Apakah Anda tahu, ada benda murah di Indonesia tapi mahal di luar negeri? Penasaran dengan benda-benda tersebut?

Yuk simak dulu informasi berikut ini yang akan menambah wawasan pengetahuan Anda!

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ada Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri

Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan ragam wisata, budaya, alam bahkan kuliner. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam terbesar di dunia, bahkan negara lain pun sudah mengakuinya.

Apakah Anda memiliki suatu kebanggaan dengan Indonesia, negeri kita tercinta? Sudah semestinya, Anda bangga!

Apakah masih ada pemikiran bahwa Indonesia adalah negara miskin? Jika Anda mengira bahwa Indonesia adalah negara miskin, maka Anda salah besar.

Tahukah Anda, ada beberapa barang yang memiliki harga murah di Indonesia, namun memiliki harga mahal di luar negeri? Yups! Tentu ada!

Wow! Ini Dia 17 Material Termahal Di Dunia Sepanjang Masa 19 - Finansialku

[Baca Juga: Wow! Ini Dia 17 Material Termahal Di Dunia Sepanjang Masa]

 

Banyak sekali barang yang dijual murah di Indonesia dan dijual mahal di negara lain.

Ini menandakan bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya, yang berlimpah dengan sumber daya alam. Hal ini membuat produk, barang atau benda dapat dijual dengan harga yang murah di Indonesia.

Bahkan ada beberapa barang yang dianggap “mewah” dan dianggap sebagai barang langka di luar negeri.

Misalnya, di Amerika Serikat, sepiring nasi goreng dengan telur dadar dijual dengan harga US$10 atau setara dengan Rp135.000. Tentu Anda sudah tahu berapa harga sepiring nasi goreng di Indonesia bukan?

Dengan uang Rp15.000 saja, di Indonesia, Anda bisa membeli bakso atau gado-gado. Jika di Singapura dengan uang Rp15.000, Anda belum tentu bisa membeli makanan tersebut.

Jika sekarang Anda tinggal di luar negeri, jangan kaget ya kalau Anda harus rela mencari benda-benda dan makanan ini dengan susah payah, karena ternyata benda dan makanan ini sangat jarang ditemukan di luar negeri.

Kalaupun ada, pasti harganya bisa mencapai berkali-kali lipat alias harga yang sangat mahal.

Penasaran benda-benda apa saja yang memiliki harga mahal di luar negeri? Berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

#1 Sandal Jepit

Apakah Anda tahu bahwa beberapa waktu yang lalu, salah satu anggota boyband Korea memakai sandal jepit di bandara Incheon, Seoul setelah konser di Indonesia karena kakinya cedera?

Sandal jepit sedang naik daun.

Foto personil EXO yang memakai sandal jepit pun menjadi viral dan tersebar luas di seluruh dunia. Kemudian, fans dari seluruh dunia langsung gempar dan heboh mencari sandal jepit yang sama.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 01 Sandal Jepit - Finansialku

Sandal jepit yang dipakai oleh salah satu personil boyband Korea EXO

 

Apa yang terjadi setelah itu?

Sandal jepit yang harganya murah di Indonesia menjadi mahal jika dipakai oleh artis luar negeri. Setelah kejadian itu, permintaan sandal jepit di dunia sangat tinggi. Sandal jepit khas Indonesia, dijual di Ebay dengan harga US$20 atau sekitar Rp270.000.

Yang kita tahu selama ini bahwa sandal jepit hanya digunakan untuk kondisi yang tidak penting, misalnya pergi ke kamar mandi atau pergi ke warung dekat rumah. Kini, harga sandal jepit mengalami kenaikan.

 

#2 BBM (Bahan Bakar Minyak)

Banyak masyarakat Indonesia yang mengalami kepanikan jika harga BBM tidak stabil, yang cenderung naik dan naik lagi.

Seharusnya, Anda perlu bersyukur karena harga BBM di Indonesia sudah termasuk murah lho.

Coba kita bandingkan berapa harga BBM di beberapa negara di dunia.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 02 BBM - Finansialku

Harga Bahan Bakar Minyak akan dipengaruhi oleh Kelangkaan Bahan Bakar

 

Di Italia, harga BBM 1 liter yaitu sekitar Rp24.000. Kalau di Norwegia harga 1 liter bensin bisa mencapai Rp25.000 hingga Rp27.000. Bahkan, di Hong Kong, harga 1 liter bensin mencapai Rp28.000 hingga Rp30.000.

Jika dibandingkan dengan Negara Indonesia, masih murah kan harga untuk 1 liter bensin?

 

#3 Mie Instan

Siapa sih yang tidak suka dengan mie instan? Mie instan ini menjadi salah satu makanan favorit warga Negara Indonesia. Hampir semua orang pasti pernah mencicipi makanan sedap dan lezat yang merakyat ini.

Beberapa turis yang melancong ke Indonesia pun, sudah dipastikan menyukai mie instan.

Mie instan adalah makanan yang cocok sekali dimakan saat keadaan dompet sedang menipis, lantaran murah dan enak. Makanan ini menjadi menu wajib bulanan bagi anak kos di Indonesia.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 03 Mie Instan - Finansialku

Mie instan yang dijual di Jepang memiliki harga berkali-kali lipat

 

Harga jual mie instan di pasar di Indonesia berkisar antara Rp2.500 hingga Rp3.500 per bungkus. Anda bisa menemukan mie instan ini di warung-warung terdekat rumah Anda.

Lain ceritanya, jika Anda mencari dan membeli mie instan di negeri Sakura, Jepang. Anda perlu merogoh kocek sampai empat kali lipatnya lho. Di Tokyo misalnya, mie instan dijual dengan harga 85 yen atau sekitar Rp9.000

Di Amerika Serikat, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih mahal lagi karena satu bungkus mie instan khas Indonesia ini dihargai Rp25.000 per bungkus! Amazing bukan?

 

#4 Tempe

Tempe, makanan sederhana khas Indonesia ini seringkali dijadikan sebagai lauk pauk, menemani Anda ketika sedang makan nasi.

Tempe menjadi sangat terkenal di Indonesia karena memiliki harga jual yang murah.

Dari berbagai kalangan ekonomi dan status sosial di Indonesia, mereka pasti pernah makan tempe, baik digoreng, ditumis, dibacem atau bahkan dibakar.

Siapa yang menyangka bahwa tempe, makanan asli Indonesia yang sangat mudah Anda temui dan Anda dapatkan saat berada di Indonesia, bisa menjadi mahal ketika dijual di luar negeri?

Berapakah harga tempe di Indonesia?

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 04 Tempe - Finansialku

Salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal hingga benua Eropa

 

Di Indonesia, Anda bisa mendapatkan satu bongkahan tempe mentah dengan harga Rp5.000 saja. Apalagi, jika 1 iris tempe goreng, harganya tidak akan melebihi Rp1.500.

Lain halnya jika Anda sedang berkunjung ke negara-negara Eropa. Disana, satu potong kecil tempe dihargai dengan 1,8 euro atau setara dengan Rp25.000.

Meskipun harga yang cukup tinggi di Eropa, namun makanan khas Indonesia ini sangat laris dan dicari oleh orang-orang. Hal ini terjadi karena tidak banyak orang Eropa yang bisa membuat tempe, mereka harus mengimpor dari Indonesia.

Apakah Anda berminat untuk mencoba peluang bisnis tempe di Eropa?

 

#5 Gorengan

Bukan orang Indonesia namanya, jika Anda belum pernah mencoba yang namanya gorengan. Hampir di seluruh sudut tempat di Indonesia, pasti ada yang menjual gorengan.

Ada banyak jenis gorengan khas Indonesia, seperti, pisang goreng, ubi goreng, tempe goreng, tahu goreng, bakwan dan gorengan lainnya.

Hampir tidak ada gorengan yang dijual mahal di Indonesia.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 05 Gorengan - Finansialku

Gorengan yang dijual oleh pedagang memiliki bermacam-macam jenis

 

Rata-rata, harga standar gorengan di Indonesia yaitu Rp1.000 per satuannya. Ada juga beberapa gorengan yang harga jualnya lebih tinggi. Dengan satu lembar uang Rp1.000, Anda sudah bisa menikmati gorengan yang enak dan lezat.

Ada seseorang turis Indonesia yang sedang mengunjungi Belanda, dia membeli gorengan. Tahukah Anda, camilan gorengan akan menjadi sangat mahal di sana?

Harga gorengan di Belanda dibanderol dengan harga 5 euro atau setara dengan Rp75.000.

Luar biasa bukan? Harga Rp1.000 di Indonesia bisa melonjak naik menjadi Rp75.000 di Belanda.

 

#6 Sate Ayam

Sate ayam pernah dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, lho! Betapa bangganya kita menjadi bangsa Indonesia.

Sate ayam merupakan salah satu makanan favorit dan andalan bagi kebanyakan orang Indonesia.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 06 Sate Ayam - Finansialku

1 Porsi sate ayam yang terdiri dari 10 tusuk dihargai Rp10.000-Rp20.000

 

Anda sudah tahu bahwa, harga sate ayam di Indonesia tidak terlalu mahal. 1 porsi sate ayam yang terdiri dari 10 tusuk diberi harga sekitar Rp10.000 sampai Rp20.000. Harga ini bergantung pada tempat Anda membeli sate ayam tersebut.

Jika kita membandingkan harga sate ayam di Jerman, maka Anda perlu mengeluarkan uang 10 euro atau sekitar Rp150.000 per porsi. Meskipun harga yang tinggi, tidak mengurungkan niat warga Jerman untuk tetap gemar membeli dan memakan sate ayam.

 

#7 Bika Ambon

Nama kue bika ambon ini sangat unik. Meski menyandang nama Ambon, kue bika ambon merupakan jenis makanan yang bukan berasal dari daerah Ambon, Maluku. Kue ini dikenal dengan sebutan oleh-oleh khas Medan, Sumatera Utara.

Konon, kata Ambon yang terdapat pada nama makanan ini merupakan nama tempat atau nama jalan dari kue tersebut berasal, yaitu jalan Ambon yang berada di Medan.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 07 Bika Ambon - Finansialku

Selain terkenal di Indonesia, kue bika ambon yang lezat ini sangat digemari oleh penduduk Belanda

 

Pastinya, harga bika ambon di Indonesia lebih murah dibandingkan dengan harga bika ambon di Eropa.

Di Indonesia, bika ambon ukuran sedang rata-rata dibanderol dengan harga Rp30.000 sampai Rp45.000.

Tetapi harga berbeda jauh di Belanda. Harga bika ambon di Belanda mencapai 8,5 euro atau sekitar Rp130.000 per 600 gram.

Bika ambon merupakan kue tradisional, makanan Indonesia yang paling mahal di negara Kincir Angin, Belanda.

 

#8 Bakso

Bakso yang dikenal dengan nama meatball di luar negeri adalah makanan khas penduduk Indonesia.

Sama seperti gorengan, Anda bisa menemukan penjual bakso di berbagai sudut tempat di Indonesia. Sangat mudah menjumpai penjual bakso.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata di negara tetangga Singapura, makanan yang berbahan dasar campuran daging giling dan terigu ini sudah mulai menjamur!

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 08 Bakso - Finansialku

Harga bakso di Singapura bisa mencapai 5 kali lipat harga di Indonesia

 

Tahukah Anda, berapa harga rata-rata 1 mangkok bakso di Indonesia dan di Singapura?

Harga rata-rata bakso di Indonesia yaitu sekitar Rp10.000 sampai Rp15.000. Dengan harga yang murah, Anda bisa menikmati semangkok bakso yang lezat.

Namun, jika Anda membeli bakso di Singapura, maka Anda perlu mengeluarkan uang untuk 1 mangkok bakso seharga SG$5 atau sekitar Rp50.000.

Wow. Ternyata harga 1 porsi bakso di Singapura sama dengan 5 kali harga 1 porsi bakso di Indonesia.

 

#9 Pecel Lele

Pecel Lele merupakan sebuah nama makanan yang berasal dari Jawa Tengah. Pecel lele terdiri dari ikan lele dan sambal atau bumbu. Biasanya, lele digoreng kering dan disajikan dengan sambal atau bumbu serta lalapan.

Makanan pecel lele sering Anda jumpai di pinggir jalan.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 09 Pecel Lele - Finansialku

Pecel lele selalu dihidangkan dengan nasi putih, lalapan dan sambal

 

Harga 1 porsi pecel lele tergolong murah, yaitu Rp15.000. Namun, tahukah Anda bahwa makanan ini menjadi menu andalan di Swiss? Berapakah harga 1 porsi pecel lele?

Disana, 1 porsi pecel lele dibanderol dengan harga 15 Euro atau kurang lebih sekitar Rp225.000.

Rasa dan selera makanan pecel lele di Swiss tentu berbeda dengan pecel lele di Indonesia.

 

#10 Nasi Goreng

Salah satu makanan terkenal di Indonesia yang sering dijual dengan menggunakan gerobak dorong, yaitu nasi goreng.

Nasi goreng merupakan makanan olahan dari nasi yang digoreng dengan bumbu khas Indonesia, ditambah dengan telur dan suiran daging ayam.

Tak hanya di Indonesia, ternyata nasi goreng ini cukup dikenal di berbagai negara-negara dunia.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 10 Nasi Goreng - Finansialku

Nasi goreng Indonesia memiliki cita rasa terbaik di dunia

 

Di Indonesia, harga sepiring nasi goreng sudah bisa dinikmati cukup dengan merogoh kocek Rp15.000.

Jika seporsi nasi goreng di Amerika Serikat dijual, maka harga yang dijajakan bisa mencapai US$10 atau sekitar Rp135.000.

Cukup berbeda jauh bukan harga jualnya?

 

#11 Soto Ayam

Soto ayam merupakan makanan berkuah yang menjadi santapan masyarakat Indonesia di pagi atau siang hari.

Makanan ini terdiri dari irisan daging ayam, irisan kentang goreng, irisan telur, ditambah bawang goreng dan daun seledri yang dicampur dengan bumbu rahasia khas Indonesia. Jangan meragukan rasa lezat yang dimiliki oleh makanan ini.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 11 Soto Ayam - Finansialku

Soto ayam dibanderol harga Rp10.000-Rp15.000 di Indonesia

 

Anda tinggal mengeluarkan uang sejumlah Rp10.000 hingga Rp15.000, maka Anda sudah bisa menikmati kuliner yang satu ini.

Tidak hanya terkenal di Indonesia, ternyata soto ayam cukup digemari oleh warga di Belanda dan di Jerman. Tapi, Anda jangan mengharapkan dapat mencicipi soto ayam hanya dengan belasan ribu rupiah di negara tersebut.

Di Belanda atau di Jerman, harga satu porsi soto ayam bisa meningkat tinggi mencapai 12 euro atau kurang lebih sekitar Rp180.000.

 

#12 Gado-gado

Makanan khas Betawi, Jakarta ini memang selalu menggugah selera Anda di pagi hari. Gado-gado terdiri dari berbagai jenis sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu dengan saos atau bumbu kacang.

Makanan ini bisa disajikan langsung dengan bumbu kacang atau dapat disajikan juga dengan nasi putih atau lontong.

Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri 12 Gado Gado - Finansialku

Salad khas Indonesia ini diminati oleh masyarakat di New York, Amerika Serikat

 

Di Indonesia, seporsi gado-gado biasa dijual dengan harga antara Rp10.000 sampai Rp15.000.

Namun berbeda, jika di kota New York, Amerika Serikat. Harga satu porsi gado-gado bisa mencapai US$10 atau setara dengan Rp135.000.

 

Bangga Jadi Anak Bangsa Indonesia

Setelah membaca seluruh artikel ini hingga selesai, pertanyaan sama yang dilontarkan.

Apakah Anda bangga menjadi anak bangsa Indonesia? Apa yang Anda banggakan?

5 alasan Anda harus bangga menjadi anak bangsa Indonesia, yaitu:

  1. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam
  2. Paru-paru dunia berada di Indonesia
  3. Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan
  4. Indonesia memiliki persatuan yang kuat
  5. Sumber daya manusia Indonesia unggul dan berdaya saing

 

Yuk, coba Anda sebutkan, benda murah di Indonesia tapi mahal di luar negeri apa yang Anda sukai?

Beri jawaban Anda pada kolom komentar di bawah ini ya.

 

Sumber Referensi:

  • Ernest Leonardo. 7 Barang Sepele Di Indonesia Yang Mahal Di Luar Negeri. 7besar.zone.id – https://goo.gl/ooSxbo
  • Admin. Jangan Kaget Kalau Nemu Barang Indonesia Mahalnya Selangit di Luar Negeri! Selipan.com – https://goo.gl/x2J7mT
  • Admin. 22 Agustus 2015. Tak Disangka, 10 Makanan Sederhana Indonesia Ini Mahal di Luar Negeri. Brilio.net – https://goo.gl/jQ5T6s
  • Vina A. Muliana. 7 Juli 2017. 8 Negara dengan Harga Bensin Termahal di Dunia. Liputan6.com – https://goo.gl/ictR6E

 

Sumber Gambar:

  • Benda Murah di Indonesia Tapi Mahal di Luar Negeri – https://goo.gl/x1npWi
  • Sandal Jepit – https://goo.gl/6tQN4V
  • BBM – https://goo.gl/5HMnmB
  • Mie Instan – https://goo.gl/stCQGR
  • Tempe – https://goo.gl/9poJxz
  • Gorengan – https://goo.gl/SUrdfh
  • Sate Ayam – https://goo.gl/GeG4ob
  • Bika Ambon – https://goo.gl/BmhKvY
  • Bakso – https://goo.gl/RqKuzi
  • Pecel Lele – https://goo.gl/YAygZe
  • Nasi Goreng – https://goo.gl/WJe6Xp
  • Soto Ayam – https://goo.gl/Gh5wWN
  • Gado-gado – https://goo.gl/1ENsXr

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang