Bingung mau beli Honda PCX tapi gaji UMR? Jangan khawatir, kamu bisa membeli skuter matik impianmu meski gaji UMR loh. Bagaimana caranya?

Yuk kita simak solusinya disini. Dijamin kamu bisa beli motor dengan lebih mantap menggunakan cara ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengapa Honda PCX? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Motor memang menjadi salah satu kendaraan yang sangat digemari akhir-akhir ini. Bagaimana tidak?

Dalam kondisi kemacetan yang luar biasa, motor bisa menjadi solusi. Selain bentuknya yang slim dan mudah dibawa kemana-mana, harganya juga jauh lebih murah daripada mobil.

Alhasil, demand kendaraan yang satu ini terus naik dari tahun ke tahun. Dengan peningkatan demand, tentu produksi motor terus meningkat, kini banyak variasi motor yang tersedia, salah satunya adalah Honda PCX.

BISA Beli Honda PCX, Meski Gaji UMR! Praktikkan Cara Berikut Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Motor Termahal di Dunia yang Bakal Bikin Kamu Tampil Keren]

 

Jika dahulu sepeda motor berjenis underbone atau yang lebih populer disebut “bebek” menguasai pangsa pasar hingga 90,87 persen, kini popularitas motor matik naik dan semakin melejit dengan hadirnya Yamaha Mio dan Honda Beat.

Hanya butuh enam tahun bagi motor matik untuk menyamai perolehan pasar motor bebek. 

Skuter matik premium yang sedang banyak diperbincangkan dewasa ini adalah Honda PCX. Skuter matik yang satu ini merupakan terobosan skuter matik yang berbeda dari matik-matik generasi pertama.

Honda PCX sendiri terkenal memiliki desain body “matik gambot” dengan desain mewah dan elegan.

Kemewahan tampak dari bentuk lampu depan dan belakang modern, serta kemunculan panel instrumen LCD berlayar besar. Kelir emas terang sebagai opsi untuk konsumen, juga semakin menegaskan aura berkelasnya.

PCX menawarkan segudang fitur, mulai dari sistem pencahayaan LED dengan hazard, idling stop system (ISS) untuk menghemat bahan bakar, smart key system terintegrasi keyless dan DC outlet selaku colokan pengisi daya smartphone.

Tidak selesai di situ, sistem pengereman PCX juga sudah mengadopsi combi brake system (CBS). Fitur ini menyelaraskan rem depan dan belakang dalam satu tuas rem.

Honda mengklaim, efek CBS mampu mengoptimalkan jarak pengereman sehingga lebih pendek dan aman.

Honda PCX juga memiliki kapasitas mesin 149,3 cc, dengan bore x stroke 57,3 x 57,9 mm yang sama persis dengan milik Vario 150 eSP.

Kendati demikian, insinyur Honda menyatakan bahwa mesin PCX ini adalah generasi terbaru teknologi eSP dengan beberapa revisi, salah satunya mungkin dari mapping ECU.

Tenaga yang bisa dihasilkan PCX sampai 14,4 tk @8.500 rpm, dan torsi 13,2 Nm @6.500 rpm. 

 

Gaji UMR mau Beli Honda PCX? Memang Bisa?

Setelah melihat spesifikasi Honda PCX, apakah Anda makin tergiur dengan motor yang satu ini? Jangan lupakan satu pertimbangan terakhir dalam memutuskan membeli motor ini.

Pertimbangan terakhir adalah dari segi harganya. Dari segi harga, Honda PCX berada di kisaran Rp27 juta (OTR Jakarta) untuk varian CBS dan Rp32 juta (OTR Jakarta) varian ABS.

Tergolong cukup mahal untuk sebuah skuter matik, namun lagi-lagi banyak perubahan yang dilakukan sehingga Honda PCX dikategorikan skuter matik premium.

Dengan demikian harganya pun akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan skuter matik biasa.

BISA Beli Honda PCX, Meski Gaji UMR! Praktikkan Cara Berikut Ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Sederhana Beli Motor Murah Berkualitas Tinggi Supaya Tidak Ditipu]

 

Namun di samping harganya yang cukup tinggi, ternyata masih banyak loh peminat Honda PCX ini. Pertanyaannya adalah apakah mereka dengan gaji Upah Minimum Regional (UMR) bisa membelinya?

Melansir dari Gajiumr.com, UMR di Jakarta per tahun 2019 adalah Rp3.940.973. Sedangkan di Kota Bandung per tahun 2019 adalah sebesar Rp3.339.580,61.

Bayangkan, hanya dengan sekitar 3 jutaan setiap bulannya Anda harus memikirkan untuk membeli Honda PCX. Pasti bingung kan bagaimana caranya?

Untungnya, perencana keuangan Finansialku punya solusinya. Anda dengan gaji UMR pun masih bisa loh beli Honda PCX. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini:

 

Cara Beli Honda PCX meski Gaji UMR

Honda PCX sangat pas untuk Anda yang suka motor berkelas dan canggih. Sosok elegan dan mewah menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen.

Kecanggihannya tidak terbantahkan dengan berbagai fitur modern, termasuk keyless

Namun, dari mana munculnya dana beli skuter matik ini jika tidak dipersiapkan dari sekarang? #Uangdarimana?

Jangan patah semangat dulu, Anda dengan gaji UMR juga bisa kok beli Honda PCX yang elegan itu. Anda bisa mengakalinya dengan cara dari Finansialku ini.

 

#1 Pertimbangkan Seluruh Biayanya

Saat beli motor jangan hanya mempertimbangkan harga motornya saja. Bisa bahaya jika Anda mikir:

“Wah, tabungan cukup kok buat beli motor, pas banget nih!”

 

Pasalnya, beli motor tuh banyak perintilannya. Ada banyak biaya operasionalnya lah istilahnya. Ada juga biaya tak terduga yang mungkin muncul.

Misalnya perkiraan biaya bahan bakar yang Anda gunakan dalam satu bulan, biaya kendaraan, biaya perawatan, biaya pengurusan surat, dan lain-lain.

Jadi, jangan langsung mengambil keputusan, pertimbangkan seluruh biayanya dan bandingkan dengan kemampuan finansial Anda. Baru deh ambil keputusan.

 

#2 Tentukan Metode Pembayarannya

Apabila Anda tidak membutuhkan motor sekarang juga, maka Anda bisa menabung dahulu untuk membayar tunai.

Kelebihan dari bayar tunai tentunya bebas bunga, namun kelemahannya ya Anda baru bisa membeli saat uang sudah terkumpul sepenuhnya.

Istilahnya Anda melakukan delay gratification, yakni menunda kemewahan hingga Anda mampu membelinya.

Sayangnya ini artinya Anda baru bisa membeli motor setelah uang cukup untuk membelinya secara tunai. Anda mungkin harus menunggu.

Begini Cara Gampang Over Kredit Motor 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cerdas Mencicil Motor Agar Tak Kekurangan Uang Tiap Bulan]

 

Sedangkan Anda yang membutuhkan motor sekarang juga dan terkendala biaya, maka kredit adalah solusinya. Anda bisa memiliki motor meski belum bayar lunas.

Namun pastinya ada kekurangan dari sistem ini, yakni adanya suku bunga dan beban keuangan untuk terus mencicil hingga lunas. Potensi kredit macet juga akan terus menghantui Anda saat memilih sistem kredit ini.

Namun, tips bagi Anda dalam memilih lembaga perkreditan yaitu carilah yang aman dan terjamin, alias bisa dipercaya.

Jangan mudah tergoda penawaran seperti DP 0% atau angsuran yang rendah, tetapi tanyakan dahulu setiap syarat dan ketentuannya dengan jelas.

Banyak yang menawarkan kredit motor dengan DP 0% namun ternyata suku bunganya sangat tinggi, sehingga jika dihitung Anda malah rugi.

Sehingga selalu kumpulkan informasi sejelas-jelasnya terlebih dahulu dan perhitungkan apakah sesuai dengan kemampuan finansial Anda atau tidak.

 

#3 Menghitung Dana Beli Motor dengan Aplikasi Finansialku

Nah, karena membeli motor baru bukanlah hal yang murah, membeli kendaraan tidak bisa disamakan dengan membeli gorengan bukan?

Jika Anda tidak merencanakan keuangan dari sekarang, bagaimana bisa beli mobil? #uangdarimana?

Untungnya, Aplikasi Finansialku menyediakan fitur untuk merencanakan keuangan untuk membeli kendaraan, misalnya motor.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengetahui berapa banyak uang yang harus dialokasikan setiap bulan demi membeli motor sesuai target Anda.

Dengan demikian, Anda dapat memperoleh mobil keluarga yang diidam-idamkan selama ini. Jika Anda merupakan pengguna baru, silakan daftar di sini atau download di Google Play Store.

Setelah download aplikasinya, mari mulai berhitung!

Apa itu Anggaran Keuangan Keluarga dan Apa Manfaatnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Yamaha Nmax vs Honda PCX: Mana yang Kamu Pilih? Ini Pertimbangannya!]

 

Anda bisa masuk ke fitur “Kalkulator Dana Membeli Barang” dalam menu “Rencana Keuangan” di Aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa biaya yang perlu dikumpulkan setiap periodenya demi memperoleh motor baru idaman.

Caranya, masukkan seluruh informasi yang dibutuhkan seperti berikut ini:

  1. Buka menu Aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik tanda + pada bagian kanan bawah kemudian pilih Dana Membeli Barang.
  3. Masukkan nama barang yang akan Anda beli
  4. Masukkan harga barang saat ini.
  5. Masukkan berapa lama lagi Anda akan membeli barang tersebut, contoh 1 tahun lagi, 2 tahun lagi dan seterusnya.
  6. Masukkan dana atau uang yang sudah Anda miliki saat ini.
  7. Masukkan data inflasi atau kenaikan harga barang tersebut (satuan persen % per tahun).
  8. Masukkan estimasi hasil investasi: perkiraan hasil investasi setiap tahunnya (dalam satuan persen % per tahun). ke dalam “Kalkulator Dana Membeli Barang”, kemudian klik “Hitung”.

 

#4 Bertindak untuk Mencapai Tujuan Membeli Motor Baru

Langkah terakhir yang kini harus ditempuh hanyalah bertindak demi mencapai target yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Tanpa tindakan, maka hasil perhitungan Anda akan sia-sia.

Jika Menggunakan kredit, Anda berpotensi terkena penyitaan jika tidak disertai tindakan.

Adapun beberapa tips mudah agar Anda bisa mencapai target beli motor baru dengan sukses adalah sebagai berikut:

  1. Mencari Dukungan Keluarga atau Rekan

Apabila Anda sudah berkeluarga, penting untuk mendapatkan dukungan keluarga dalam membeli kendaraan pribadi. Apabila Anda belum berkeluarga, Anda juga perlu meminta dukungan rekan atau kerabat terdekat Anda.

  1. Berhemat demi Mencapai Target

Anda tentunya sudah mengetahui berapa besar penghasilan bulanan Anda, dan Anda bisa menghitung waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target. Kini saatnya menghemat agar bisa menabung sesuai hasil perhitungan tadi.

  1. Eliminasi Utang-utang Lain

Bila saat ini Anda masih memiliki utang, pastikan Anda sudah melunasi semuanya sebelum memiliki kendaraan pribadi.

Apabila Anda memaksakan diri membeli kendaraan pribadi, sama saja Anda menjerumuskan diri. Karena saat membeli kendaraan baru, akan semakin sulit bagi Anda untuk melunasi utang-utang lama.

  1. Menabung dan Berinvestasi

Sudah logikanya bahwa Anda perlu menabung dan berinvestasi jika ingin mencapai target memiliki kendaraan pribadi

  1. Mencari Informasi Kendaraan dari Perusahaan

Apabila Anda masih juga kesulitan mengumpulkan uang demi membeli motor, maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas kendaraan dari perusahaan. Atau biasanya ada fasilitas kredit motor dengan suku bunga lebih rendah.

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Apabila berhemat sudah sampai di penghujung batas, maka artinya Anda perlu mencari cara lain. Salah satu solusinya adalah mencari penghasilan tambahan.

Dengan memperbesar pemasukan, tentunya Anda bisa menabung lebih banyak dan otomatis Anda bisa memperoleh target dengan lebih cepat.

 

Beli Motor Baru dengan Aplikasi Finansialku: Mudah dan Praktis

Bagaimana, apakah artikel ini sudah memberi gambaran tentang bagaimana cara mempersiapkan dana beli Honda PCX dengan gaji UMR?

Jika iya, maka sayang sekali jika teman-teman kantor Anda yang juga berminat membeli kendaraan tidak bisa memperoleh informasi yang bermanfaat seperti ini. Jadi, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda ya!

Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara beli Honda PCX dengan gaji UMR lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

 

Sumber Referensi:

  • Agus. Gaji Umr Kota Bandung Tahun 2019, 2018 Sampai 2002. Gajiumr.com – http://bit.ly/30YU7Ht
  • Donny Apriliananda. 08 Februari 2018. Membandingkan Spesifikasi PCX Terbaru dan NMAX. Otomotif.kompas.com – http://bit.ly/32wOVMs

 

Sumber Gambar:

  • Honda PCX 1 – http://bit.ly/32KaB7T
  • Honda PCX 2 – http://bit.ly/2yf2Gl7
  • Honda PCX 3 – http://bit.ly/2y1hHqo