Yuk, kita lihat perhitungan berapa biaya travelling ke Labuan Bajo ala backpacker. Biar kamu bisa mempersiapkan dana liburan dari sekarang.

Ingin liburan ke Labuan Bajo namun terkendala biaya? Tenang, kamu bisa tetap berlibur ke ikon pariwisata Nusa Tenggara Timur secara hemat ala backpacker dengan anggaran terbatas, lho.

Mau tahu kira-kira berapa banyak anggaran yang sebaiknya disiapkan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Destinasi Liburan Backpacker di Labuan Bajo

Kamu yang memiliki hobi travelling tentu sudah sangat sering mendengar pesona luar biasa dari Labuan Bajo, Indonesia bukan? Keindahan alam tersebut juga berbanding lurus dengan besar biaya yang dibutuhkan yang tergolong mahal.

Namun, kamu bisa saja lho mencari alternatif cara serta biaya perjalanan untuk menghemat anggaran. Finansialku akan mengajakmu melihat perhitungan wisata murah dan berapa biaya travelling ke Labuan Bajo ala backpacker yang harus disiapkan.

 

#1 Biaya Transportasi Jakarta – NTT

Kamu bisa mulai menghemat mulai dari biaya transportasi ke Labuan Bajo. Skenario yang dapat ditempuh adalah perjalanan dari Jakarta ke NTT menggunakan pesawat.

Dari Jakarta, kamu dapat memilih di antara dua maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan langsung ke Bandara Komodo. Penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta setidaknya memerlukan biaya Rp 1,5 juta – Rp 2,1 juta.

Untuk sekali perjalanan pulang-pergi setidaknya untuk akomodasi membutuhkan dana sekitar Rp 3 juta lebih. Kamu dapat memesan tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang relatif lebih murah.

Selain itu, usahakan untuk tidak membawa barang terlalu banyak (maksimal 7 kg) sehingga ringkas dan menghemat biaya bagasi pesawat.

Liburan Backpacker Yuk, Hitung Dulu Biaya Travelling ke Labuan Bajo! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pengalaman Menarik dan Estimasi Biaya Liburan ke Kepulauan Seribu]

 

#2 Biaya Transportasi Selama di Labuan Bajo

Trayek dan jumlah transportasi umum di Labuan Bajo belum begitu banyak. Jadi, rekomendasi terbaik untuk mengelilingi Labuan Bajo adalah dengan menyewa motor.

Biaya menyewa sepeda motor sudah pasti lebih murah dibandingkan sewa mobil rental. Harganya mulai Rp 50.000 per hari. Harga ini tentunya bisa naik jika musim liburan tiba.

Sebenarnya ada pilihan biaya lain seperti biaya sewa kapal jika kamu menginginkan untuk mengunjungi spot wisata yang hanya bisa dikunjungi menggunakan kapal karena lokasinya berada di perairan.

Untuk biaya sewa kapal, baik kapal klotok atau kapal bemo, merupakan biaya tertinggi yang dikeluarkan. Apalagi semakin ramai kamu datang ke Labuan Bajo, hitungan biaya menyewa kapal klotok ini tentunya akan lebih mahal.

Jika menginginkan harga paling murah, kamu bisa berkunjung secara langsung pelabuhan kapal wisata yang ada di sana dan menawar harganya. Harga sewa setiap harinya adalah Rp 2 juta.

Tarif ini akan terasa ringan jika kamu menyewa dengan jumlah 8 orang termasuk kamu misalnya. Harganya akan lebih hemat jika kamu pergi bersama rombongan dibandingkan sendirian. Saran terbaik, ajaklah teman-temanmu agar bisa menekan harga sewa.

Liburan Backpacker Yuk, Hitung Dulu Biaya Travelling ke Labuan Bajo! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Impian Terwujud! Gini Lho Cara Liburan Ke Labuan Bajo Murah Meriah]

 

#3 Biaya Akomodasi

Terdapat variasi akomodasi yang bisa kamu pilih selama tinggal di Labuan Bajo mulai dari homestay dan hostel hingga resort mewah. Homestay dan hostel merupakan pilihan yang menarik bagi para backpacker karena harganya yang terjangkau.

Untuk menghemat biaya transportasi dalam kota, maka pilihlah homestay dan hostel yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

Terdapat homestay dan hostel di Labuan Bajo yang bisa kamu sewa mulai harga Rp 150.000 per malam. Kamu bisa saja mendapatkan harga diskon jika pergi rombongan. Namun dengan catatan, kamu harus bisa bernegosiasi dengan pemilik akomodasi tersebut.

Rekomendasi homestay/hostel murah dan nyaman di Labuan Bajo adalah Bajo Sunset Hostel and Grill dan Dorme Tree, yang tarifnya berkisar Rp 200.000 per orang

 

#4 Biaya Konsumsi

Jumlah biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan konsumsi tentunya akan berbeda-beda sesuai dengan tempat yang kamu kunjungi. Untuk menghemat kamu bisa memilih untuk makan di warung makan milik masyarakat lokal.

Hindari makan di restoran atau tempat yang terlihat banyak wisatawan. Bisa saja uang di dompetmu akan terkuras jika makan di sana.

Harga makanan di warung cukup murah dengan rata-rata Rp 15.000 hingga Rp 35.000 untuk satu kali makan.

 

#5 Living on Board (LoB)

Cara paling ringkas untuk menyatukan pengeluaran transportasi, akomodasi dan makan adalah dengan LoB di kapal yang sederhana. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 1,6 juta per orang untuk wisata empat hari tiga malam di perairan TN Komodo.

Harga tersebut sudah termasuk makanan selama di kapal. Kamu juga diantarkan keliling pulau serta tidur di kapal. Hanya saja kamu harus siap-siap untuk berwisata dengan 25 orang lain di satu kapal tersebut.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Tips Wisata Anggaran Terbatas ke Labuan Bajo

Berwisata dapat menjadi mahal dan bikin keuanganmu bocor. Namun, jika direncanakan dengan baik bisa saja menjadi terjangkau. Untuk itu Finansialku membagikan tips travelling murah di Labuan Bajo berikut ini.

 

#1 Manfaatkan Promo serta Diskon

Tips ini sangat penting dan nggak kalah penting agar kamu bisa travelling dengan budget yang minim. Ya, mencari promo-promo serta diskon.

Tujuan dari mencari promo adalah untuk mendapatkan penawaran lebih murah sehingga dapat lebih menghemat dana yang harus dikeluarkan.

Untuk mencari promo kamu bisa mencarinya di internet, website resmi, dan sosial media. Mulai dari promo tiket penerbangan, akomodasi saat di Labuan Bajo, hingga tiket masuk wisata di sana.

Liburan Backpacker Yuk, Hitung Dulu Biaya Travelling ke Labuan Bajo! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Liburan Ke Labuan Bajo]

 

#2 Liburan Saat Low Season

Pilihlah tanggal berkunjung ke Labuan Bajo saat musim tidak liburan. Biasanya saat musim liburan seperti liburan akhir tahun dan hari-hari besar biaya akan melonjak naik.

Hal tersebut karena banyak orang yang memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur atau travelling bersama keluarganya. Otomatis pembiayaan akan meningkat karena ramai peminatnya.

 

#3 Cobalah Share Cost Trip

Tips ini khusus untuk kamu yang bepergian dengan beramai-ramai. Cari dan kumpulkan keluarga, teman-teman atau kerabat yang ingin berpergian bersama. Share cost trip merupakan solusi liburan hemat dengan menggunakan sistem sharing alias berbagi.

Ajak grup travelling-mu sebelum bepergian untuk melakukan pembahasan terkait sistem sharing tersebut. Misalnya, jika ingin liburan ke Pulau Komodo, maka kamu dapat membagi biayanya.

Sebagian membayar biaya penginapan dan sebagian yang lain membayar biaya konsumsi selama liburan. Atau bisa juga dibagi rata untuk setiap pengeluaran yang ada.

Liburan Backpacker Yuk, Hitung Dulu Biaya Travelling ke Labuan Bajo! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Liburan Yuk! Ke Pesona Indah Seribu Wajah Pulau Bintan]

 

#4 Tidak Perlu Membawa Oleh-Oleh

Setiap pulang liburan kamu selalu merasa perlu membawa oleh-oleh buat orang lain. Entah orang kantor, pacar, keluarga, saudara, atau tetangga rumah.

Alasannya bukan karena kamu pengen ngasih, tapi lebih karena nggak enak dan takut dikatain pelit. Padahal sebenernya tidak apa juga kalau nggak membawanya.

Apalagi bagi kamu yang memiliki budget minim, lupakanlah untuk niatan membawa oleh-oleh ketika hendak pulang dari bepergian.

Fokuskan saji untuk menghilangkan stres, kembali ke alam menikmati panorama dan kembali dalam keadaan fresh untuk melanjutkan rutinitas.

 

Cara Hitung Dana Liburan ke Labuan Bajo

Setelah mengetahui biaya travelling ke Labuan Bajo serta tips hemat liburannya, kamu harus merencanakannya dengan baik.

Salah satu alasan penting melakukan perencanaan liburan adalah menyiapkan budget. Biasanya, jumlahnya tidak sedikit. Tentu saja, dana liburan harus disiapkan dari jauh-jauh hari.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyiapkan dana liburan dengan menabung supaya tidak menjadi beban. Jika kamu mengeluarkan dana liburan langsung di muka, tentu itu akan memberatkanmu.

Aplikasi Finansialku memiliki fitur Dana Liburan. Fitur ini berfungsi untuk menghitung dana yang harus diinvestasikan untuk menyiapkan dana liburan. Begini cara hitung biaya travelling ke Labuan Bajo:

  • Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  • Klik tanda + pada kanan bawah kemudian pilih Dana Liburan.
  • Dana perjalanan ke: tuliskan Labuan Bajo.
  • Isi beberapa biaya yang diperlukan, misalnya biaya penginapan, biaya transportasi, biaya konsumsi, dan sebagainya.
  • Isi berapa lama lagi kamu akan pergi (dalam satuan tahun).
  • Dana yang telah tersedia dalam satuan Rupiah.
  • Inflasi, kenaikan biaya perjalanan dalam satuan persen per tahun.
  • Estimasi hasil investasi dalam satuan persen per tahun.

 

Setelah itu, aplikasi Finansialku akan menghitung secara otomatis berapa dana yang perlu kamu siapkan setiap bulannya untuk dana liburanmu ke Labuan Bajo. Mudah, kan?

Yuk, segera rencanakan dana liburanmu dengan Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini dapat kamu unduh langsung di PlayStore/AppStore secara gratis.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Itulah perhitungan biaya travelling ke Labuan Bajo beserta tips liburan hemat ala Finansialku. Semoga artikel ini bisa jadi referensi perhitungan dana liburan kamu, ya.

Jangan lupa untuk bagikan pula artikel ini pada teman, keluarga dan saudara yang akan kamu ajak liburan ke Labuan Bajo. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Nicholas Ryan Aditya. 30 Agustus 2020. Panduan dan Kisaran Biaya Travelling Ala Backpacker ke Labuan Bajo. Travel.kompas.com – http://bit.ly/3agj0Ge
  • Silvita Agmasari. 29 November 2020. Liburan Backpacker Vs Liburan Mewah di Labuan Bajo, Ini Kisaran Biayanya. Travel.kompas.com – http://bit.ly/3gOKP9P
  • Rayful Mudassir. 20 Februari 2019. Liburan ke Labuan Bajo, Berapa Bujet yang Harus Disediakan? Traveling.bisnis.com – http://bit.ly/2WdSAg6

 

Sumber Gambar:

  • Labuan Bajo 1 – http://bit.ly/2IPlRdW
  • Labuan Bajo 2 – http://bit.ly/3oPZKUb
  • Labuan Bajo 3 – http://bit.ly/3ngSP5Y