Apakah Anda pernah mendengar asuransi untuk perempuan? Apakah berbeda dengan asuransi penyakit kritis? Apakah perempuan juga harus memilikinya?

Perempuan juga dapat terkena penyakit kritis dan membutuhkan perlindungan yang sama menyeluruhnya dengan pria.

Bahkan ada beberapa penyakit khusus yang menyerang wanita saja yang cukup membahayakan.

Artikel ini akan memberikan keterangan dan penjelasan mengenai perlunya asuransi penyakit kritis khusus perempuan untuk mengurangi risiko kerugian.

Mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi penyakit kritis adalah asuransi yang memberikan Anda perlindungan atas risiko kerugian yang timbul akibat terjadinya penyakit kritis.

Biasanya asuransi penyakit kritis ini memberikan manfaat tambahan untuk penyakit berbahaya yang membutuhkan biaya besar dan penyakit yang dapat berakibat fatal atau dapat menyebabkan kematian.

Walaupun biaya perawatan atau rumah sakit telah dijamin oleh asuransi kesehatan umum, terdapat biaya lain yang tidak terjamin oleh asuransi tersebut.

Beberapa biaya tersebut misalnya kerugian yang dialami karena tidak mampunya Anda bekerja.

Dapat dibilang uang pertanggungan dari asuransi penyakit kritis dapat digunakan sebagai dana pengganti penghasilan.

Asuransi Penyakit Kritis Untuk Perempuan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Ada Sebuah Produk Asuransi Penyakit Kritis Dengan Premi Murah?]

 

Selain itu, asuransi penyakit kritis juga dapat membiayai pembedahan atau operasi yang tidak ditanggung di dalam produk asuransi umum serta biaya lainnya.

Asuransi penyakit kritis ini juga memberikan Anda jaminan atas meninggal dunia yang biasanya berlaku hingga pemilik polis berusia 99 tahun.

Tergantung pada ketentuan polis, Anda dapat melakukan klaim atas uang pertanggungan seketika Anda divonis mengidap penyakit berbahaya tersebut.

Selain itu, ada pula yang tidak langsung memberikan 100% uang pertanggungan. Ada yang menyesuaikan pemberian uang pertanggungan berdasarkan level bahaya penyakit tersebut (Misalnya: stadium pada kanker).

Premi dan program untuk asuransi penyakit kritis pun sangat beragam. Ada asuransi penyakit kritis yang ditawarkan dengan premi murah tetapi uang pertanggungannya kecil, dan sebaliknya.

Ada yang memiliki manfaat tambahan seperti unitlink, ada pula yang memberikan kemudahan dengan penghentian pembayaran premi setelah divonis penyakit kritis tetapi masih berhak menerima manfaat dari polis.

Namun sebelum itu, hal yang harus Anda ingat ialah perlunya melakukan perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan perlu Anda lakukan sebagai bentuk pengelolaan keuangan yang Anda miliki.

Dengan melakukannya, Anda bisa mengetahui hal apa saja yang bisa direncanakan secara keuangan saat ini hingga masa mendatang, termasuk asuransi.

Mengapa asuransi? Karena asuransi memiliki sejumlah premi yang perlu dibayarkan setiap bulannya.

Jika premi tidak dibayar, maka Anda akan menerima denda atau asuransi Anda akan diberhentikan.

Bagi Anda yang baru ingin melakukannya, Finansialku memiliki sejumlah tips dan trik bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan dengan baik.

Semua sudah terangkum dalam ebook GRATIS berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Jika Anda masih merasa kesulitan, aplikasi Finansialku juga dapat membantu Anda dalam melakukan segala bentuk pengelolaan keuangan.

Ragam fiturnya dapat membantu Anda agar lebih praktis dan mudah ketimbang melakukannya dalam bentuk tertulis. Ragam fiturnya antara lain:

  • Membuat anggaran.
  • Mencatat keuangan.
  • Merencanakan keuangan.
  • Memantau kinerja investasi.
  • Mengecek kesehatan keuangan.
  • Live chat dengan perencana keuangan.

 

Jika Anda belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC Anda.

Ayo lakukan sekarang juga! Jangan sampai menyesal di kemudian hari!

 

Penyakit Kritis Khusus Perempuan

Tanpa disadari, perempuan memiliki kemungkinan diserang penyakit lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Bahkan ada beberapa penyakit berbahaya yang hanya menyerang perempuan.

Beberapa penyakit tersebut contohnya, kanker serviks, kanker payudara, lupus dan banyak lainnya.

Pentingnya perempuan untuk mengetahui dan mencegah terjadinya penyakit ini harus diimbangi dengan kesadaran perempuan untuk melindungi diri dari kerugian yang mungkin terjadi.

Asuransi yang Cocok Untuk Wanita 02 Finansialku

[Baca Juga: Sudah Punya Asuransi Penyakit Kritis, Perlukah Asuransi Jiwa?]

 

Laki-laki dan perempuan berbeda tidak hanya pada sisi biologis tetapi juga pada sistem saraf dan hormonal.

Hormon pada wanita berfungsi untuk mengendalikan pertumbuhan, metabolism, reproduksi hingga mood atau suasana hati.

Jumlah dan kadar hormon yang berbeda antara wanita dan pria seringkali menyebabkan gangguan kesehatan yang khusus dan spesifik.

Perempuan menghadapi risiko yang sangat besar pada usia kehamilan dan pada saat melahirkan. Bahkan risiko tersebut dapat menyebabkan kematian.

 

Perempuan pun menjalani siklus menstruasi dan yang berusia 45 tahun ke atas akan mulai mengalami menopause.

Dengan bertambahnya usia seorang perempuan, ia akan mengalami penurunan pada organ tubuh dan tubuh akan rentan terkena penyakit.

Hal ini lah yang menyebabkan asuransi untuk perempuan diciptakan.

 

Asuransi Penyakit Kritis untuk Perempuan

Banyak dari penderita penyakit kritis ini terhambat di biaya pengobatan yang sangat tinggi. Bayangkan saja, setiap tahunnya kenaikan biaya kesehatan dapat melebihi tingkat inflasi.

Kenaikan biaya kesehatan ini sayangnya tidak diimbangi dengan kenaikan penghasilan yang serupa. Biaya yang tinggi ini bahkan sering membuat penderita menjadi lebih depresi dan tertekan secara mental.

Untuk itu, sebagai salah satu tindakan antisipasi yang baik adalah dengan memiliki asuransi.

Asuransi yang Cocok Untuk Wanita 03 Finansialku

[Baca Juga: Apakah Saya Bisa Membeli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness) Tanpa Embel-Embel Unitlink?]

 

Asuransi kesehatan pada umumnya memang merupakan tahap awal pencegahan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Tetapi banyak biaya lainnya, yang tidak terjamin oleh asuransi kesehatan biasa.

Anda harus memiliki asuransi yang memberikan perlindungan atas risiko kerugian untuk biaya lainnya yang tidak termasuk di dalam pertanggungan asuransi kesehatan.

Untuk itu, Anda membutuhkan asuransi penyakit kritis. Walaupun tidak banyak perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi penyakit kritis untuk perempuan, Anda tidak perlu khawatir.

Sequis Insurance adalah salah satu perusahaan asuransi yang memberikan program asuransi penyakit kritis khusus perempuan.

 

Lady Protection

Asuransi penyakit kritis khusus perempuan dari perusahaan asuransi Sequis diberi nama Lady Protection. Beberapa penyakit yang ditanggung di dalam program asuransi ini adalah:

  • Carcinoma In Situ di mana sekelompok sel abnormal muncul pada organ pertama kali dan tidak terkendali namun belum menyebar ke bagian lainnya. Hal ini sering menyerang payudara atau leher rahim (serviks),
  • Systemic Lupus Erythematosus yaitu penyakit auto imun kronik yaitu terbentuknya antibodi secara otomatis yang bersifat patologis dan kekebalan yang kompleks sehingga jaringan dan sel tubuh mengalami kerusakan. Dengan kata lain, antibodi di dalam tubuh menyerang tubuh Anda sendiri. 

Salah satu yang spesial dari produk ini adalah produk asuransi ini memberikan pertanggungan pada pembedahan rekonstruksi. Tentu pertanggungan ini tidak diberikan di produk asuransi kesehatan pada umumnya.

Pembedahan rekonstruksi ini meliputi rekonstruksi wajah (restorasi atau rekonstruksi dari bentuk dan tampilan struktur wajah di atas leher) yang rusak, hilang, cedera atau berubah bentuk yang dikarenakan oleh kecelakaan dan kebutuhan perawatan medis.

Selain itu, Lady Protection juga memberikan pertanggungan atas pembedahan dan rekonstruksi akibat kanker payudara (operasi pengangkatan payudara secara radikal dengan cara pembedahan).

Kedua manfaat khusus ini sangat menguntungkan dan penting untuk perempuan yang mana penampilan yang indah merupakan bagian dari jati diri seorang perempuan.

Asuransi yang Cocok Untuk Wanita 01 Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Perlukah Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?]

 

Usia untuk pemegang polis berkisar mulai dari 18 tahun hingga 60 tahun dengan maksimum usia pertanggungan adalah 65 tahun.

Uang pertanggungan minimum adalah Rp10 juta dan maksimum adalah Rp1 miliar atau 100% dari uang pertanggungan asuransi dasar (jika Lady Protection dijadikan rider atau asuransi tambahan).

 

Lindungi Diri Anda Sejak Dini

Zaman yang berubah, membuat penyakit ikut berevolusi.

Jangan mengira bahwa hanya perempuan yang berusia tua saja yang mungkin terkena penyakit kritis.

Kenyataannya, perempuan muda dan anak-anak saja dapat terserang kanker. Oleh karena itu, semakin cepat Anda melindungi diri Anda, semakin baik.

Namun, Anda harus tetap berhati-hati. Kini, sudah banyak asuransi memberikan tawaran uang pertanggungan yang besar dengan premi yang sangat minim.

Ketika ditelusuri, ternyata masih banyak biaya lain yang harus Anda bayar di luar premi. Saat dihitung jumlah uang pertanggungan, nyatanya hasilnya tidak sebanding dengan premi yang dibayarkan.

Itulah mengapa Anda harus melakukan survei dan analisis lebih akan produk asuransi yang beredar.

 

Pentingkah asuransi penyakit kritis khusus perempuan untuk Anda? Tinggalkan pendapat Anda melalui kolom komentar bawah ini dan bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat.

Jangan lupa untuk selalu lindungi diri Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Intan Rizky Ardelia. 21 Maret 2018. Sequis Lady Protector Rider, Asuransi Khusus Untuk Kesehatan Wanita. Danaxtra.com – https://goo.gl/ZASXDK
  • Arie Dwi Budiawati. 20 Maret 2018. Fakta Penting Perempuan Harus Punya Asuransi Penyakit Kritis. Dream.co.id – https://goo.gl/4rER3f

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Penyakit Kritis Untuk Perempuan 1 – https://goo.gl/LhT39L
  • Asuransi Penyakit Kritis Untuk Perempuan 2 – https://goo.gl/Eas2Ly
Summary
Asuransi Untuk Perempuan: Apakah Asuransi Penyakit Kritis Perlu Dimiliki?
Article Name
Asuransi Untuk Perempuan: Apakah Asuransi Penyakit Kritis Perlu Dimiliki?
Description
Apakah Anda pernah mendengar asuransi untuk perempuan? Apakah berbeda dengan asuransi penyakit kritis? Apakah perempuan juga harus memilikinya?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo