Apa salahnya berinvestasi demi kesehatan di masa yang akan datang dengan menyimpan tali pusat bayi yang telah lahir.

Penasaran? Kok bisa berinvestasi tali pusat bayi? Agar lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Berinvestasi Tali Pusat Bayi

Biasanya berinvestasi dilakukan dalam bentuk emas, saham, atau uang. Namun, kini banyak para ibu yang mulai menabung atau berinvestasi tali pusat bayi mereka demi alasan kesehatan.

Ternyata darah yang mengalir di dalam tali pusat pada bayi yang baru lahir dapat digunakan sebagai pengobatan medis di kemudian hari.

Tren menabung darah di tali pusat ini telah booming pada tahun 2001 dan berkembang hingga saat ini.

Beberapa selebriti pun seperti Sandra Dewi dan Franda mencoba praktek ini untuk anak mereka.

Perusahaan pertama di Indonesia yang mengoperasikan pemrosesan darah tali pusat dan kriopreservasi di Indonesia yaitu Cordlife mengatakan bahwa kini semakin banyak minat orang tua yang menabung tali pusat untuk anak mereka.

Berinvestasi Tali Pusat Bayi, Apa Keuntungannya Yuk Cek Infonya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya Bersalin Bisa Merogoh Kocek Ratusan Juta!]

 

Retno Suprihatin selaku Country Director PT Cordlife Persada, mengatakan jika industri ini semakin menggeliat mengingat kesadaran orang tua untuk masa depan kesehatan anaknya. Retno mengatakan:

“Kita terus mengedukasi bahwa tali pusat pada bayi jangan dibuang karena ada manfaatnya. Sehingga animo nya terus meningkat hingga 10 tahun terakhir.”

 

Menabung tali pusat bayi ini tidak hanya marak di Jakarta, berbagai daerah seperti Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar sudah banyak yang melakukan praktik ini.

Dalam sebulan saja sudah 100-150 para orang tua yang menitipkan tali pusat anaknya di bank tersebut.

Tujuannya yaitu untuk tabungan kesehatan di masa mendatang untuk si bayi bila terkena penyakit tertentu.  

Kini sudah ada 9600 sampel tali pusat yang sudah mereka terima dari 3 kryotank. 1 kryotank sendiri bisa menampung 3200 sampel tali pusar. Sel dari tali pusat itu bisa disimpan di bank jasa hingga 21 tahun.

Menabung tali pusat ini tentu membutuhkan biaya. Biaya penyimpanan darah tali pusat per tahunnya adalah Rp1.650.000 dengan range biaya awal mulai dari Rp15 juta.

Biaya tersebut untuk pengambilan darah tali pusat atau yang biasa disebut collection kit serta biaya pemrosesan darah tali pusat.

 

Manfaat Tali Pusat Bayi

Medical Advisor PT Cordlife Persada, dr. Meriana Virtin  mengatakan bahwa sudah lebih dari 80 penyakit dan kondisi yang dapat disembuhkan dengan transplantasi stem cell darah tali pusat. Ia mengatakan:

“Darah tali pusat yang disimpan sekarang bagi bayi Anda adalah sumber medis yang sangat potensial di masa mendatang. Anda tidak lagi membutuhkan pencocokan yang ketat dibandingkan metode transplantasi sumsum tulang yang konvensional dimana 70% pasien transplant sulit menemukan kecocokan di dalam keluarganya.”

 

Keberadaan tali pusar memang bisa memberikan banyak manfaat bagi anak dan keluarganya.

Dr. Boy dalam talk show yang diadakan Cordlife mengatakan:

“Begitu bayi lahir, tali pusat dipotong, lalu kita kumpulkan darah segar dari situ. Darah itulah yang mengandung sel-sel yang nantinya akan dibutuhkan manusia di masa yang akan datang. Dia bisa disuntikkan kepada ibu, saat ibu sakit di kemudian hari atau anaknya, saudara kandung bahkan ayah, bisa membentuk sel baru yang sudah rusak.”

 

Tali pusat memiliki sel punca yang paling baik di tubuh manusia. Kegunaannya bisa membantu menyembuhkan penyakit anak tersebut di masa depan.

Sel punca adalah sebuah sel yang belum memiliki beban kinerja apapun dalam tubuh, karena sel ini dinilai masih murni.

Dari penelitian dokter dunia, diketahui jika sel punca pada tali pusat bayi bisa membantu untuk menyembuhkan beragam penyakit kronis.

Seperti penyakit kanker darah (thallesemia), leukimia, autisme, dan lupus. Ia juga bisa membantu kinerja cuci darah. Ia menambahkan:

“Karena itu, penyimpanan darah tali pusat tidak boleh dianggap remeh. Karena menyimpan banyak manfaat, sel punca dari tali pusat harus disimpan dengan hati-hati. Karena ini investasi jangka panjang, penyimpanannya bisa berpuluh-puluh tahun.”

 

Bahkan, pengambilannya pun tidak sakit dan sangat simpel. Tak hanya untuk penyakit berbahaya saja, tali pusat ini dapat dijadikan obat kecantikan seperti meremajakan kulit.

Apakah Anda sudah merencanakan keuangan Anda dengan tepat? Tenang, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Lynda Hasibuan. 21 Juli 2019. Bukan Emas, Ibu-ibu Kini Mulai Lirik Menabung Tali Pusat Bayi. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/30WS32H
  • Admin. 22 Februari 2017. Simpan Tali Pusat Bayi, Ternyata Bisa Jadi Obat Lho di Masa Depan. Fimela.com – http://bit.ly/2XSR726

 

Sumber Gambar:

  • Bayi 1 – http://bit.ly/2Sv1aEL
  • Bayi 2 – http://bit.ly/2JJKlmz