inflasi pada biaya kesehatan. Hal ini membuat biaya perawatan asuransi penyakit kritis semakin mahal dan asuransi kesehatan Anda mungkin tidak dapat men-cover seluruhnya.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan asuransi penyakit kritis.

Melalui asuransi penyakit kritis, seluruh kelebihan biaya yang Anda butuhkan dapat ditanggung dan Anda tidak perlu khawatir.

 

#4 Mengganti Biaya yang Dibutuhkan Oleh Anggota Keluarga

Ketika tertanggung divonis penyakit kritis, pada saat pengobatan dan perawatan pasti akan ada anggota keluarga yang meluangkan waktu dan uang untuk menemani.

Mulai dari biaya transportasi dan akomodasi anggota keluarga tersebut hingga biaya konsumsi pasti dikeluarkan untuk dapat menemani Anda. Biaya ini akan semakin terasa apabila Anda memilih perawatan di luar negeri.

Apakah Ada Sebuah Produk Asuransi Penyakit Kritis Dengan Premi Murah 2 Finansialku

[Baca Juga: Sudah Punya Asuransi Penyakit Kritis, Perlukah Asuransi Jiwa?]

 

Dengan adanya asuransi penyakit kritis, Anda dapat mengganti biaya tersebut. Apalagi jika Anda ditemani oleh pasangan atau anak yang menghabiskan dana untuk kebutuhan mereka demi menemani proses Anda.

 

#5 Membiayai Kebutuhan Anak

Asuransi penyakit kritis akan sangat berguna jika Anda memiliki anak. Walaupun Anda sakit, anak tetap harus bersekolah dan meneruskan pendidikannya. Namun, jika Anda membutuhkan dana untuk proses penyembuhan, dari mana dana pendidikan anak didapatkan?

Oleh karena itu, Anda membutuhkan asuransi penyakit kritis yang dapat mengganti kebutuhan dana pendidikan anak.

Dengan adanya asuransi ini, anak-anak dapat terus melanjutkan pendidikan tanpa harus mengurangi anggaran perawatan Anda. Menguntungkan bukan?

 

#6 Mengganti Pembayaran Cicilan dan Utang

Apakah cicilan dan utang akan berhenti ketika Anda terkena penyakit kritis? Tentu tidak.

Cicilan dan pembayaran utang akan terus berjalan dan Anda membutuhkan dana tambahan untuk dapat membayar seluruh tagihan tersebut.

Tanpa asuransi penyakit kritis, Anda terpaksa harus membayar bunga utang nantinya ketika Anda sembuh (bunga biasanya cenderung BESAR).

Oleh karena itu, asuransi penyakit kritis juga sebenarnya berguna untuk membayar biaya tersebut.

Sekali lagi, jika Anda memiliki masalah dengan pinjaman dan utang, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku. Jangan stres dan bingung! Semua pasti ada Jalan Keluarnya.

 

#7 Menambah Dana Untuk Kebutuhan Keluarga

Ada atau tidaknya penyakit kritis, keluarga Anda pasti akan tetap memiliki kebutuhan yang sama. Jika Anda terkena penyakit kritis, pasti alokasi dana akan diprioritaskan untuk perawatan Anda.

Di sinilah asuransi penyakit kritis memegang peranan PENTING!

Asuransi penyakit kritis dibutuhkan agar kebutuhan keluarga dapat tetap terpenuhi. Dengan adanya asuransi penyakit kritis, keluarga Anda dan Anda dapat fokus menjalankan aktivitas dengan maksimal.

Asuransi Penyakit Kritis Untuk Perempuan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Saya Bisa Membeli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) Tanpa Embel-Embel Unitlink?]

 

#8 Dapat Fokus Sepenuhnya Pada Proses Penyembuhan

Psikologis seseorang akan sangat membantu penyembuhan penyakit, apalagi penyakit kritis. Anda pasti akan diminta untuk tidak stres dan berpikir positif dan fokus pada proses penyembuhan.

Salah satu cara untuk dapat fokus pada proses penyembuhan adalah dengan memiliki asuransi penyakit kritis.

Bagaimana Anda dapat tenang memikirkan penyembuhan apabila Anda tahu anggota keluarga Anda sedang membutuhkan dana yang Anda butuhkan untuk perawatan?

Oleh karena itu, Anda membutuhkan asuransi penyakit kritis untuk membantu Anda lebih tenang dan nyaman ketika menjalani perawatan.

 

Lindungi Finansial Anda dan Keluarga

Seperti yang telah disebutkan di atas, asuransi penyakit kritis berguna untuk menanggung seluruh biaya di luar dan di dalam rumah sakit.

Bahkan asuransi penyakit kritis juga dapat berguna untuk mengganti penghasilan, berguna untuk biaya pendidikan dan cicilan utang.

Oleh karena itu, penting untuk Anda melindungi finansial pribadi dan keluarga, bahkan kesehatan tubuh Anda melalui asuransi penyakit kritis.

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda mengerti pentingnya asuransi penyakit kritis untuk menghindari kerugian finansial.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Reny Widya Astari. 13 November 2015. 9 Alasan Kenapa Asuransi Penyakit Kritis Itu Penting. Kreditgogo.com – https://bit.ly/2MJ2Vvu

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Penyakit Kritis Penting 01 – https://bit.ly/2pMhQgn
  • Asuransi Penyakit Kritis Penting 02 – https://bit.ly/2Bv4fwz