Polemik bisnis kuliner ayam ‘geprek bensu’ milik artis Ruben Onsu berakhir dengan kekalahan. Simak yuk fakta dibalik polemik ini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Fakta Dibalik Polemik Geprek Bensu

Belakangan ini polemik bisnis Ruben Onsu kembali memanas. Diketahui, Ruben mengajukan gugatan terkait nama bisnis makanan Geprek Bensu.

Pada mulanya nama Bensu dipakai lebih dulu oleh Yangcent, pemilik dari ‘I Am Geprek Bensu’. Masalah ini berkaitan hak kepemilikan nama Bensu, Ruben harus berjuang dalam pengadilan walaupun pada akhirnya berujung kekalahan.

Diketahui, gugatan Gugatan Ruben terhadap I am Geprek Bensu ditolak, sebaliknya, laporan PT Ayam Geprek Benny Sujono terhadap bisnis atas nama Bensu yang dipakai Ruben dikabulkan oleh Pengadilan Negeri Niaga Jakarta Pusat.

3 Fakta Polemik Ayam Geprek Bensu yang Harus Kamu Tahu 02

[Baca Juga: 8 Franchise Modal Kecil Menguntungkan yang Bisa Anda Coba!]

 

Melansir dari beberapa sumber, Senin (15/04) berikut ini penjelasan tentang awal mula perkara nama merek dagang Bensu yang melalui jalan pelik di pengadilan.

 

#1 Bukan Soal Legalitas ‘Bensu’ Saja

Kemelut antara Ruben Onsu dan PT Ayam Geprek Benny Sujono tak hanya menyangkut hak legal atas kata “Bensu” pada masing-masing nama merek usaha kuliner keduanya.

Ruben disebut telah diduga sudah mencuri resep masakan bisnis kuliner ‘I Am Geprek Bensu Sedep Bener/Beneerrr’ milik PT Ayam Geprek Benny Sujono.

Memang, pada mulanya Ruben dan adiknya, Jordi Onsu, sempat menjalin kerja sama dengan Yangcent dan Stefani Livinus untuk mendirikan usaha yang menjajakan ayam geprek tersebut.

Saat itu, Jordi bergabung di perusahaan kuliner tersebut sebagai manajer operasional. Sedangkan, sang kakak merupakan duta promosi atau ambassador perusahaan itu.

Ruben dan Jordi kemudian mulai mempromosikan usaha “Ayam Geprek Bensu” sehingga menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat.

Bukan hanya itu saja, kedua perusahaan tersebut nyaris mirip satu sama lain dari kesamaan jenis makanan, logo, dekorasi ruangan, susunan kata, dan susunan gambar.

 

#2 Lebih Awal I am Geprek Bensu Dibanding Geprek Bensu

Perkara hak kekayaan intelektual, kedua bisnis ini sama-sama mengantongi HAKI.

Namun ternyata jika ditelusuri, dua bisnis ini berdiri di tahun yang berbeda. I am Geprek Bensu lebih dulu beroperasi sejak didirikan pada 2017 silam oleh kumpulan pengusaha bernama Yangcent, Stefani Livinus dan Kurniawan.

Adik Ruben Onsu, Jordi Onsu sempat menjadi bagian dari I am Geprek Bensu selaku manajer operasional. Nampaknya kerja sama bisnis tak berlangsung dengan baik.

Seiring dengan berjalannya waktu, Jordi dan Ruben pun merintis Geprek Bensu dan mulai beroperasi pada pertengahan 2018 lalu.

Suami dari penyanyi Sarwendah tersebut sempat mengajukan permohonan nama Bensu ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

#3 Ruben Tak Berhak Gunakan Kata Bensu di Produknya

Seperti yang diketahui, bisnis makanan Ruben tak hanya berpusat pada Geprek Bensu saja.

Di bawah bendera PT Onsu Pangan Perkasa, Laki-laki berumur 36 tahun itu memiliki beberapa restoran serta produk minuman ringan yang menggunakan nama Bensu.

Dari hasil pengadilan yang diputuskan pada akhir Mei 2020 lalu, Ruben dinyatakan tak boleh menggunakan kata Bensu di produknya.

Terlepas dari konflik siapa yang berhak atas nama tersebut, pakar marketing Hermawan Kartajaya melihat Yangcent adalah orang yang lebih dulu menyadari peluang dari bisnis ayam geprek tersebut.

“Saya mau netral ya, Yangcent yang menemukan bahwa customer mulai senang ayam geprek dan ini peluang toh, kalau seorang entrepreneur itu kan melihat peluang. Nomor dua dia mengambil risiko, bukan menghindari risiko. Terus ketiga bisa kerjasama dengan orang.” katanya mengutip dari detik.com.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku perkara sebuah nama dari bisnis kuliner tersebut? Kamu bisa berbagi pandangan dan diskusi lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini kepada kawan atau sanak-saudaramu, agar mereka tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Baharudin Al Farisi. 15 Juni 2020. Nasib Geprek Bensu Milik Ruben, Terancam Dicoret dari Daftar Merek hingga Ganti Logo. Kompas.com – https://bit.ly/3e4fAFN
  • Trio Hamdani. 14 Juni 2020. Heboh Rebutan Nama ‘Bensu’ di Bisnis Ayam Geprek, Ini Kata Pakar. Detik.com – https://bit.ly/2N0DxSy
  • Rosita A. 14 Juni 2020. Kalah di Pengadilan, 5 Fakta Perseteruan Bisnis Geprek Ruben Onsu. Idntimes.com – https://bit.ly/2AtX1fI
  • Tata Lugas Nastiti. 14 Juni 2020. Kemelut Nama Serupa Berujung Gagal Rajai Bisnis Ayam Geprek, Ruben Onsu Kini Dituduh Taruh Orang Dalam untuk Jiplak Rahasia Dapur Mantan Rekan Bisnisnya. Sosok.id – https://bit.ly/30Ex8V7
  • Walda Marison. 13 Juni 2020. Ruben Onsu Berjuang demi Perebutkan Nama “Bensu”, Akhirnya Kalah di MA. Kompas.com – https://bit.ly/30IZg9q

 

Sumber Gambar:

  • Bensu – https://bit.ly/2YDACUW
  • Geprek – https://bit.ly/2MVUf5t