Siapa sangka, ternyata budaya Qatar memang sangat menarik.  Selain makanan, ada juga budaya kerja dan sistem penggajian yang keren.

Mau tahu apa saja budaya Qatar yang menarik? Inilah ulasan lengkap ala Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Qatar, Negara Timur Tengah yang Mempesona

Budaya Qatar seperti yang dilihat memang sangat dipengaruhi oleh budaya Arab. Hal Ini disebabkan karena Qatar ialah bagian dari Arab.

Sehingga masyarakat pun tak segan bahkan bangga memperlihatkan budayanya. Banyak sekali pertunjukan budaya yang umumnya digelar.

 

7 Hal Menunjukkan Karakter Budaya Qatar

Sebenarnya kebudayaan yang dimiliki Qatar ialah kombinasi dari ragam warisan budaya. Sebab banyak sekali orang dari negara lain yang datang ke Qatar kemudian menetap di Qatar sebagai warga Qatar.

Sehingga secara tak sengaja, para pendatang pun membawa budaya mereka masuk ke Qatar. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa poin berikut.

 

#1 Makanan Khas

Nasi kebuli menjadi makanan khas dan budaya Qatar bahkan juga menjadi makanan favorit masyarakat di sana. Diolah dengan menggunakan nasi biasa kemudian ditambahkan daging domba.

 

#2 Seni dan Kerajinan

Seni dan kerajinan yang dimiliki Qatar meliputi pembuatan perhiasan, kerajinan bordir, dan tenun. Bordir ialah kerajinan yang sangat populer di Qatar di antara berbagai kerajinan yang lainnya.

Selanjutnya ada kerajinan menenun karpet, termasuk juga menenun bedcover hingga kantong pelana.

Kenalan Dengan Budaya Qatar yang Penuh Pesona Timur Tengah 03 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tempat Bersejarah di Indonesia Untuk Wisata Budaya]

 

#3 Musik dan Tari

Musik yang sangat terkenal bagian budaya Qatar bernama musik Khaliji dari suku Badui. Sedangkan tarian populer bernama tarian Ayyalah yang biasa ditampilkan di hari Jumat.

Namun ada juga tarian lain bernama tari Ardah yang berhubungan dengan seni bela diri. Sambil diiringi musik, penari bermain dengan gaya menyerupai kegiatan bela diri.

 

#4 Bahasa

Komposisi penduduk Qatar selain yang asli juga pendatang dari berbagai negara. Selain bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua masyarakat di Qatar.

Bahkan disediakan kursus gratis sehingga jangan heran mereka sangat jago berbahasa Inggris.

 

#5 Bebas Pajak Penghasilan

Hal yang menarik untuk dilihat dari Qatar ialah bebas pajak penghasilan. Sangat berbeda dengan Indonesia. Meskipun begitu, kondisi kehidupan masyarakat di Qatar sangatlah makmur.

Kenalan Dengan Budaya Qatar yang Penuh Pesona Timur Tengah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sejarah Di Balik Manisnya Coklat Silverqueen]

 

#6 Gaji Sangat Besar

Bahkan karena besarnya gaji yang diterima, sehingga hal yang lumrah jika masyarakat di sana tidak tahu ataupun bingung dipergunakan untuk apa uang tersebut. Selain itu, tidak ditemukan pengangguran para pemuda.

 

#7 Hukum

Qatar menganut hukum yang bebas dan liberal yang berhubungan dengan budaya Qatar. Meskipun saat ini sudah mengalami modernisasi seperti boleh menggunakan alkohol, namun tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Pemerintah sangat peduli pada pendidikan masyarakatnya. Sekolah mulai dari taman kanak-kanak hingga universitas dibangun di Qatar. Menariknya, saat ini Amerika pun sudah membuka cabang universitas di Qatar.

 

Kehidupan Qatar yang Makmur

Negara Qatar ialah negara yang sangat memperhatikan kehidupan masyarakatnya agar damai dan makmur. Hal ini bisa dilihat mulai dari tidak ada pengangguran di Qatar.

Negara tanpa adanya pengangguran tentu akan sangat membuat masyarakatnya merasa bahagia dan tenteram dalam menjalani kehidupan.

Sebab, perusahaan akan datang langsung mencari mahasiswa lulusan sehingga bukan mahasiswa yang banting tulang mencari pekerjaan. Sistem gaji juga sangat menggiurkan.

Hal ini membuat para mahasiswa bisa berharap pekerjaan akan datang setelah mereka lulus dari kuliahnya.

Kenalan Dengan Budaya Qatar yang Penuh Pesona Timur Tengah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hari Kartini: Sejarah Perjuangan Kartini yang Harus Dilanjutkan]

 

Selain ada bonus seperti haji dan umroh bahkan juga ada tambahan tunjangan. Sehingga, gaji, bonus dan tunjangan sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Maka, tak salah jika disebut Qatar merupakan surga bagi para pekerja. Bahkan perusahaan pun tak menuntut karyawannya untuk menuntut lebih dari apa yang mampu dilakukan.

Kekayaan Qatar awalnya didukung oleh industri perikanan dan mutiara.

Namun sejak ditemukan adanya gas dan minyak bumi, Qatar mulai membangun industri bahan bumi tersebut yang hingga saat ini mendukung kehidupan ekonomi negara bahkan hingga ke negara luar.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengunjungi negeri ini dalam rangka liburan, tidak ada salahnya untuk menyiapkan dana liburan Anda sekarang. Anda bisa simak tipsnya dalam video berikut ini.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, apakah Anda ingin bekerja di Qatar? Ajak teman yang tertarik ke Timur Tengah untuk membaca fakta unik di atas ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rizal. 5 Fakta Hidup di Qatar yang Bikin Iri Orang-Orang di Seluruh Dunia. Boombastis.com – https://bit.ly/31Etueb
  • Redaksi. 16 Februari 2018. Mengenal Qatar Lebih Dekat di Tengah Isu Blokade Timur Tengah. Kumparan.com – https://bit.ly/3ipArG0

 

Sumber Gambar:

  • Qatar 1 – https://bit.ly/3dRh7Ol
  • Qatar 2 – https://bit.ly/3iqtvbJ
  • Qatar 3 – https://bit.ly/3iqPKOC