Setelah menuai polemik publik, CEO Ruangguru, Belva Devara memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan staf khusus presiden.

Informasi selengkapnya dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Belva Devara Cabut dari Jabatan Staf Khusus Presiden

Nama Belva Devara langsung bertengger di daftar trending topik Twitter sejak kabar pengunduran dirinya tersebar luas.

Rata-rata cuitan yang diunggah warganet tentang Belva adalah soal pengunduran diri dari jabatan Staf Khusus Presiden dari kalangan milenial.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

Beberapa warganet memberi apresiasi untuk keputusan Belva mengundurkan diri sebagai Stafsus.

“I’ve always thought that belva is the good guy (Saya selalu berpikir bahwa belva adalah pria yang baik),” tulis @faizfn95.

Beberapa lain memberi kritik kepada Belva. Pasalnya terkait keikutsertaan perusahaan miliknya Ruang Guru dalam program Kartu Prakerja.

“Anda tak bisa memegang dua posisi sebagai pejabat publik dan CEO perusahaan. Anda harus kehilangan salah satu. Jika tidak konflik kepentingan sangat potensial. Untuk keputusan ini, saya salut kepadamu Belva. Dan saya juga menunggu kebijakan dari stafsus lain,” kata @tio_tegar.

Tuai Polemik, Belva Devara Undur Diri dari Stafsus Presiden 02

[Baca Juga: Kisah Sukses Andi Taufan Garuda Putra, CEO Amartha & Stafsus Presiden]

 

Staf Khusus Presiden, Adamas Belva Syah Devara mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya, Selasa (21/4), lewat akun instagram pribadinya @belvadevara dan juga surat terbuka kepada publik.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan, Presiden Jokowi memahami alasan Adamas Belva Syah Devara mundur dari jabatan Staf Khusus Presiden.

Menurutnya, Presiden telah menerima surat pengunduran diri Belva dari posisi stafsus milenial.

“Presiden Joko Widodo menerima pengunduran diri Saudara Adamas Belva Syah Devara dan memahami alasan pengunduran dirinya itu,” tutur Pramono Anung.

Selain itu juga Pramono pun menyatakan keterlibatan Ruang Guru dalam program Kartu Prakerja sudah sesuai aturan.

“Terkait dengan keikutsertaan Ruang Guru dalam Kartu Prakerja, seperti sudah dijelaskan oleh Menko Perekonomian bahwa proses verifikasi mitra Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku. Dan tidak ada keterlibatan yang memunculkan konflik kepentingan dalam hal ini,” kata Pramono mengutip dari kompas.com, Rabu (22/04).

Melansir dari laman yang sama, pengamat komunikasi politik Ari Junaedi menilai, seharusnya langkah mundur Belva diikuti oleh semua staf khusus milenial.

Sebab, menurutnya peran para staf khusus milenial ini tak terlalu dirasakan oleh publik. Stafsus milenial yang kerap memunculkan polemik justru malah menjadi beban Presiden.

 

Sosok Belva Devara

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, inilah sosok Staf Khusus Presiden Belva Devara:

 

#1 Anak Sulung dari Tiga Bersaudara

Pemilik nama lengkap Adamas Belva Syah Devara ini lahir dari keluarga sederhana di Jakarta pada 30 Mei 1990. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara.

 

#2 Riwayat Pendidikan

Belva Devara menempuh pendidikan S1 di Nanyang Technological University, Singapura dengan program gelar ganda, yakni Bisnis dan Ilmu Komputer. Kemudian, pada tahun 2013 ia mengambil gelar Master of Business Administration di Stanford University.

Di tahun 2014, Belva juga mengambil gelar Master of Public Administration di Harvard University.

Semua pendidikan kuliahnya ia dapatkan secara cuma-cuma karena ia memperoleh beasiswa penuh dari universitas tersebut.

 

#3 Pernah Menjadi Konsultan

Pada tahun 2011 Belva Devara sempat bekerja menjadi seorang konsultan di perusahaan McKinsey & Company.

Kantor ini dikenal sebagai salah satu perusahaan dengan kesulitan wawancara paling tinggi.

Pemilik akun Instagram @belvadevara ini diketahui hanya bekerja selama 2 tahun di perusahaan tersebut. Ia memutuskan untuk keluar di tahun 2013.

 

#4 CEO Ruangguru

Tahun 2016 Belva Devara membangun perusahaan startup bernama Ruangguru bersama sahabatnya Muhammad Iman Usman. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pembelajaran via online.

Di tahun 2019, startup ini mendapatkan suntikan dana sebesar US$ 150 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk mendukung pengembangan produk dan layanan Ruangguru.

 

#5 Enam Bulan Jadi Stafsus Presiden Mundur

Kisah sukses Belva Devara tak berhenti. Ia dipilih oleh Presiden Joko Widodo menjadi staf khusus presiden pada November 2019 lalu bersama enam orang lainnya sebagai perwakilan milenial.

Namun di tanggal 15 April kemarin, Belva memutuskan untuk mundur. Belva Devara mundur dari jabatannya dengan mengirim surat kepada Presiden Jokowi.

Ia menjelaskan, pilihannya mundur sebagai Staf Khusus Presiden karena tidak ingin berpolemik dengan Ruangguru karena terlibat dalam program Kartu Prakerja.

“Saya mengambil keputusan yang berat ini karena saya tidak ingin membuat polemik mengenai asumsi atau persepsi publik yang bervariasi tentang posisi saya sebagai Staf Khusus Presiden menjadi berkepanjangan, yang dapat mengakibatkan terpecahnya konsentrasi Bapak Presiden dan seluruh jajaran pemerintahan dalam menghadapi masalah pandemi COVID-19,”

“Seperti yang telah dijelaskan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja (PMO), proses verifikasi semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan tidak ada keterlibatan yang memunculkan konflik kepentingan. Pemilihan pun dilakukan langsung oleh peserta pemegang Kartu Prakerja,”

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang langkah yang dipilih oleh Belva  lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 21 April 2020. Netizen Sindir Ruangguru Usai Stafsus Jokowi Belva Mundur CNN Indonesia – https://bit.ly/2Kr6c1L
  • Admin. 21 April 2020. CEO Ruangguru Belva Devara Mundur dari Stafsus Jokowi CNN Indonesia – https://bit.ly/2KBdu3b
  • Reza Gunadha. 21 April 2020. Skandal Ruangguru di Kartu Prakerja, Belva Mundur dari Stafsus Jokowi Suara.com – https://bit.ly/2KmbfQP
  • Puti Yasmin. 21 April 2020. Staf Khusus Presiden Belva Devara Mundur, Ini Fakta-fakta Dirinya Detik.com – https://bit.ly/34ZbEm2
  • Reza Gunadha. 21 April 2020. Belva Devara Mundur dari Stafsus, Namanya di Puncak Trending Topik Twitter Suara.com – https://bit.ly/3cDWwgu
  • Admin. 22 April 2020. Mundurnya Belva dan Pilihan untuk Stafsus Milenial Lainnya… Kompas.com – https://bit.ly/34ZbEm2

 

Sumber Gambar:

  • Belva 01 – https://bit.ly/3auI48O
  • Belva 02 – https://bit.ly/34Xn5dD