Bunda, ini dia informasi terkait sunat yang harus Anda ketahui, mulai dari manfaat, hingga biaya sunat!

Temukan semua informasinya sekaligus di artikel Finansialku satu ini, ya!

 

Summary

  • Dalam dunia medis, sunat atau khitan disebut dengan prosedur sirkumsisi pada bayi, anak-anak dan orang dewasa laki-laki.
  • Di rumah sakit di Indonesia, biaya sunat mulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 11 juta.

 

Manfaat Sunat dan Jenis Sunat

Untuk seluruh anak laki-laki yang lahir ke dunia, sunat sudah jadi hal yang wajib untuk dilakukan.

Melansir laman sehatq.com, sunat atau khitan adalah sebuah prosedur pemotongan kulit luar yang menyelimuti kepala penis.

Dalam dunia medis, sunat juga disebut dengan prosedur sirkumsisi. Meski bisa dilakukan pada bayi, anak-anak, dan orang dewasa, prosedur sunat ini lebih banyak dilakukan pada anak laki-laki.

 

Manfaat Sunat

Terlepas dari sebuah hal yang wajib umat Muslim lakukan, sunat juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  • Mengurangi risiko infeksi HIV menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).
  • Mengurangi risiko infeksi saluran kemih pada laki-laki, yang jika berlangsung lama dan parah, tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan masalah pada ginjal.
  • Mengurangi risiko kanker serviks pada perempuan. Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa khitan untuk laki-laki bisa menurunkan risiko kanker serviks, trikomoniasis, vaginosis bakteri, dan ulkus kemaluan pada perempuan.
  • Mengatasi beberapa penyakit lain, seperti fimosis, parafimosis, dan balanitis.
  • Menjaga kebersihan penis.
  • Mengurangi risiko kanker penis.

 

Jenis Sunat di Indonesia

Terdapat beberapa jenis sunat yang metodenya banyak digunakan di Indonesia, di antaranya:

  • Metode sirkumsisi

Metode bedah yang pertama ini disebut juga sebagai metode bedah konvensional, yang merupakan metode bedah minor yang biasa dilakukan dalam prosedur khitan. Biasanya, metode ini memakan waktu 30-50 menit.

 

  • Metode sunat menggunakan elektrokauter

Menggunakan metode ini, proses sunat dilakukan dengan menggunakan alat yang dialiri arus listrik untuk memotong bagian yang akan dipotong.

Karena prosesnya yang mirip, tidak jarang, metode ini kerap disalahartikan sebagai metode laser. 

 

  • Metode smart klamp

Metode ini memasukkan tabung smart klamp pada kulup yang akan dipotong, kemudian dijepit dengan pengunci klamp. Nantinya, lima hari setelah dimasukkan, klamp akan dilepas.

Metode ini mampu mengurangi risiko pendarahan dan tidak  memerlukan prosedur penjahitan, sehingga perawatan pasca tindakan cenderung lebih mudah.

 

  • Metode sunat menggunakan laser

Metode bedah sunat yang terakhir yang juga kerap dilakukan di Indonesia adalah laser CO2.

Jenis ini memiliki beberapa keunggulan, misalnya menekan pendarahan, menyembuhkan luka yang lebih cepat, dan hasil estetika yang lebih sempurna daripada dengan metode sunat lainnya.

[Baca juga: Syarat dan Biaya Aqiqah 2022 Untuk Buah Hati Tercinta]

 

Biaya Sunat

Melansir beberapa sumber, biaya sunat biasanya bergantung pada jenis sunat atau metode sunat dan juga rumah sakit atau penyelenggara yang Bunda pilih.

Laman alodokter.com, menjelaskan bahwa di rumah sakit di Indonesia, biaya sunat mulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 11 juta.

Lebih rinci, terdapat pula daftar harga yang tergantung pada metode yang Bunda gunakan, seperti misalnya sunat dengan metode smartklamp, yang biasanya mematok harga Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu untuk bayi.

Sementara itu, Bunda akan mengeluarkan biaya Rp 650 ribu hingga Rp 820 ribu untuk anak-anak usia 12 tahun, dan Rp 950 ribu hingga Rp 1,5 juta untuk remaja usia 15-20 tahun.

Adapun, biaya sunat menggunakan metode laser mematok harga yang lebih mahal dari metode smartklamp, yaitu mulai dari Rp 650 ribu hingga Rp 1 juta untuk anak-anak.

 

Perencanaan Biaya Sunat

Setelah mengetahui estimasi biaya sunat, ada baiknya jika Bunda segera menyiapkan dananya, agar prosedur bisa segera terlaksana.

Ingat untuk membawa lebihan dana sebesar 30% untuk biaya administrasi dan biaya tidak terduga.

Buat beberapa orang, biaya ini mungkin bukan besaran yang terlalu besar, tapi kadang permasalahan datang dari sana.

Kita terlalu jemawa untuk menganggap kalau penghasilan yang bakal kita dapatkan di bulan selanjutnya bisa memenuhi kebutuhan ini.

Padahal, ini berarti bahwa kita harus merusak arus keuangan di bulan tersebut. Yang tentunya hal ini bakal mengurangi anggaran untuk seluruh pos yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Kemudian akhirnya, ini akan berdampak pada investasi-investasi tujuan keuangan yang sudah lebih dulu berlangsung.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengatur strategi investasi khusus untuk biaya sunat ini.

Anda bisa terlebih dulu menghitung berapa dana yang harus Anda investasikan per bulannya agar bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan tepat waktu.

 

Menghitung Biaya Khitan

Tidak perlu menghitungnya secara manual, Anda bisa memanfaatkan fitur kalkulator keuangan di website Finansialku seperti contoh di bawah ini.

Bunda, Sudah Tahu Informasi Biaya Sunat 2022? 01

 

Mari asumsikan kalau jumlah kasar biaya sunat yang Anda butuhkan adalah Rp 5 juta.

Sunat akan Anda laksanakan 5 bulan dari sekarang. Dan saat ini, Anda sudah punya modal Rp 500 ribu untuk mulai investasi dengan kemampuan investasi bulanan sekitar Rp 1 juta.

Maka, berdasarkan perhitungan kalkulator Finansialku, dana yang harus Anda investasikan secara rutin dalam waktu 5 bulan adalah Rp 932.463.

Bunda, Sudah Tahu Informasi Biaya Sunat 2022? 02

 

Lantas, instrumen investasi apa yang cocok untuk tujuan investasi Anda ini? Diskusikan bersama perencana keuangan Finansialku sekarang untuk dapat jawabannya!

Mendiskusikannya bersama ahli tentu menjadi pilihan paling aman dan tepat untuk mendapatkan jawaban yang pasti.

Bersama perencana keuangan tersertifikasi dari Finansialku, Anda akan mendapatkan rekomendasi produk yang tepat, sehingga Anda tidak perlu investasi menggunakan intuisi.

Anda bisa menghubungi perencana keuangan Finansialku melalui nomor WhatsApp +6285158662940. Yuk, hubungi sekarang!

 

Perawatan Setelah Sunat

Setelah prosedur khitan terlaksana, pasien memerlukan sebuah perawatan khusus agar luka segera pulih.

Durasi pemulihan khitan ini berbeda-beda buat setiap pasien. Umumnya waktu pemulihan membutuhkan 7-10 hari untuk bayi, dan 2-3 minggu untuk anak-anak dan dewasa.

Ada beberapa perawatan pasca khitan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah, di antaranya adalah:

  • Untuk bayi, bersihkan penis dan ganti perban di area sunat setiap kali mengganti popok, dan ganti popok 2-3 jam sekali untuk mencegah lembab dan infeksi.

Jangan lupa untuk pasang pokok sedikit longgar dengan menyisakan ruang di area sunat untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Mengompres area penis menggunakan es batu yang dibungkus kain bersih selama 10-20 menit setiap dua jam sekali.
  • Mengonsumsi obat anti nyeri jika merasa nyeri dan tidak nyaman saat buang air kecil.
  • Bersihkan penis setiap hari dengan air dan sabun khusus kulit sensitif untuk pasien khitan dewasa.
  • Oleskan krim petroleum jelly sebelum mengganti perban.
  • Minum banyak air putih untuk melarutkan keasaman urin dan mengurangi perih saat buang air kecil.
  • Menggunakan celana dalam yang tidak terlalu longgar dan ketat.
  • Menghindari aktivitas fisik hingga luka sembuh total.

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.
Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya.
Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Nah, itu dia informasi terkait manfaat dan jenis sunat, hingga biaya sunat untuk anak-anak hingga dewasa.

Jika Anda punya pertanyaan lain terkait hal ini, jangan sungkan untuk tuliskan di kolom komentar, ya! Sampai jumpa di artikel lainnya!

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Vania Rossa. 29 Oktober 2021. 4 Jenis Metode Sunat yang Banyak Dilakukan, Mana yang Lebih Aman?. Suara.com – https://bit.ly/3um896X
  • Nurul Rafiqua. 22 Mei 2022. Sunat. Sehatq.com – https://bit.ly/3Ia4oau
  • Admin. 21 April 2022. Cari Tahu Ragam Biaya Sunat Berdasarkan Metodenya di Sini!. Orami.co.id – https://bit.ly/3aeVcVK