Mau pergi ke Eropa dan perlu apply Visa Schengen? Asuransi perjalanan ke Eropa perlu kamu lengkapi dan ini dia 4 ciri asuransi perjalanan yang perlu menjadi pertimbangan dalam pilihanmu.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Perjalanan ke Eropa

Berbeda dengan perjalanan ke sejumlah daerah di Asia, para pelancong yang akan pergi berlibur ke Eropa diwajibkan membawa kelengkapan dokumen lainnya, salah satunya adalah asuransi perjalanan.

Bagi mereka yang mungkin baru tahu tentang kebutuhan akan asuransi perjalanan tentu akan merasa tidak perlu karena biasanya dokumen asuransi perjalanan tidak diwajibkan untuk turis yang melakukan perjalanan ke beberapa negara di Asia.

Tapi, asuransi perjalanan ini ternyata sangat penting dan sangat dibutuhkan mengingat kegunaannya.

Oleh sebab itu negara-negara di Eropa mewajibkan bagi para pelancong yang akan bepergian ke negara yang tergabung dalam perhimpunan Uni Eropa (European Union) untuk memiliki asuransi perjalanan.

Visa Schengen akan dikeluarkan ketika dokumen asuransi perjalanan sudah dilengkapi. Oleh sebab itu, asuransi perjalanan adalah syarat mutlak yang harus dilengkapi jika kamu mau berkunjung ke negara-negara Uni Eropa.

Jika kamu sudah mendapatkan Visa Schengen, visa ini biasanya dapat digunakan untuk perjalanan ke-22 negara Uni Eropa dan 4 negara anggota Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (European Free Trade Association).

Dengan Visa Schengen di tangan, kamu tidak perlu lagi mengurus satu per satu visa saat mengunjungi negara-negara tersebut dalam satu periode.

Cari Asuransi Perjalanan ke Eropa Terbaik Temukan Jawabannya Di Sini 02 Eropa 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Dulu Asuransi Perjalanan Chubb Sebelum Pergi Jalan-jalan]

 

Kamu hanya perlu menunjukkan kelengkapan dokumen termasuk Visa Schengen, maka kamu dapat menyeberang dan melintasi perbatasan demi perbatasan dari negara-negara Uni Eropa.

Tapi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk mendapatkan Visa Schengen, kamu perlu mendapat asuransi perjalanan terlebih dahulu yang bisa kamu dapatkan di berbagai pilihan asuransi perjalanan.

Ada banyak asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih, tapi, bagaimana cara mencari asuransi perjalanan terbaik mengingat ketentuan dari otoritas Visa Schengen yang menetapkan batas minimal biaya pertanggungan?

Berikut ini beberapa ciri dari asuransi perjalanan terbaik yang bisa menjadi pilihanmu sebelum bepergian ke Eropa.

 

#1 Tersedia dan Dapat Diakses secara Online

Dengan berkembangnya sistem informasi dan juga jaringan internet, ini juga menjadi prasarana yang memudahkan untuk membuat dan mengurus asuransi perjalanan ke Eropa.

Sudah banyak penyedia layanan asuransi perjalanan yang menyodorkan berbagai fasilitas pembelian polis yang dapat diakses dan dibeli secara online.

Setiap fasilitas sudah terdapat dalam website yang mereka tayangkan, dari setiap informasi dana pertanggungan asuransi hingga bagaimana cara mengklaim dana asuransi.

Selain itu, formulir untuk apply asuransinya pun sudah tersedia, sehingga kamu tidak perlu repot lagi datang ke kantor asuransi perjalanan untuk mengambil formulir asuransi. Kamu bisa mengunduhnya dan tidak perlu mencetaknya alias paperless.

Jadi, ciri pertama dari asuransi perjalanan yang oke dan bisa jadi pilihanmu adalah layanan asuransi yang dapat diakses secara online.

Pastikan juga setiap informasi yang kamu dapatkan dengan sejelasnya sebelum kamu mengirimkan uang pembayaran polis asuransi.

 

#2 Costumer Service yang Bisa Diajak Berkonsultasi

Informasi yang jelas sangat penting didapatkan oleh para customer, termasuk kamu yang akan membeli asuransi perjalanan. Jika informasi yang didapatkan kurang jelas, kamu tentu harus bertanya sejelas-jelasnya.

Tapi, di beberapa kasus terjadi dimana bagian customer service kurang bisa diajak berkonsultasi atau tidak memberikan informasi dengan ramah.

Tidak perlu memperpanjang masalah karena artinya asuransi perjalanan yang bersangkutan kurang siap dalam memberikan layanan untukmu.

Oleh sebab itu, kamu tidak perlu membuang waktumu dan kamu bisa mencari asuransi perjalanan lainnya yang dapat memberikan informasi dan layanan yang lebih baik kepadamu sebagai customer.

Ketika berkonsultasi dengan customer service, kamu perlu menanyakan apapun yang tidak kamu mengerti, termasuk segala pengecualian yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

Tanyakan juga untuk sistem klaim dan apa saja yang perlu dilakukan saat pengajuan klaim asuransi, apalagi saat kamu berada di luar negeri nantinya.

Selain itu, tanyakan juga prosedur untuk pembayaran biaya, apakah menggunakan mekanisme reimburse (dibayar dulu oleh pengguna asuransi), apakah kuitansi dan slip pembayaran perlu disimpan dan apa saja dokumen yang perlu diminta dan diperlukan untuk meminta penggantian dana.

 

#3 Mudah Dihubungi

Ada banyak ragam penyedia asuransi perjalanan ke Eropa. Untuk memudahkanmu mencari asuransi perjalanan ketika dibutuhkan, kamu perlu mencari asuransi perjalanan yang memiliki banyak kantor cabang yang tersebar, terutama di Eropa saat kamu bepergian nanti.

Dengan demikian, kamu tidak perlu kuatir ketika mencarinya, apalagi saat di negeri orang.

Selain itu, penyedia asuransi itu bisa dihubungi 24 jam sehari dan memiliki hotline (saluran telepon aktif) yang cukup banyak sehingga tidak kelimpungan ketika banyak customer yang menghubungi ketika dimintai bantuan.

 

#4 Fasilitas Tunjangan yang Diberikan

Asuransi memang merupakan sebuah payung yang akan memberikan perlindungan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh sebab itu, kamu sebagai calon pembeli polis asuransi perjalanan perlu tahu dan mempertimbangkan setiap tunjangan yang diberikan oleh pihak asuransi perjalanan.

Cari Asuransi Perjalanan ke Eropa Terbaik Temukan Jawabannya Di Sini 03 Travel Insurance - Finansialku

[Baca Juga: Mau Liburan Aman dan Tenang? Gunakan Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri]

 

Pertimbangkan tentang beberapa ketersediaan fasilitas di bawah ini:

  • Tunjangan hidup setiap hari selama opname rumah sakit.
  • Tunjangan biaya pengobatan saat kembali ke Tanah Air.
  • Tunjangan uang saku untuk anak ketika orangtua dirawat di rumah sakit luar negeri.

 

Selain itu, kamu juga perlu menanyakan apakah uang premi asuransi akan hangus ketika permohonan visa ditolak oleh bagian imigrasi atau sebaliknya, uang premi bisa kembali full atau sekian persen.  

Tanya besaran uang pertanggungan apakah sesuai dengan besaran minimal pertanggungan untuk mengajukan Visa Schengen.

Intinya, semakin banyak fasilitas tunjangan yang diberikan oleh pihak asuransi, maka kamu perlu mempertimbangkan lebih untuk membeli premi asuransinya.

Bisa jadi, asuransi perjalanan itu adalah pilihan terbaik untukmu.

 

Lihat Referensi Lain

Itu dia 4 ciri yang memberikan gambaran tentang asuransi perjalanan terbaik yang bisa menjadi pilihan bagimu sebelum berlibur ke negara-negara di Eropa untuk melengkapi dokumen agar mendapatkan Visa Schengen.

Lihat referensi dan juga review dari setiap orang yang mengulas tentang pengalaman mereka membeli premi asuransi yang bersangkutan.

Apakah kamu sudah mempersiapkan dana liburanmu dan keluarga? Tenang, kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola dana liburanmu dengan mudah!

Aplikasi Finansialku dapat kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kamu juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuanganmu bisa tepat sasaran!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Apakah kamu pernah membeli asuransi perjalanan sebagai syarat pengajuan Visa Schengen? Bagikan pengalamanmu melalui kolom komentar di bawah ini untuk memberikan referensi dan juga gambaran kepada mereka yang membutuhkan!

Ada rekan atau anggota keluargamu yang akan bepergian ke Eropa dan membutuhkan informasi di atas? Kamu juga dapat membagikannya kepada mereka.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 18 Desember 2017. Asuransi Perjalanan di Negara Schengen. Travellin.co.id – https://goo.gl/4LDPak
  • Hardian. 9 September 2016. Asuransi Perjalanan Syarat Visa Schengen, Mana yang Terbaik? Moneysmart.id – https://goo.gl/sddmBy
  • Pergi dulu. 17 Januari 2017. Cara Beli Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen. Pergidulu.com – https://goo.gl/t2Zu4s
  • Admin. Asuransi Perjalanan ke Eropa Terbaik Pasti Punya 4 Fasilitas Ini. Gobear.com – https://goo.gl/VpKvtT

 

Sumber Gambar:  

  • Eropa 1 – https://goo.gl/GAr9Ye
  • Eropa 2 – https://goo.gl/t4mMCB
  • Travel Insurance – https://goo.gl/qYQLN5