Berapa Biaya Melahirkan Bayi Kembar yang Perlu Orangtua Siapkan?

Memiliki bayi kembar memang menggemaskan. Tapi pernahkah Anda memperkirakan berapa biaya melahirkan bayi kembar?

Mari kita simak dulu berapa biaya yang perlu dipersiapkan untuk melahirkan bayi kembar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Persalinan Bayi Kembar

Memiliki anak memang merupakan suatu anugerah tersendiri bagi orang tua. Apalagi jika bayi yang ditunggu-tunggu ternyata adalah bayi kembar.

Tidak semua orang bisa memiliki bayi kembar, tentu saja rasanya seperti mendapat anugerah lebih.

Tapi semua orang pun tahu bahwa biaya melahirkan bayi kembar tentu saja akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, mempersiapkan finansial untuk menyambut kelahiran sang buah hati juga perlu dilakukan.

Biaya Melahirkan Bayi Kembar 02 Kembar 2 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Moms Sudah Menyusun Budget Persiapan Melahirkan? Ketahui Jumlah Dananya]

 

Biaya melahirkan bayi kembar pada umumnya hampir sama dengan biaya melahirkan pada umumnya, yaitu tergantung dengan kondisi bayi dan bagaimana persalinan dilakukan, apakah Anda akan melahirkan secara normal atau dengan cara caesar.

Biasanya, jika dibandingkan dengan persalinan pada umumnya, melahirkan bayi kembar memang memiliki risiko yang lebih besar.

Karena itu, dokter biasanya akan memberi saran kepada calon orang tua untuk melakukan persalinan di rumah sakit dengan fasilitas yang memadai dan sangat tidak dianjurkan untuk melahirkan di rumah.

Biaya Melahirkan Bayi Kembar 03 Kembar 3 - Finansialku

[Baca Juga: Berikut Ini Dana Persiapan Setelah Melahirkan yang Perlu Moms Ketahui!]

 

Karena risiko ini, maka orang tua perlu persiapan yang lebih matang untuk mempersiapkan kelahiran bayi. Orang tua juga perlu melakukan kontrol ke dokter kandungan secara rutin.

Dengan melakukan kontrol rutin secara berkala, pihak medis akan lebih mudah memperkirakan kapan waktu kelahiran bayi dan mempersiapkan hal tersebut.

Pada umumnya, waktu kelahiran bayi sudah bisa direncanakan sejak memasuki trimester ketiga kehamilan. Ketika tanggal yang ditentukan tiba, maka tim medis akan membantu proses persalinan dengan memberikan induksi.

 

Tentu saja pemberian induksi ini akan disesuaikan dengan kondisi ibu dan bayi. Perbedaan kondisi ibu dan bayi juga akan sangat mempengaruhi bagaimana penanganan medis yang akan ibu dapatkan.

Selain itu, jangan terkejut jika pada saat proses persalinan bayi kembar akan ada lebih banyak tim medis yang mendampingi dibandingkan dengan proses persalinan bayi pada umumnya.

Mulai dari dokter kandungan, dokter spesialis anestesi jika diperlukan, bidan, perawat, juga dua atau lebih dokter anak untuk masing-masing bayi.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Melahirkan Bayi Kembar dengan Persalinan Normal

Persalinan bayi kembar memang memiliki risiko yang lebih tinggi dari persalinan bayi pada umumnya, sehingga persalinan caesar lebih besar kemungkinannya untuk dilakukan.

Akan tetapi, biaya melahirkan bayi kembar dengan cara caesar tentu saja akan memakan biaya yang cukup tinggi. Lalu muncul pertanyaan, apakah proses persalinan bayi kembar bisa dilakukan secara normal?

Meskipun memiliki risiko tinggi, namun melahirkan bayi kembar dengan cara normal bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Ada sekitar 4 dari 10 ibu yang hamil kembar dapat melahirkan secara normal.

Biaya Melahirkan Bayi Kembar 04 Kembar 4 - Finansialku

[Baca Juga: Barang-Barang Persiapan Melahirkan yang Harus Ada di Tas Anda!]

 

Namun, ada beberapa kondisi yang harus terpenuhi sebagai syarat untuk melakukan persalinan bayi kembar secara normal, yaitu sebagai berikut:

  1. Kehamilan ibu sehat.
  2. Ibu dan bayi sama-sama tidak memiliki risiko mengalami komplikasi.
  3. Bayi kembar yang dikandung tidak identik yang ditandai dengan berbagi plasenta yang sama.
  4. Bayi pertama tidak sungsang.
  5. Semua bayi sehat dan berkembang sebagaimana mestinya.

 

Jika kelima kondisi ini terpenuhi, maka sang ibu bisa melakukan persalinan bayi kembar dengan normal.

Kadang kala, bisa juga terjadi kondisi dimana bayi pertama lahir dengan normal, sedangkan bayi kedua harus dilahirkan dengan operasi caesar karena posisi bayi ternyata sungsang. Namun, kasus seperti ini sangat jarang terjadi.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Melahirkan Bayi Kembar dengan Operasi Caesar

Alternatif proses persalinan lain dan umum dilakukan pada kehamilan bayi kembar adalah dengan cara operasi caesar. Pada umumnya, operasi caesar akan dilakukan apabila terjadi kondisi sebagai berikut:

  1. Posisi bayi pertama sungsang.
  2. Bayi berbagi satu plasenta.
  3. Adanya masalah pada plasenta, misalnya plasenta previa.
  4. Ibu pernah mengalami kesulitan melahirkan normal pada persalinan sebelumnya.
  5. Ibu pernah melakukan caesar sebelumnya.
  6. Terjadi kondisi gawat janin.
  7. Salah satu bayi atau keduanya mengalami masalah pertumbuhan semasa di dalam kandungan.
  8. Terjadi preeklampsia yang tidak dapat ditangani oleh obat-obatan.
  9. Prolaps tali pusar.
  10. Proses persalinan berlangsung terlalu lama.

 

Jika salah satu dari kondisi-kondisi tersebut terjadi selama persalinan, maka tim medis akan segera menyarankan kepada keluarga untuk dilakukan proses persalinan lewat operasi caesar.

 

Biaya Melahirkan Bayi Kembar

Biaya melahirkan bayi kembar akan sangat bergantung pada proses melahirkan yang dipilih.

Jika kondisi kehamilan cukup sehat dan kuat, maka proses persalinan dapat dilakukan dengan cara normal dan tentu saja dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan melahirkan dengan cara caesar.

Melahirkan normal biasanya selalu menjadi pilihan pertama bagi pasangan yang akan menjadi orang tua. Selain lebih nyaman, biaya yang dikeluarkan juga tidak akan sebesar melahirkan dengan cara operasi caesar.

Tapi siapa yang tahu bagaimana proses kelahiran nanti. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan biaya lebih untuk proses melahirkan nanti.

Biaya Melahirkan Bayi Kembar 05 Kembar 5 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Keadaan Ini Mengharuskan Ibu Melahirkan Dengan Operasi Caesar, Siapkan Biayanya]

 

Sebagai gambaran, biaya melahirkan bayi kembar bisa membutuhkan biaya mulai dari Rp12 juta. Biaya ini belum termasuk biaya perawatan bayi dan lain sebagainya.

Bahkan jika persalinan dilakukan dengan operasi caesar, biaya persalinannya bisa meningkat beberapa kali lipat.

Selain proses melahirkan, daerah tempat Anda melahirkan atau rumah sakit tempat Anda melahirkan juga akan mempengaruhi harga yang berlaku.

Misalnya biaya persalinan bayi kembar di rumah sakit kota besar tentu saja akan lebih mahal dibandingkan biaya melahirkan di rumah sakit besar daerah. Karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan biaya persalinan sejak awal kehamilan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Mempersiapkan Biaya Persalinan Anak Kembar

Biaya melahirkan anak kembar sebenarnya bisa cukup murah jika Anda memiliki asuransi yang mencakup biaya persalinan.

Atau jika Anda menggunakan BPJS, biaya persalinan bayi kembar Anda bisa di-cover seluruhnya sehingga Anda tidak perlu membayar apapun lagi.

Akan tetapi, untuk jaga-jaga tidak ada salahnya jika Anda juga mempersiapkan dana tambahan untuk menghadapi kelahiran bayi kembar Anda.

Jika Anda bingung, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda mengetahui berapa dana yang perlu Anda alokasikan setiap bulan untuk menyambut kelahiran calon buah hati Anda.

Pertama-tama download dahulu Aplikasi Finansialku di Google Play Store secara gratis, kemudian buka aplikasi tersebut dan pilih fitur Rencana Keuangan dengan menu “Dana Membeli Barang”.

Biaya Melahirkan Bayi Kembar 06 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Kemudian Anda bisa mengisi setiap kolom data yang dibutuhkan, misalkan nama barang adalah Biaya Persalinan, harga barang saat ini Rp15 juta, berapa lama lagi Anda akan membeli adalah 9 bulan, dana yang telah tersedia Rp5 juta, inflasi sebesar 4%, dan estimasi hasil investasi adalah 10%.

Biaya Melahirkan Bayi Kembar 07 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Kemudian, Anda bisa menekan tombol Hitung untuk melihat hasil perhitungannya.

Maka dari asumsi di atas akan muncul hasil perhitungan bahwa Anda perlu mengumpulkan dana sebesar Rp10.068.301 dan berinvestasi sebesar Rp1.081.926 per bulannya selama 9 bulan untuk memenuhi biaya persalinan Anda.

Biaya Melahirkan Bayi Kembar 08 Aplikasi 3 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Nah, itulah cara menghitung biaya persalinan menggunakan Aplikasi Finansialku. Mudah dan praktis bukan? Karena itu download sekarang Aplikasi Finansialku di Google Play Store secara gratis!

 

Apakah Anda pernah melahirkan bayi kembar sebelumnya? Atau saudara dan sahabat Anda ada yang memiliki bayi kembar?

Jika ada, maka Anda dapat membagikan pengalaman tersebut dan menuliskannya pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

 

Sumber Referensi:

  • Irene Anindyaputri. Proses Melahirkan Bayi Kembar yang Harus Diketahui Calon Orangtua. Hellosehat.com – https://goo.gl/TVrEcj
  • Admin. 20 November 2016. Berkat BPJS, Kelahiran Bayi Kembar Robilin Berjalan Lancar. Klikanggaran.com – https://goo.gl/PJZAdi

 

Sumber Gambar:

  • Kembar 1 – https://goo.gl/9BSr6E
  • Kembar 2 – https://goo.gl/e5iAhs
  • Kembar 3 – https://goo.gl/pNTsMU
  • Kembar 4 – https://goo.gl/osmNcF
  • Kembar 5 – https://goo.gl/x7cXhD

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment