Mau Bahagia di Usia 50? Ayo Persiapkan Dana Pensiun dari Sekarang!

Apakah Anda ingin menikmati masa pensiun yang nyaman, bebas, dan tidak perlu khawatir dengan uang? Kalau begitu, siapkan dana pensiun Anda dari sekarang!

Jangan ingin punya masa pensiun yang enak secara finansial, tapi tidak melakukan sesuatu untuk mencapainya.

Seperti perkataan filsuf besar, Confucius:

“Sukses bergantung pada persiapan sebelumnya dan tanpa persiapan, yang ada hanya kegagalan.”

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dana Pensiun Sangat Penting Demi Masa Tua yang Bebas

William McPherson, seorang pria kelahiran tahun 1933 adalah seorang penerima hadiah Pulitzer, penghargaan yang paling bergengsi dalam dunia jurnalisme.

Sayangnya, penghargaan prestisius ini tidak menyelamatkan dirinya dari jurang kemiskinan.

Sebelumnya, ia bekerja untuk koran Washington Post selama 25 tahun. Ia sepakat untuk pensiun dini pada usia 53 tahun dan memutuskan untuk menjadi penulis lepas.

Dengan pensiun dininya itu, ia tidak mendapatkan penghasilan banyak dan sayangnya ia kurang merencanakan keuangan untuk masa depan.

Ia juga terlalu banyak mengeluarkan uang untuk membeli hal yang tidak perlu. Ditambah lagi dengan investasinya di pasar saham yang gagal.

Siapkan Dana Pensiun William McPherson Finansialku

William McPherson

 

Pada suatu saat, ia mengalami serangan jantung dan tagihan perawatannya yang mahal menggerogoti penghasilannya yang terbatas itu sampai akhirnya akhirnya kini ia menjadi orang miskin.

Sayangnya, apa yang terjadi pada William McPherson itu dapat ditemukan di kehidupan banyak orang di mana saja.

Banyak orang yang berjaya pada usia produktifnya mengalami kesulitan uang yang cukup serius setelah memasuki masa pensiun.

Banyak orang yang ketika hidupnya berkelimpahan tidak pernah berpikir bahwa pada satu hari mungkin akan mengalami kesulitan sehingga ia tidak menyiapkan apa pun juga.

 

Persiapan Dana Pensiun yang Ampuh untuk Anda

Setelah membaca kisah William McPherson di atas, apa yang dapat Anda ambil?

Ya, persiapkan dana pensiun sejak dini! Belajarlah dari kesalahan orang lain.

Ingin segera mempersiapkan dana pensiun Anda? Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun yang sejahtera bagi Anda!

 

#1 Mulailah Sejak Dini

Persiapan dana pensiun idealnya sudah dilakukan sejak pertama kali bekerja dan menerima gaji.

Semakin dini menyiapkan dana pensiun, semakin baik, karena dengan begitu cicilan atau dana yang harus disisihkan semakin kecil.

Sebaliknya, kalau persiapan dana pensiun dimulai semakin terlambat, besarnya cicilan atau dana yang harus disisihkan juga akan semakin besar.

Jangan menunda untuk menabung dan berinvestasi. Perlu diingat bahwa semakin lama waktu yang kita miliki dalam berinvestasi, semakin tinggi kemungkinan mendapatkan hasil yang optimal!

 

#2 Berinvestasi di Luar Dana Pensiun

Saat berinvestasi dalam dana pensiun, maka besar kemungkinan Anda akan dikenakan sejumlah penalti ketika menarik sejumlah dana tersebut sebelum jatuh tempo.

Hindari hal seperti ini karena berpotensi menimbulkan kerugian di masa yang akan datang.

Lakukan investasi lainnya di luar investasi dana pensiun Anda, ini akan sangat berguna jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan sejumlah dana tersebut sebelum masa pensiun tiba.

Siapkan Dana Pensiun Investasi Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Menyiapkan Dana Pensiun, Menabung, dan Investasi saja Tidak Cukup! Mulai Buat Perencanaan Dana Hari Tua]

 

Memang investasi memiliki risiko tersendiri, tapi bukan berarti Anda harus takut dan tidak mau bersentuhan sama sekali.

Ada banyak cara untuk mengurangi kemungkinan gagal investasi bagi pemula, misalnya banyak belajar tentang investasi dan mau bertanya pada orang yang lebih tahu.

Jika Anda ingin belajar investasi dengan mudah, Anda bisa belajar lewat E-Book gratis dari Finansialku!

Segera download E-Book Gratis Panduan Berinvestasi Untuk Pemula dari Finansialku di bawah ini yang dapat memberikan Anda arahan dalam melakukan investasi.

 

#3 Cermati dan Ingat Faktor Kunci di Dalam Dana Pensiun

Persiapan dana pensiun tentu akan dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal yang sangat vital terhadap kebutuhan dana tersebut di masa akan datang.

Selalu ingat dan cermati hal tersebut dengan baik, sehingga dana pensiun Anda siapkan benar-benar tepat dan cukup untuk kehidupan sejahtera bagi Anda di masa yang akan datang.

Beberapa faktor yang patut untuk Anda pertimbangkan, antara lain, perkiraan masa hidup Anda (usia), perkiraan biaya kesehatan di masa yang akan datang, bersaran inflasi yang akan terjadi.

 

#4 Pandailah Dalam Mengelola Pengeluaran

Banyak pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu dan hanya akan menambah utang.

Be wise! Kalau ada pengeluaran yang cukup besar tetapi sebenarnya tidak diperlukan, lebih baik dikurangi bahkan dihapus saja atau dicari alternatifnya dan uangnya ditabung untuk dana pensiun.

Misalnya, kebiasaan merokok. Sudah habis uang, masih harus berobat karena sakit akibat merokok. Carilah kebiasaan lain sebagai alternatif dari merokok ini.

Inilah 5 Cara Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Sampingan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bisa Berlarian Kesana-Kemari dan Tertawa Disaat Pensiun, Karena Perencanaan Dana Pensiun]

 

Pangkas berbagai pengeluaran rutin yang memang tidak begitu vital, misalnya tagihan telepon rumah, biaya berlangganan beberapa saluran yang tidak begitu penting, biaya perjalanan dan juga bila perlu hobi Anda.

Anda bahkan bisa menjual mobil dan beralih pada angkutan umum, sehingga Anda bisa memangkas biaya bensin dan juga biaya perawatan lainnya pada mobil tersebut.

 

#5 Tabung Lebih Banyak

Semakin banyak Anda menabung, maka semakin cepat Anda mencapai persiapan masa pensiun Anda dengan matang.

Banyak dari kita yang terjebak dalam gaya hidup konsumtif, pamer, sehingga uang yang seharusnya bisa ditabung malah dipakai untuk membeli barang yang tidak perlu hanya supaya bisa pamer terhadap orang lain.

Atau bisa jadi kita kurang disiplin dalam hal budget, sehingga tidak punya cukup tabungan untuk menghadapi keadaan darurat atau masuk masa pensiun.

 

#6 Bijaklah Mengelola Utang

Bayangkan bagaimana kalau ketika sudah memasuki masa pensiun, Anda masih harus dikejar-kejar debt collector karena utang yang belum lunas?

Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi.

Apakah Anda Mengajukan Hutang Untuk 4 Pengeluaran Ini Celaka Kalau Anda Pakai Hutang untuk Alasan Nomor 3 02 - Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

Jadi, kalau tidak ingin ini terjadi, Anda bisa membereskan utang-utang sedini mungkin, bahkan mengurangi kebiasaan berutang untuk memenuhi kebutuhan konsumtif sehari-hari.

Jangan sampai memasuki masa pensiun pun kita masih harus disibukkan dengan urusan membayar utang.

 

#7 Persiapkan Anggaran

Disadari atau tidak, banyak dari kita yang kurang ketat dalam menjalankan anggarannya atau bahkan tidak punya anggaran sama sekali, dan kita kurang mengontrol dengan baik pengeluaran yang tidak perlu.

Padahal dengan memiliki anggaran yang baik itu penting dan berguna sekali dalam kehidupan.

Semakin baik dan semakin ketat Anda menjalankan anggaran, semakin besar peluang Anda untuk memiliki kehidupan finansial yang lebih baik, yang bahkan bisa bertahan sampai masa pensiun.

 

#8 Pertimbangkan Pekerjaan Sampingan

Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan lainnya di luar pekerjaan Anda saat ini.

Namun jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan keselamatan jiwa Anda ketika melakukan pekerjaan baru tersebut, sebab bagaimanapun juga keselamatan Anda tentu menjadi hal yang utama.

Dona dan Dave Miller merupakan pensiunan. Tetapi yang luar biasa, mereka bisa pensiun dengan jumlah dana pensiun mencapai lebih dari 1 juta dolar di bank.

Kenapa bisa begitu?

Karena mereka sudah mulai menabung sejak muda. Padahal mereka berdua bukan berasal dari keluarga kaya, sama-sama dari keluarga petani miskin.

Siapkan Dana Pensiun petani 02 Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Ini 5 Langkah Meningkatkan Keuntungan Dana Pensiun Anda]

 

Sejak muda, mereka sudah menabung dalam bentuk reksadana. Selain menabung, mereka juga hidup dengan anggaran yang ketat.

Dengan metode ini, mereka bisa membeli sebuah rumah dan menjualnya lagi ketika Dave dipindahtugaskan sesuai dengan pekerjaannya di Angkatan Udara.

Selain itu, mereka juga bisa membeli rumah untuk dikontrakkan, sehingga masih bisa menikmati pendapatan pasif dari rumah yang dikontrakkan di usia pensiun.

Gaya hidup hemat juga mereka lakukan. Mereka tidak membeli barang-barang yang tidak perlu, termasuk kendaraan.

Walaupun mampu, mereka tidak suka bergonta ganti mobil. Tunggu sampai mobil itu rusak baru diganti, itu prinsip hidup mereka untuk mobil.

Dave juga bukan termasuk orang yang cepat puas dengan keadaannya. Walaupun sudah mendapatkan lebih dari cukup untuk hidupnya dan keluarganya, ia masih mengambil pekerjaan kedua, dengan begitu ia bisa menabung lebih banyak lagi.

 

Siapkan Dana Pensiun dari Sekarang!

Inspiratif sekali bukan kisah Dona dan Dave Miller? Anda bisa mengikuti cara-cara di atar untuk hidup nikmat di kala usia emas Anda.

Untuk membantu Anda dalam mempersiapkan dana pensiun, Finansialku telah mempersiapkan aplikasi yang sangat membantu Anda untuk mempersiapkan dana pensiun Anda.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Selain itu Anda juga berkonsultasi dengan Finansialku untuk pilihan investasi mana yang tepat untuk Anda agar tercapai dana pensiun yang Anda inginkan.

Pensiun bahagia bukan sulap, tapi pilihan. Kalau memang ingin menikmati masa pensiun yang bahagia, punya uang banyak, kita harus mempersiapkan dari sekarang.  

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Candra Chahyadi, 2015. Revolusi Uang Perubahan Radikal MIndset dan Cara Mengelola Uang. PT Visi Anugerah Indonesia. Bandung.
  • Prasetyo Winata. 14 Agustus 2017. Bagaimana Cara Pensiun Sejahtera pada Usia 50 Tahun? Linkedin.com – https://goo.gl/zqLXQv

 

Sumber Gambar:

  • Pasangan bahagia 1 – https://goo.gl/FLTM4j
  • William McPherson – https://goo.gl/Nk7HVb
  • Investasi – https://goo.gl/KpFBQ3
  • Petani – https://goo.gl/xyUCre

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2018-01-11T10:25:56+00:00 January 10th, 2018|Categories: Dana Hari Tua|Tags: , |0 Comments
Eunike Oktavia Tejosusilo, SE., M.Ak., Ak., CA
Eunike Oktavia Tejosusilo., S.E., M.Ak., Ak., CA adalah seorang ibu rumah tangga, dosen, dan akuntan independen. Memiliki background pendidikan S1 dan S2 di Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Maranatha. Memiliki pengalaman di bidang pembuatan laporan keuangan, audit, analisa laporan keuangan, dan sistem akuntansi perusahaan.

Leave A Comment