Saatnya mengatur budget, untuk buka bersama. Karena Ramadhan telah tiba yang artinya buka bersama pasti ada.

Agar kantong selamat, ikuti financial hacks ala Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Bulan Puasa, Bulannya Buka Bersama

Bulan puasa datang sebentar lagi, apakah Anda sudah merencanakan buka bersama dengan seseorang? Buka puasa memang terasa lebih seru jika bersama teman-teman, lebih hangat pula suasananya jika bersama keluarga dan sanak saudara.

Namun jika bukber biaya yang harus disiapkan tidaklah sedikit.

Dari yang tadinya masak untuk makan sendiri, kali ini Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli makanan di luar. Bahkan, bisa saja Anda yang mensubsidi semua makanan untuk orang yang Anda ajak bukber.

 

Cara Bukber Irit, Biar Kantong Gak Jebol

Tentu saja tidak ada salahnya jika Anda bukber, malah bukber sangat disarankan untuk bulan suci ini. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap hemat dalam bukber.

 

#1 Manfaatkan Diskon untuk Buka Bersama

Pasti ada saja restoran atau rumah makan yang memberikan diskon di bulan puasa nanti. Anda hanya perlu rajin-rajin mencari diskonan ini. Lebih mudahnya, Anda bisa mengecek satu per satu restoran atau rumah makan secara online.

Tradisi Buka Puasa Bersama 01 - Finansialku

[Baca Juga: Konsumsi 10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Bayi Terlahir Jenius]

 

Maksudnya adalah dengan mengunjungi sosial media mereka, sebab di zaman sekarang ini hampir semua rumah makan atau restoran memiliki sosial media. Setelahnya mungkin Anda akan menemukan beberapa rumah makan yang memberikan diskon.

Waktunya untuk memilih mana yang akan dijadikan tempat bukber. Bisa Anda sendiri yang menentukan, namun juga bisa mendiskusikannya dengan teman-teman yang Anda ajak.

 

#2 Bukber di Rumah

Solusi lain, untuk Anda yang ingin irit namun tetap bisa bukber adalah dengan menjadikan rumah sebagai tempat bukber. Kemudian, masakan dan minuman bisa dibuat sendiri. Dengan cara ini, Anda telah irit untuk tempat.

Ya, banyak rumah makan yang sengaja menjual menu makanan mereka dengan harga yang agak tinggi karena Anda harus membayar tempat.

 

#3 Patungan Atau Iuran

Mau lebih irit lagi? Anda dan teman-teman bisa patungan atau iuran untuk momen bukber kali ini. Jangan malu untuk menyampaikan hal ini kepada mereka, apalagi bisa lebih mudah mengatakannya.

Tradisi Buka Puasa Bersama 02 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Mau Mencoba Makan di 15 Restoran Termahal Di Dunia?]

 

Yaitu melalui grup WhatsApp. Tidak apa-apa, daripada kantong Anda yang jebol, lebih baik kemukakan untuk iuran bersama bukan?

 

#4 Pilih Menu yang Murah

Jika bukber di rumah saja dirasa kurang menarik atau tidak disetujui orang-orang yang Anda ajak, maka tetap sah-sah saja bukber di luar (rumah makan atau restoran). Tetap ada cara untuk bisa irit jika bukber dilakukan di luar.

Cara ini pun mungkin sudah Anda ketahui. Caranya adalah dengan memilih menu yang murah. Meskipun pilih yang murah, tetap pilih lah yang sifatnya mengenyangkan bukan untuk cuci mulut.

 

#5 Cek Menu Paket

Biasanya di restoran besar yang sudah ramai di sediakan menu paket yang jatuhnya pasti lebih murah. Karena Anda akan makan bersama-sama, maka menu paket ini adalah solusi win-win.

Bisa berkumpul untuk buka bersama namun tetap irit. Pastikan menu paket yang dipilih, porsi makanan dan minuman sejumlah orang yang bukber.

 

Jadi, Mau Buka Bersama Hemat dengan Cara Apa?

Beberapa cara di atas adalah cara yang opsional, Anda bisa memilih cara pertama, kedua, hingga yang terakhir. Mengkombinasikan beberapa cara sekaligus juga oke.


 

Setelah membaca artikel di atas pasti Anda bisa mencari alternatif untuk bisa bukber namun kantong tidak jebol. Mungkin Anda memiliki tips lain, di luar dari tips yang sudah kami berikan, yuk tuliskan juga tips dari kamu di kolom komentar.

Dan jangan lupa untuk membagi artikel ini pada teman yang juga butuh financial hacks ya! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Beby Nurdiana Rohman. 8 Mei 2019. 5 Cara Menghemat Saat Buka Puasa Bersama. Rencanamu.id – https://bit.ly/2S4ROjN
  • Syifa Aulia. Maret 2019. 10 Tips Agar Buka Puasa Bersama Lancar dan Hemat. Shopback.co.id – https://bit.ly/2Y4cWKS