Prosedur Mudah Klaim Asuransi Kendaraan Saat Bencana Alam

Apakah Anda memiliki asuransi? Bagaimana caranya mengklaim asuransi saat bencana alam datang?

Bagi Anda yang sudah memiliki asuransi dan ingin mengetahui prosedur mudah klaim asuransi kendaraan saat bencana alam. Ketahui info menariknya disini!

 

Rubrik Finansialku

 

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pentingnya Memiliki Asuransi Di Indonesia

Anda pasti sudah sering mendengar berita bencana alam dimana-mana dan Anda pun pasti sudah paham bahwa kita hidup di negara yang memang rawan bencana alam.

Selain Indonesia berada di cincin api dimana gempa bumi, gunung meletus, tsunami menjadi ancaman yang bisa datang kapan saja.

Tidak lupa juga dengan bencana banjir dan tanah longsor yang bisa mengancam Anda saat musim penghujan datang.

Bencana-bencana ini tidak bisa diprediksi kapan dan dimana akan terjadi. Dengan ancaman bencana alam ini, sudah seharusnya masyarakat mulai memikirkan untuk memiliki asuransi.

Prosedur Mudah Klaim Asuransi Kendaraan Saat Bencana Alam 02 Bencana Alam - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Asuransi yang Harus Anda Miliki untuk Antisipasi Bencana Alam]

 

Asuransi yang bisa dimiliki pun bermacam-macam. Salah satu asuransi yang umum dimiliki adalah asuransi jiwa penuh yang disarankan untuk mengalihkan  risiko jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Menurut Ketua Asosiasi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim mengungkapkan bahwa memproteksi diri dari risiko-risiko yang kemungkinan terjadi, sudah seharusnya masyarakat melindungi diri dengan asuransi.

Hendrisman pun menambahkan, memang kalau dengan bencana atau gempa bumi, asuransi jiwa tidak langsung berkaitan dengan bencana alam.

Tetapi alangkah baiknya, jika masyarakat memiliki perlindungan, jika terjadi sesuatu sudah punya asuransi personal accident.

Dengan asuransi jiwa ini, maka para pemegang polis bisa terproteksi dan mendapatkan uang pertanggungan jika mengalami kecelakaan. Kecelakaan ini pun termasuk ketika menyelamatkan diri dari gempa bumi.

 

Hendrisman pun menambahkan, sebenarnya untuk gempa bumi yang harus dilindungi adalah aset seperti rumah dan kendaraan, sudah ada produknya.

Tetapi untuk melindungi diri sendiri, bisa dengan asuransi jiwa yang perlindungannya penuh.

Berikut ini adalah asuransi-asuransi yang disarankan untuk dimiliki saat hidup di negara yang dekat dengan ancaman bencana.

Asuransi yang disarankan tentunya memiliki tujuan untuk meminimalisasi kerugian yang timbul dari bencana alam.

Asuransi yang penting dimiliki saat bencana alam terjadi, adalah:

 

#1 Asuransi Kendaraan

Jika Anda memiliki kendaraan, Anda pasti menganggap kendaraan tersebut sebagai aset di kehidupan Anda. Tidak jarang juga, kendaraan ini sering menjadi korban bencana gempa.

Mulai dari tabrakan yang terjadi akibat guncangan, tertimpa reruntuhan bangunan, hingga jatuh ke tempat curam seperti jurang maupun laut.

Maka dari itu, dengan mengasuransikan kendaraan adalah salah satu langkah tepat untuk mengantisipasi potensi kerugian akibat bencana.

Pastikan juga asuransi kendaraan yang Anda gunakan mencakup manfaat ini. Bahkan, tidak hanya kendaraan yang bisa dilindungi oleh asuransi kendaraan ini.

Penumpang kendaraan yang mengalami musibah akibat dari bencana juga bisa mendapatkan perlindungan.

Jika saat bencana terjadi penumpang sedang berada dalam kendaraan. Jadi, selain aset, Anda pun bisa melindungi diri sendiri dari risiko bencana alam yang mungkin terjadi.

 

#2 Asuransi Perjalanan

Pada kasus gempa di Lombok, merupakan salah satu destinasi wisata yang besar, tentu saja banyak wisatawan yang berada di sana saat gempa terjadi.

Jika terjadi hal seperti ini, asuransi perjalanan menjadi hal yang terpenting yang bisa digunakan untuk meminimalisasi kerugian.

 

Alasan mengapa asuransi perjalanan dapat membantu meminimalisasi kerugian, adalah sebagai berikut:

  1. Jika pesawat yang Anda tumpangi mengalami delay, hal ini paling sering muncul sebagai akibat dari bencana alam. Asuransi perjalanan bisa memberikan santunan atas semua kerugian yang terjadi akibat penundaan penerbangan dari maskapai yang kita gunakan.
  2. Kecelakaan saat perjalanan, baik karena kecelakaan transportasi maupun bencana alam.

 

#3 Asuransi Properti

Bencana alam seperti gempa, kebakaran atau banjir bisa dipastikan membawa kerugian untuk properti yang Anda miliki seperti rumah atau toko.

Melindungi aset properti yang kita miliki dengan asuransi merupakan salah satu langkah yang tepat untuk meminimalisasi kerugian akibat bencana yang tidak terduga.

Terlebih lagi, selain risiko bencana alam, asuransi properti ini juga bisa melindungi properti yang kita miliki dari perampokan atau kemalingan saat kita meninggalkan rumah karena bepergian dalam waktu yang lama, seperti liburan atau mudik.

 

Prosedur Mudah Klaim Asuransi Kendaraan Saat Terjadi Bencana Alam

Dari ketiga asuransi yang sudah dijelaskan di atas, kebanyakan orang memiliki asuransi kendaraan dibandingkan asuransi properti.

Bagi Anda pemilik kendaraan yang memiliki polis asuransi kendaraan dengan perluasan perlindungan bencana alam, tentu Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi kendaraan Anda saat ini.

Prosedur Mudah Klaim Asuransi Kendaraan Saat Bencana Alam 03 Perlindungan Kendaraan - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Asuransi Gempa Bumi Sebelum Terlambat!]

 

Kerusakan kendaraan akan ditanggung oleh pihak asuransi di tengah kondisi bencana alam.

Head of Communication and Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto mengungkapkan bahwa langkah yang ditempuh pemegang polis di tengah bencana disarankan langsung menghubungi call center 24 jam untuk membuat laporan.

Langkah pertama setelah semua keadaan aman, melaporkan ke call center. Selanjutnya akan dibantu, karena klaimnya lebih mudah yang diakibatkan oleh bencana.

Cara lain juga, Anda dapat melalui aplikasi yang sudah tersedia. Dengan melalui aplikasi tersebut, proses pengajuan klaim dapat dipermudah atau datang ke cabang terdekat.

Setelah mengajukan klaim ke cabang terdekat, selanjutnya nanti akan diberikan lembar laporan yang perlu diisi. Jika melalui aplikasi, terdapat E-SPK untuk pengerjaan tugas.

Jangan lupa juga membawa dokumen pendukung seperti KTP, STNK dan polis kendaraan kemudian akan dijemput dan dibawa ke bengkel.

Anda pun harus ingat, polis asuransi yang Anda miliki harus sudah mencakup perlindungan dari bencana alam, biasanya termasuk perluasan atau tambahan.

Asuransi total lost only (TLO) atau komprehensif hanya mencakup kerusakan ringan dan kehilangan, belum termasuk melindungi dari dampak bencana alam.

 

Pastikan bahwa asuransi kendaraan yang Anda miliki sudah termasuk perlindungan bencana alam. Jangan sampai Anda memilih asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda masih bingung asuransi mana yang seharusnya Anda ambil untuk perlindungan Anda. Anda bisa bertanya ke perencana keuangan Finansialku. Anda bisa men-download aplikasi Finansialku di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Ketahui Kebutuhan Anda, Lindungi Diri Anda

Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil sebuah produk asuransi, ada baiknya Anda mengetahui kebutuhan Anda. Apakah Anda lebih membutuhkan asuransi jiwa atau asuransi kendaraan.

Jangan sampai Anda salah dalam membeli produk. Dengan membeli asuransi, Anda pun tidak hanya melindungi diri Anda sendiri tetapi melindungi keluarga Anda tercinta.

Jika Anda masih membutuhkan tips mengenai asuransi mana yang seharusnya Anda ambil. Anda bisa membaca ebook merencanakan keuangan usia 30 an di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana cara mudah klaim asuransi kendaraan saat bencana alam.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mudah klaim asuransi kendaraan saat bencana alam. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Setyo Adi Nugroho. 1 Oktober 2018. Langkah Ajukan Klaim Asuransi Kendaraan saat Bencana Alam. kompas.com – https://goo.gl/oXuGW5
  • Sylke Febrina Laucereno. 24 Januari 2018. Gempa Bumi Tak Bisa Diprediksi, Baiknya Miliki Asuransi. Finance.detik.com – https://goo.gl/9AqkGi
  • Admin. 8 Agustus 2018. Pentingnya Asuransi Saat Bencana Alam Terjadi. Jurnal.allianz.co.id – https://goo.gl/QuYMQv

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Mobil – https://goo.gl/WSc5N2
  • Bencana Alam – https://goo.gl/p7hhMu
  • Perlindungan Kendaraan – https://goo.gl/3w9CU7
Summary
Prosedur Mudah Klaim Asuransi Kendaraan Saat Bencana Alam
Article Name
Prosedur Mudah Klaim Asuransi Kendaraan Saat Bencana Alam
Description
Apakah Anda memiliki asuransi? Bagaimana caranya mengklaim asuransi saat bencana alam datang?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Widya Yuliarti CFP®
Widya Yuliarti, SST., MM., CFP® adalah seorang Financial Planner dari Finansialku bersertifikasi (FPSB ID: 1800 0526), ahli dalam keuangan syariah. Menempuh Pendidikan Diploma 4 Teknik Kimia di Politeknik Negeri Bandung dan menempuh Pendidikan S2 Manajemen di Universitas Padjadjaran.

Leave A Comment