BPJS Kesehatan bakal memberlakukan verifikasi digital klaim (vedika) mulai bulan depan. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan yang sarat manfaat bagi peserta BPJS Kesehatan serta pihak rumah sakit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

BPJS Kesehatan Berlakukan Verifikasi Digital Klaim Mulai Mei 2018

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan menerapkan verifikasi digital klaim (Vedika) bagi fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) mulai 1 Mei 2018 mendatang.

Perkembangan teknologi informasi ini dinilai akan memudahkan berbagai hal, termasuk dapat dimanfaatkan dalam proses verifikasi klaim tagihan pelayanan kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Vedika merupakan proses verifikasi terhadap klaim yang diajukan oleh rumah sakit menggunakan aplikasi verifikasi digital yang dilakukan di Kantor Cabang atau Kantor Kabupaten Kota BPJS Kesehatan.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Inovasi ini bisa dimanfaatkan sebagai sentralisasi data dan peningkatan akurasi data pelayanan serta digitalisasi proses penjaminan pelayanan di Fasilitas Kesehatan.

Seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, Kamis (26/04/2018), Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari yakin teknologi ini dapat meningkatan pelayanan bagi para peserta BPJS Kesehatan:

“Implementasi Vedika ini bisa meningkatkan kepuasan peserta melalui peningkatan pelayanan di fasilitas kesehatan, meningkatkan kepuasan fasilitas kesehatan terhadap proses administrasi klaim BPJS Kesehatan, dan simplifikasi proses klaim pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FKRTL).”

 

Nantinya, manfaat tak hanya dirasakan oleh pihak peserta, tapi juga bagi pihak rumah sakit. Salah satu manfaat dari mempercepat proses verifikasi adalah pihak rumah sakit bisa mendapatkan kepastian waktu pembayaran klaim dengan lebih akurat dan lebih cepat dibandingkan dengan proses klaim konvensional.

 

BPJS-Kesehatan-Verifikasi-Digital-Klaim-Bulan-Depan-2-Finansialku

Andayani (kiri) dalam konferensi pers “Optimalkan Kualitas Layanan di Rumah Sakit Lewat Implementasi Vedika” di BPJS Kesehatan Pusat, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

 

Di sisi lain, Andayani juga mengungkapkan bahwa jumlah fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yang terus meningkat dan membuka peluang besar bagi penduduk untuk memanfaatkan layanan kesehatan Program JKN-KIS.

Peningkatan cakupan kepesertaan yang cukup signifikan yang diiringi dengan keterbukaan akses tentu menyebabkan meningkatnya jumlah klaim yang harus segera diverifikasi.

“Keadaan ini menantang BPJS Kesehatan untuk terus mengembangkan cara baru pengelolaan klaim yang lebih efektif dan lebih efisien. Untuk itu kami melucurkan Program Vedika, yang saat ini sudah diimplementasikan di 2.306 rumah sakit di seluruh Indonesia.”

 

 

Pada perjalanannya, rumah sakit yang telah bekomitmen mengimplementasikan Vedika terus mengalami pertambahan fasilitas kesehatan setiap bulannya.

Dimulai dari implementasi di 216 RS pada bulan Oktober 2017, 583 RS di bulan November 2017, 1.236 di bulan Desember 2017, 1.528 RS di bulan Januari 2018, 1.745 RS di bulan Februari, dan 2.275 RS di bulan Maret 2018.

Hingga saat ini, 99.7% FKRTL provider BPJS Kesehatan telah mengimplementasikan Vedika dalam sistemnya.

 

Apa pendapat Anda setelah membaca artikel tentang Vedika? Silakan berikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Tendi Mahadi. 26 April 2018. Bulan depan, BPJS Kesehatan terapkan verifikasi digital klaim. Kontan.co.id – https://goo.gl/7zhLo6
  • Eko Sutriyanto. BPJS Kesehatan Terapkan Verifikasi Klaim Digital di Rumah. Tribunnews.com – https://goo.gl/fZG8WA

 

Sumber Gambar:

  • Vedika – https://goo.gl/4Eigiw
  • Vedika 2 – https://goo.gl/5bem28

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang