Ingin beli mobil bekas tapi bingung bagaimana cara mengurus dan berapa biaya balik nama mobil? Saat ini, Anda tidak perlu repot-repot pakai calo, karena diurus sendiri juga bisa kok dan lebih mudah dan hemat.

Kali ini Finansialku akan membahas cara pengurusan biaya balik nama mobil. Agar lebih jelas, yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Balik Nama Mobil

Saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan mobil dengan harga murah, salah satunya dengan membeli mobil second atau bekas. Cara ini sering kali menjadi pilihan apalagi jika kondisi fisik mobil masih bagus.

Nilai mobil yang semakin menurun dari waktu ke waktu bisa membuat cicilan mobil bekas menjadi lebih murah daripada kredit mobil baru. Namun disamping keuntungan itu, ada hal lain yang perlu Anda urus terkait kepemilikan.

Jika Anda kurang mengerti tentang mobil, lebih baik Anda ditemani oleh orang yang mengerti mobil untuk melakukan pengecekan sebelum membelinya.

Balik nama mobil, ini merupakan proses pemindahtanganan dari pemilik lama ke pemilik baru. Hal ini tentu sangat penting karena berkaitan dengan legalitas mobil yang akan Anda miliki nantinya.

Jika Anda tidak mengurus balik nama mobil, bisa-bisa jika di masa depan Anda berurusan dengan hukum, Anda harus meminjam KTP pemilik lama mobil tersebut.

Harga 8 Mobil Bekas Dibawah 100 Juta, Berminat Beli 01 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Dapat Mobil Murah, Ini 10 Alasan Anda Perlu Beli Mobil Bekas!]

 

Balik nama mobil ini dilakukan pada STNK dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Namun saat ini tidak sedikit dari mereka yang malas untuk mengurus balik nama ini dengan alasan ribet dan butuh biaya yang tak sedikit.

Padahal jika telah paham cara mengurusnya, balik nama kendaraan dan STNK ini tidak serumit yang dibayangkan.

 

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Saat ini, proses balik nama merupakan proses yang menurut kami cukup sederhana dan cepat. Apalagi jika Samsat di daerah tempat Anda sudah memiliki birokrasi yang baik. Selain itu Anda pun bisa melakukan balik nama tanpa calo kok.

Dalam pergantian nama dokumen mobil bekas, bisa dilakukan di Kantor Samsat terdekat.

Mau Punya Mobil 02 Cicil Mobil 2 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji UMR Mau Kredit Mobil Bekas? Siapin Dulu Uang DP-nya!]

 

Ada beberapa kelengkapan yang harus Anda persiapkan, diantaranya:

  1. Fotokopi KTP Anda sebagai pemilik baru dari mobil tersebut
  2. BPKB asli mobil disertai dengan salinan fotokopi
  3. STNK asli mobil disertai dengan salinan fotokopi
  4. Kuitansi jual beli mobil bekas yang telah dibubuhi meterai Rp6.000 dan ditandangani asli disertai dengan fotokopi
  5. Hasil cek fisik mobil Anda. Bukti ini bisa didapatkan di Samsat.

 

Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen di atas, Anda tinggal mendatangi Kantor Samsat terdekat. Bawa serta mobil yang akan diurus pergantian dokumennya.

Berikut tahapan-tahapannya:

  1. Pertama, lakukan cek fisik kendaraan, petugas akan menggesek nomor rangka dan nomor mesin pada kendaraan Anda dan menggosok stiker khusus yang ditempelkan.
  2. Setelah cek selesai, petugas akan memberi formulir yang dapat diisi sesuai data pada STNK dan mengarahkan Anda ke loket.
  3. Saat proses pengecekan selesai dilakukan, nama yang tertera di STNK akan dipanggil. Ambil berkas-berkas tersebut lalu arahkan diri Anda ke gedung kantor utama Samsat.
  4. Sertakan bukti cek fisik, STNK asli beserta fotokopi, fotokopi BPKB, fotokopi KTP Anda sebagai pemilik baru, serta kuitansi ke petugas Samsat.
  5. Setelah selesai, ambil seluruh berkas yang telah di cek lalu berikan ke loket khusus. Tunggulah hingga nama Anda di panggil dan ambil kembali berkas yang telah disertai lembar tagihan, lalu kembali ke loket pertama.
  6. Bayarlah tagihan sesuai dengan nominal yang tertera. Setelah itu STNK mobil dengan nama Anda pun akan diberikan. Dalam pengambilan ini biasanya Anda harus menunggu paling tidak lima hari kerja.

 

Cara dan Syarat Perpanjang STNK 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah! Ini 7 Tempat Terbaik Jual Beli Mobil Bekas]

 

Rincian Biaya Balik Nama Mobil

Ketika mengurus balik nama mobil tentu ada biaya yang harus Anda keluarkan. Semua biaya mengurus surat balik nama akan ditanggung oleh pemilik baru tergantung harga mobil yang dibeli.

Berikut komponen biaya yang harus dipenuhi:

 

#1 BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

Biaya balik nama mobil di setiap daerah tentu berbeda-beda. Di Jakarta sendiri, biaya yang dibebankan kepada pemilik mobil second sebesar 1% dari harga beli mobil.

 

#2 Penerbitan STNK, TNKB, BPKB, dan Surat Mutasi

Berdasarkan PP No.60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri, jumlah semua biaya penerbitan ini sekitar Rp925.000, Sudah termasuk penerbitan STNK Rp200.000, TNKB Rp100.000, BKPB Rp375.000 dan surat mutasi Rp250.000.

 

#3 SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

Biaya ini merupakan kebijakan dari Pemerintah di Indonesia. SWDKLLJ yang perlu dibayarkan cukup terjangkau yaitu Rp143.000 saja untuk kendaraan non-angkutan umum.

Anda juga akan dikenakan biaya pendaftaran sesuai kebijakan masing-masing Samsat, umumnya biaya pendaftaran sekitar Rp75.000 – Rp100.000.

Sebelum Kredit Kendaraan, Cek Dulu Informasi Tentang Pajak Kendaraan 01 PKB STNK Finansialku

[Baca Juga: Cara Modifikasi Mobil Bekas Bagi Pemula Supaya Mobil Makin Trendi]

 

Sekarang mari kita ambil contoh, misalkan harga mobil second yang Anda beli senilai Rp100 juta. Jika diilustrasikan jumlah keseluruhan biaya balik nama mobil ini adalah:

  • BBN-KB (1% x HB) = Rp1.000.000
  • SWDKLLJ = Rp143.000
  • Biaya STNK = Rp200.000
  • Biaya TNKB = Rp100.000
  • Biaya BPKB = Rp375.000
  • Biaya urus surat mutasi = Rp250.000
  • Biaya pendaftaran = Rp100.000

 

Jika ditotalkan dari rincian di atas, biaya balik nama mobil yang harus dibayarkan adalah Rp2.168.000. ini belum termasuk biaya denda. Biaya denda akan dikenakan jika pemilik lama tidak membayar pajak tahunan.

 

Alasan Kenapa Harus Balik Nama

Itulah rincian proses mengurus nama balik mobil. Pasti sebagian dari Anda bertanya kenapa harus balik nama mobil?

Hal ini karena disetiap tahunnya, seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali wajib membayar Pajak Kendaraan Bermotor alias PKB. Pembayaran PKB untuk mobil second ini berbeda dengan mobil baru.

Salah satu syarat untuk mengurus dan melunasi PKB yaitu KTP dari pemilik mobil. Jika identitas pada STNK dan BPKPB mobil bekas yang dimiliki masih nama pemilik lama, maka Anda harus meminjam KTP pemilik lama.

Hal ini tentu akan sangat merepotkan jika terus meminjam KTP dari pemilik lama mobil tersebut. Itulah sebabnya balik nama dokumen mobil bekas ini harus Anda urus secepatnya.

Jangan lupa, sebelum membeli mobil bekas, lalukan pengecekan keaslian serta kecocokan fisik dengan dokumen yang disertakan penjual.

Bagaimana mudah bukan? Tapi perlu diingat, mungkin di beberapa daerah dimana birokrasinya masih buruk, prosesnya bisa jadi tidak sesimpel ini.

Tapi setidaknya dengan melakukan balik nama, Anda sendiri yang akan merasakan manfaatnya di kemudian hari.

 

Ayo bagikan artikel ini kepada teman-teman dan kerabat Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang akan melakukan balik nama mobil. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sindhi Aderianti. 7 Januari 2019. Ingin Balik Nama Mobil? Ini Ketentuan dan Rincian Biayanya. Cekaja.com – https://bit.ly/2lHWtep
  • Otospector. Mau Urus Balik Nama Dokumen Mobil Bekas Sendiri? Ini Dia Caranya. Otospector.co.id – https://bit.ly/2kDlLtL

 

Sumber Gambar:

  • Balik Nama Mobil – https://bit.ly/2lNczDf