Kalau mau belajar digital marketing, lebih baik Sobat Finansialku ketahui dulu istilah-istilah dasar di digital marketing di sini!

Ketahui selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Apa Itu Digital Marketing?

Di zaman serba teknologi ini, bukan hanya kehidupan sehari-hari yang berubah, tapi juga cara periklanan sebuah produk.

Jika dulu, sebelum teknologi digital secara masif mengintervensi kegiatan manusia, kegiatan periklanan mungkin hanya sebatas radio dan televisi saja.

Tapi sekarang, mengingat hampir semua kegiatan bisa dilakukan lewat teknologi digital, akhirnya kegiatan periklanan pun harus mulai beradaptasi.

Itulah mungkin yang menjadi salah satu alasan kenapa istilah digital marketing muncul dalam dunia periklanan.

Secara sederhana, istilah digital marketing merujuk pada kegiatan pemasaran produk dengan menggunakan media digital dan jaringan internet.

Tujuan utama dari digital marketing ini tentunya untuk memasarkan produk dengan cara menjangkau target marketing sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya.

Mau Belajar Digital Marketing Ketahui Dulu 5 Hal Ini - 02 - Finansialku

[Baca Juga: [Video] Ngomongin Digital Marketing Bareng Juanda Rovelim (Part 1)]

 

Oleh karena itu, pekerjaan digital marketing sekarang banyak diminati dan dibutuhkan oleh perusahaan besar maupun kecil.

Karena memang keberhasilan kegiatan pemasaran, akan menjadi tombak untuk bertumbuhnya perusahaan melalui produk yang dijualnya.

Untuk belajar digital marketing ini sebenarnya bisa dilakukan dari mana saja, ada yang gratis bahkan berbayar.

Tapi, untuk Sobat Finansialku, yang notabene adalah pemula, sebelum benar-benar melibatkan diri dan belajar digital marketing, ada baiknya untuk mengetahui kategori digital marketing yang mendasar terlebih dahulu.

Jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan digital marketing, saat ini tersedia digital marketing agency yang dapat membantu kamu, loh!

 

Belajar Digital Marketing 101

Sebelum benar-benar melibatkan diri secara profesional di dunia digital marketing, sepertinya akan lebih baik jika Sobat Finansialku mengetahui dulu beberapa kategori-kategori dasar yang ada di dunia digital marketing.

Finansialku sudah mengumpulkan beberapa data dari sumber berbeda mengenai pengetahuan dasar soal digital marketing yang harus diketahui, diantaranya:

 

#1 Content Marketing

Saat ini, karakteristik konsumen lebih menyukai jenis pemasaran yang lembut, atau soft-selling.

Jadi, ketimbang menodong langsung konsumen dengan penawaran-penawaran produk, banyak yang mengatakan, akan lebih efektif apabila digunakan teknik satu ini.

Soft-selling sendiri punya bentuk dan cara yang bermacam-macam, tapi yang paling mendasar adalah, memberikan sebuah konten secara periodik di situs atau media sosial perusahaan kepada konsumen.

Lalu, sebenarnya konten marketing seperti apa yang cocok untuk diterapkan pada bisnis kita?

 

Tentunya, konten yang sesuai dengan produk kita. Seperti misalnya Finansialku, yang menyajikan konten terkait keuangan, yang mana tentu sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Bentuknya sendiri sangat bermacam-macam, mulai dari video, foto, tulisan, hingga campuran dari ketiganya.

Konten marketing ini dapat dikatakan menjadi salah satu aspek penting untuk penjualan, karena bukan hanya menjual produk, tapi kita juga memberikan edukasi gratis untuk konsumen, yang akhirnya akan meningkatkan loyalitas konsumen kita.

 

#2 SEO

Hal mendasar yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan digital marketing adalah SEO, yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.

SEO ini berfungsi untuk memunculkan situs bisnis kita di laman pencarian google, yang memungkinkan calon konsumen mudah menemukan keberadaannya.

Jadi, percuma saja apabila kita punya konten marketing yang bagus, tapi tidak punya audiens yang banyak.

SEO sendiri punya anak yang cukup banyak, dan satu sama lain berkesinambungan, seperti bagaimana peletakkan keyword pada judul, hingga mengatur URL yang baik.

Itu semua, bisa dipelajari oleh Sobat Finansialku secara bertahap dan konsisten dengan memanfaatkan buku, e-book, atau pun seminar terkait.

 

#3 Social Media Marketing

Kalau SEO berkutat pada optimalisasi situs bisnis kita agar terbaca google, maka social media marketing, berkutat pada promosi di ranah media sosial.

Di media sosial ini, yang diunggah bukan hanya produk, tetapi juga konten lain, sebagaimana yang sudah dibahas di poin sebelumnya.

Terdengar simpel, memang. Tapi nyatanya, ada beberapa perhitungan algoritme yang menjadi tolak ukur keberhasilan strategi pemasarannya.

Bukan cuma itu, Sobat Finansialku juga harus tahu betul karakteristik dari audiens, sehingga isi hingga waktu yang tepat dalam mengunggah konten, bisa disesuaikan dengan audiens yang dituju.

Bukan cuma itu, jika diperlukan, untuk memaksimalkan awareness produk dari bisnis yang dijalankan, Sobat Finansialku juga harus menggaet influencer atau seleb yang dianggap punya branding yang sama dengan bisnis Sobat Finansialku.

 

#4 SEM

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Dari kepanjangannya, mungkin Sobat Finansialku sudah mengerti garis besar cara kerjanya, ya?

SEM memang salah satu bagian dari optimalisasi taktik SEO. Di mana, google menyediakan fasilitas untuk para pebisnis, memasang iklan yang akan muncul di halaman pertama pencarian, dengan mematok sejumlah harga.

Jadi, kalau SEO, adalah upaya optimalisasi situs kita secara gratis yang dilakukan dengan memasukkan unsur-unsur yang disukai google.

Sementara SEM, adalah memanfaatkan fasilitas berbayar yang disediakan google untuk mempromosikan produk kita agar muncul di baris pertama, halaman pertama kolom pencarian.

 

#5 E-mail Marketing

Terakhir, salah satu bentuk pemasaran digital marketing adalah e-mail marketing.

Sebagaimana namanya, e-mail marketing adalah bentuk promosi yang dilakukan melalui e-mail sebagai medianya.

E-mail marketing, bukan cuma berfungsi untuk menawarkan produk terbaru dari bisnis Sobat Finansialku.

Tapi juga untuk ‘mengikat’ dan memastikan kalau konsumen kita masih mengingat keberadaan bisnis kita.

Bukan cuma itu, melalui e-mail marketing, Sobat Finansialku juga bisa memberikan penawaran terbatas untuk konsumen Sobat Finansialku.

Mau Belajar Digital Marketing Ketahui Dulu 5 Hal Ini - 05 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Kerja, Pastikan Kamu Punya Mindset Digital Marketing Ini, Ya!]

 

Jangan Lupakan Ini, Ya!

Itu dia beberapa hal mendasar yang harus diketahui oleh Sobat Finansialku yang tertarik untuk belajar digital marketing.

Tapi, ada satu hal yang harus diingat oleh Sobat Finansialku ketika mengurus bisnis digitalnya.

Ya, jangan lupa untuk tetap mengelola keuangan pribadi dan bisnis secara terpisah, ya!

Karena, apabila Sobat Finansialku tidak melakukan pengelolaan keuangan yang baik, Sobat Finansialku tidak akan bisa menikmati hasil kerja keras yang selama ini dilakukan.

Untuk mengetahui cara yang benar, Sobat Finansialku bisa membaca audiobook Finansialku tentang Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis yang bisa diunduh secara GRATIS hanya dengan menekan tombol di bawah ini sekarang!

banner -pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis

 

Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan ini agar Sobat Finansialku tidak menyesal di kemudian hari, ya!

 

Itu dia beberapa hal mendasar yang harus diketahui untuk Sobat Finansialku yang ingin belajar digital marketing.

Apakah Sobat Finansialku sudah mengetahui salah satunya atau semuanya? Kalau sudah, jangan malu untuk berbagi pengalaman di kolom komentar, ya!
Sobat Finansialku juga bisa membagikan informasi ini pada rekan atau keluarga yang membutuhkan melalui pilihan platform yang tersedia
.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 11 Februari 2017. 7 Hal yang Harus Dipelajari dalam Digital Marketing Sebagai Investasi Masa Depan. Fauziananta.com – https://bit.ly/2BnkCys
  • Admin. 1 Agustus 2018. Digital Marketing: Panduan Lengkap bagi Pemula. Dewaweb.com – https://bit.ly/2ANyzpu
  • Eril. 01 Oktober 2019. Panduan Lengkap Belajar Digital Marketing Untuk Pemula. Qwords.com – https://bit.ly/2Z3gYST

 

Sumber Gambar:

  • Digital Marketing 1 – https://bit.ly/3u3oVVY
  • Digital Marketing 2 – https://bit.ly/3m5BIEn
  • Digital Marketing 3 – https://bit.ly/3fowJgY
  • Digital Marketing 4 – https://bit.ly/3sKFlCt