Dibalik kesuksesan Pokemon Go, ternyata ada banyak pelajaran bisnis yang dapat kita “Tangkap”Berikut ini 4 pelajaran berharga tersebut, yuk kita tangkap dan praktekkan dalam bisnis kita.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Tangkap Pokemon, Sambil Tangkap Pelajaran Bisnis

Ternyata kesuksesan permainan Pokémon GO, digunakan oleh banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka. Salah satu kafe di Australia, memberikan diskon khusus bagi pengunjungnya dengan menunjukkan Pokémon yang ditangkap dikafe tersebut. Hal tersebut juga bukan hal aneh, untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Ayo Tangkap, 4 Pelajaran Bisnis dari Kesuksesan Pokemon Go - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Mulai Menjalankan Bisnis Online di Indonesia]

 

Pokémon GO adalah game yang dijalankan dengan basis Location Augmented Reality. Bagi teman-teman yang belum tahu, Pokémon GO, berikut ini video permainan Pokémon GO yang diulas oleh salah satu YouTubers Indonesia.

Youtube Courtesy. Edho Zell. POKEMON GO VLOG eps. 2 – Pantai dan Flareon #ezPOKEVLOG

 

Seperti video di atas, kita sebagai pemain akan memerankan Pokémon trainer dan berburu untuk menangkan dan mengumpulkan Pokémon yang berkeliaran, bertarung melawan pemain lain di Gym, mengumpulkan item, menetaskan telur Pokémon, dan sebagainya. Permainan ini sangat mengasyikan, karena permainan serasa dunia nyata.

 

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa kesuksesan Pokémon GO juga dapat diterapkan bagi Anda yang akan atau sedang  merintis bisnis sendiri.

“Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah belajar dari bisnis lain yang telah lebih dulu sukses. Meskipun jenis bisnis yang Anda jalani belum tentu sama, Anda tetap bisa mengadopsi berbagai hal yang membuat bisnis tersebut sukses,” kata Jay.

 

Berikut ini 4 pelajaran bisnis yang dapat Anda tangkap di balik kesuksesan Pokémon GO. Can you catch ‘em all for your business?

 

#1 Wujudkan Mimpi Konsumen Anda

Pokémon adalah salah satu karakter yang sangat populer sejak tahun 1990-an. Franchise Pokémon diciptakan oleh Satoshi Tajiri dari Jepang dan diawali dari platform video game. Kesuksesan dalam video game kemudian dikembangkan dalam bentuk film kartun Jepang (anime), trading card game, mainan dan sebagainya. Pada saat itu, siapa sih anak-anak yang tidak terinspirasi oleh Ash (tokoh utama) untuk menjadi Pokémon trainer dan mengumpulkan berbagai Pokémon. Sekarang ini Pokémon GO hadir menjadi wadah untuk nostalgia orang-orang yang ingin menjadi Pokémon trainer di masa lalu. Kemampuan Nintendo untuk mewujudkan mimpi konsumennya menjadi salah satu berkah. Setiap pebisnis perlu memiliki cara pikir atau mindset yang benar. 

 

[Baca Juga: 90+ Mindset yang Membuat Seseorang Susah Menjadi Pengusaha

 

#2 Inovasi dan Kreativitas

Kesuksesan Pokémon GO tidak lepas dari fitur Augmented Reality yang memanfaatkan lokasi di dunia nyata. Permainana ini ‘memaksa’ Anda untuk pergi ke berbagai tempat demi mengumpulkan item atau menangkap Pokémon. Hitung-hitung bermain sekaligus olahraga. Hal tersebut sangat berkebalikan dari kebanyakan game yang dimainkan tanpa perlu melangkah sedikitpun.

 

#3 Lakukan Survei dan Dengar Suara Konsumen

Sebelum meluncurkan Pokémon GO, pengembang game melakukan survey terlebih dahulu dengan mengadakan beta test terhadap sejumlah calon konsumennya di Jepang, Amerika, Australia, dan Selandia Baru. Mereka berusaha untuk mendengarkan berbagai kekurangan yang ada pada game tersebut dan memolesnya sebelum game tersebut resmi diluncurkan ke publik. Melakuan survei adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kekuarangan dari produk, fitur apa yang dapat dikembangkan lebih lanjut dan mengetahui kelebihan produk Anda untuk tetap dipertahankan.

 

#4 Jangan Berhenti dan Terus Berkembang

Dalam berbagai wawancara, John Hanke (CEO perusahaan) menyatakan Pokémon GO akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para pemainnya. Banyak inovasi atas berbagai fitur game yang akan ia kembangkan lebih lanjut.

 

Pelajaran Bisnis yang Dapat Kita Terapkan adalah …

Berbisnis adalah salah satu hal yang memiliki banyak tantangan. Banyak hal yang harus dipikirkan mulai dari produk, pemasaran, operasional, keuangan, tenaga kerja dan lain sebagainya. Kita dapat tangkap beberapa pelajaran bisnis dari kesuksesan Pokémon GO, seperti: berusaha untuk mewujudkan mimpi dan imajinasi pembeli, melakukan inovasi dan kreativitas, jangan lupa dengan suarata konsumen dan survei terakhir adalah terus berkembang.

 

Sumber Gambar:

  • Pokemon Go – http://goo.gl/hIjsVX

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang