BEI (Bursa Efek Indonesia) akan mulai uji coba e-IPO kepada anggota bursa dalam waktu depan. Apa itu E-IPO? Bagaimana cara kerjanya?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Apa, sih alasan BEI terapkan e-IPO? Simak, yuk!

Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah siap untuk mengimplementasikan penerapan aturan terkait penyelenggaraan penawaran umum secara elektronik atau e­-IPO. Sistem e-IPO ini akan diluncurkan pada Agustus 2020 mendatang.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Laksono Widodo mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan sistem untuk penerapan e-IPO.

 

Rencananya BEI akan mulai melakukan uji coba kepada anggota bursa dalam waktu dekat ini.

Sudah mulai berlaku dan akan mulai diterapkan oleh anggota bursa pilot. Selanjutnya akan diwajibkan mulai awal tahun 2021,” jelas Laksono mengutip dari Investor Daily, Jumat (24/07).

Seperti diketahui, sistem e-IPO diklaim bisa memberikan kontribusi positif dalam hal percepatan dan efisiensi penawaran umum saham.

Selain itu, e-IPO dapat membentuk harga penawaran umum yang lebih transparan serta perluasan akses investor pada pasar perdana.

Implementasi e-IPO juga merupakan contoh program OJK dalam pengembangan infrastruktur pasar modal.

Kabar Baik, BEI Siap Implementasikan Sistem e-IPO pada Agustus 2020 - 01 - Finansialku

[Baca Juga: OJK Peringatkan HIPO Investasi Bodong, Bagaimana Sebenarnya?]

 

Pada Rabu (22/07) lalu BEI sudah melakukan sosialisasi kepada Anggota Bursa.

Saat ini juga sedang berlangsung registrasi pengguna bagi Anggota Bursa serta pengujian akhir yang melibatkan Anggota Bursa, Biro Administrasi Efek (BAE), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

Sebagai informasi, POJK tentang Pelaksanaan Kegiatan Penawaran Umum Efek Bersifat Ekuitas, Efek Bersifat Utang, dan/atau Sukuk secara Elektronik ini resmi berlaku mulai 2 Juli 2020.

Berdasarkan halaman Penjelasan dalam POJK tersebut, penerbitan aturan ini bertujuan untuk meningkatkan sebaran investor dan jumlah investor publik.

Beleid ini juga diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas serta transparansi dalam menentukan harga IPO dan mekanisme penjatahan dalam penawaran umum.

Asal tahu saja, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah emiten yang melaksanakan IPO meningkat, tetapi jumlah investor dan perusahaan efek yang berpartisipasi justru menurun.

Salah satu penyebabnya adalah proses bisnis penawaran umum untuk penjatahan terpusat yang relatif sulit diakses karena dilaksanakan secara manual melalui gerai pemesanan

Oleh karena itu, otoritas menilai, kemudahan dalam memesan efek dan alokasi efek untuk penjatahan terpusat perlu ditingkatkan.

 

Penerapan teknologi informasi dalam proses bookbuilding dan penawaran umum dianggap dapat menjadi solusinya.

Bookbuilding secara elektronik ini diharapkan dapat membentuk harga yang lebih luas dan lebih mencerminkan permintaan yang sesungguhnya terhadap saham perusahaan yang akan tercatat di BEI.

Lebih lanjut OJK menjelaskan, ketersediaan efek yang memadai dapat memberikan kesempatan yang lebih baik bagi pemodal untuk mendapatkan penjatahan efek.

Selain itu, penentuan harga penawaran efek dan jumlah efek yang ditawarkan dalam penawaran umum perdana saham juga penting untuk ditingkatkan transparansi dan akuntabilitasnya,” pungkas OJK.

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Ebook GRATIS, Panduan Praktis INVESTASI REKSA DANA PERTAMA Kamu!

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Syahrizal Sidik. 23 Juli 2020. BEI Keluarkan Jurus Baru Sikat Saham Gorengan IPO! Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3fW1QxJ
  • Nur Qolbi. 23 Juli 2020. Beleid berlaku, impelementasi e-IPO bakal dimulai Agustus 2020. Suara.co.id – https://bit.ly/30Fs413
  • Thereis Kalla. 14 Juli 2020. Dorong Transparansi, BEI Siap Terapkan Aturan e-IPO. Cnbcindonesia.id – https://bit.ly/2OQRzqz
  • Nidia Zuraya. 23 Juli 2020. BEI Perkenalkan Sistem e-IPO pada Agustus 2020. Bisnis.co.id – https://bit.ly/2WQMSkY

 

Sumber Gambar:

  • Gambar 01 – https://bit.ly/3jxIHnX
  • Gambar 02 – https://bit.ly/3jAomi0