Berbisnis adalah satu cara untuk meningkatkan pendapatan seseorang. Mungkin saja sebagian dari kita ingin mulai berbisnis. Dalam artikel ini Penulis mencoba membawa artikel untuk belajar bisnis. Sosok yang akan kita pelajari adalah Richard Branson,

Branson-coverStory

 

Siapakah beliau? Berita mengenai beliau belum lama ini menjadi pusat pembicaraan seluruh dunia, karena dia menjadi pramugari. Coba simak video berikut ini:

 

Siapakah Richard Branson

Pria kelahiran 18 Juli 1950, memiliki nama lengkap Sir Richard Charles Nicholas Branson. Beliau adalah seorang pebisnis dan investor di negara Inggris. Bisnis yang beliau pimpin adalah Virgin Group.  Grup ini terdiri lebih dari 400 perusahaan. Branson adalah orang terkaya ke-4 di Inggris, menurut daftar orang-orang terkaya versi Forbes 2012. Kekayaan bersih Branson diperkirakan sebesar USD 4,6 milliar (kurang lebih Rp 4.600.000.000).

 

Virgin Group

virgin

Virgin Group Ltd adalah perusahaan multinasional Inggris, yang bergerak di bidang perjalanan (travelling), hiburan dan gaya hidup. Perusahaan ini terdiri dari lebih dari 400 perusahaan di seluruh dunia. Berikut ini beberapa anak perusahaan Virgin Group:

Virgin-Group

AirAsia XVirgin Interactive.
V Festival: V Festival (Australia), Virgin FestivalVirgin Green Fund
Virgin Active — pusat kebugaranVirgin Health Bank
Virgin America — pesawat bujetVirgin Healthcare
Virgin Atlantic Airways — jasa pengiriman internasionalVirgin HealthMiles
Virgin Australia Holdings Limited: Virgin Australia, Virgin Samoa, Blue HolidaysVirgin Holidays: Virgin Holidays Cruises, Travel City Direct, Bales Worldwide Ltd – Small UK Tour Operator
Virgin Balloon FlightsVirgin Hotels
Virgin BooksVirgin Life Care
Virgin BridesVirgin Limited Edition: Kasbah Tamadot, Lady B, The Lodge, Natirar, Necker Island, The Roof Gardens and Babylon, Heaven, Ulusaba
Virgin CareVirgin Limobike
Virgin CarsVirgin Limousines
Virgin CharterVirgin Management
Virgin ComicsVirgin Media
Virgin ConnectVirgin Megastores: Virgin XS
Virgin Digital HelpVirgin Mobile: Virgin Mobile UK, Australia, Canada, South Africa, USA, France. India, Qatar, Chile.
Virgin Drinks: Virgin Cola , Virgin Vodka , v-MixVirgin Money: Virgin Money UK, Virgin Money US, Virgin Credit Card
Virgin EnergyVirgin Money Giving
Virgin Earth ChallengeVirgin Oceanic
Virgin Experience DaysVirgin Nigeria
Virgin FilmsVirgin Produced
Virgin FlowersVirgin Racing
Virgin GalacticVirgin Radio
Virgin GamesVirgin Records
Virgin GamingVirgin Spa
Virgin InteractiveVirgin Trains
Virgin PlayVirgin Unite
 Dan lain-lain

 

 

                                 

 

Pasti ada yang merasa heran dengan sosok Richard Branson, mengapa Dia bisa membuat bisnis seperti itu? Apakah rahasianya? Konsep percabangan dalam bisnis membuat Richard Branson mampu menguasai bisnis di bidang perjalanan (travelling), hiburan dan gaya hidup. Mudahnya seperti ini: Menurut Anda kira-kira bisnis apa yang terkait dengan travelling, hiburan dan gaya hidup? Mungkin saja Anda bisa membuat daftarnya. Richard Branson mampu mengubah daftar-daftar tersebut menjadi sebuah bisnis. Apakah Richard Branson memiliki 100% kepemilikan disetiap bisnisnya? Tentu saja tidak. Dalam satu bisnis Beliau mungkin saja memiliki 10% kepemilikan perusahaan. Tetapi tetap saja dia yang punya perusahaan.

 

Belajar Bisnis dari Richard Branson

Mark Zuckerberg Menjadi Orang Terkaya ke 6 Sejagad - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Mark Zuckerberg Menjadi Orang Terkaya ke 6 Sejagad]

 

Tidak ada salahnya kita belajar dari kisah sukses Richard Branson. Berikut ini adalah tips-tips yang disampaikan oleh Beliau mengenai sukses bisnisnya (dirangkum dari sumber Viva news):

 

Pertama Miliki jiwa pemberani dan ikuti insting Anda.

Sebagai seorang pengusaha, kita harus tau waktu yang tepat untuk mengambil kesempatan.

 

Masalah pribadi dilarang masuk ke dalam bisnis.

Branson kecil, didiagnosa mengalami disleksia (sulit membaca). Karena keterbatasannya tersebut Richard Branson selalu meminta tolong rekannya untuk membacakan dengan keras dan detil konsep bisnis (model bisnis). Salah satu nasihatnya adalah: “Jika anda berada di posisi kurang menguntungkan maka cara terbaik mengatasinya adalah mengubah hal negatif menjadi positif,”.

 

Buat jaringan yang solid

Wirausaha yang sukses akan memulai bisnisnya dengan membangun jaringan bisnis dan jaringan bisnis tersebut akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan bisnis.

 

Terbuka dengan perubahan

Seorang wirausaha dituntut untuk menyesuaikan diri dengan pertumbuhan ekonomi dan teknologi.

 

Jangan ragu untuk meminta tolong

Setiap orang pasti memiliki kekurangan, jadi wajar saja jika pengusaha juga memiliki keterbatasan. Terkadang seorang pengusaha membutuhkan orang lain yang dipercaya untuk memberikan masukan dan bantuan.

 

Dengar keluhan pelanggan

Branson memiliki nasihat mengenai pelanggan: “Masukan dari pelanggan membuat kami belajar bagaimana produk dan layanan kami dapat lebih baik dari sebelumnya,” .

 

Fokus untuk mengembangkan Bisnis

Branson menyarankan agar para pengusaha mengetahui tujuan awal bisnisnya dan fokus menjalankan tujuan tersebut.

 

Berpikir positif

Pengusaha yang sukses dituntut untuk menemukan keseimbangan antara agresivitas dengan menghormati dan rasa terima kasih dengan timnya. Salah satu petuahnya adalah: “Jika anda berbisnis dengan orang yang tidak memiliki pendekatan positif, maka orang tersebut bukan orang yang tepat untuk diajak kerjasama”..

 

Mendorong Kerjasama Tim

Rekan kerja yang harmonis akan dapat bekerjasama untuk mencapai hal-hal yang besar.

 

Jangan takut untuk ke luar

Hal yang sulit bagi wirausaha adalah bagaimana menjual perusahaan yang telah didirikan dan dibesarkan. Caranya adalah, menggaet konsultan terpercaya untuk mengukur apakah menjual perusahaan dapat menyehatkan perusahaan.

O ya ada dua quote yang dipopulerkan oleh Branson:

 

richard-branson-virgin-mbaknol “A business can be started with very little money.”(sebuah bisnis dapat dijalankan dengan sejumlah kecil uang)

 

richard_branson (1)

 

 “My interest in life comes from setting myself huge, apparently unachievable challenges, and trying to rise above them.”(Ketertarikan saya dalam hidup datang dengan membuat diri saya menjadi besar, tantangan yang tampaknya sulit diraih dan saya mencoba mengatasi itu semua).

 

 

Semoga artikel berjudul “Belajar bisnis dari Richard Branson”  dapat menginspirasi kita untuk menjadi seperti beliau. Sukses dalam beriwarausaha dan berbisnis. Setidaknya terdapat 10 poin nasihat dari Beliau yang menjadi kunci sukses Branson dalam memajukan bisnis Grup Virgin.