Pernah mengalami kendala saat berurusan dengan provider XL? Gak usah bingung, kamu bisa hubungi langsung call center XL dengan GRATIS.

Yuk simak pembahasan berikut selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

XL, Provider Senior di Indonesia

Siapa sih yang gak tau provider XL? Iklannya aja cukup gencar bahkan menggandeng beberapa public figure sebagai brand ambassador-nya.

Oia, saya ingin membagikan beberapa cara untuk menghubungi call center XL agar bebas pulsa. Tapi sebelumnya, yuk kita mengenal dulu tentang XL. Check it out!

Cara Menghubungi Call Center XL 24 Jam Bebas Pulsa 02 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan dan Cara Cek Kuota XL yang Simpel!]

 

Sejarah XL

Salah satu perusahaan jasa telekomunikasi di Indonesia, yaitu XL, adalah brand yang cukup terkemuka. Apalagi iklannya sangat gencar di berbagai media, untuk mempertahankan brand image perusahaan di masyarakat.

Selain itu, XL juga memberikan layanan telekomunikasi terbaik dengan harga yang terjangkau.

Melansir laman Nomortelepon.id, perusahaan ini pertama kali didirikan pada 6 Oktober 1989 dengan nama PT. Graha Metropolitan Lestari.

Selanjutnya, perusahaan ini melakukan perjanjian kerja sama dengan Grup Rajawali dan tiga investor asing yaitu: NYNEX, AIF, serta Mitsui dan mengubah nama perusahaannya menjadi PT. Excelcomindo Pratama.

Time flies, PT Excelcomindo Pratama di 8 Oktober 1996 mulai meluncurkan layanan telepon seluler komersial pertamanya bersamaan dengan diterimanya izin operasi GSM 900 MHz.

Oia, kamu tahu gak? Kalo ternyata XL adalah perusahaan swasta pertama di Indonesia yang beroperasi sebagai operator telepon seluler lho.

Setelah memperoleh izin operasi tersebut, XL mendapatkan izin untuk menggunakan frekuensi GSM 1800 MHz, yang dapat mengoperasikan ISP dan layanan VoIP.

Kemudian pada tahun 2006, perusahaan juga mendapatkan izin menggunakan jaringan 3G yang diluncurkan di bulan September 2006.

 

Perubahan Nama Dan Logo Perusahaan

Mungkin kita mash ingat kalo XL ini memiliki nama julukan Pro XL yang dipakai sejak tahun 1997 sampai tahun 2004. Kemudian selanjutnya disebut dengan XL saja.

Sepuluh tahun lalu, tepatnya di 2009 perusahaan ini dibeli oleh Grup Axiata Berhad dari Malaysia, yaitu sebuah perusahaan besar yang berbisnis di dunia telekomunikasi Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Dari sinilah, logo operator XL berubah yakni pada Juni 2009. Logo Axiata ditambahkan dan bersanding dengan logo lama.

Pada tanggal 28 Oktober 2014, perusahaan memutuskan untuk merombak logo agar menjadi lebih simpel. Logo itu bertahan sampai tanggal 5 Oktober 2016, dan masih dipakai sebagai logo tambahan.

Cara Menghubungi Call Center XL 24 Jam Bebas Pulsa 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan 2019 Lewat Internet]

 

Layanan XL

Layanan pascabayar dan prabayar difasilitasi oleh XL untuk pelanggannya, dalam menggunakan SMS, telepon, dan akses internet. Saham perusahaan yang dimiliki oleh Grup Axiata sebesar 66,43% dan sisanya dimiliki oleh publik.

XL cukup mendapat tempat di hati pelanggan pengguna jasa layanan telekomunikasi. Terutama segmen anak muda yang menjadi prioritas bidikan perusahaan.

Operator ini beroperasi di kota-kota besar dan kecil, khususnya di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok, serta Madura.

 

Menghubungi Call Center XL Bebas Pulsa

Kamu termasuk pengguna provider XL? Sesekali mungkin kamu memerlukan sejumlah informasi tentang cara-cara atau keuntungan yang bisa diperoleh dari salah satu jasa telekomunikasi ini.

Nah kamu pun bisa menghubungi call center XL tanpa dipungut biaya alias bebas pulsa. Jadi kamu pun gak usah panik ya ketika ada kendala dengan provider ini.

Cara Menghubungi Call Center XL 24 Jam Bebas Pulsa 04 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Indonesia Membutuhkan Teknologi 5G? Kenali Cara Kerjanya!]

 

Call Center XL

Ketika mengalami kendala, kamu bisa hubungi call center atau Customer Service XL 24 jam dan yang paling banyak dipilih adalah menghubungi ke no telp CS XL.

Ada Call center XL gratis dan ada pula yang berbayar. Tarif telepon ke Call Center XL 24 jam adalah sebagai berikut, dilansir dari komunitas.sikatabis.com.

No Telp Customer
Service XL
Tarif Telepon
Kontak Center XL
Bisa Ditelepon ViaLayanan Call
Center XL 24 Jam
818GratisNomor HP XLInfo layanan & Paket
817Rp500/panggilanNomor HP XLSemua layanan (termasuk keluhan)
0817-0817-707Tarif sesuai operatorSemua operator
termasuk via PSTN
Semua layanan
(Termasuk keluhan)

 

Untuk menghubungi XL Center 3 digit hanya bisa dihubungi via nomor HP XL.

Sedangkan No CS XL 0817-0817-707 bisa dihubungi melalui operator lain maupun telepon rumah. Tarif yang dikenakan tergantung operator masing-masing.

Call Center XL bebas pulsa adalah di nomor 818. Tetapi layanan ini hanya menyediakan informasi tentang paket dan kuota XL saja.

Jika ingin menyampaikan keluhan atas nomor XL kamu, hubungi nomor Customer Service XL 817.

 

Customer Service XL

Customer service XL bisa jadi solusi untuk menyampaikan keluhan ketika jaringan XL sedang gangguan/menghadapi kendala pada nomor operator XL.

Agar menghemat waktu, pulsa XL, dan hemat baterai HP, lebih cepat & murah jika chatting dengan Assistant Virtual XL di website atau social media (terutama DM Twitter).

CS XL Twitter bukan hanya melayani komplain umum tapi juga bisa melayani keluhan yang spesifik terkait nomor HP/akun XL kamu. Beberapa media sosial XL yang bisa kamu manfaatkan untuk menyampaikan keluhan, antara lain:

  • Media sosial XL(juga bisa chat):
    • Twitter XL Care: Twitter.com/myxlcare
    • Twitter XL: Twitter.com/myXL
    • Facebook XL: Facebook.com/myXL
    • Instagram: Instagram.com/myxl
    • Youtube: YouTube myXL
    • LINE: myXL (@myXL)
    • LinkedIn:  XL Axiata Tbk
  • Email: customerservice@xl.co.id
  • Website: halaman kontak kami
  • Live chat websitewebsite XL lalu klik ikon chat
  • Gerai XL Center: Kunjungi Gerai XL terdekat di kota kamu. Cek alamat XL Center di daftar XL Center atau Locator XL Center.

 

Media Sosial XL

Nah untuk media sosial sendiri, ada beberapa ketentuan supaya keluhanmu direspon ya. Jadi harus disesuaikan dengan media sosial yang dipilihnya:

Media Sosial XLLayanan XL Center Online
Twitter XL Care: @myXLCareBisa menanggapi keluhan pengguna
Twitter XL: @myXLHanya memberikan info promo & produk
XL Facebook: myXLMenanggapi keluhan pengguna + info promo & produk
Instagram: @myXLInfo promo & produk + menanggapi keluhan pengguna (tetapi akan diarahkan ke channel CS XL lain)
Youtube: myXLInfo promo, produk, event XL
LINE: @myXLInfo promo & produk
LinkedIn: PT. XL Axiata TbkInfo kegiatan PT XL Axiata & Karyawan

 

Jadi kalo sesekali kamu mengalami internet XL error, jaringan XL error, kartu XL tidak bisa SMS, atau gangguan kartu XL lainnya, langsung aja hubungi ke akun resmi Twitter XL Care di @myXLCare atau melalui DM Twitter myXLCare.

Dari sejumlah media sosial yang tersedia, beberapa testimoni mengatakan bahwa Twitter XL Care dan Direct Message paling cepat menanggapi keluhanmu.

But anyway, kalo kamu gak prefer untuk menggunakan Twitter kamu juga bisa menyampaikan pengaduan XL melalui email CS XL di customerservice@xl.co.id.

Ada juga cara lain untuk menghubungi Customer Service XL Jakarta adalah dengan live chat via website XL. Caranya:

  1. Kunjungi https://www.xl.co.id/id/
  2. Klik ikon chat di pojok kiri bawah
  3. Isi data yang diperlukan, klik Kirim
  4. Tunggu beberapa saat hingga kamu terhubung dengan Assistant Virtual XL bernama Maya

 

Live chat terbilang efektif untuk bertanya atau menyampaikan keluhan. CS XL cepat dalam menjawab chat (hanya hitungan menit).

Kamu juga bisa menyampaikan komplain masalah spesifik yang berkaitan dengan nomor XL kamu lho.

 

XL Center

XL Center atau Galeri XL adalah pusat layanan Customer Service XL 2019. Kalo kamu mengalami kendala yang ternyata tidak bisa diatasi setelah menghubungi call center atau beberapa media sosial XL, maka kamu bisa datang ke XL Center terdekat.

Beberapa layanan di XL center diantaranya:

  • Aktivasi kembali kartu XL yang sudah hangus
  • Aktivasi kartu XL error
  • Ganti kartu SIM karena kartu hilang/rusak
  • Voucher isi ulang rusak
  • Upgrade ke kartu 4G
  • Beli nomor XL cantik

 

XL center ini sudah banyak beroperasi di beberapa kota, diantaranya XL Center Jakarta, XL Center Bandung, XL Center Surabaya, Bekasi, Tangerang, Jogja, Malang, Sidoarjo, Depok, Bogor, Solo, Cirebon, Semarang, dan lain-lain.

Sedangkan yang perlu dibawa saat mengunjungi XL Center adalah:

  • Kartu SIM XL
  • KTP asli pemilik nomor XL
  • Surat kuasa dari pemilik nomor XL plus tandatangan di atas meterai (jika pemilik tidak bisa hadir)

 

Tanpa Panik, Tanpa Biaya

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika mengalami kendala provider Xl-mu ya.

Gak perlu panik karena XL sudah memfasilitasi beberapa solusi sehingga kamu tidak akan kesulitan mencari jalan keluarnya. Tanpa panik, tanpa biaya lho.

Jangan lupa untuk rencanakan keuangan kamu dengan matang ya! kamu bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS lho!

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Apakah artikel ini bermanfaat untuk kamu? Jangan lupa bagikan ke teman-teman lainnya ya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Call Center XL. Nomortelepon.id- https://bit.ly/2YSAqQE
  • Admin. 22 Mei 2019. CS XL: Cara Kontak XL Termurah via Call Center, E-mail, Sosmed, XL Center. Komunitas.sikitabis.com- https://bit.ly/2LjpvMO

 

Sumber Gambar:

  • XL 1 – http://bit.ly/2LS5AoI
  • XL 2 – http://bit.ly/2SSj4kH
  • XL 3 – http://bit.ly/2Ywl0kn
  • XL 4 – http://bit.ly/317Yi3D