Sudah ajukan KPR dan belum disetujui? Bagaimana caranya agar KPR disetujui bank, ya? Finansialku punya jawabannya! Cek selengkapnya di sini!

 

Bukan Cuma tentang cara agar KPR disetujui bank, masih banyak video-video tentang tips keuangan dan informasi yang menunggu untuk kamu tonton di kanal youtube resmi Finansialku, nih! Jangan lupa mampir, ya!

 

 

Kalau sudah tonton videonya, jangan lupa untuk berikan dukunganmu pada Finansialku dengan menekan tombol subscribe yang ada di bawah, ya!

 

 

 

Bagaimana Caranya Agar KPR Bisa Disetujui Bank?

Mengajukan permohonan KPR memang susah-susah gampang, ya! Nggak semua debitur bisa disetujui langsung oleh pihak bank!

Jangan khawatir, di artikel rangkuman kali ini, Finansialku akan jabarkan lima cara agar KPR kamu bisa langsung disetujui oleh bank! Simak sampai akhir, ya!

 

Bagaimana Caranya Agar KPR Bisa Disetujui Bank? #1 Menyiapkan Down Payment (DP) atau Uang Muka

Cara pertama agar KPR bisa disetujui bank adalah, kamu harus memperhitungkan kira-kira berapa jumlah uang muka yang kamu perlukan untuk membeli rumah atau apartemen impianmu!

Finansialku punya tips, nih, untuk kamu! Catat ya!

Kalau calon rumah atau apartemen itu digunakan untuk tempat tinggal, usahakan untuk menyiapkan uang muka yang besar.

Hal ini supaya mengurangi pokok utangmu nanti. Karena ingat, semakin besar pokok utangnya, semakin besar pula cicilan yang harus kamu bayar, lho!

Hal ini tentunya akan mengurangi cash flow bulanan kamu, kan?

 

#2 Harus Punya Riwayat Kredit yang Bagus

Yang kedua adalah, ketika mengajukan KPR atau pinjaman ke bank, Pihak bank pasti akan melihat riwayat kreditmu. Apakah kamu punya riwayat gagal bayar cicilan atau telat bayar cicilan pinjaman.

Oleh karena itu, pastikan kamu punya riwayat kredit yang bagus, ya!

Untuk mengecek riwayat kreditmu, kamu bisa cek langsung di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).

 

#3 Harus Melengkapi Dokumen Persyaratan

Yang ketiga, pastikan sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kamu sudah mengetahui apa saja persyaratan yang diperlukan, ya! Biasanya setiap bank punya persyaratan yang berbeda. Kamu bisa cek langsung di website bank masing-masing!

 

#4 Memiliki Kelonggaran Keuangan

Sebelum pinjaman disetujui, normalnya, bank akan mengecek rasio keuanganmu sebagai calon kreditur. Beberapa di antaranya adalah rasio kemampuan bayar utang, rasio antara utang dengan aset kreditur, dan rasio solvabilitas.

 

Bagaimana Caranya Agar KPR Bisa Disetujui Bank? #5 Putaran atau Mutasi Rekening yang Baik

Mutasi rekening atau rekening koran biasanya turut diminta sebagai salah satu persyaratan. Fungsinya adalah agar bank bisa mengetahui arus keuanganmu di bank.

Mutasi ini bisa diperkuat kalau kamu sebagai calon debitur memiliki kartu kredit dengan limit di atas dua puluh juta per bulan.

 

Gimana? Apakah masih ada yang ingin kamu tanyakan atau diskusikan terkait topik ini? Jangan malu untuk tanyakan pada kami di kolom komentar, ya!

Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan para ahli keuangan di aplikasi Finansialku yang akan membantu menjawab semua pertanyaanmu di manapun dan kapanpun!

Nyalakan lonceng di samping tombol subscribe kalau kamu tidak ingin ketinggalan notifikasi video terbaru Finansialku, ya!