Agar aman yuk ikuti tips transaksi digital berikut ini, sekaligus terhi dar dari penipuan. Apa saja tipsnya?

Yuk, simak penjelasannya dalam artikel Finansialku ini.

artikel ini dipersembahkan oleh Cerdasbelanja.grid.id

 

Tips Aman Bertransaksi Digital

Di masa pandemi seperti sekarang ini, transaksi digital sudah jadi kebiasaan yang tidak terpisahkan. Tapi, seiring dengan itu, banyak juga penipuan yang memanfaatkan keramaian transaksi digital.

Agar tidak tertipu, begini tips aman bertransaksi digital di masa pandemi. Seperti kita tahu, transaksi digital merupakan satu-satunya cara aman untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di tengah masyarakat.

Transaksi Digital

Transaksi Digital. Pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3r7yimY

 

Buktinya, Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan nilai transaksi uang elektronik meningkat pada Juli 2020, yaitu sebesar 24,42% secara year-on-year (yoy).

Sementara itu, volume transaksi digital banking juga mengalami pertumbuhan yang signifikan sebesar 38,81% secara yoy pada Juli 2020.

Meski demikian, transaksi digital tidak terlepas dari ancaman kejahatan melalui internet. Misalnya, penipuan, hacking dan sebagainya.

Nah, untuk memastikan transaksi digital bisa selalu aman di tengah pandemi, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

Sebelum itu, dengerin audiobook ini dulu, untuk mengatur keuangan pribadi dengan baik dan benar supaya pengeluaran tidak membengkak karena tidak benar dalam mengaturnya.

banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

#1 Ganti PIN Secara Berkala

Untuk memastikan transaksi kamu selalu aman, kamu perlu mengganti nomor Personal Identification Number (PIN) secara berkala.

Hal ini dilakukan agar kamu bisa terhindar dari ancaman phising dan skimming. Dikarenakan kedua tindak kejahatan tersebut memanfaatkan informasi pribadi yang tersimpan di ponsel.

Selain itu, mengganti PIN secara berkala juga bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan kita saat bertransaksi.

 

#2 Rahasiakan Kode OTP

Kode One-Time Password (OTP) merupaka kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang terdiri atas 6 digit karakter atau angka unik dan rahasia yang biasanya diberikan melalui SMS.

Dikarenakan terhubung dengan transaksi digital, maka kamu wajib merahasiakan kode OTP ini dari siapa pun.

Pasalnya, kode OTP bisa digunakan oleh pelaku kejahatan untuk mengambil alih akun digital, atau menyalin informasi pribadi kamu di akun terkait.

 

#3 Belanja di Situs Terpercaya

Pastikan kamu hanya berbelanja di situs daring yang terpercaya. Cara untuk memastikan situs daring aman atau tidak, yaitu dengan melihat apakah ada ikon ‘gembok’ di samping situs.

Salah satu ciri situs yang aman, akan terdapat simbol gembok di pojok kiri atas atau di sebelah alamat situs.

Jika situs langgananmu menampilkan ikon ini, maka bisa dipastikan situs tersebut aman untuk bertransaksi.

 

#4 Periksa Notifikasi Transaksi Secara Berkala

Pastikan kamu  selalu memeriksa notifikasi transaksi secara berkala. Hal ini bisa digunakan untuk memastikan transaksi yang kita lakukan sesuai dengan pengeluaran.

Apabila terdapat transaksi yang mencurigakan atau tidak sesuai, maka kamu bisa melaporkan hal ini kepada pihak perbankan. Baca juga artikel terkait berikut ini, Beradu Layanan Digital Perbankan untuk Menggaet Nasabah

 

#5 Gunakan Jaringan yang Aman

Hindari melakukan transaksi digital dengan menggunakan jaringan yang tidak aman, seperti WiFi di tempat umum.

Pastikan untuk menggunakan layanan yang aman seperti data pribadi, untuk menghindari adanya pembobolan atau pencurian data pribadi melalui jaringan WiFi.

 

Itulah tips transaksi digital dengan aman. Yuk, ikuti tips di atas agar kita tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa bagikan informasi ini pada rekan-rekan lainnya, ya. Terima kasih.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Cerdasbelanja.grid.id, isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cerdasbelanja.id.

 

Sumber Referensi:

  • Wulan. 28 Desember 2020. Banyak Penipuan, Begini Tips Aman Bertransaksi Digital di Masa Pandemi. Cerdasbelanja.grid.id – https://bit.ly/3xwHyUa

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/2U7CaIC