Penasaran berapa biaya pendidikan vokasi di UI?

Berbagai kampus top dan favorit di Indonesia menawarkan program-program unggulan kepada calon peserta didiknya. UI salah satunya, memiliki program pendidikan vokasi yang menjanjikan masa depan bagi mahasiswanya.

Yuk kita intip informasi berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Kuliah Pendidikan Vokasi di UI?

UI atau Universitas Indonesia salah satu perguruan tinggi yang eksistensinya tidak diragukan lagi di Indonesia. Tak terhitung berapa banyak alumni UI yang telah menorehkan kesuksesan di berbagai bidangnya masing-masing.

Ada yang jadi Politisi, Menteri, Pebisnis, Public Figure dan masih banyak lagi. Ya, kampus yang terletak di kota Depok ini ikut andil dalam berkembangnya Indonesia.

UI menjadi salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang selalu diminati para calon mahasiswa, terlebih sejak tahun 2008 pengelolaan administrasi program pendidikan D3 di UI dilakukan secara terpusat ke dalam satu wadah yang bernama Program Pendidikan Vokasi UI.

Pendidikan Vokasi di UI dianggap mampu menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efisien, sejalan dengan visi Universitas Indonesia menjadi universitas riset kelas dunia dalam menghadapi tantangan global.

Intip Biaya Pendidikan Vokasi UI, Buat Rencana Keuangan Sekarang! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali dan Pahami Serba Serbi Dunia Pendidikan di Indonesia]

 

Pendidikan Vokasi, atau Program Diploma di Universitas Indonesia masih sangat diperlukan oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari tingginya minat masyarakat terhadap program-program yang lulusannya lebih cepat diserap oleh pasar kerja.

Program Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang perguruan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang dapat menerapkan keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja, dan mampu bersaing secara global.

Lulusan Program Vokasi diarahkan mampu memasuki pasar kerja di bidang industri atau swasta, lembaga pemerintah maupun non-pemerintah, atau menjadi entrepreneur handal.

Kebanyakan lulusan Vokasi dianggap lebih diminati bursa kerja karena beban pengajaran pada program pendidikan Vokasi lebih mengutamakan praktik untuk mengasah keterampilan dibandingkan dengan penguasaan teori.

Di UI sendiri, program pendidikan Vokasi menjadi sebuah lembaga khusus yaitu LEMKASI (Lembaga Vokasi UI) yang didirikan bersamaan dengan ulang tahun Program Vokasi Universitas Indonesia yang ke-6 pada 19 Mei 2014.

Pendirian LEMKASI mengacu pada Keputusan Rektor Universitas Indonesia nomor 1406/SK/UI/2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Lembaga di Lingkungan UI.

LEMKASI berperan menjalin kerjasama antara Program Vokasi UI dengan pihak ketiga.

LEMKASI sendiri mempunyai program-program andalan di bidang pelatihan, sertifikasi, Uji Kompetensi, Kajian Terapan serta Konsultasi Bisnis dan Humaniora.

LEMKASI memanfaatkan kepakaran civitas akademika UI dalam pelaksanaan program.

 

Tertarik Masuk Pendidikan Vokasi UI? Inilah Cara Daftarnya!

Nah, kalo tadi kita bahas sekilas tentang program pendidikan Vokasi di UI. Next, pastinya kamu pengen tahu dong gimana sih caranya untuk masuk dan jadi bagian mahasiswaYellow Jacket’?

Intip Biaya Pendidikan Vokasi UI, Buat Rencana Keuangan Sekarang! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Ambil Beasiswa Luar Negeri? Baca Dulu Informasi Selengkapnya!]

 

Penting untuk disimak, inilah beberapa tahapan untuk mendaftarkan diri ke pendidikan Vokasi UI dilansir dari laman Harga.web.id (Sabtu, 29/6/2019).

  1. Langkah pertama adalah pendaftar membuat account di situs penerimaan UI, lakukan login dan pendaftar pun harus upload file foto berwarna terbaru berukuran min. 400 x 600 pixel.
  2. Selanjutnya pendaftar mengisi formulir pendaftaran secara online dan mendapatkan nomor pendaftaran.
  3. Klik verifikasi pendaftaran.
  4. Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp350.000 melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya.
    Perlu dicatat ya, bahwa biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
  5. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada waktu pelaksanaan ujian saringan.
  6. Mengikuti ujian saringan sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online. (Catatan: pendaftar memasukkan nomor identitas diri ketika melakukan pendaftaran secara online).
  7. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.

Oh iya, sedikit informasi tambahan nih kalo pendaftaran mahasiswa di UI terbagi menjadi empat jalur, yaitu SNMPTN, UTBK-SBMPTN, SBMPTN, dan SIMAK. Khusus untuk Program Vokasi UI, penerimaan mahasiswa baru dilakukan via jalur SIMAK atau Mandiri.

 

Berapa Biaya Pendidikan Vokasi UI?

Yups, setelah kita mengenal sedikit tentang kampus UI dan salah satu programnya yang banyak diminati calon mahasiswa pasti mulai penasaran kan kira-kira harus nyiapin budget berapa sih untuk menempuh di program pendidikan Vokasi UI?

Berdasarkan data dari situs resmi Universitas Indonesia (UI.ac.id), besaran tarif biaya pendidikan program pendidikan vokasi, sebagai berikut:

Program Studi/Peminatan

BP TA 2019/2020

BOP/TF

UP/AF

Semua Program Studi/Peminatan

Rp9.000.000

Rp11.500.000

 

Biaya tersebut mengacu pada peraturan Rektor UI yang telah ditetapkan di Jakarta pada 13 Maret 2019.

Sehingga, jika kamu berminat untuk meneruskan studi di program pendidikan vokasi UI kisaran budget nya adalah Rp20.500.000 untuk seluruh program studi atau peminatan yang kamu inginkan.

Beberapa program studi di program pendidikan Vokasi UI, antara lain:

  • Perumahsakitan
  • Fisioterapi
  • Okupasi Terapi
  • Akuntansi Keuangan
  • Manajemen Informasi dan Dokumen
  • Ilmu Komunikasi
  • Penyiaran
  • Hubungan Masyarakat
  • Periklanan
  • Asuransi dan Aktuaria
  • Keuangan dan Perbankan
  • Perkantoran dan Sekretaris
  • Perpajakan
  • Pariwisata

 

Yuk, Rencanakan Dana Pendidikan Sekarang Juga!

Sudah tergambar kan budget untuk meneruskan pendidikan di UI? Nah, buat kamu atau para orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik pastinya harus disiapkan sebaik mungkin juga kan.

Karena tanpa disadari biaya pendidikan umumnya akan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kenaikan biaya pendidikan bahkan berkisar 10% per tahun.

Semakin menyadari pentingnya merencanakan dana pendidikan sejak dini, hal ini sangatlah baik.

Asuransi Pendidikan atau Reksadana 07 Asuransi Pendidikan 7 - Finansialku

[Baca Juga: Sambut Tahun Ajaran Baru! Ini Strategi Menyiapkan Dana Pendidikan Buah Hati]

 

Kali ini, Finansialku juga akan mengulas 3 tips pintar yang bisa jadi referensi dalam menyiapkan dana pendidikan.

 

#1 Membuat Rencana untuk Memenuhi Kebutuhan Dana Pendidikan

Perencanaan untuk menyiapkan dana pendidikan sangatlah penting. Dengan adanya rencana, maka apa yang akan dilakukan dapat lebih terarah.

Namun, perlu diketahui dalam membuat perencanaan dana pendidikan tentunya tidak bisa sembarangan.

Pastikan bahwa perencanaan dana pendidikan dibuat oleh orang yang ahli di bidangnya. Sehingga, perencanaan dapat lebih tepat.

Atau kamu bisa memanfaatkan Aplikasi Finansialku yang dapat menjadi panduan untuk merencanakan dana pendidikan. Kamu bisa download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

 

#2 Melakukan Investasi atau Mencari Strategi untuk Memenuhi Kebutuhan Dana Pendidikan

Cara cerdas selanjutnya untuk menyiapkan dana pendidikan yaitu dengan melakukan investasi. Investasi berfungsi sebagai kendaraan yang dapat membantu untuk sampai pada tujuan keuangan yaitu dana pendidikan.

Lakukan investasi sekarang juga dan jangan menunda-nunda dalam berinvestasi. Mengapa demikian? Karena, dalam investasi waktu berperan sangat penting.

Jika memulai investasi sedini mungkin, maka dana yang diinvestasikan bisa lebih sedikit. Selain itu, investasi juga dapat lebih mudah dikelola.

Sekarang ini sudah terdapat berbagai macam instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan.

Ada investasi saham, reksa dana, emas, P2P (Peer to Peer) lending, obligasi, deposito, dan sebagainya. Pilihlah instrumen investasi yang paling cocok ya.

 

#3 Mencari Informasi Tentang Sekolahnya

Nah tips yang ketiga sangat berkorelasi dengan informasi yang sudah disampaikan sebelumnya kan, yaitu tentang program pendidikan vokasi UI.

Jika kamu sudah membulatkan tekad untuk memilih UI, maka terus pantau dan gali informasi di dalamnya.

 

Saatnya Menjemput Masa Depan Cerah

Semangat dan motivasi yang kamu miliki untuk meneruskan studi harus diperjuangkan. Seperti kata Nelson Mandela:

“Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh yang bisa Anda gunakan untuk mengubah dunia.”

 

So, persiapkan dirimu sebaik mungkin. Selain mencari referensi tempat kuliah, jangan lupa pastikan dana pendidikannya aman ya…

Agar terhindar dari utang ketika membutuhkan dana pendidikan, kamu bisa baca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca..

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

 

Semoga artikel ini bermanfaat, kamu juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan yang membutuhkan. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Galih Conainthata. 8 Maret 2019. Update Pendaftaran & Biaya Program Vokasi Universitas Indonesia 2019/2020. Harga.web.id- https://bit.ly/2KLmwfT
  • Admin. Universitas Indonesia – https://bit.ly/2JjlfJF

 

Sumber Gambar:

  • Logo Vokasi UI – http://bit.ly/2XQDoYE
  • Universitas Indonesia 1 – http://bit.ly/2XuuT6r
  • Universitas Indonesia 2 – http://bit.ly/2YtrAJ3
  • Mahasiswa UI – http://bit.ly/2RVgKZU