Para pembaca, sebelumnya pernah mendengar Mark Zuckerberg? Mungkin ada yang belum tahu siapa dia, tapi kalo produknya pasti tahu. Ada yang ga tau Facebook? Ya Mark adalah salah satu penemu dan sekarang jadi CEO dari Facebook. Pria kelahiran 14 Mei 1984 ini ternyata pemuda terkaya dunia dengan kekayaan bersih sekitar US$ 13.3 billion (atau kurang lebih 133.000.000.000.000). Astaga jumlah yang luar biasa besar. Penasaran sama kisah sukses pemuda yang satu ini? Yuk kita belajar bisnis dari Mark.

Facebook-CEO-Mark-Zuckerberg-at-F8

 

Mark Zuckerberg

Pria berumur 29 tahun ini adalah seorang programmer yang maniak (baca: passion yang kuat). Dia  mulai mengasah bakat dan kemampuannya ketika dia berada di universitas. Pria ini berkuliah di Harvard dan gagal menamatkannya alias drop out. Bukan drop outnya yang akan kita bahas, tetapi mengapa dia drop out?

Awalnya Mark membuat sebuah situs yang bernama Face Book berisikan foto dan nama seseorang yang tinggal di asrama. Berawal dari 2 foto pria dan wanita. Idenya sederhana, Mark hanya membuat semacam polling mengenai mana yang lebih keren dari kedua pria ini atau kedua wanita ini. Situs tersebut menjadi banyak pengunjungnya (tentunya dari dalam kampus).

Mark Zuckerberg founder Facebook - Orang Kaya di Abad Informasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Cara Kaya ala Warren Buffet 2]

 

Di Januari 2004. Mark mulai menulis kode (codding) untuk website yang baru. Dia terinspirasi dari editorial di Harvard Crimson tentang “Facemash incident”. Akhirnya pada 4 February 2004 Zuckerberg merilis The Facebook, blue print dari facebook.com yang sekarang. 1 minggu setelah merilis situsnya, datang 3 orang senior di Harvard yang menginginkan untuk membuat sosial media yang berfungsi untuk intern Harvard. Situs baru tersebut dinamai Harvardconnection.com.

Mulai dari awal tersebut Mark menemukan sebuah peluang bisnis dengan sebuah model bisnis yang baru untuk mencetak uang. Pernakah Anda terpikir darimana sumber pemasukan Facebook? Padahal kita sebagai pengguna facebook, kita gratis menggunakan facebook, gratis memainkan game yang ada di facebook, gratis untuk jualan toko online di facebook, gratis untuk chat, terus darimana Facebook dapat uang?

Berikut video dari Mark Zuckerberg

 

Facebook

Siapa yang tak kenal dengan facebook, perusahaan ini bergerak di bidang sosial media. Dahulu banyak orang bilang perusahaan dotcom perusahaan yang tidak menguntungkan. Ternyata tantangan ini dibantah habis sama Mark, dengan terbuktinya Facebook. Facebook perusahaan yang berdiri tahun 2004 mampu melantai dibursa saham Amerika 2012. Di tahun yang sama Facebook telah tergabung dalam jajaran perusahaan-perusahaan besar yang tergabung dalam Fortune 500. Daripada berpanjang lebar langsung saja, kita lihat sejarah facebook yang terangkum dalam satu gambar.

facebook-advertising-mashable-infographic-902

 

Berikut ini ada sebuah video mengenai facebook, selamat menyaksikan.

 

Belajar Bisnis dari Mark Zuckerberg

Tahun 2013 pengguna facebook mencapai lebih dari 600 juta orang. Wow jumlah yang fantastis untuk sebuah produk. Tim finansialku teringat pada quote mengenai bisnis yang luar biasa.

Zig-Ziglar 

Zig Ziglar (Pakar Penjualan)

 

You will get all you want in life if you help enough other people get what they want.

 Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan dalam hidup ini jika Anda membantu banyak orang memenuhi kebutuhan mereka.
   
Robert-Kiyosaki 

Robert Kiyosaki (Entrepreneur dan Konsultan Keuangan)

 

Change your focus, from making money to serving more people. Serving more people makes the money come in.

 Ubah fokus Anda, dari yang awalnya fokus membuat uang menjadi melayani banyak orang. Dengan melayani banyak orang maka uang akan otomatis datang ke Anda.

Hal inilah yang terjadi pada Facebook. Sejarah selalu berulang, dahulu orang-orang susah bepergian sampai seorang Ford menemukan mobil. Era 2000 orang-orang ingin ketemu dengan teman lama, ingin berkomunikasi melalui media, masyarakat internet membutuhkan suatu media untuk bersapa, memberikan ucapan selamat ulang tahun, berinteraksi bersama. Mark dengan Facebooknya datang memenuhi kebutuhan orang-orang. Sederhananya ketika Psikologi + Programmer = Facebook. Inilah kunci sukses Facebook:

mark 

Mark Zuckerberg

 

The thing that we are trying to do at facebook, is just help people connect and communicate more efficiently 

 Hal yang kita lakukan di Facebook, adalah membantu orang untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan lebih efisien.

Yang menjadi tantangan bagi kita sebagai karyawan, sebagai pebisnis, entrepreneur, wirausaha? Siapkah Anda dan saya melayani lebih banyak orang? Bagaimana caranya? Selalu ada misi yang lebih besar dari hanya sekedar berjualan dan berbisnis. Inilah quote dari Mark Zuckerberg yang melandasi bisnis besarnya:

 

Mark Zuckerberg

 Mark-Zuckerberg-Facebook

Facebook was not originally created to be a company. It was built to accomplish a social mission – to make the world more open and connected.

 
Facebook tidak dirancang dari awal untuk menjadi sebuah perusahaan. Facebook dibuat untuk memenuhi misi sosial yaitu membuat dunia lebih terbuka dan terhubung.