Pernahkah Anda berada di suatu kondisi di mana kehilangan motivasi? Lantas, bagaimana cara membangkitkan kembali motivasi tersebut?

Artikel Finansialku berikut akan membantu Anda mendapatkan semangat dan dorongan lagi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Motivasi, Modal Pertama untuk Melakukan Apapun

Motivasi merupakan dorongan yang memberi semangat saat seseorang melakukan sesuatu. Di suatu kondisi, bisa saja motivasi tersebut turun drastis. Akibatnya, orang tersebut menjadi stagnan.

Saat terpuruk, bisa jadi Anda bingung mencari penyemangat. Padahal, tahukah Anda, ternyata motivasi atau dorongan bergantung dari cara Anda melihat keadaan?

Misalnya, ketika tersandung masalah, Anda bisa melihatnya dari dua sisi. Pertama, Anda bisa saja meratap sepanjang hari karena masalah tak kunjung selesai.

Tips Jitu Bangkitkan Kembali Motivasi yang Sempat Hilang 02

[Baca Juga: 5 Gambar Penumbuh Inspirasi dan Semangat Anda]

 

Di sisi lain, Anda juga bisa melihatnya sebagai bahan refleksi yang membantu proses pendewasaan.

Jika memandang masalah dari sisi positif maka Anda akan termotivasi. Begitu pun sebaliknya.

Menurut Henry Ford, pikiran berpengaruh besar terhadap kehidupan, dan Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Selesai tidaknya masalah sangat bergantung dari cara Anda menyikapinya.

 

Tips Manjur Mendapatkan Motivasi Melalui Pikiran

Seperti pemaparan sebelumnya, motivasi datang dari cara Anda menalar keadaan. Berikut tips cepat dan mudah mengembalikan motivasi diri yang hilang melalui pikiran:

 

#1 Membuat Daftar Prioritas

Mulai sekarang Anda tidak boleh lagi menunda-nunda pekerjaan. Jika masih terbersit pikiran “mengejar mimpi bisa kapan-kapan”, segera buang jauh-jauh pikiran itu. Sebab, kapan-kapan bisa jadi tidak akan pernah terjadi.

Buatlah bucket list tentang hal-hal yang harus Anda lakukan. Tambahkan tenggat waktu agar Anda bisa terus melecut semangat.

Pastikan Anda menuliskan hal-hal penting di bagian atas. Di bawahnya, silakan tulis apapun yang Anda mau.

 

#2 Berikan Tujuan yang Jelas dari Setiap Hal yang Anda Kerjakan

Dalam bertindak, Anda perlu membuat tujuan yang jelas agar mudah diwujudkan. Selain itu, tujuan yang jelas juga membuat Anda lebih terstruktur dalam berproses.

Misalnya, jika Anda memiliki tujuan finansial, buatlah bucket list yang memenuhi kriteria SMART (spesific, measurable, attainable, relevant, timely).

Contohnya, Anda akan membeli kendaraan dalam waktu 2 tahun. Dengan tujuan dan perencanaan yang jelas, maka motivasi untuk mengejar hal tersebut akan tinggi.

Contoh lain, ketika make a wish di hari ulang tahun, hindari berdoa “berguna untuk orang tua, agama, nusa, dan bangsa” karena konteksnya luas sekali. Tujuan yang spesifik akan membuat Anda fokus dengan hal-hal yang diprioritaskan.

 

#3 Membagi-bagi Tugas Dalam Waktu Tertentu

Poin ini adalah perlakuan lanjut dari tips pertama. Setelah Anda terbiasa mengerjakan tugas tepat waktu, langkah selanjutnya adalah membagi-baginya agar tidak kewalahan.

Perlu Anda ketahui, manajemen stres sangat penting ketika mengejar target. Jangan sampai Anda justru terjebak dalam lingkaran pekerjaan yang membuat tubuh terkesan di-forsir.

Lain halnya jika membagi tugas, Anda akan merasa pekerjaan lebih ringan. Dengan begitu, beban otak tidak terlalu menumpuk sehingga motivasi bisa tetap bertahan.

 

#4 Membuat Komitmen

Komitmen dan tenggat waktu dalam bucket list berkaitan erat. Komitmen berguna agar Anda tidak terlambat mencapai tujuan. Berkomitmen memang sulit, tetapi Anda pasti bisa jika betul-betul mau melakukannya.

Setelah satu tujuan terwujud, sesekali Anda boleh self-love. Misalnya dengan membeli sepatu atau tas baru. Itu akan membuat Anda lebih bahagia dan optimis.

 

#5 Mendapatkan Inspirasi dari Seorang Inspirator

Tiap orang mempunyai idola atau inspirator. Biasanya, idola bisa memotivasi Anda untuk mencapai tujuan.

Anda bisa memperoleh inspirasi dari orang-orang besar melalui buku, film, artikel, atau bahkan dari kanal-kanal YouTube influencer.

Kiat-Sukses-Motivasi-Bisnis-01- possible optimis Finansialku

[Baca juga: 27 Kata-Kata Mutiara Abraham Lincoln, Pejuang Amerika!]

 

Misalnya Anda mengidolakan sosok Lo Kheng Hong. Dia adalah seorang investor sukses asal Jakarta. Di usianya yang ke-58, Hong sudah mencapai financial freedom.

Anda bisa memulainya dari literatur yang membahas tentang investasi, perjalanan hidup Hong dari nol sampai sekarang, atau membaca cerita suksesnya di Finansialku.com.

 

#6 Pertahankan Energi Anda

Kadang, ketika lelah, Anda akan kehilangan motivasi. Oleh karena itu, Anda perlu refreshing untuk recharge dan mempertahankan mood baik.

Sebaiknya, Anda refreshing dengan mendatangi wisata alam yang tenang, seperti pegunungan dan air terjun. Anda juga bisa melakukan meditasi atau olahraga.

Tapi, jika Anda punya cara tersendiri untuk mengisi ulang energi, Anda bisa memakai cara tersebut.

 

#7 Mendapatkan Hasil Pembinaan atau Mentoring

Seringkali Anda tidak bisa melihat diri secara utuh. Maksudnya, tidak bisa melihat kelebihan dan kekurangan secara jelas.

Dengan begitu, Anda membutuhkan orang lain atau mentor untuk membantu mengarahkan tujuan. Anda bisa meminta pertimbangan pada beberapa keputusan yang akan dibuat atau membantu melihat perkembangan diri Anda.

Anda akan mendapat umpan balik dari mentor sehingga jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Jadi, pilihlah mentor yang cocok dengan Anda.

 

Mari Motivasi Diri Melalui Pikiran

Pikiran adalah poin penting dalam motivasi diri. Jika Anda akan mengerjakan suatu tugas, pikirkanlah hal-hal positif agar memperoleh hasil akhir maksimal.

Mindset yang sehat akan membuat Anda enjoy menjalani pekerjaan.

 

Itulah dia cara yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan motivasi Anda yang mungkin sejenak hilang. Bagaimana tanggapan Anda? Silakan bagikan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

Bagikan artikel informatif ini pada rekan-rekan Anda agar bisa saling memotivasi.

 

Sumber Gambar:

  • Membangkitkan Kembali Motivasi 01 – http://bit.ly/2O4MVFl
  • Membangkitkan Kembali Motivasi 02 – http://bit.ly/2vosBIC