Biaya beli rumah bukan cuma soal harga rumahnya aja, lho! Ternyata ada biaya lain-lain, lho! Apa saja? Cari tahu selengkapnya di artikel video Finansialku satu ini, yuk!

Biar tujuan keuanganmu yang lainnya juga bisa terwujud tepat waktu, pastikan untuk tahu strategi mengatur keuangan dan investasi yang tepat lewat video-video yang ada di kanal Youtube resmi Finansialku. Gratis!

 

 

Jangan lupa juga untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar kamu tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

 

Biaya Lain-Lain Beli Rumah

Sobat Finansialku! Apa keuanganmu kamu sudah siap untuk beli rumah? Tenang, kalau kamu masih belum bisa mencapai tujuanmu, kamu bisa melanjutkan perjalananmu dalam mengumpulkan dananya.

Untuk mempermudah perjalananmu, jangan lupa membaca panduan gratis tentang strategi membeli rumah lewat ebook berikut ini!

[/fusion_text]Banner Iklan Cara Wujudkan Rumah Impian Kamu (Dana Beli Rumah) WEB

Banner Iklan Ebook Dana Membeli Rumah - HP

 

Biaya ketika beli rumah ternayta bukan cuma harga rumahnya saja, lho! Ada biaya-biaya lain yang juga harus kita siapkan, yaitu:

 

Biaya Selain Beli Rumah #1 Biaya DP

Jika kamu membeli rumah dengan cara cash, maka kamu tidak perlu memikirkan DP, tapi, jika kamu membelinya menggunakan KPR, maka kamu tentu harus mempertimbangkan untuk menyiapkan biaya DP.

Dalam KPR, ketika prosesnya tidak disetujui dan tiba-tiba dibatalkan, maka uang DP yang kembali hanya 50%.

Jika pihak penjual rumah melepaskan janji, maka penjual wajib memberikan DP sebanyak 200% dari jumlah yang sudah diberikan.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menyiapkan biaya DP-nya, ya!

 

Biaya Selain Beli Rumah #2 Biaya Surat-Surat

Biaya selanjutnya adalah surat-surat terkait rumah yang tentu nggak cuma terdiri dari satu atau dua buah saja.

Ada beberapa surat-surat yang harus kamu urus dan perlu disiapkan dananya, di antaranya:

  • Biaya AJB (Akta Jual Beli)
  • Biaya balik nama
  • Biaya PPh
  • Biaya PNBP
  • Biaya BPHTB
  • BIaya KPR
  • Biaya notaris.

 

#3 Biaya Renovasi

Selain biaya administratif, kamu juga harus memperhatikan biaya renovasi, terlebih kalau kamu membeli rumah bekas.

Bukan cuma biaya renovasi, ada pula biaya non-administratif yang kadang terlupakan, padahal biayanya cukup menguras tabungan.

Biar nggak penasaran, kamu bisa lanjut cari tahu lewat video yang tersemat di atas, ya!

 

Nah, setelah menonton video di atas, kira-kira berapa persen biaya yang kamu butuhkan termasuk biaya-biaya tak terduga seperti yang disebutkan di atas? Yuk, beritahu Finansialku di kolom komentar!