Mendekati Pemilu 2024, pastikan Anda sudah terdaftar sebagai DPT (Data Pemilih Tetap) secara online.

Jika belum tahu, ikuti tata cara cek DPT online Pemilu 2024 dalam artikel berikut ini.

 

Summary:

  • Layanan cek DPT online memudahkan masyarakat untuk memastikan apakah mereka telah terdaftar untuk menggunakan hak suara pada pemilu 2024.
  • Untuk masyarakat yang mengajukan pindah tempat pencoblosan bisa dilakukan paling lambat 7 hari sebelum hari pemungutan suara dengan memenuhi beberapa persyaratan.

 

Cara Cek DPT Online Pemilu 2024

Hari Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin dekat, masyarakat Indonesia diharapkan untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyediakan layanan cek Daftar Pemilih Tetap (DPT) online yang bisa masyarakat cek langsung. Layanan cek DPT online ini memudahkan masyarakat RI untuk memastikan bahwa mereka telah terdaftar untuk menggunakan hak suaranya di Pemilu 2024.

Pemilih yang namanya sudah ada di DPT juga bisa mengajukan pindah memilih atau pindah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dengan demikian, para perantau dapat memanfaatkan layanan ini agar tidak perlu jauh-jauh pulang ke kota sesuai alamat KTP untuk memilih di hari pencoblosan.

[Baca Juga: Saham Blue Chip di Tahun Politik, Mana yang Prospektif?]

 

Pengecekan nama di DPT sendiri tidak terlalu sulit. Sobat Finansialku bisa melakukannya secara online dengan menggunakan gadget masing-masing.

Berikut ini adalah cara cek DPT online Pemilu 2024, melansir dari laman resmi Indonesiabaik oleh Kominfo.

  1. Kunjungi laman resmi KPU di infopemilu.kpu.go.id.
  1. Pilih menu ‘Cek DPT Online’.
  1. Tunggu sampai muncul ikon ‘Pencarian Data Pemilih’.
  1. Kemudian, masukkan data berupa Kabupaten/Kota sesuai KTP dan NIK. Atau bisa langsung memasukkan nama lengkap beserta tanggal lahir.
  1. Klik ‘Pencarian’.
  1. Jika telah terdaftar, muncul informasi nama lengkap, nomor DPT, dan alamat TPS.

 

Selain cara di atas, Sobat Finansialku juga bisa mengaksesnya dengan mengunjungi laman https://cekdptonline.kpu.go.id. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Akses laman https://cekdptonline.kpu.go.id.
  1. Masukkan NIK atau Nomor Paspor bagi pemilih luar negeri.
  1. Tunggu beberapa saat hingga muncul nama Anda di tampilan layar. Jika nama tidak muncul, kemungkinan besar nama Anda tidak masuk di DPT.

 

Cara Pindah TPS Pemilu 2024

Sementara itu, untuk masyarakat yang akan melakukan pindah pencoblosan karena alasan tertentu, dapat mengajukan tempat pencoblosan.

Pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dapat melaporkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), atau KPU Kabupaten/Kota tempat asal maupun tempat tujuan.

Pelaporan bisa Anda lakukan paling lambat 7 hari sebelum hari pemungutan suara di tanggal 14 Februari 2024. Ingat juga bahwa proses pindah memilih ini tidak dapat Anda lakukan secara online atau daring.

nyoblos-tirto

Warga sedang memasukkan surat suara ke dalam kotak suara. Sumber: Tirto

 

Cara pindah TPS Pemilu 2024 adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Anda sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan melakukan pengecekan seperti cara-cara di atas.
  • Kunjungi Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan Anda, Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kecamatan, atau Kantor KPU Kabupaten/Kota di wilayah asal atau wilayah tujuan.
  • Pastikan membawa dokumen identitas seperti Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), atau Paspor bagi pemilih luar negeri, serta dokumen bukti dukung yang sesuai dengan alasan pindah memilih.
  • Sampaikan dokumen identitas serta bukti dukung alasan pindah memilih kepada petugas pelayanan di lokasi yang Anda kunjungi.
  • Petugas akan memeriksa kesesuaian dan kelengkapan dokumen yang Anda berikan.
  • Jika semua dokumen lengkap dan sesuai, petugas akan menerbitkan Formulir Model A-Surat Pindah Memilih. Formulir ini berisi informasi mengenai alamat TPS asal dan alamat TPS tujuan, serta jenis surat suara yang akan Anda terima.

[Baca Juga: 4 Poin Penting Mengatur Keuangan di Tahun Politik Agar Tetap Sehat]

 

Sekilas Tentang DPT

Melansir dari Kamus Pengawas Bawaslu Banjarbaru, DPT merupakan singkatan dari Daftar Pemilih Tetap. DPT merupakan status warga yang telah sah dan memiliki hak memilih sesuai dengan aturan KPU.

Penggunaan data Kementerian Dalam Negeri dan database dari pemilu terakhir merupakan penetapan nama seseorang masuk ke DPT. Apabila seseorang telah masuk DPT, maka bisa menggunakan hak suaranya di TPS saat Pemilu ataupun Pilkada berlangsung.

Sesuai aturan, seseorang yang masuk DPT bisa mencoblos dari pukul 07.00-13.00 waktu setempat. Adapun syarat lain untuk mencoblos dengan membawa undangan memilih atau C6 serta kartu tanda pengenal.

 

Gunakan Hak Suara Anda

Demikian penjelasan mengenai cara cek DPT online Pemilu 2024 dan cara pindah TPS yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa untuk menggunakan hak suara Anda dengan bijak pada pemilu nanti.

Anda masih bisa mencari tahu dan memahami visi misi masing-masing calon untuk menambah keyakinan Anda, dan mengaitkannya dengan kondisi Indonesia masa kini dan masa depan, salah satunya dalam aspek ekonomi.

Video berikut ini bisa menjadi tambahan informasi Anda, yuk tonton.

 

 

Selain itu, tak lupa juga untuk mengecek kondisi keuangan Anda, apakah dalam kondisi yang fit atau tidak. Untuk mengetahui kondisi keuangan, Anda bisa melakukan Financial Check Up dengan mudah di laman Finansialku.com.

Anda juga bisa langsung berkonsultasi terkait kondisi keuangan Anda dengan Perencana Keuangan Finansialku untuk mengetahui cara tepat menyehatkan keuangan Anda. Hubungi dan buat janji temu melalui nomor WhatsApp 0851 5866 2940 sekarang.

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

 

Apakah nama Sobat Finansialku sudah terdaftar di DPT? Yuk, cek dengan mengikuti cara cek DPT online Pemilu 2024 seperti informasi di atas.

Jangan lupa bagikan artikel ini di platform media sosial Anda dan ingatkan orang-orang terdekat Anda untuk mengecek nama mereka di DPT secara online. Semoga informasinya bermanfaat. Terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Tim Redaksi. 15 Januari 2024. Cara Cek DPT Online dan Pindah TPS Pemilu 2024 Plus Syaratnya. Cnbcindonesia.com – https://shorturl.at/wxIN2
  • Admin. 03 Januari 2024. Cara Cek Apakah Kita Sudah Terdaftar di Pemilu 2024 atau Belum. Tirto.id – https://shorturl.at/bvEPQ

 

Sumber Gambar:

  • Cover – Freepik