Tindakan rontgen dilakukan untuk memeriksa cedera atau penyakit dalam. Biaya rontgen bervariasi sesuai dengan organ yang diambil rontgennya. Yuk ketahui biaya rontgen terbaru, jenis, dan manfaatnya.

Dalam artikel berikut, Finansialku akan membahasnya untuk kamu. Selamat membaca!

 

Summary:

  • Biaya rontgen berlaku untuk satu kali pengambilan tindakan dan bisa berbeda-beda sesuai dengan jenis rontgennya.
  • Biaya rontgen juga bisa berbeda-beda tergantung dari rumah sakit atau klinik kesehatannya.

 

Mengambil Tindakan Medis yang Tepat untuk Mengetahui Kondisi Tubuh

Rontgen merupakan salah satu tindakan yang sering tenaga medis lakukan untuk melihat cedera tubuh atau penyakit di tubuh pasien. Pengambilan rontgen dengan bantuan sinar x-ray untuk mendapatkan citra.

Beberapa tindakan yang memerlukan rontgen biasanya adalah patah tulang, identifikasi benda asing di dalam tubuh, dan sebagainya.

Kamu harus mengeluarkan biaya rontgen untuk satu kali pengambilan citra. Biaya tersebut dapat berbeda antara fasilitas kesehatan.

Agar tidak bertanya-tanya lagi berapa biaya rontgen, kali ini kita akan membahasnya dalam artikel di bawah.

 

Definisi Rontgen

Sebelum membahas mengenai biaya rontgen, ada baiknya kamu mengetahui definisi rontgen terlebih dahulu.

Rontgen merupakan tindakan menggunakan radiasi elektromagnetik untuk mengambil citra tubuh. Tindakan ini bermaksud untuk mengetahui kondisi tubuh seseorang lebih jauh.

Teknologi rontgen merevolusi praktik kedokteran diagnostik abad pertengahan. Dengan hadirnya teknologi ini, diagnosis penyakit akan lebih tepat.

Bagian tubuh yang diradiasi sinar X akan menampilkan citra dengan perbedaan warna gambar. Dalam beberapa tindakan rontgen, pasien biasanya diberi iodin atau barium untuk menggambarkannya dengan detail.

Rontgen sering digunakan untuk melihat adanya cedera pada tulang. Setiap bagian yang terradiasi bisa jadi memiliki biaya rontgen yang berbeda.

Dalam pencitraan rontgen, ada tiga jenis lembaran film dengan tiga warna berbeda, yakni putih, abu, dan hitam.

Warna putih menggambarkan bagian padat seperti tulang. Warna hitam menunjukkan udara/ benda gas. Sementara warna abu biasanya menunjukkan otot atau lemak.

 

Jenis Rontgen

Berikut adalah jenis rontgen yang perlu kamu ketahui selain biaya rontgen:

 

#1 Rontgen Dada (Thoraks)

Jenis rontgen dada merupakan salah satu tindakan yang sering orang lakukan. Tindakan rontgen ini untuk mendapatkan citra jantung, pembuluh darah, paru, bronkus, atau kelenjar getah bening.

Petugas medis biasanya mengambil rontgen dada dari dua arah, yakni depan dan belakang. Hal ini agar mengetahui kelainan dalam tubuh dengan baik. Perlu kamu catat, biaya rontgen dada bisa berbeda di setiap tempat.

 

#2 Rontgen Tulang Belakang

Biaya rontgen tulang belakang akan berbeda dengan rontgen dada. Pengambilan tindakan satu ini untuk melihat citra tulang belakang, sendi, serta bantalan tulang.

Beberapa subtipe rontgen tulang belakang adalah rontgen leher, sakrum, toraks, dan lumbosakral.

 

#3 Rontgen Anggota Gerak

Rontgen anggota gerak meliputi pergelangan kaki dan tangan, tungkai, dan panggul. Pengambilan citra anggota gerak biasanya untuk mengetahui patah tulang atau disposisi sendi.

 

Manfaat Rontgen

Selain biaya rontgen, manfaat rontgen adalah salah satu hal yang harus kamu ketahui. Berikut adalah manfaatnya:

  1. Melakukan evaluasi terhadap anggota tubuh yang diradiasi, seperti jantung, iga, tangan, kaki, dan sebagainya.
  1. Melihat penyebab spesifik dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran napas, misalnya asma, batuk lama, nyeri dada, demam, dan sebagainya.
  1. Melihat efektivitas pengobatan, misalnya kanker dan emfisema.
  1. Melihat tingkat penyakit.
  1. Melihat adanya disposisi tulang atau sendi di area anggota gerak maupun tulang belakang.
  1. Melihat adanya masalah di daerah diskus.
  1. Mengetahui infeksi atau inflamasi.
  1. Melihat potensi tumor pada bagian yang dicitra.
  1. Melakukan diagnosis terkait kondisi tulang belakang, seperti lordosis, kifosis, dan skoliosis.
  1. Mengidentifikasi cacat tabung saraf (spina bifida).

 

Efek Samping Rontgen

Berikut adalah efek samping rontgen yang mungkin akan muncul pasca menjalani tindakan tersebut:

 

#1 Pusing dan Mual

Sinar X merupakan sinar gamma yang akan menyebabkan sedikit gangguan pada kinerja otak. Dengan begitu, setelah selesai rontgen, biasanya kamu akan sedikit pusing dan timbul perasaan mual.

 

#2 Timbul Rasa Logam di Mulut

Tindakan rontgen biasanya akan menimbulkan rasa logam di mulut. Hal yang sama juga terjadi pada pasien kanker yang baru saja menjalani kemoterapi. Sebab, kedua tindakan tersebut sama-sama memanfaatkan gelombang elektromagnetik.

 

#3 Diare atau Sembelit

Selanjutnya, efek samping rontgen yang mungkin muncul adalah diare atau sembelit. Kondisi muncul akibat gelombang yang melewati tubuh. Sebagai implikasi dari gangguan kecil pada otak, bagian tubuh lain juga ikut merespons, termasuk perut.

 

#4 Hipotensi

Setelah menjalani prosedur rontgen, biasanya seseorang akan sedikit pusing. Alih-alih pusing karena biaya rontgen, gangguan tersebut muncul akibat menurunnya tekanan darah. Sirkulasi darah di tubuh mengendur sejenak sehingga pusing.

 

#5 Gatal-gatal

Sinar X berpotensi memutasi sel di tubuh. Dengan begitu, kulitmu bisa saja mengalami gatal-gatal dalam bentuk bercak merah. Mutasi ini menyebabkan kerusakan di jaringan maupun DNA.

 

#6 Sulit Napas

Sulit bernapas bisa jadi kamu alami jika melakukan sinar X di bagian dada. Tindakan di bagian ini bisa menyebabkan gangguan kecil pada jantung.

Gangguan yang terjadi berupa ketidakteraturan suplai darah ke jantung. Dampak dari gangguan itu membuat kamu susah bernapas.

 

#7 Kanker

Benar. Tindakan rontgen dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Tetapi, efek ini muncul jika kamu melakukan rontgen terlalu sering atau terpapar radiasi dalam jumlah besar.

Sel kanker akan muncul jika kamu melakukan tindakan rontgen dalam jangka panjang. Misalnya, kamu rontgen setiap hari selama satu tahun.

Tapi, dalam studi yang dilakukan oleh Harvard Health Publishing, efek sinar X ini hampir mustahil terjadi. Sebab, radiasi yang diberikan telah diatur sesuai kebutuhan dan dalam jumlah kecil.

Justru CT Scan-lah yang mengkhawatirkan. Efek samping CT Scan akan mempengaruhi bagian tubuh yang terpapar.

 

#8 Berpotensi Menyebabkan Keguguran

Meski efek samping ini jarang terjadi, nyatanya rontgen tidak direkomendasikan untuk wanita hamil. Radiasi yang keluar bisa mempengaruhi kandungan.

 

Biaya Rontgen

Berikut adalah biaya rontgen yang harus kamu keluarkan sesuai bagian tubuh yang dicitra:

  1. Biaya rontgen gigi: Rp120 ribu – Rp330 ribu per tindakan
  1. Biaya rontgen dada: Rp65 ribu – Rp100 ribu (rumah sakit) dan Rp145 ribu – Rp300 ribu (rumah sakit) per sisi
  1. Biaya rontgen paru: Rp170 ribu – Rp130 ribu per tindakan
  1. Biaya rontgen kaki: Rp200 ribu – Rp320 ribu per sisi
  1. Biaya rontgen perut: Rp30 ribu – Rp50 ribu (puskesmas) dan Rp250 ribu – Rp900 ribu (rumah sakit)
  1. Biaya rontgen thoraks: Rp80 ribu – Rp300 ribu (rumah sakit)
  1. Biaya rontgen kepala: Rp3 juta per tindakan (rumah sakit)
  1. Biaya rontgen pinggang: Rp83 ribu per tindakan
  1. Biaya rontgen tangan: Rp200 ribu – Rp32 ribu
  1. Biaya rontgen tulang: Rp200 ribu

 

Persiapan Sebelum Melakukan Rontgen

Berikut adalah persiapan sebelum menjalani rontgen:

  1. Silakan gunakan pakaian longgar agar mudah membukanya. Beberapa rumah sakit menyediakan pakaian medis untuk kamu gunakan.
  1. Silakan lepas perhiasan di dalam tubuh. Selain itu, kamu perlu mengatakan kepada petugas media jika memiliki implantasi metal di dalam tubuh. Implan tersebut akan memblokir sinar X.
  1. Jika ingin melakukan rontgen perut, kamu harus berpuasa beberapa jam atau hanya makanan kudapan tertentu agar usus tergambar jelas.
  1. Jika akan melakukan rontgen saluran kemih, kamu harus minum banyak air dan menahan buang air kecil sebentar agar gambaran kandung kemih tergambar dengan sempurna.
  1. Ketika melakukan rontgen dada, kamu akan diminta menahan napas selama tindakan berlangsung.
  1. Jika kamu melakukan rontgen di kepala, silakan lepas penjepit, hiasan kepala, kacamata, dan gigi palsu.

 

Alokasikan Dana Kesehatan dengan Baik

Itulah ulasan mengenai biaya rontgen yang patut kamu ketahui. Agar tidak bingung mencari biaya rontgen, sebaiknya kamu mengalokasikan dana kesehatan dengan baik.

Kamu bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk menanggung biaya rontgen. Namun, tindakan tersebut harus mendapat rujukan dari dokter yang menanganimu.

Kamu juga bisa mengalokasikan dana kesehatanmu dalam asuransi kesehatan swasta untuk melengkapi BPJS Kesehatan.

Sebagai informasi, terdapat manfaat kerja sama antara BPJS Kesehatan dan asuransi swasta, yaitu Coordination of Benefit (CoB).

Sehingga, kamu bisa menggunakan kedua asuransi kesehatan tersebut untuk mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap.

Nah, sebelum kamu memilih asuransi kesehatan yang cocok, kamu perlu tahu lebih dalam seputar asuransi ini. Kamu bisa mengetahuinya dalam ebook gratis yang Finansialku sediakan di bawah ini. Klik banner untuk mengunduhnya!

Banner Iklan Ebook Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit - HP
Banner Iklan Ebook Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit - PC

 

Sobat Finansialku, sudah jelas ‘kan mengenai rontgen? Jika kamu punya pertanyaan, langsung saja tulis pada kolom komentar di bawah ini, ya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada rekan-rekanmu yang lain. Terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Abraham Herdayanto. 10 November 2019. 8 Efek Samping Radiasi X-Ray padamu, Jangan Terlalu Sering Terpapar ya. Idntimes.com – https://bit.ly/3zkiinL
  • Admin. 20 September 2021. Cek! Ini Dia Daftar Biaya Rontgen Lengkap dan terbaru. Ocbcnisp.com – https://bit.ly/3PgZpra
  • Admin. Biaya Rontgen, Pengertian Rontgen dan Jenis-jenisnya. Cimbniaga.co.id – https://bit.ly/3ILYhJQ
  • Defara Millenia. 24 Februari 2022. Cari Tahu Serba-serbi Rontgen: Persiapan, Prosedur, hingga Biaya. Orami.com – https://bit.ly/3oadA5A